Featured Post

#UsiaCantik dan Mengapresiasi Diri Sendiri

Bu, sekarang umur Ibu sudah berapa?   Pernah sesekali waktu anak keduaku nanyain umur model petugas sensus begitu. Iya sih, jawabnya me...

08 July 2013

Jauh Dekat 'Ongkos'nya Tiada Beda

"Ngapain sih loe bela-belain komen sana sini seperti itu?" suatu tanya terkuak.
"Tidak mbelain apa-apa, senang aja punya teman dimana-mana," jawaban santun tersaji sederhana.
"Emang kalo loe susah dan menderita, yang tadi loe kasih komen bisa bantuin apa?" iiihh...nyinyir banget deh lama-lama.
Haruskah kita selalu mengharapkan balasan dari teman? Berteman itu adalah sebuah keikhlasan, dengan siapa saja. Semua yang dimulakan dari suatu kebajikan akan berakhir pada kebajikan pula sesuai niat tulusnya.

    Ilustrasi cerita di atas berlaku untuk berbagai 'segmen' cerita persahabatan, entah itu sahabat di dunia nyata maupun maya. Melalui dunia maya, sekarang kita bisa terhubung dengan teman kita dari berbagai penjuru dunia. Jarak dan waktu seakan tak bisa membatasi lagi dalamnya ikatan persahabatan yang indah.

    Selain mengandalkan pertemanan maya melalui sosial media, sekarang aku pun punya banyak teman melalui blog. Bisa ya begitu? Bisa banget donk ah. Interaksi pertemanan saat ini bisa ditembus dengan jalur apapun. Kalau mengurus surat-surat saja bisa ditempuh lewat 'jalan belakang', apalagi soal pertemanan. 'Jalan depan' saja terbuka lebar, ngapain pake 'jalan belakang' tadi hehehee... *premis asal-asalan :)

    Melalui jalur yang satu ini, para blogger bisa saling mengutarakan pemikirannya. Ada yang ngeblog hanya untuk curhat (akuuuu.... ngacung tinggi-tinggi), untuk ikutan kuis, kontes dan giveaway (akuuuu....aku lagiiii...), untuk sarana membuat review (naaahhh....koq aku lagi ya?) ;)  Rata-rata untuk yang sudah lama menekuni dunia ngeblog, aneka tips informatif dan berguna sudah tersaji. Secara free lagi. Tak harus subscribe dan bayar langganan. Aku masih tahap belajar nih biar bisa seperti itu. Dukung aku ya teman-teman *lho koq malah kayak minta vote ;)

    Ketulusan para blogger memberikan aneka informasi yang bermanfaat itu sangat kurasakan sekarang. Aku yang baru mulai nge-blog hampir di penghujung 2012 telah menemukan warna pertemanan yang berbeda. Kompleksitas teknik nge-blog, cara menulis, cara berkomen, rutinitas blogwalking, ternyata memberikan irama tersendiri. Sama nikmatnya dengan komen-mengkomen di Facebook maupun polbek-twit di Twitter. Hanya menerapkan 'ongkos' niat tulus saja, pertemanan di mana pun pasti akan terasa sejuknya.

    'Meguru' nge-blog tentunya ya harus ke blogger kan ya? Aku mulai belajar ngeblog setelah kenal dengan sobat-sobat nulis di Semarang. Suatu anugerah luar biasa bisa berkenalan dan menjadi sahabat untuk mereka Itu anggapanku sih, entahlah.. semoga aku pun dianggap sahabat oleh mereka ;) Yang jelas, setelah belajar dan ikut-ikutan menulis, aku pun beberapa kali diajak kopdaran dengan para blogger. Memang sih tidak bersahabat dengan 1 orang saja, yang kentel, yang ke pojok mana pun pasti berdua. Persahabatan tidak sesempit itu kan pengejawantahannya?

    'Mentor sesempatnya' untuk proses belajar menulisku, sahabat bloggerku, yang rajin komen di postingan blogku ya ini deh. Sesosok perempuan cantik nan kalem. Kekalemannya ternyata tidak berbanding lurus dengan 'solah bawa'nya di tulisan hehehee.... Buku hasil tulisannya ngocol luar biasa. Di setiap kopdar selalu ada dia yang mengganjal mata *eh
aku dan Wuri di kopdar perdanaku dengan komunitas blogger Semarang


kembali aku dan Wuri di event kopdar di kawasan Kota Lama, Semarang

    Sahabatku ini selalu rajin ngajak kopdaran, bahkan kadang-kadang kangen tak bertatap muka dengan aku yang imut ini *imut sakmene njuk sing amit-amit koyo ngopo :D  Maka sapaan hangat sederhana seperti ini pun telah menyemarakkan persahabatan kami.
sapa hangat antar sahabat

     Tidak hanya cara ngeblog yang dia ajarkan padaku, tetapi juga aneka teknik menulis. Bahkan sempat aku punya kesempatan menulis duet bersamanya untuk salah satu event lomba menulis. Di sini nih tulisannya. Sayang sekali tidak menang. Yang dicari ternyata tulisan yang liris, eh kami malah pol-polan ngebanyol. Kasuuuussss....

    Tak terbatas dengan yang bisa bertatap muka alias kopi darat yang masuk sebagai kriteria sahabat blogger. Justru yang jauh kadang berasa dekaaaat sekali. Sapaan dan dukungan hangat yang diberikan bagaikan alunan gelombang hangat di jiwa *istilahe to reeeekkk... ;)  Contohnya yang terjadi saat ada kompetisi menulis yang diikuti oleh sesama blogger. Ternyata saling mendukung itu tetap tidak luntur loh. Kompetisi menulis itu kan bonus aktualisasi saja, pertemanan itu justru 'stream' yang lebih perlu untuk dinomorsatukan

saling dukung di lomba blog antara aku dan mbakyu Ika Koentjoro
.
    Lomba tetap saja lomba, namun kekariban sesama blogger tetap harus dijunjung tinggi. Aku banyak membaca tulisan di blog mba Ika Koentjoro setelah beliau menjadi pemenang di Give Away : Perempuan dan Bisnis yang kuselenggarakan. Selepas pengumuman pemenang, baru lah aku bisa mengikuti blog mba Ika dengan leluasa. Bahkan dari blognya yang keren lah banyak inspirasi menulis yang kudapatkan. Matur nuwun untuk ilmu dan persahabatannya ya mbakyu ;)

    Juga teman blogger yang tadinya tidak kenal sama sekali pun mau membantuku mana kala aku kebingungan saat akan pergi ke luar kota.
mba Phie yang sangat baik hatinya
     Alkisah ada wong ndeso Semarang yang bingung saat akan bepergian ke Jogja, nanti harus nginap dimana, perjalanannya menggunakan apa, dan sejuta pertanyaan wagu lainnya lah hehehee.. Mba Phie yang baru saja kukenal lewat Warung Blogger ternyata ramah luar biasa. Dengan sabar ikut membantu mencarikan akomodasi. Aku sebenarnya juga mencari sih via internet, tapi kan lebih afdol bila 'mendapat petunjuk' dari piyayi Ngayogja langsung kan? Aku kan tidak tau lor kidul kota itu. Banyak terima kasih untuk mba Phie, meskipun akhirnya perjalananku itu gagal total namun budi baik mba Phie akan selalu kukenang. Tunggu kehadiranku di kesempatan berikutnya ya mba *loh malah sok ngartis :)

    Jadi sungguh kan sahabat, bahwasanya jauh ataupun dekat tidak menjadi kendala dalam persahabatan antar blogger ini. Mirip-mirip dengan bis kota lah, jauh dekat ongkosnya sama :D. Nah apa bedanya sahabat blogger yang satu kota dengan yang ada di kota lain, bila indahnya persahabatan tetap bisa tertabur dimana saja. 

 Cerita ini diikutsertakan dalam Giveaway Ikakoentjoro’s Blog dan Lieshadie’s Blog  
Indahnya Persahabatan Blogger-”

40 comments:

  1. dimana ada mbak uniek disitu ada mbak wuri...wew.... sing rukun ya haha

    ReplyDelete
  2. *peluk Mak Uniek... lop lop lop deh :-)

    ReplyDelete
  3. Indahnyaaa ya mak , bertemu banyak sahabat baik :D

    ReplyDelete
  4. Wah, Mak Uniek jadi banyak yah temannya gegara ngeblog.. :)
    Asiik jd bisa kopdaran...

    ReplyDelete
  5. So swiiit..sama lho mak, dakuw jadi betah di semarang karena menemukan iidn smg lho makz dl mbogor teruus..Alhamdulillah..thank you tlah menjadi my sisters..huuugs...

    ReplyDelete
  6. memang jadi blogger gak ada ruginya..kita bisa nambah pertemanan..ya kan teh :)

    ReplyDelete
  7. Hmm... Saya jadi ingat waktu itu teman saya sempet tanya, "Kok blog-mu traffic-nya rame sih? Gimana caranya?"

    Saya bilang, "Sering BW dan komen di blog orang juga dong."

    "Ngapain komen di blog orang? Nggak penting," kata teman saya.

    Tapi saya emang suka blogging dan saya senang ketemu orang-orang baru, apalagi kalo orang-orang itu punya passion yang sama dengan saya. Mungkin buat beberapa orang itu nggak penting, tapi saya dapet kesenangan tersendiri dari itu.

    ReplyDelete
  8. Mb Susan : hehehee..iya nih, jeng Wuri co cweeeett

    Nura Nugraeni : ndak mau dipeluk, bau kecut ih :D

    Dewi Rieka : i lop you to mak dedew, hug kiss muah muaaahhh

    ReplyDelete
  9. Mak Hana, Mak Matris & DG : benar sekali, persahabatan blogger memang indah euy

    Kisenosky (aku bingung mau manggil dirimu apa say) : benar sekali, BW dan meninggalkan jejak sangat menyenangkan. gak kalah nikmatnya dengan saling berbalas pesan spt di FB dan twit. via blog ungkapan rasa dan pikir blogger tergali lebih mendetail

    ReplyDelete
  10. Subhanallah... indahnya banyak sahabat. Salam kenal... salam blogger :)

    ReplyDelete
  11. Yang aku suka dengan sesama blogger itu ya seperti kata mbak uniek, meskipun sama-sama bersaing ikut lomba tapi tetap saling mendukung :)

    ReplyDelete
  12. Yang tanya bener-bener sinis itu.
    Banyak teman - banyak rejeki. Banyak kok yang mendapatkan penghasilan lewat blog dan bertanya lewat komentar.

    ReplyDelete
  13. Ditutup dengan kalimat yang manis hihi dan aku baru ngeuh arti jauh dekat ongkosnya sama, kirain mau bahas tentang tarif kota mbak :P
    semoga aku jg bs kapan2 ke luar kota, kan jauh dekat ongkosnya sama :D
    dan lagi salah memang kalo temen gak bisa bantu, bisa aja kan mereka bantu dengan doa dan dukungan ^^

    ReplyDelete
  14. Dija juga mau lho diajak kopdaran Tante...

    ReplyDelete
  15. Waaah, jadi ini ya yang dimaksud kemarin, Mbak Uniek? Hehehe..
    Terima kasih juga sudah mau berteman dengan saya, sama-sama wong ndesa, Mbak.. tenang saja :D

    O ya, waktu itu gagal ya ke Jogja? Pantes, saya kok gak terima kabar apa-apa. Ya, semoga lain waktu bisa kopdar, Mbak.
    Sukses untuk ngontesnya :)

    Salam hangat dari kaki Merapi,
    Phie

    ReplyDelete
  16. Zeal, Ika & pak Yitno : blogger friendship is truely awesome

    Mita : klo luar kota ongkosnya 'roaming' donk hihihii...

    Dija : sini siniiii pangku tante *halah

    Mb Phie : iya mbak, acaranya diundur September, moga2 enggak dibatalin lagi. utang kopdar ama mb Phie nih ;)

    ReplyDelete
  17. Blog memang menghadirkan banyak sahabat2 yang sangat hangat dan menyenangkan ya mbak... Aku juga merasakan hal yang sama :)

    ReplyDelete
  18. Seruuu... seruuu... sesama blogger kumpul itu emang seru.
    BTW gudlak ya utk kontesnya :)

    ReplyDelete
  19. Lhooooo, asli Semarang tah, Mba. . .

    Memang selalu indah persahabatan dengan blogger. Selalu menambah informasi ketika blogwalking, tambah erat ketika ada kopdar. :)

    Moga memang ya, Mba. ..

    ReplyDelete
  20. mb Reni & mb Idah : terima kasih sudah menjadikan saya kawan di blog :) muah muaaahhh..... semoga sukses juga utk kontesnya ya mba2

    ReplyDelete
  21. setuju, 'ongkos' pertemanan di blogger itu ketulusan. Makanya mungkin itu yg bikin asik :)

    ReplyDelete
  22. Bener banget mbak, dengan berteman di dunia maya saja sudah memberikan kebahagiaan, apalagi dunia nyata :)

    ReplyDelete
  23. mak Myra dan mb Mayya : senang sekali bisa menjadi teman anda berdua di sini *peyuuuukkk...

    ReplyDelete
  24. Huaaaa...jadi kangen temen2 IIDN Semarang *ketcup basah satu-satu :D

    ReplyDelete
  25. aku blm pernah ketemu mba Fenny ya? moga2 kapan2 bisa kopdaran ya mba *kecup balik

    ReplyDelete
  26. Setuju sekali kakak.
    Semua itu tergantung niatnya :-)

    ReplyDelete
  27. Salut saya pada semangat mbak sebagai blogger
    siaturahim dengan blogger via blogwalking memang seru. Jauh deket kita bisa jangkau. Kopdaran apalagi, beuh serinya abiez-abiezan.

    Sejak ngbelog duluuuu, teman2 blogger suka pada berkunjung ke kedai saya di Cibinong, ntah itu dari luar kota, luar provinsi, luar pulau bahkan sampai luar negeri. Rekan2 blogger tahu saya adalah blogger dalam tempurung, yakni gak suka bepergian.

    Salam kenal kalau gitu dengan saya blogger Bogor. Dulu tahun 2008 saya salah satu pendiri Komunitas Blogger Bogor Raya. Kebetulan aja karena kalau gak salah dah ngeblog sejak 2006.

    Kadang saya suka hiatus lama, terus jadi newbie lagi di blog baru. Nah sekarang pun demikian, baru jadi newbie lagi ya sekitar dua mingguan. Jadi terimakasih dah main ke blog saya, saat yg lain belum datang :)

    ReplyDelete
  28. Jos Bloko : toss dulu donk ;)

    Mas Haris : terima kasih juga sudah berkenan berkunjung ke blogku yg acak adul ini xixiii... coba klo deket, pasti ikutan berkunjung ke kedainya deh ;)

    ReplyDelete
  29. salam kenal juga dari Semarang ya mb Rohani

    ReplyDelete
  30. ya kalau diawal ngeblog sih..memang begitu bu....tapi sekarang ya sudah bisa memaklumi bahwa kita memang mesti tulus dalam berteman di dunia maya (blogging).

    balas atau tidak dibalas..enjoy aja....blogwalking....

    ReplyDelete
  31. Setuju Bu ...

    Dan satu lagi ...
    Jangan pernah menganggap remeh tulisan kita walaupun itu sangat sederhana ...
    Dan jangan pernah menganggap remeh komentar kita ... walaupun singkat ...

    Karena Postingan dan Komentar kita itu bisa jadi ada manfaatnya bagi yang lain ... we never know ...

    So ... mari kita menulis dan berkomentar dengan baik

    Salam saya Bu

    ReplyDelete
  32. Arya Devi : betul sekali, enjoy aja

    nh18 : matur nuwun utk komen dan ilmu2 ngeblog-nya yg secara sengaja maupun tidak sengaja sudah saya baca ya pak

    ReplyDelete
  33. asyiknya jadi blogger ya punya banyak teman

    ReplyDelete
  34. blogger yang sering berbagi banyak pahala ya :D

    ReplyDelete
  35. Mas Rustam : iyes betul sekaleee... banyak teman banyak rejeki tentunya ;)

    Wisata Lombok : aamiin... mau banget ama pahalanya hehehee... waw, web-nya keren euy, jadi ngiler nih, dari kecil pengin banget bisa ke Senggigi belum kesampaian :(

    ReplyDelete
  36. senengnya punya banyak temen di dumay itu bisa nambah motivasi nulis, biarpun rival ngontes atau mgekuis tetep aja seneng bisa rame2.. :)

    ReplyDelete
  37. iya bener Ayu... kenal Ayu juga gara2 Ayu ikut GAku, berikut2nya malah kesengsem ama tulisan Ayu yg keren2 di blog My Fingerprints-nya :D
    juga sering ikutan ngontes n ngekuis bareng, memang asyik jadinya, rame2 poreper lah

    ReplyDelete
  38. Nah, kayak gini ini loh yang aku suka dari berkomunitas melalui blogging. Jadi terpicu untuk nulis teruuus. Pengen niru semangatnya Mak Uniek. thank you udah jadi inspiratorku mak...Salam...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduh aku tuh masih blogger abal2 Mb Mita... mau belajar juga donk dari mba

      Delete