Featured Post

#UsiaCantik dan Mengapresiasi Diri Sendiri

Bu, sekarang umur Ibu sudah berapa?   Pernah sesekali waktu anak keduaku nanyain umur model petugas sensus begitu. Iya sih, jawabnya me...

16 September 2013

Ngerumpiin Chaidir's Web

Dear Sobat Blogger, 

Tau nggak, dari sekian banyak give away, selalu yang bertema review blog itu sukses membuatku adem panas. Kenapa eh kenapa? Karena aku sendiri masih belum begitu mengetahui seluk beluk dunia blog. Habis gimana yaaa.. Lebih asyik curcol dan ikutin kuis sih kalau pas nge-blog gitu *eh  Mungkin kali ini lebih tepat disebut sebagai ajang ngerumpiin Chaidir's web aja kali yaaa... ;)

Tapi nggak tau juga ya, begitu melihat ada salah satu warga Warung Blogger bernama mas Chaidir bikin give away review blog untuk Chaidir's Web ini, hatiku jadi kebat kebit pengin ikutan. Apa karena :
  • Doi itu brondong cakep nan smart? Aihhh, enggak segitunya kale... (sambil ketawa terkikik-kikik ala mak lampir mendamba brondong). 
  • Hadiah mouse wireless-nya yang super memikat beserta buku dan danbo paper craftnya yang keren itu? Yaaa... kemungkinan itu sih... (tetep sambil ketawa-ketiwi nggak jelas sembari ngiler berat saat melirik foto-foto hadiah itu).
  • Tampilan blognya yang memang bagus banget itu? Ho oh, bener banget itu  (sudah mulai pasang tampang serius nih, ssstt.... serius, mau mulai ngreview nih) 
Pertama kali membuka Chaidir's Web akan terlihat tampilan seperti ini :
halaman awal Chaidir's Web

Ajib beneerr... kok bisa seperti halaman muka google gitu ya. Sumpe mati bikin penasaran deh, ini anak dapat template dari mana ya bisa kayak gitu. Sudah beberapa kali aku nyoba ganti template tetep nggak bisa dapet tuh yang kayak gitu. *ya iyalah, sukanya template gretongan mulu :D

Melanjutkan ke menu blognya akan terlihat seperti ini :

Ringkas dan menarik dengan gambar yang ada di artikel disertai sedikit cuplikan dari awal artikelnya. Eye catching banget boooo... Itu tuuuhh, ada juga gambar emoticon kelihatan di bagian kiri atas itu.

Nah, artikel ini yang paling kusuka. Eeee.... jangan memandang sinis gitu dong. Mungkin buat sebagian orang membuat emoticon di blog itu sudah biasa, atau malah mungkin ada yang bilang emoticon itu nggak penting. Yang penting kualitas komennya. Ya terserah aja sih. Yang jelas pada Memasang Emoticon WhatsApp di Blogspot ini ada daya tarik tersendiri bagi emak gaptek seperti diriku. Mau tau alasan kenapa saya suka artikel itu? 

Coba simak keterangan pembuat blog pada artikel tersebut :
Untuk mengetahui kode emoticonnya sahabat cukup mengarahkan kursor mouse tepat diatas gambar yang ingin sahabat gunakan. Nanti secara otomatis akan muncul hover text. Sekali lagi cara ini pun saya adopsi dari smiley emoticon di Facebook, yaitu ketika kursor kita berada diatas gambar smiley akan muncul kode emoticonnya.
Saya harus nyari ide lagi untuk nemuin kode text yang bener-bener cocok untuk dipakek pada emoticon tersebut. Selanjutnya kode text emoticon itu pun harus di translasikan lagi ke bahasa PHP dengan menggunakan istilah Regex yang kemudian dimasukkan ke dalam JavaScript
Huaduhhh... ngomongin apa sih anak muda ini, istilahnya sulit bener untuk dipahami. Eh jangankan memahami istilah ini, mau mencoba mempraktekkannya di blogku aja deg-degan banget. Takutnya ntar malah hancur lebur. Jadi ya mas Chaidir, kalau ente emang baikan, kapan-kapan diajarin tutorialnya yang lebih detail lagi ya. Les privat gretong gituuu... *kedip-kedip genit pada keponakan :D

Yang unik dari Chaidir's Web itu ya pada karakter kartun khasnya : si Wakdir dan Wakder

Wakdir itu singkatan dari Wak Idir, adapun Wakder dari Wak Eder. Nggak tau juga tuh apa arti dari kedua nama itu. Kata si empunya blogger, kedua kartun ini dimaksudkan untuk mewakili dan mencitrakan Chaidir's Web mulai segi tampilan blog, icon dan logo, warnanya, dan dari segi karakternya. Si Wakdir mewakili simbol angka 1 dengan ciri-ciri yang dicitrakan oleh pemilik blogger sebagai :
Otaknya cerdas tapi pemalu
Wakdir
Rajin dan sukanya belajar
Hobinya berbagi ilmu dan pengetahuan
Sifatnya serius dan cuek
Kritis dan jago nulis
Suka nyari solusi dan memotivasi
Bahasanya sopan dan ramah
Introvert dan gak pande bergaul
Adapun Wakder mewakili angka 5 dengan citra berikut ini :
Wakder
Otaknya kreatif tapi pemalas
Berani dan sukanya hiburan
Hobinya berkarya dan cari pengalaman
Suka jahilin orang dan humoris
Jago design dan kadang pelupa
Suka nyanyi dan buat inovasi
Bahasanya suka-suka aja
Outrovert dan suka bergaul
Jiahahaaa...kreatif bener ih mas Chaidir, tokoh animasi saja dibedakan karakternya. Angka 1 dan 5 itu ternyata diambil dari icon C15 atau singkatan dari @Chaidir15. Kalau mereka bersama maka sesuai lah dengan tagline dan tujuan dari blog ini, yaitu Berbagi Pengalaman dan Pengetahuan. Nah, kalau karakter yang paling pas untuk mewakili blog-ku apa donk mas Chaidir, boleh minta dibuatin? *ups

Asli, sebenarnya aku minder banget loh harus ngreview blog yang perfect banget ini.
video

Terlihat dari video di atas, bagaimana pergerakan menu tiap kali cursor digeser. Slow motion-nya gak nguwati reeeekkk... Bisa begitu ya? Cuma sayangnya tiap kali menu atas kena pointer, tulisannya jadi hilang, sehingga yang nampak cuma anak menunya saja. Sengaja begitu atau gimana sih mas Chaidir?

Tapi ada satu hal yang cukup melegakan hatiku, yang selalu merasa kecil hati saat berhadapan dengan blog-blog lain, apalagi kalau bukan masalah Page Rank. Walau tadinya bertekad tidak akan mengulik-ulik PR maupun estimasi blog, iseng aja kucoba masukkan url Chaidir's Web ke PR checker tool. Hasilnya... treng treeeenggg...

Nggak tau tuh, si prchecker yang lagi error apa gimana. Masa blog yang isinya udah banyak plus bagus kayak gini masih N/A. Kok sama dengan blog ala emak-emak punyaku yang amburadul itu. Wah, pasti bercanda nih si checker. *ngompor-ngomporin mas Chaidir :D

Bagaimana, sudah semakin tidak bermutu ya reviewku?heheheee... maafkan aku ya mas Chaidir. Dari pertama juga sudah kubilang, aku tuh bisanya ngerumpi. Namun kau tetap memaksaku untuk me-review. Paksaanmu sungguh menggoda imanku xixixiiii... jangan mual mules perih kembung ya mas baca rumpian emak ini. 

Yang jelas Chaidir's Web itu :
  1. Penampilannya sederhana namun keren, atau lebih tepatnya lagi eksklusif, kagak ada yang nyaingin. Cukup dengan warna hitam, putih dan abu-abu Chaidir's web telah memikat mata at the first sight.
  2. Ukuran font yang digunakan cetho welo-welo alias jelas banget. Sangat mendukung optimasi mata pembaca yang sudah berumur macam emak rumpi nan gaptek ini.
  3. Tata letak menu maupun artikelnya eye catching sehingga tidak bikin bingung saat harus bolak-balik dari artikel yang sedang dibaca ke menu semula.
  4. Isinya bermanfaat meskipun bergenre campur-campur. Ada pengalaman, tutorial, psikologi, pendidikan, design dan sebagainya. Menyesuaikan dengan tag-nya : Berbagi Pengalaman dan Pengetahuan. 
Sip deh, terus berkarya ya mas Chaidir. Keep writing and keep inspiring ;)



Tulisan ini diikutsertakan dalam "First Give Away Chaidir's Web"

12 comments:

  1. Terimakasih Mbak Uniek Kaswarganti.. ^_^
    Akhirnya ikutan juga nih berpartisipasi di GA saya..

    Walaupun dikatain sekedar rumpian, malah tetep bermanfaat kok Mbak kritik dan masukannya..
    Salam Persahabatan dari Chaidir's Web!

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih juga mas Chaidir, terengah-engah rasanya menulis review blog ini. Nggak tau ya, selalu keder duluan kalau harus ngreview blog. Thks utk injury time-nya :D

      Delete
  2. lengkaaap ka.. (y)
    wah, goodluck yaaa :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. aiiihh...ini tulisan kacau balau Ranii... thks ya, goodluck for you too ;)

      Delete
  3. Aiiih... mbak Uniek pinter buat review nih... Semoga sukses dengan GAnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. mba Niken ojo ngece to, ini kan bukan review, lebih cenderung kayak emak2 yg lagi ngerumpiin apa gitu :D

      Delete
  4. aaaiiihhhh keren begini kok bilang kacau balau.. suka merendah ahh si mbak ;)
    yahh aku jadi makin keder lah kalo begini caranya. Web mas Chaidir oke punya, tulisan mbak Uniek top markotop... we aku tak ngumpet dibelakang tembok China aja ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. takrubuhin temboknya biar gak bisa buat ngumpet :p

      Delete
  5. Review nya detil juga mbak... :)
    Semoga menang ya?

    ReplyDelete
  6. Reviewnya lengkap Mbak..
    Ngomong-ngomong suka juga dengan tampilan blognya Chaidir ini, unik :)

    ReplyDelete
  7. Mas chaidir dari dulu emang kreatif themanya, aku aja naksir berat... hahaha :D

    Sukses mbak untuk GA-nya semoga beruntung.. :)

    SaHaTaGo [Salam Hangat Tanpa Gosong] dari pemuda asal Mempawah yang menetap di Jogja, gak suka marah apalagi mencela, mudah-mudahan bisa senantiasa membuat orang lain bahagia dan semoga anda berkenan dengan komentar saya, haha :D

    ReplyDelete
  8. memang sederhana mbak, itu blognya mas chaidir :)
    sukses ya mbak GAnya :)

    ReplyDelete