Featured Post

#UsiaCantik dan Mengapresiasi Diri Sendiri

Bu, sekarang umur Ibu sudah berapa?   Pernah sesekali waktu anak keduaku nanyain umur model petugas sensus begitu. Iya sih, jawabnya me...

15 April 2013

Mother & Baby : Celebrating Journey to Motherhood



What do you think about Motherhood, my friends? Selama ini kita semua sangat dekat dengan istilah motherhood. Banyak yang sudah tau tentunya, menganggapnya sebagai ‘dunia ibu-ibu’, that’s it :)   Benar, motherhood means the kinship relationship between an offspring and the mother. Artinya kurang lebih kedekatan / kekerabatan antara keturunan dengan ibunya. Nah, tak jauh beda kan dengan anggapan secara umum. Bisa juga diartikan sebagai the state of being a mother, the character of a mother. Ya, keadaan menjadi seorang ibu atau karakter ibu itu sendiri.
Meskipun tak harus selalu tampil bersamaan, Mother & Baby tak bisa diragukan lagi sebagai dua orang dalam satu kesatuan. Ada si baby tentu juga ada si ‘mommy’. Itulah mengapa akrab istilah darah daging di keseharian kita untuk anak yang telah dimiliki. Bak darah dan daging yang tak terpisahkan, begitu pula mother & babyyang siap mengukir sejarah di kemudian harinya.
    Menyadari pentingnya pengetahuan yang harus dimiliki oleh seorang ibu atau calon ibu, majalah Mother & Baby mengadakan event Celebrating Journey to Motherhoodpada hari Minggu, 14 April 2013, bertempat di Hotel Novotel Semarang. Kedatangan Mother & Baby ini dalam rangka roadshow di delapan kota se-Indonesia.


Aku mendapatkan informasi ini dari komunitas Ibu Ibu Doyan Nulis (IIDN) Semarang, yang rupa-rupanya mendapatkan undangan dari pihak Mother & Baby. Wow, keren yah, tanpa harus bingung mencari-cari informasi event, IIDN Semarang justru mendapatkan undangan ini. Tak tanggung-tanggung, IIDN diberi kesempatan mengikutkan 20an warganya ke sana. Serbuuuuu… Di flyer seperti terlihat di atas, biayanya Rp. 50.000. Tetapi itu tidak berlaku untuk IIDNers loh, kami semua di sini memperoleh kesempatan untuk mendapatkan ilmu seputar mother & baby secara FREE. Syarat dan ketentuan berlaku tentunya, rahasia dapur tim IIDN lah ;)

Acara dibuka oleh Chief in Editor Mother & Baby, mba Sandra Ratnadewi. Tanpa berlama-lama langsung dilanjutkan dengan materi inti oleh dr Herman Kristanto SpOG(K). Di sini aku tak akan menceritakan secara detail materi yang disampaikan. Detail bahasannya terlalu ‘kedokteran’, untuk emak-emak yang sudah selesai sekolah berpuluh-puluh tahun yang lalu (lebay) istilah-istilah yang digunakan bikin pusing kepala heheheee….  Yang jelas dalam persiapan kehamilan maupun menuju proses kelahiran, tentu saja nutrisi yang cukup sangat menunjang kesehatan ibu dan calon bayinya. Komposisi makanan berimbang amat penting untuk pertumbuhan calon generasi muda yang akan dilahirkan oleh ibu-ibu hebat. Pertumbuhan berat badan ibu hamil juga perlu mendapat perhatian penting, mengingat ada beberapa ibu yang mengalami kehamilan dengan berat badan sudah di atas rata-rata. Ada loh tabelnya ini, sayang sekali, berhubung aku duduk jauh dari projector jadi tak bisa ambil gambar deeehh :(  maap ye penontoooonnnn....  Oya, untuk yang bapak-bapak jangan lupa untuk memberikan perhatian dan dampingan untuk calon ibu, agar sang ibu merasa terlindungi dan aman, bisa mengandalkan pasangannya dalam masa kehamilan dan proses persalinan. Ini ternyata tidak bisa dianggap main-main loh.
Tak diragukan lagi oleh semua warga IIDN Semarang, event Celebrating Journey to Motherhood ini memang milik IIDN. Sesi pertanyaan didominasi oleh IIDNers yang memang aktif dan kreatif. Lontaran pertanyaan yang paling mendapatkan animo seluruh peserta datang dari IIDNers mak Vetrieni yang pada saat itu mengutarakan keinginannya untuk memiliki lagi 2 orang anak. Saat ini mak Vetri sudah memiliki 3 orang buah hati dari 7 kali masa kehamilannya. Pasti mau pada bilang WOWWWW kan... eits, jangan begitu donk. Mak Vetri ini dari 7 kali kehamilannya pernah 4 kali keguguran. Bahkan dr. Herman saat menjawab pertanyaan mak Vetri pun menyarankan sebaiknya 3 orang anak ini sudah cukup, mengingat kehamilan-kehamilan sebelumnya yang beresiko. Bila memang masih sangat menginginkan kehadiran baby kembali, sebaiknya harus 'dikawal' ketat oleh sang bunda, keluarga maupun dokternya. Tetap semangat ya mak Vetri.... (ngasih semangat tapi jujur dalam hati ya kebat-kebit sendiri)

Pemateri dan Host yang Cetar :)

 
dr. Herman Kristanto SpOG(K)
Sebagian besar peserta event justru terhibur oleh cara membawakan materi oleh dr. Herman Kristanto Sp.OG(K), seorang dokter spesialis yang sekaligus ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) cabang Semarang, juga Pembantu Dekan I Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro Semarang. Kocak dan cenderung 'saru' guyonannya, tapi justru pemilik RSIA Bahagia itu sanggup bikin mata melek. Biasanya kan kalau seminar seperti ini bikin ngantuk. Namun berkat 'gojekan' dr. Herman yang bertajuk "Terus bagaimana?" ini semua peserta dibawa menuju suasana yang terus segar sepanjang acara, dari mulai pemaparan materi hingga selesainya sesi tanya jawab. Maaf sekali ya dok, saking asyiknya dengerin banyolan sampe-sampe lupa ambil foto.
Tak hanya materi dan sesi tanya jawabnya yang menarik loh. Dari pertama acara dimulai sudah menggelegar saja deh nuansanya. Kehadiran mba Lala Tangkudung, penyiar Cosmopolitan FM, yang sebelumnya juga pernah menjadi penyiar di Hard Rock FM Surabaya ini, membuat ruang seminar berubah menjadi panggung OVJ hehehee.... (ini kata mba Lala sendiri loh, bukan aku yang ngarang-ngarang).
mba Lala Tangkudung nge-fans eike, keliatan kaaannn???? *dilempar mic
    Dress pink-nya yang manis dipadu dengan penampilan dan wajahnya yang memang cantik tetap tak bisa menyembunyikan sosok gokilnya. Bukannya lebay ini, you will believe me if you were there :)  Luncuran kalimat-kalimat sapaan maupun penyemangatnya diwarnai aneka banyolan dan volume ketawa ala Soimah. Hai mba Lala..... aku tidak menghina lho, justru all thumbs up for you. Sumpeee, keren abis looohh... ada juga ya mantan mahasiswa kedokteran yang gokil seperti dirimu. Oh ya teman-teman, mba Lala ini lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Hang Tuah Surabaya loooohhh... enggak nyangka *apa maksudnyaaaaa??? digetok mba Lala :D

 Heboh bareng Chef Yeni Ismayani

    Saat roadshow pertama Mother & Baby di Hotel Santika Jemursari Surabaya, ada pernik pembahasan cara berbusana cantik (17 Februari 2013) oleh Fashion Expert Gingersnaps, Syafrina Nasution. Terus pada roadshow kedua di Hotel Sheraton Bandung, 24 Februari 2013, Mother & Baby menampilkan Pudjiastuti Sindu, master yoga dari Yoga Life Indonesia yang memberikan ilmu cara menjaga kebugaran tubuh pada bumil melalui yoga.
Nah, kali ini di Semarang Mother & Baby memberikan trik memasak melalui chef Yeni Ismayani. Chef cantik yang ternyata tidak kalah gokilnya dengan mba Lala ini membagikan 2 resep sederhana namun banyak disuka oleh keluarga.
 
Berbagi resep ala Chef Yeni Ismayani, sumber foto : twitter M&B

Resep itu adalah Puding Coklat Tabur Buah dan Roti Pisang Kukus Kismis. Hasil masaknya juga dibagi-bagi loooh... uueeennaaaakkk.... Ada tips yang bisa kubagikan di sini teman-teman. Eh, dari chef Yeni loh, bukan aku ;) Pasti pernah mengalami saat pengin bikin puding atau agar-agar buah, justru buah-buahan yang kita harapkan melayang-layang di seantero puding itu justru 'mengapung' saja di bagian atas. Jadi saat nanti kita balikkan alat cetakan buahnya malah mengendap di bawah. Enggak cantik banget kan. Nah untuk menghindari hal itu ini lah triknya. Saat puding / agar-agar matang jangan langsung dituang di cetakan. Aduk-aduk dulu hingga uap panasnya hilang, baru buah-buahan dimasukkan dan siap untuk dimasukkan ke dalam cetakan. Ooooo.... begitu yaaa.. sungguh aku pun baru tau ini (ya iyalah, enggak pernah masak, gimana mau tau xixixiiii.....)
Nah, yang bikin makin heboh bareng Chef Yeni ini adalah lomba menghias sandwich. Masing-masing meja peserta diberi seperangkat roti tawar dan aneka hiasan berupa tomat, mentimun, daun selada, keju, daging asap dan saus. Dari bahan-bahan simpel itu para peserta diharapkan bisa berkreasi sebaik-baiknya
 
mejaku (Meja 1) dengan hasil akhir kreasi sandwich
 Setelah selesai menghias ini masing-masing meja diminta mempresentasikan hasil karyanya. Aku kebagian jatah untuk maju. Duileee.... senang tapi cemas. Apalagi begitu chef Yeni bilang kami diminta untuk mempresentasikan apa nama sandwichnya dan bagaimana penjelasan atas konsep sandwich itu. Matek aku, tadi kan sandwichnya tidak dikasih nama apa-apa. Trus piye ikiiii... Ah mbuh lah, ngarang aja deh jadinya. LOVE SANDWICH.... that's it hihihiiii... Penjelasannya pun perasaan ngalor-ngidul enggak keruan. Ya kan teman-teman? *malah bangga
'Bu Guru' sedang menyampaikan filosofi sandwich :D
 Asyik sekali deh pokoknya acara ini. Banyak ilmu praktis nan berguna yang bisa didapatkan. Juga banjir hadiah (meskipun aku tidak kebagian satu pun). Dari undian doorprize sebagian besar penerimanya IIDNers. Sampai-sampai untuk pemenang Best Dress in Pink, 2 orang IIDNers lah pemenangnya. Mak Fenty Arifianti dan Ade Hermawati Amin yang menyabetnya. Keren yaaaa...
Enggak kapok deh diajakin acara Mother & Baby lagi kalau caranya begini. Kapan lagi donk mba Sandra / mba Putri (yang ngundang IIDN). Heheheee... suka apa doyan tuuuhh... Keren lah pokoknya majalah Mother & Baby. Semoga selalu sukses di tiap event yang digelar, khususnya roadshow Celebrating Journey to Motherhood ini.
Khusus untuk IIDN, kapan lagi nih kopdarnya. Kopdar yang membuat tambah ilmu dan tambah kenalan begini layak untuk ditumbuhkembangkan. Terus selanjutnya kopdar di mana nih emak-emaaakkk... I lup you full deeehhh... Ibu Ibu Doyan Nulis Semarang memang uhuuuyyyy....


15 comments:

  1. Keren mak tulisannya..kumplitt n segerrr...fotonya okee..tuh dpt foto pak dokter dari mana yaaa hehee :)

    ReplyDelete
  2. matur nuwun mama Bara.... wah, dapet foto pak dokter diewangi gugling2 mba hehehee...

    ReplyDelete
  3. Hahaha jadi inget kemarin jd pengen kopdar lagi
    Keren deh acaranya apalagi gratis *eh :)

    ReplyDelete
  4. yuhuuuu....bener banget ya mba Esti *eh kuadrat ;)

    ReplyDelete
  5. Hihihi seruuu...semoga menang ya mak uniik eh bukan lomba ya? Hihihihi...

    ReplyDelete
  6. hehehee...mak Dedew bawaannya lomba mulu... ini udah kushare di twitnya Mother & Baby mak, ntar yg di fanpage menyusul :)

    ReplyDelete
  7. Mbak, tulisannya bagus bangat, jelas, enak dibaca.. gimana cara menulis bisa tertata gini mbak? :D

    ReplyDelete
  8. mak uniek ajarin bikin blog. kereeeen.....

    ReplyDelete
  9. Icha : terima kasih utk apresiasinya... heheheee ojo ngece ya, itu kan nulis asal aja *tiaraaaap, ada mb Esti jago blogger :D

    Mak Penk : weleeehh... blognya yo podo wae lho hehehe... yg keren mah orangnya *langsung dibekep jaket

    ReplyDelete
  10. kereeeennn... filosofi sandwich juga mantep hehe

    ReplyDelete
  11. hehehe...filosofi opo jal Wuri?? kebiasaan nggedabrus cangkrukan ning pinggir ndalan yo ngono iku :D

    ReplyDelete
  12. wah...wah namaku diabadikan di sini, jadi malu

    tapi beneran lho, tulisannya mengalir, enak dibaca, fotonya juga keren2, gimana sih cara bikinnya, ajarin dung...(*ngarep)

    ReplyDelete
  13. bener loh mak Vetri, pertanyaannya sungguh menginspirasi hehehe...
    tulisannya biasa aja ah, nah klo foto2nya pake pengolah gambar online mak, di search aja di google, banyak koq. itu klo punyaku pake aplikasi dari Pho[dot]to. silakan dicoba

    ReplyDelete