Featured Post

#UsiaCantik dan Mengapresiasi Diri Sendiri

Bu, sekarang umur Ibu sudah berapa?   Pernah sesekali waktu anak keduaku nanyain umur model petugas sensus begitu. Iya sih, jawabnya me...

01 March 2014

Aku dan Sudoku

Masihkah ada yang mengenal permainan utak-atik angka bernama Sudoku?

Sudoku berasal dari Bahasa Jepang Suuji wa dokushin ni kagiru yang memiliki arti angka-angkanya harus tetap tunggal. Sudoku yang merupakan jenis teka-teki logika ini 'hanya' bermain seputar angka 1 sampai dengan 9. Kita memasukkan angka 1 sampai 9 ke dalam jaring-jaring 9x9 yang terdiri dari 9 kotak ukuran 3x3 tanpa mengulangi sekalipun angka-angka tersebut (sumber : wikipedia).

Nah loh, enggak bingung kan? Aku bukan penggemar togel, bukan pula petaruh porkas (istilah yang hanya dimengerti bagi mereka yang mengaku gaul jadul). Namun entah mengapa dari dulu semenjak ada permainan angka bernama Figjig di Intisari, aku sudah gemar berat mengisi model kotak-kotak logika begini, meskipun kemampuan berlogikaku pas-pasan hehehee...

Berbeda dengan figjig yang tinggal memasukkan deretan angka sesuai daftar yang telah disedikan, pada Sudoku inti permainan hanya berkisar pada angka 1 hingga 9. Bagi yang tertarik untuk mengetahui lebih lanjut apa itu Sudoku, let's start playing this game ;)

posisi awal sebelum mulai diisi

Terus, ngapain tuh kotak? dianggurin? hehehe...tentu tidaklah, mari tentukan angka pertama yang akan mengawali permainan ini.

memulai dengan angka pertama

Coba ikuti panah hijau di atas. Ada dua buah angka 4 yang terletak di baris sesuai panah. Mengikuti prinsip Sudoku yang tidak boleh mengulang angka sama dalam baris, kolom bahkan kotak kecil, maka satu-satunya alternatif untuk meletakkan angka 4 berikutnya adalah di baris yang kubuatkan lingkaran hijau itu.

Nah, itu masih dari sisi lajur. Mohon perhatikan kotak-kotak kecil bergaris putus-putus hijau yang kuberi angka 1, 2 dan 3 itu. Pada masing-masing kotak itu terdapat jajaran angka 1 hingga 9 yang tidak boleh berulang juga. Di kotak 1 sudah ada angka 4, begitu juga di kotak nomor 2. Nah berarti tinggal di kotak nomor 3 kan ya kita harus mencari letak angka 4nya. Sudah ada lingkaran hijau tadi sih, tapi kan belum jelas mau ditaruh dimana angka 4nya. 

Mari kita lihat dari sisi kolom (gerakan dari atas ke bawah). Tuh ada angka 4 yang kuberi tanda panah ungu. Kolom paling kiri dan paling kanan sudah terisi angka 4, so tinggal kolom tengah kan yang belum ada. Kita lihat ada pertemuan titik antara lingkaran hijau tadi dengan garis ungu. Yup, di situlah angka 4 paling pas dituliskan. 

Gimana, mudah kan? Lanjut yuuukk...

mari kita letakkan angka 9 pada tempatnya ;)

Menggunakan prinsip yang sama dengan peletakan angka 4 tadi, maka angka 9 ini paling pas diletakkan di kolom yang kuberi garis putus-putus ungu itu. Berhubung di atasnya ada angka 5 dan 6, it means tidak ada pilihan lain lagi selain di situ. Tulis deh angka 9nya yaaaa... Prinsip tidak boleh mengulang itu harus kita terapkan di angka-angka berikutnya. Selalu cari dulu angka mana yang kira-kira menghalangi langkah angka yang akan kita tulis, so kita akan menemukan baris ataupun kolom yang paling tepat untuk kita gunakan meletakkan angka berikutnya.

masih berkutat dengan angka 9

Yuk lanjut ke angka berikutnya. Kali ini masih pada angka 9. Ikuti saja dua buah angka 9 yang kuberi tanda panah ungu itu, maka akan ditemukan satu baris kosong tanpa angka 9 bertanda garis putus-putus ungu. Ada dua pilihan untuk meletakkan angka 9. Bisa di kotak yang sudah kutulis angka 9 tadi, bisa juga di sebelahnya yang kuberi tanda lingkaran merah. Tapiiiii... tidak mungkin menuliskan angka 9 di kotak dengan lingkaran merah tadi, karena akan bertemu dalam satu kolom dengan angka 9 yang ada tanda panah merahnya. 

Dari dua contoh angka 4 dan 9 tadi, kira-kira bagaimana? (kayak mentor ahli saja, padahal yang ahli Sudoku baca ini pasti terkekeh geli melihat cara pengerjaannya).  


Sama dengan prinsip 'tanpa pengulangan' yang sudah diterapkan pada angka 9 tadi, begitu pula cara untuk meletakkan angka 1. 

mainkan angka 8 yuuuukkk...

Pada pojok kiri terlihat angka 8 berpanah ungu itu. Jadi untuk meletakkan angka 8 berikutnya ada dua option yang kutandai dengan dua garis putus-putus berwarna ungu. Kedua option baris itu bisa jadi merupakan tempat yang pas untuk meletakkan angka 8. Hanya saja perlu diingat angka 8 penghalang yang bertanda panah merah tadi. Kita tak bisa meletakkan angka 8 di lingkaran merah itu. Yes, di lingkaran ungu itu lah tempat yang paling pas untuk angka 8.

Masih bingung? *pake style berkesan paling sok teong sedunia :)  Lanjuuttt...

Sudah ada beberapa angka yang kuisikan sebagai lanjutan angka 8 tadi. Kini kita bermain dengan angka 2 ya. Berhubung kotak kecil yang di tengah itu sudah hampir lengkap angkanya, mari kita tengok sebentar. Garis putus-putus merah di situ merupakan tanda larangan penggunaan angka 2 di sepanjang kolom itu. Lihat saja sudah ada angka 2 yang nangkring manis di baris paling atas dari garis tersebut. Jadiiii... angka 2nya bisa diletakkan di mana? Iyesss... betul sekali, di kotak yang ada lingkaran ungunya itu. Pinteeerrr deehh... ;)

Setelah angka 2 'duduk' dengan manis di situ, maka dari keseluruhan rangkain angka 1 hingga 9 yang belum dimasukkan ke kotak berukuran 3x3 itu apa dong? Tentu saja angka 6 kan ya.

Nah, kenapa angka 6 itu kuberi tanda bintang. Super banget deh rasanya saat bisa menuliskan angka terakhir di suatu kotak tanpa beban. Tanpa harus mempertimbangkan lagi halangan di baris atau kolom tertentu. Tak ada angka lagi selain 6 kan yang belum tercantum di kotak kecil itu? ;)


Coba sekarang bermain dengan angka 2 dan 7 tanpa translation yaaa hehehee.... Bisa kan? Tetap menggunakan prinsip tidak boleh mengulang angka yang sama dalam satu baris, satu kolom dan satu kotak kecil ukuran 3x3 ya ;)  Ikuti saja panah, lingkaran dan garis putus-putus yang ada itu ya.

Sudah?


Ya beginilah hasil berikutnya. Angka 2 dan 7 sudah nempel di tempat masing-masing. Berarti sekarang kurang angka 1 dan 3 ya? Kebetulan di lembar Sudoku yang ini, letak angka 1 dan 3 nya tidak ada penghalang sama sekali, jadi bebas saja mau letakkan di mana angka 1 atau 3nya. Asalkan nanti hasil akhirnya tidak saling bertubrukan di kolom yang sama, selesai sudah Sudoku kita kali ini. Yippieee...

Have a nice time with Sudoku ;)

Teka-teki logika ini banyak yang bisa dimainkan secara online lho bila kesulitan mendapatkan versi cetaknya, maklum saja sudah enggak nge-trend lagi nih. Salah satunya bisa diakses di Gamehouse Sudoku. Lengkap dengan level yang bisa dipilih sesuai keinginan serta stopwatch yang bisa dimanfaatkan untuk melatih kecepatan menyelesaikan salah satu level. 

Oke, have a nice week end with Sudoku ;)

24 comments:

  1. mantaaap .. kalo diajarin gini jadi semangat nyobain lagi deh

    ReplyDelete
  2. Huaaaa ternyata begitu caranya. Pantes aja selama ini aku pening2 ria liat angkanya ga bisa single2. Wkwkwkkw. Hokehsip. Makasih ya Mak, aku mau coba aaaahhh. :* :* :*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuk Mak, itu ada yg versi online juga, lebih praktis ada timernya segala.

      Delete
  3. orak open tenan aku main game mak hihihi
    wes mumet sek :-P

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lebih gurih html ama css yo Mak hihiiii...

      Delete
  4. Hadeeehhhh liat angka2 berjejer wes langsung ngelu Mbak... Ga telaten blas enaan moco novel ae :-P

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kebiasaan mantengi tagihan utang ki lho Dekmun, dadine yo ngene iki hehehe...

      Delete
  5. Ini mainannya adikku, Mak. Aku pengen main dan adikku juga mau ngajarin, tapi sayangnya gak mood kalau lihat jejeran angka, soale udah mblenek sama angka2 tugas kuliah. eheh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sehari-hari aku di tempat mburuh juga mainan angka mulu Mba, tapi koq tetep cintrong ama mainan angka ini ya hehehe.... Udah jodoh kali ;)

      Delete
  6. Di majalah bulanan Intisari dulu suka ada TTS seperti itu ya Jeng. Tapi saya nggak pernah ikut wong nggak iso.
    Kalau rajin main katanya bisa cegah pikun dini (Om NH(
    Terima kasih atas artikelnya yang menambah wawasan
    Salam hangat dari Surabaya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo pakdhe, bersudoku ria bersama saya ;)

      Delete
  7. Jadi pengen beli sudoku terbaru nih :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Enakan yg online aja Mak, gak nambah stok sampah kertas ke bumi ;)

      Delete
  8. Saya diajarkan oleh bos saya untuk maen sudoku. Katanya untuk melatih strategi. Untuk pemula bisa mencoba di harian nasional tiap senin dan selasa. Karena rabu dst tingkat kesulitan semakin rumit, angkanya semakin sedikit.

    ReplyDelete
  9. gamenya ada di hape juga loh Mak :3

    ReplyDelete
  10. Hahaha ... ini rajin banget ...
    step by step

    Yang jelas ... sudoku memang membuat kecanduan ...

    Salam saya Mbak Uniek

    (4/3 : 1)
    (yang pertama untuk hari ini ...)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aseeekk...kunjungan pertama Om Nh hari ini pas jatahku. Iya nih om, biar teman bermain sudoku tambah banyak hehehe.... menebar virus sudoku ;)

      Delete
  11. oooo gitu caranya......*tetep durung mudheng *muka polos

    ReplyDelete