Featured Post

#UsiaCantik dan Mengapresiasi Diri Sendiri

Bu, sekarang umur Ibu sudah berapa?   Pernah sesekali waktu anak keduaku nanyain umur model petugas sensus begitu. Iya sih, jawabnya me...

17 June 2013

LeBuy Yang Sama Sekali Tidak Lebay

    Wowww.... apa ini? Mataku tertumbuk pada logo berwarna merah ini. Mungil, unik namun catchy. Warna merah yang acap diartikan sebagai pemberani itu jelas menyeruak di tampilannya. Hmm... keberanian seperti apa ya yang ditawarkan oleh logo unik ini?


just point your mouse over this icon to make it double-sized ;)

Penasaran deh jadi ingin tau, sejatinya apa sih ini. Buka mata, buka telinga dan lentikkan jari jemari di laptop dulu aaahh....
Nah, ini ada lagi, kok berkoneksi dengan Facebook dan Twitter pula ya?

  Klak klik klak klik deh akhirnya aku mengikuti website yang logonya keren tadi. Benar juga, namanya memang LeBuy ber-pronounciation persis sama dengan "lebay". Keren juga nih yang punya ide alias perancangnya. Selain menangkap mata dengan logo uniknya, telinga kita pun digiring secara akrab ke istilah yang sering digunakan oleh anak muda. Meskipun sama sekali tidak mengarah ke arti harfiah sesuai pengucapannya yaitu lebay tadi, kelaziman kata yang sering kita dengar di pergaulan anak-anak muda ini menurutku adalah salah satu bukti 'kejeniusan' pelontar idenya.

    Kalau menurut hematku sih LeBuy mengarah pada aktivitas beli dan jual. Buy yang berarti membeli dan dilakukan oleh seseorang sebagai [BUY]er tentu harus ketemu dengan pasangannya si sel[LE]r. Terus apa juga itu maksudnya ada huruf U yang warnanya beda sendiri? Seperti saat kita mengucapkan huruf U in English yang bunyinya akan menjadi "You". You are the best parts of LeBuy, maksudnya kita sebagai user LeBuy merupakan komponen teristimewa yang dimiliki oleh LeBuy. Itu sih pesan yang kutangkap dari logo sederhana, unik namun penuh makna. Ini sih penafsiran coba-coba saja dariku, mungkin saja benar. Kalaupun tidak ya tolong dimaafkan ;)

    LeBuy ternyata adalah sarana online yang bisa digunakan untuk : BERINTERAKSI - BERTRANSAKSI - MENJELAJAH - dan BERBAGI. Secara umum LeBuy memfasilitasi aneka aktivas online yang sudah sangat jamak dilakukan, tidak hanya oleh anak muda namun juga berbagai kalangan, baik itu pebisnis, ibu rumah tangga, maupun eksekutif muda. Dengan mudah siapa saja bisa registrasi ke LeBuy dan sesegera mungkin memasang iklan, post review, atau informasi apa saja dan kapan saja secara gratis. Nah kemudahan inilah yang membuat LeBuy tampil percaya diri dan berani, sesuai dengan warna merah dominan yang diusungnya.

   Secara lebih spesifik LeBuy mewakili pasar digital Indonesia. Aku mendapatkan link web keren itu melalui blog Thomas Kurniawan, yang lebih akrab dipanggil TomKuu alias TK (baca TiKey). TK adalah seorang freelance graphic desainer. Karya-karya di portofolionya bikin aku berdecak-decak kagum. Secara aku ini sama sekali tidak bisa menggambar, yang TK anggap sebagai coretan saja sudah segitu bagusnya *berasa ditabok kanvas ;)  Saat ini TK dipercaya untuk mewakili LeBuy untuk mewartakan adanya blog review terhadap digital market anyar tadi. Thanks a lot ya TK, GBU ;)

    Sebenarnya perihal digital market sih sudah bertahun-tahun yang lalu ada. Aku sudah melihat banyak model pasar digital sejenis ini malang melintang, wara-wiri di jagad maya yang seakan tanpa batas ini. Namun terus terang aku belum pernah berani untuk join ke dalam salah satunya. Beberapa kali sih browsing, klik dan intip beberapa digital market itu, tapi kok sepertinya ribet dan bikin keder. Ah, enggak dulu deh, begitu batinku saat itu.

    Aku mengenal belanja dan menjual online pun sudah lama. Sejak gabung dengan salah satu social media yang cukup besar di tahun 2008, pertama kali aku mendapatkan sesuatu yang menghangatkan hati, kesenangan untuk menyambung tali silaturahmi dengan teman-teman masa kecil hingga teman kuliahku yang telah terpisah jarak dan waktu. Social media besutan anak muda jebolan Harvard itu telah menjembatani kerinduanku pada memori silam yang rupa-rupanya tak pernah putus dari ingatan.

    Namun tak hanya berakrab ria dengan handai taulan saja ternyata kegunaan social media itu. Di sana aku juga bisa memperkenalkan daganganku. Aku berkolaborasi dengan kakak tercinta membuka usah crafting bergenre knit atau lebih dikenal dengan rajut. Aneka rajutan kami buat, mulai dari aksesoris sederhana untuk bayi dan anak perempuan, hingga akhirnya market kami meluas hingga ke remaja dan perempuan dewasa. Tak lagi aksesori yang disematkan di rambut maupun badan saja, pernak pernik pelengkap gaya hidup seperti sarung hp, ikat pinggang, tutup galon hingga taplak meja jumbo dari rajutan bisa kami buat tetap dengan konsistensi handmade crafting.

    Marak sekali hingga kini jualan online via social media tersebut. Namun lama-lama etika pertemanan seakan ternodai oleh semangat bisnis yang membara. Banyak orang yang tampaknya mulai keberatan bila ajang silaturahmi itu digunakan untuk buka lapak. Sebenarnya kan tak masalah ya, kalau tak mau baca postingan itu ya tinggal skip saja. Tetapi akhirnya kusadari juga bahwa munculnya 'kesebalan' ini terpicu oleh manner beberapa penjual online yang seenaknya saja tag sana sini tanpa pilah pilih. Memang sih namanya nawarin dagangan harus ulet, tidak patah arang. Nah bila in the end malah persahabatan jadi putus, terus kira-kira worthed nggak sih yang model begini Sob?

    Bikin web sendiri saja ya kalau begitu, biar kelihatan profesional. Namun aku belum bisa memanage waktu untuk utak atik segala macam bahasa HTML dan pengolahan gambar produk yang bagus. Mau dipasrahkan ke orang lain jelas biaya tambahan kan. Omzet jualanku belum seberapa soalnya. Terus gimana dong, maunya banyak tetapi kepentok keterbatasan kemampuan dan dana. Sementara waktu aku mencoba membuat media promosi melalui blog. Lumayan lah sekalian belajar sedikit menjadi blogger, aktivitas yang semula tidak kulirik sama sekali karena lebih intens menggunakan social media tadi. Selain blog pribadiku Heart of Mine ini, aku juga mencoba membuat satu blog lagi bernama BC Collection. Brand produk itulah yang sejak pertama kugunakan sebagai label daganganku. Wah, pengalaman baru nih berdagang via blog.

    Ah tetapi kok aku tetap kurang sreg ya, kayaknya responsnya kurang cepat, tidak bisa kuakses langsung via email maupun gadgetku. Sampai kemudian kucoba join ke LeBuy ini. Caranya super mudah dan tak perlu pusing-pusing membuat program agar tampilan kelihatan keren. Duh, pengin jitakin aja deh kepala ini, kenapa tidak dari kemarin-kemarin mencobanya. .

    Pertama kali yang perlu kita lakukan hanyalah masuk ke www.lebuy.co.id dan kita akan dibawa ke halaman muka seperti ini :

Yang perlu kita lakukan berikutnya cukup klik nomor 1 dan 2 sesuai gambar berikut :


Ada pilihan untuk sign in melalui Facebook dan Twitter, namun kusarankan sebaiknya via email saja. Nanti kita akan mendapatkan konfirmasi melalui alamat email dan kita diharapkan untuk mengaktivasi akun LeBuy kita pada link yang telah disertakan di situ. And tadaaaaa.... semudah membalikkan telapak tangan, here is my LeBuy account *tampang sumringah

First Capture : My LeBuy account
    Semudah membuat akun dan registrasinya. Begitu pula saat memulai posting untuk pertama kalinya. Tidak sulit sama sekali loh. Kita tinggal mengisi judul postingan dan beberapa keterangan tentang produk yang ditawarkan. Upload foto-fotonya pun mudah sekali, tinggal klik lokasi yang disediakan untuk kelengkapan gambar produk, segera kita akan terhubung ke lokasi penyimpanan gambar yang kita miliki. Masukin deh foto-foto produkmu. Jangan lupa tambahkan lokasimu serta kategori yang sesuai. Ada 25 kategori di LeBuy yang bisa kita pilih untuk merepresentasikan produk kita. Ini dia detailnya :
Setelah memilih salah satu kategori yang sesuai dengan produk, tinggal pencet ikon MAJU untuk melanjutkan proses posting. Jadilah seperti ini, here we go.....
Second Capture : My First Posting
Saat melakukan posting kedua aku pun langsung ngeh ternyata ada ikon share ke Facebook dan Twitter. Fasilitas untuk menerima pesan juga ada loh (keunggulan inbox ala LeBuy yang akan dibahas berikutnya)

    Setiap postingan yang kita buat bisa langsung di-share ke social media yang kita punya seperti Facebook dan Twitter. Mau share via email ke teman-teman dan saudara juga bisa. Ketiga tombol penghubungnya sudah disediakan dan siap untuk digunakan. Cepat sekali, tidak buang-buang waktu untuk mencari ikonnya karena terpasang tepat di area yang mudah terlihat, di samping foto produk dan di atas Posting Owner.

    Oya, untuk tetap terhubung dan keep updated dengan LeBuy di social media, aku pencet like fanspage Facebook dan follow Twitter milik LeBuy
Third Capture : klik LIKE on LeBuy's Facebook fanspage

Fourth Capture : I'm following LeBuy's timeline on Twitter

Dengan keep in touch with LeBuy, aliran informasi tentang berbagai hal seputar jual beli dan trending topic akan semakin dalam genggaman.

    Lalu, apa sih sebenarnya kelebihan LeBuy dibandingkan dengan digital market yang lain? Inilah beberapa yang bisa kurangkum setelah ngoprek website keren ini. Tak hendak bermaksud lebay, tetapi beneran deh LeBuy ini unggul di beberapa hal :
  1. Registrasi dan posting sangat mudah, tidak ribet. Kita tinggal klik mengikuti menu dan ikon yang sangat mudah untuk ditemukan. Bahkan melalui Facebook dan Twitter pun kita bisa login ke LeBuy.
  2. Terkonsentrasinya berbagai aktivitas online kita melalui fitur My LeBuy sebagai pusat kegiatan untuk memasang dan meng-edit posting, mengirim dan menerima pesan juga comment.
  3. Ada fitur following layaknya socmed yang tidak dimiliki oleh digital market yang lain. Dengan fitur ini bisa lebih mudah memantau LeBuy users favorit yang kita follow sehingga mempercepat pencarian sesuai minat dan concern bisnis kita.
  4. Tersedia widget di fitur My LeBuy untuk memantau kategori yang sudah kita pilih sebelumnya.
  5. Bisa menerima notifikasi berupa komen ataupun message kapan pun melalui gadget.
     Point ke-5 tadilah yang menjadi favoritku. Bahkan saat berpromosi melalui social media sekalipun, kita tetap harus masuk ke  akun socmed itu dulu baru bisa mengakses informasi. Tapi di LeBuy tidak harus seperti itu. Ada PUSH EMAIL. Fitur terbaru yang sangat kusuka ini membuatku lebih mudah membalas komentar maupun message yang terkirim ke akunku.
Notifikasi komentar di akun LeBuy kita yang langsung masuk ke email

Menerima notifikasi LeBuy dan membalasnya langsung via gadget

     Tidak hanya kemudahan saat menerima pemberitahuannya saja, namun dengan Push Email kita bisa langsung reply via email itu, tak perlu masuk atau Login dahulu ke akun LeBuy kita. Tinggal berikan respon, send email, langsung masuk deh tanggapan kita. Cepat dan praktis. Komentator postingan kita tak perlu menunggu lama-lama. Ntar keburu lari donk kalau tidak cepat-cepat dijawab. Benar kan?
Aku bisa langsung memberikan jawaban via gadget tanpa perlu untuk login terlebih dahulu
    Yeah, keren sekali lah LeBuy. Segala kemudahan disajikan kepada kita yang ingin memanfaatkan keramahan dan ketepatan fitur yang dimilikinya. Tak perlu ribet, tak perlu pusing, dan yang jelas GRATIS tis tiiisss... tak perlu mengeluarkan biaya. Juga tak perlu pusing memikirkan sistem pembayaran yang ribet. LeBuy tak hanya ditujukan bagi yang concern pada bisnis semata. Untuk yang berniat mengenalkan berbagai lokasi wisata, kuliner ataupun produk-produk berkualitas non dagangan pun akan dipermudah oleh berbagai fitur lincah LeBuy.

    Jadi tunggu apa lagi Sob, yuk buruan gabung ke digital market yang asyik dan praktis ini. Jangan sampai menyesal dan berasa pengin getok kepala sendiri seperti diriku ini lho yang tidak memanfaatkan berbagai fitur unggulan LeBuy dari dulu.   

Come on, be LeBuy-er and feel the differences. 
See you soon in LeBuy


Tulisan ini diikutkan pada LeBuy Review Give Away with TomKuu



22 comments:

  1. Tulisannya bagus mba..,

    Thanks yah atas partisipasinya,,, semoga menang yah... Goodluck

    ReplyDelete
  2. Siip siip, ntar aku mau coba juga. Thanks Mba infonya :)

    ReplyDelete
  3. Terima kasih TK, berdoa kenceng dulu nih ;)

    ReplyDelete
  4. Titi Alfa : iya silakan dicoba, gampang dan praktis koq. thks juga ya sudah mampir

    ReplyDelete
  5. Wah keren sekali Mba reviewnya. Aku jadi baca dari atas ke bawah dan pingin ikutan, tapi enggak pede, jujur. Hehhee.

    Salam
    Astin

    ReplyDelete
  6. Ikutan aja mb Astin, gampang koq registrasi dan upload gambar maupun postingannya. nih aku baru aja posting lagi di http://www.lebuy.co.id/deal/MDAwMDAwMDc5MDE=#.Ub_P5Niiz21

    yuuukk silakan join mba

    ReplyDelete
  7. Wiiihh lengkapp.. semoga menang, Mbak :))

    ReplyDelete
  8. Tulisannya bagus mbak. Mudah2an sama2 menang ya ;)

    ReplyDelete
  9. hihihii makasih mba Ika, daku ngeper ah klo sama tulisannya mb Ika yg cetar ;)

    ReplyDelete
  10. Thanks Atas Partisipasinya... Semoga menang yah Kak... Goodluck.. pengumuman pemenang akan di umumkan pada tanggal 27 Juni 2013 di website LeBuy dan Blog Tomkuu... serta di facebook dan Twitter juga...

    ReplyDelete
  11. Terima kasih banyak untuk event-nya ya LeBuy, semoga makin sukses dan berkibar sebagai digital market yg reliable :)

    ReplyDelete
  12. keren tulisannya mbaa... aku mau ikutan jg, udah daftar di Lebuy, eh internet habis n baru diisi kemarin, udah telat, hiks...

    ReplyDelete
  13. mb Leyla Hana : waaahh sayang banget ya mba, ini aja aku submitnya 10 menit sblm DL

    wisnu murti : terima kasih ya sudah mampir

    ReplyDelete
  14. Tulisannya komplit Mbak
    Bikin orang jadi tertarik sama si Lebuy ni

    Sukses ya Mbak

    ReplyDelete
  15. Selamat pagi sahabat tercinta
    Selamat, Anda termasuk salah satu pemenang Kuis Tebak Nama Model Juni.
    Silahkan cek syarat pengiriman hadiah di BlogCamp
    Terima kasih
    Salam hangat dari Surabaya

    ReplyDelete
  16. ah yang bener, nggak lebuy nggak asik lho xixixixi

    ReplyDelete
  17. Pakde Cholik : matur nuwun Dhe, sudah ke tkp tadi

    HP Yitno : o iya ya pak, lebuy begete :)

    ReplyDelete
  18. saya gak merhatiin U-nya, Mbak. "You are the best parts of LeBuy" ---> good job!
    moga menang, yaaa mBak ^^

    ReplyDelete
  19. Artha : sama2 dear, tulisanmu keren juga loh, semoga sukses yaa....

    ReplyDelete