Featured Post

#UsiaCantik dan Mengapresiasi Diri Sendiri

Bu, sekarang umur Ibu sudah berapa?   Pernah sesekali waktu anak keduaku nanyain umur model petugas sensus begitu. Iya sih, jawabnya me...

30 June 2013

Liburan Impianku

 
This article was awarded as Favourite Winner, you could trace it here


    Saat anak-anak memasuki masa liburan sekolah merupakan masa-masa yang sama mencemaskannya dengan saat mereka akan menjalani tes kenaikan kelas. Bila dalam persiapan tes kenaikan, aku sebagai ibu sekaligus mentor dadakan harus ekstra konsentrasi membimbing kesiapan penguasaan materi sekolah. Selalu harap-harap cemas, nanti apakah anakku bisa mengerjakan tes dengan benar atau tidak. Nanti saat hitungan matematika dia ingat yang tadi diajarkan atau tidak. Pada pelajaran PPKN apakah anakku bisa mengartikan pertanyaan yang sering berbelit-belit atau tidak. Ya, sejuta kekhawatiran yang terus menyelimuti pikiran, yang ternyata selama ini hanyalah 'paranoid temporer' jelang tes sekolah.

    Si sulung yang baru saja sukses membuktikan kemampuan belajarnya dalam tes kenaikan kelas, telah membuatku lega. Sama persis dengan tes-tes yang dia jalani di kelas I dan kelas II SD yang lalu, saat ini sulungku dari kelas III naik ke kelas IV dengan hasil yang sangat memuaskan. Tentu saja aku bahagia luar biasa. Meskipun tidak mematok hasil tertentu, bila anak berprestasi tentu orang tua bangga juga kan?

    Nah, saat mencemaskan berikutnya telah tiba. Loh, kok malah cemas, bagaimana pula ya itu maksudnya? Ananda tersayang sukses tes kenaikan kelas kok malah disambut kecemasan. Dimanakah letak kecemasan tersebut bersumber?

    Setelah kenaikan kelas ini, anak-anak libur hampir satu bulan. Bila tak punya alokasi dana maupun waktu yang cukup, waktu yang lama ini tentu saja akan membuat anak-anak bosan di rumah. Belum lagi ulah dan keributan yang akan mereka ciptakan sebagai konsekuensi kebosanan tadi. Apalagi kedua anakku meskipun jarak umur mereka berselang lima tahun, namun semangat 'keributan' yang mereka miliki sangat luar biasa ;)

    Pasti ingin dong ya menyenangkan anak-anak dan keluarga dengan liburan yang representatif. Aku dan suamiku sama-sama bekerja, jadi perlu rencana yang matang untuk ambil cuti pada waktu yang dikhususkan untuk liburan ini. Juga persiapan dana tentunya. Meskipun liburan sederhana di tempat yang tidak terlalu jauh dari rumah pun sudah oke, sekali-sekali punya obsesi untuk liburan impian yang fantastik tak ada salahnya.

    Berawal dari pertemuanku dengan seorang sobat lama yang kini tinggal dan bekerja di Jakarta. Saat dia mudik ke Semarang pada waktu lebaran, aku menemuinya di hotel tempatnya menginap. Berhubung kawan yang lain rata-rata sedang mudik ke tempat asal, saat itu hanya diriku yang available. Jadilah kami bercengkerama dan bernostalgia, sembari sesekali bercanda pula dengan suami dan anak-anak kawanku itu. Kebetulan sang suami bekerja di salah satu stasiun televisi swasta dan pernah melakukan liputan di salah satu objek wisata. Aneka foto dan video liputan itu ditunjukkan padaku. Jadi ngileeeerrrr deh. Mau tau dimanakah itu?

    Raja Ampat. Wow, pasti sebagian besar sudah mengetahui tentang lokasi wisata di Papua Barat ini, tepatnya di perairan "Kepala Burung" Papua. Keindahan alam yang lengkap ada di Raja Ampat. Sampai termimpi-mimpi rasanya membayangkan. Kapan ya aku bisa menyaksikan dan mengunjungi yang seperti ini :
Keindahan alam yang selalu membuatku termimpi-mimpi, sumber dari sini
    Luar biasa indah kan? I'm in love with Raja Ampat hanya dengan melihat foto di atas. Padahal itu baru satu dari sekian banyak kemolekan alam yang ditawarkan oleh Raja Ampat.
bayangan untuk bisa duduk bersantai maupun menyelam yang membuat hati 'bergejolak' untuk menjejakkan kaki di Raja Ampat (sumber gambar dari sini)
    Woohooo... menikmati keindahan semua potensi alam itu merupakan liburan impian yang tiada banding. Air yang berwarna biru, hijau dan putih tersebut muncul karena pengaruh tebaran terumbu karang di lautan yang dangkal maupun yang dalam. Bahkan Raja Ampat dikenal sebagai pemilik biota terumbu karang yang berkualitas di dunia. Tak salah kan bila aku ingin sekali mensyukuri karunia alam Indonesia di sana.
pengin banget bisa diving rame-rame seperti ini di Raja Ampat bersama suami dan anak-anakku, sumber gambar dari sini
    Duluuuu sekali aku pernah belajar diving meskipun tidak untuk sertifikasi. Just for fun. Pernah sekali mencoba di dekat-dekat Semarang saja, yaitu Kepulauan Karimunjawa, itu pun belum sampai ke titik terumbu karangnya. Kualitas terumbu karang Raja Ampat yang tersohor tentu saja ingin kunikmati secara langsung, namun harus selalu ingat untuk menjaga keamanan biota laut itu dari sentuhan tubuhku. Tidak boleh dijamah, apalagi sampai merusak. Dosa sekali itu.


Mewujudkan mimpi itu butuh persiapan

    Tentunya tak hanya sebatas di angan-angan saja kan bila kita telah memiliki mimpi. Nah, berkaitan dengan liburan impianku ke Raja Ampat tadi, aku juga harus berusaha untuk mewujudkannya. Tak hanya dengan dukungan doa dan mengharapkan keberuntungan saja, usaha secara nyata pun juga harus diikhtiarkan.

    Mencari berbagai informasi tentang tempat wisata yang akan dikunjungi sangatlah perlu. Apalagi ini berkaitan dengan besaran biaya yang akan dikeluarkan. Cukup bikin garuk-garuk kepala juga ternyata saat mengetahui harus mempersiapkan seberapa besar dana untuk ke Raja Ampat. Ah, bila sudah niat, pasti nanti akan ada jalan. Optimis saja lah, sementara ini hayuuk rajin menabung dan mengencangkan ikat pinggang ya anak-anak ;)

picture by credit
    Selain masalah dana, aneka kelengkapan dan peralatan pergi liburan pun butuh ancang-ancang loh. Yang paling utama tentu saja tas. Untuk bepergian jauh diperlukan tas yang kokoh dan mempermudah pengaturan aneka baju perlengkapan yang dibawa.
    Barang yang awut-awutan selama perjalanan akan sering terjadi. Untuk itulah dibutuhkan tas bepergian yang mendukung penataan barang tanpa perlu ribet. Tanpa harus pusing nanti barang kita akan tercampuradukkan. Dengan model tas seperti ini aku bisa menyimpan perlengkapan milikku, suamiku dan anak-anakku dengan rapi. Aku menemukan model tas ini secara mudah di Zalora, toko online yang lengkap menyediakan berbagai kebutuhan pria dan wanita.

kaca mata keren, link dari sini
    Terus, apa lagi ya? Ah, yang ini juga penting nih. Di Raja Ampat kan panas luar biasa ya pas cuaca cerah. Perlu perlindungan dong ya tentunya untuk menangkal teriknya cahaya mentari. Sinar mentari yang menghadang mendung memang sangat diharapkan saat kita berwisata ke sana. Namun jadi tidak menyenangkan bila mata kita jadi silau dan berkejap-kejap sepanjang liburan. Tolliver Round Sunglasses Transparent Pink ini sangat modis bila kupakai kan? Selain trendi juga melindungi mata dari sinar matahari yang berlebihan. Lagi-lagi aku menemukannya di Zalora ;)

    Tidak afdol ya rasanya liburan tanpa berfoto ria. Apalagi ke Raja Ampat yang lokasinya sangat jauh dari Jawa dan belum tentu ke sana lagi berulang-ulang. Kenangan jelaslah penting untuk diabadikan. Untuk itu seperangkat kamera sebagai pendukung perlu juga diangkut serta. Nah, kamera juga harus dilindungi loh, tidak cuma badan dan baju saja.
amankan juga donk kamera kita, gambar dipinjam dari sini
    Tas kamera ini keren sekali euy, pilihan warnanya membuatku  terpikat saat pertama kali melihatnya di Zalora. Avis - DSLR Camera bag (Medium) Dutch Blue dari Hellolulu berbahan nylon dan polyester ini tepat sekali digunakan untuk 2 kegunaan sekaligus. Mengamankan kamera DSLR kita dan mempermudah penggunanya, karena tas kamera desain dari Hellolulu ini memang dibuat dengan desain yang simple, fun, dan user-friendly

    
    Nah, itu tadi liburan impian versiku, lengkap dengan beberapa persiapan yang harus dilakukan bila nanti bisa kesampaian mewujudkan impian indah tadi. Bagaimana dengan Anda, seru juga kah liburan impian Anda? Yuk bermimpi dan tak putus ikhtiar ya, semoga kita bisa mencapai liburan impian itu tak lama lagi. Raja Ampat, tunggu kedatangan kami. Insya Allah. Ganbatte...


sumber tulisan :
  1. Belantara Indonesia
  2. Pasirpantai.com
  3. Wikipedia




21 comments:

  1. wah keren, super lengkap.. jadi pengen juga kesana mbak

    ReplyDelete
  2. Rajaa ampat kynya siapapun yg liat dr foto doang jg udah pasti naksiiir deh pngeen kesana :D

    sukses ka buat GA-nya,
    semoga menaaang :)

    ReplyDelete
  3. Raja ampat amziiing yoo>< smoga tercapai maak! Aamiin!

    ReplyDelete
  4. mak Ade : iya mak, aku sampe ngiler berat deh liat foto2nya ;)

    Ranii Saputra : benar sekali, dari foto saja sudah sangat menggiurkan. terima kasih ya sudah mampir

    ReplyDelete
  5. Mbak, kalo menang ajak aku ke raja ampat. huehehehe

    ReplyDelete
  6. Aku melu nek sido nang Raja Ampat

    ReplyDelete
  7. mak Dedew : nuhun doanya mak, ngiler berat euy sama si Raja Ampat ini

    Ayu & Wuri : yuuukk tambahi tabunganku ya xixixii... thks udah mampir

    ReplyDelete
  8. aduuuh, liat foto2nya keren plus tulisannya yang super duper komplit. Semoga sukses deh, kontesnya. Kalo menang traktir aku lumpias saja, kangen nih soalnya :)

    ReplyDelete
  9. monggo dolan ke Semarang dulu to mb Tanty klo mau lumpia ;)

    ReplyDelete
  10. Mbak.. selamat ya... sudah masuk 10 besar! Keren banget ih...
    Semoga menang :)

    ReplyDelete
  11. mb Reni : maturnuwun mba, berkat doa mba Reni juga nih. ntar bantuin nge-Like nggih mba klo udah tayang di blog Zalora. matur nuwun

    ReplyDelete
  12. matur nuwun utk doanya mb Esti *peyuuukkk

    ReplyDelete
  13. huaaaaa....aku juga mupeng ke raja ampat....

    Semoga menang ya say....*hugs*

    ReplyDelete
  14. Sukses selalu untuk kontes nyaaa

    ReplyDelete
  15. Ganbatte neee..semoga menang nyah..raja ampat is a piece of heaven kali yaah..indah banget. Kepingin ngimpi ke sana jugak aaah..

    ReplyDelete
  16. huwiii raja ampattt >.< jadi ikutan mupeng liat birunyaa lautnyaa

    ReplyDelete
  17. ervies : yup, aku aja sampai terngiler2 ini :D

    ReplyDelete
  18. raja ampat ya asing aja bela belain kesini penasaran banget pengen liat ke indahannya

    ReplyDelete