Featured Post

#UsiaCantik dan Mengapresiasi Diri Sendiri

Bu, sekarang umur Ibu sudah berapa?   Pernah sesekali waktu anak keduaku nanyain umur model petugas sensus begitu. Iya sih, jawabnya me...

01 February 2014

Manis, Praktis dan Sehat dalam Keterbatasan

Musim hujan seperti ini seakan membenamkan kita pada kondisi harus selalu di dalam ruangan. Mau kemana-mana susah, belum lagi saat harus menerjang arus air yang membanjiri beberapa titik lokasi yang ada. Tak bisa membayangkan bagaimana nasib saudara-saudara kita yang harus bekerja di luar ruangan. Aku yang hanya ngendon di dalam ruangan saja merasakan dingin luar biasa sepanjang hari meskipun suhu AC sudah disetel di angka 25. Penginnya minum yang hangat-hangat dan menyehatkan untuk menjaga stamina tubuh. Tapi mungkinkah mendapatkan minuman yang manis, praktis dan sehat dalam keterbatasan waktu maupun gerak? Pekerjaan di kantor sedang menggunung niiihh...

Pilihannya banyak sih, kan sekarang sudah banyak model minuman instan yang tinggal tuang dan seduh dengan air panas. Teh tarik, kopi mix, jahe instan, bahkan minuman mengandung sereal pun sudah ada. Tapi sudah terlalu biasa sih kalau menurutku minuman-minuman seperti itu.

Kapan hari saat aku bepergian, aku melihat salah satu produk minuman instan yang agak berbeda. Bajigur. Wih, kalau di kampungku Semarang jarang banget ada minuman jenis tersebut. Maka bersuka citalah kubeli satu bungkus berisi 5 sachet bajigur siap minum. Hihuuuyy...nggak sabar ingin segera menikmatinya. Mana musim penghujan kan sekarang, dingin-dingin gini minum bajigur anget tentunya bikin badan lebih enak.

Seperti minuman instan pada umumnya, cara membuat bajigur ini pun gampang sekali. Tinggal tuang ke dalam cangkir dan seduh dengan air panas dari dispenser.

tuang saja ke dalam cangkir


setelah diseduh air panas dari dispenser, voilaaa.....
bajigur anget siap deh melawan dinginnya hawa di musim penghujan


Sebenarnya apa sih ingredient dari bajigur instan tadi? Yuk coba kita intip dari gambar berikut ini :

Komposisi bajigur : gula palem, krim dan rempah-rempah

Ealaaahh...ternyata gula palem dan krimer ya? plus rempah-rempah yang aku sendiri tidak begitu yakin apa itu, karena bajigur tadi menurutku rasanya seperti kuah kolak heheeee... Beneran deh.

Kalau sekadar menciptakan rasa mirip kuah kolak tadi, mendingan nyeduh gula palemnya aja langsung. Kan sekarang sudah ada gula palem / gula aren dari produsen terpercaya yang memang menghadirkan pemanis sehat bagi para pelanggannya.

Pemanis premium yang memiliki cita rasa istimewa di dalamnya ini tentu saja sensasinya berbeda dengan seduhan gula putih. Bisa bayangkan? Nah, pemanis sehat dengan brand ARENGA ini kini telah hadir untuk mempermudah kita mendapatkan gula aren berkualitas.

Pernah ingat ajaran orang tua saat badan lemas tak berdaya, segeralah mengulum potongan gula jawa agar segera naik kadar gula dalam tubuh sehingga mempercepat pemulihan stamina. Gula Jawa terbuat dari nira kelapa biasa, sedangkan gula aren alias palm sugar ini terbuat dari pohon aren.

 coconut palm sugar


Gula aren yang diproduksi oleh Arenga ini tak hanya tersedia dalam bentuk gula semut saja, yang cair / liquid juga ada loh. Makin praktis saja untuk digunakan ya ;)

Aneka minuman manis kini bisa tersaji tanpa rasa khawatir dengan penggunaan gula aren ini. Bagi penggemar kopi gula ini juga syedaaappp sekali loh bila ditambahkan. Tengok saja di web Arenga yang memberikan contoh pembuatan kopi creamer premium sendiri. Bedanya sensasi gula ini terletak pada cita rasa caramel yang terkandung di dalamnya, sehingga kopi akan terasa legit dan makin bikin kecanduan deh ;)

Untukku pribadi yang sudah tak sanggup berteman dengan kopi lagi, ide wedang bajigur tadi lebih menarik deh. Tinggal siapin palm sugar dari Arenga ini, dimix dengan creamer aja, naaahhh... jadi tak kesulitan lagi deh mendapatkan minuman hangat, manis, praktis dan sehat dalam keterbatasan ruang gerak saat sedang berkutat dengan setumpuk dokumen di kantor.

Nah, buat sahabat semua, kenapa tidak coba saja pemanis sehat yang saat membayangkannya saja ini sudah bikin ngiler, pengin segera mencobanya dalam secangkir minuman gula aren hangat. Berapa sendok gula aren yang akan kutuangkan nanti ke dalam cangkir di kantor?

Aaahhh... berapa pun yang nanti tertuang, tentu saja yang paling penting adalah rasa nyaman yang tercipta dalam hati. Nyaman saat mengingat gula aren ini adalah pemanis sehat yang bersahabat bagi tubuh kita karena terbuat dari nira aren asli tanpa tambahan sulfit di dalamnya. Semua produsen boleh saja mempromosikan produknya yang paling sehat, namun pilihan cerdas selalu ada di tangan kita kan? Yuk kita pilih pemanis sehat yang tidak membahayakan diri kita sendiri :)




http://eviindrawanto.com/2014/01/lomba-blog-peduli-pemanis-sehat/



Note :
- Semua gambar (kecuali dokumentasi pribadi) diambil dari web Arenga : www.palmsugarindonesia.com


23 comments:

  1. kayaknya besok bakal dibawa pas kopdar nih. ngehehe *ngarep

    ReplyDelete
  2. Terima kasih sudah turut berpartisipasi di Lomba Blog Peduli Pemanis Sehat

    artikel sudah tercatat sebagai peserta ya bulik Uniek.. salam manis gula aren

    ReplyDelete
  3. Makasih ya Mbak Uniek.
    Salam saya :)

    ReplyDelete
  4. Belum pernah mencicipi yang namanya bajigur, mbak. Gag ada di daerah saya, nih :(
    Kunjungan perdana, nih, mbak.

    Salam hangat dari Surabaya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di tempat saya juga gak ada mba, itu wedang bajigur instannya dapet pas pergi ke Jogja

      Delete
  5. Sukaaa gula areeeen.. Rasanya unik et gurih... Masih kekejer ikutan ngg yaaa... Lg hibernasi :D.. Sukses kontesnya maaaak..

    ReplyDelete
  6. Gula aren harus disebarluaskan agar para petani aren dan produser gula aren semakin banyak dan meningkat taraf hidupnya
    Mantap ulegannya
    Salam hangat dari Surabaya

    ReplyDelete
  7. halah baru kemarin aku ngabisin bajigur yang itu..dapet oleh2 mbak Ika...hihihi tadinya meh tak bahas di GA ini, udah motret segala...
    Ganti wae wes...#jare Mbak Uniek ngene : salahe mbak lies ra cepet2 nulis...hihihihi lagi kambuh malasnya nih ! sejak berfoya foya di srikandi ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehee... beli di Mirota Batik sana mbakyuuu.. ada yg Wedang Gula Aren juga loh. Mayan, dapet nikmatnya wedangan, bisa ikutan GA pulak ;) lak yo ngono toh :D

      Delete
  8. jadi kepengen nyeruput yang manis dan panas ni, Bandung lagi dingin dengan angin besar brrrrr sukses GA nya ya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, paling enak tuh dingin2 minung wedang anget begini :)

      Delete
  9. semoga sukses dengan giveawaynya

    ReplyDelete
  10. Aku suka banget mengawali padi dengan yg panas manis. membuat hariku nyaman dan santai. xixi... tapi kalo bajigur rasa kolak... hmm... ga ah. kecuali gratis... hahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. eeee tapi enak banget loh rasane Mbakyuuu, saestu ;)

      Delete
  11. Kalo aku sering minum es bajigur Mak...
    Enak banget hehehe
    BTW sukses ya buat GAnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Matur nuwun Mak Reni, sukses juga untukmu yaaa...

      Delete
  12. bajigur kejegur *eh komen apa seh iniiiih??? *sruput bajigur :D

    ReplyDelete