Featured Post

#UsiaCantik dan Mengapresiasi Diri Sendiri

Bu, sekarang umur Ibu sudah berapa?   Pernah sesekali waktu anak keduaku nanyain umur model petugas sensus begitu. Iya sih, jawabnya me...

27 November 2014

Ramah Bocah ala Garuda Indonesia


sumber foto : web Garuda Indonesia
Ramah bocah ala Garuda Indonesia itu bukan cuma sekedar slogan yang hendak ku'tiupkan' berkaitan dengan excellent service of Garuda Indonesia. Sejak lama aku sudah mendengar pamor Garuda Indonesia sebagai airline yang handal.

Sebelum menceritakan perihal ramah bocah tadi, aku ingin mengingat memori lama yang tak mungkin terlupakan. Pada tahun 2001 hingga 2002 saat aku masih bekerja di Office Department di salah satu perusahaan manufaktur garment yang cukup besar di Ungaran (Kabupaten Semarang), aku sering sekali booking tiket Garuda Indonesia untuk pimpinan. Beliau kerap bepergian bolak balik Semarang - Jakarta untuk meeting dengan pihak marketing. Permintaan untuk booking tiket pun sering dilakukan dalam waktu yang sangat dekat dengan waktu keberangkatan.

Untunglah melalui travel agent yang sudah menjadi langganan, aku bisa dengan mudah mendapatkan tiket pesawat sesuai permintaan pimpinan. Jadwal pesawat Garuda Indonesia yang tiap 1 jam ada pun sampai hapal di luar kepala karena di meja kerja sudah kupasang list-nya dan hampir tiap minggu melakukan booking tiket.


 
 Jadwal penerbangan yang dulu hafal di luar kepala
(sumber : Garuda Indonesia)

Setiap 1 jam sekali ada pesawat yang bisa di-book untuk keperluan pimpinan. Aku ingat sekali, dulu beliau selalu minta duduk di aisle ;)  Jadi, contekan jadwal di meja plus AISLE adalah keyword yang harus selalu kupegang manakala hendak mengatur keberangkatan pimpinan maupun para manager di bawah beliau.

Luwesnya jadwal keberangkatan pesawat ini tentu saja ramah bagi segala kepentingan. Ramah bocah ala Garuda Indonesia pernah dialami putriku. Tak hanya sekali loh. Dua kali berturut-turut, November 2013 dan November 2014 putriku terbang bersama Garuda Indonesia dengan biaya sepenuhnya ditanggung oleh Dirjen Dikdas Kemendikbud (Direktorat Jendral Pendidikan Dasar Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan). Sungguh merupakan hal yang luar biasa bagi putriku bisa merasakan sendiri naik maskapai terbaik  Indonesia ini.

Vivi dan sahabatnya (Rachel) berangkat ke Jakarta, November 2013

Keluwesan jadwal dan kemudahan mendapatkan tiket pesawat murah di Garuda Indonesia lah yang mungkin menjadi sebab dipilihnya maskapai ini oleh Kanwil Dikdas Provinsi Jawa Tengah. Pihak Kanwil sudah dua tahun berturut-turut bersedia 'nomboki' terlebih dahulu biaya keberangkatan para murid sekolah dasar yang terpilih untuk mewakili Jawa Tengah dalam ajang Apresiasi Sastra Sekolah Dasar. Vivi, putri sulungku, adalah salah satu yang beruntung bisa terpilih untuk berangkat ke Jakarta.

Waaahh... tak tergambarkan deh kebahagiaan Vivi. Saat naskah cerpennya yang berjudul "Aku Bisa Menulis" membawanya kembali berjodoh dengan event besar ini, terharu sekali rasanya saat pihak penyelenggara menghubungi via telepon. Meskipun bukan naskahku sendiri yang diapresiasi, rasanya ingin teriak saking senangnya karena karya anakku terpilih di antara sekian ratus tulisan yang diterima oleh panitia.


 
 berangkat dan pulang naik Garuda Indonesia, November 2014
(sumber foto : jepretan Mama Khansa)


Belum lagi saat dia tau, Rachel sahabatnya yang tahun lalu berangkat bersamanya, juga kembali terpilih di tahun ini. Bahagianya berlipat-lipat deh. Dari Semarang, Vivi akan berangkat bersama 3 orang teman lainnya, yaitu Rachel, Khansa dan Adiva. Beruntung sekali banyak moment berharga yang bisa kudapatkan saat Vivi pergi. Semua berkat Mama Khansa yang saat itu mendampingi putri tercintanya. Alhamdulillah, aku pun bisa sekalian menitipkan Vivi pada beliau. Ayem sekali rasanya, ada pendamping dari pihak Kanwil (Pak Mardi yang sabar luar biasa), ada Mama Khansa yang sangat perhatian, juga Garuda Indonesia yang ramah bocah.

sesaat sebelum boarding, November 2014
Vivi sangat terkesan dengan pengalaman bepergiannya ini. Pada postinganku tentang pertama kali melepas anak pergi sendiri, sudah pernah kuceritakan bagaimana gembiranya Vivi terbang bersama Garuda Indonesia.

Nah, untuk pengalamannya yang kedua, sengaja kulakukan sedikit wawancara dengan putri tersayangku ini. Yuuuk simak obrolan santai kami berikut : 

Pertama kali naik pesawat, gimana rasanya?
Agak pusing dan mual, tapi senang sekali bisa naik pesawat 

Pesawat apa yang Kakak tumpangi? 
Garuda Indonesia 

Seperti apa sih pesawatnya? 
Besar, warnanya putih dan biru, sayapnya panjang 

Naik ke pesawat menggunakan apa? 
Tangga bergerak yang dibawahnya ada rodanya, jadi bisa berjalan atau bergerak 

Nggak takut pas diinjak tangganya jalan sendiri? 
Ya enggak dong, kan tangganya posisi berhenti. 

Begitu masuk ke dalam badan pesawat, apa yg Kakak lihat? 
Tempat duduk yg bagus, ada tivi di depan kursinya, ada meja lipat, ada kantong yg berisi petunjuk-petunjuk dari Garuda. Petunjuk itu misalnya bila mendarat di air apa yg harus dilakukan. Juga bagaimana cara memakai masker oksigen

Di dalam pesawat emangnya kosong nggak ada petugasnya? 
Ada donk, pramugari berseragam biru dan hijau, yang laki-laki berbaju hitam

Mereka ngapain aja? 
Membagi snack, memberi minuman, menolong memasukkan tas ke kabin, membantu memasang safety belt. 

Kakak juga dibantuin pake safety belt-nya? 
Enggak dong, aku kan sudah bisa sendiri. Sebelumnya kan sudah pernah naik Garuda juga. --> sombong banget sih :(

Makanannya apa saja? 
Roti, coklat wafer, air mineral. 

Itu saja? Nggak ada minuman lainnya? 
Ada, itu yang ditawarkan pramugari menggunakan kereta dorong. Ada jus jambu, jus jeruk, kopi, susu, dan lainnya. 

Selain makan dan minum di pesawat, kakak ngapain lagi? 
Nonton film kartun yg bercerita tentang sekolah sihir di luar bumi. Selain menonton aku juga mendengarkan musik. Lagunya Adele. --> kayak orang tua aja ndengerinnya Adele :p

Senang ya dapat makan, minum dan bisa lihat film? 
Senang dong, apalagi aku juga dapat mainan. 

Kok bisa dapat mainan? 
Ya itu khusus untuk anak-anak. Gratis. Ditawarkan berbagai mainan seperti puzzle, catur, mobil-mobilan, boneka, dll. 

Boleh ambil semua? 
Enggak donk, milih salah satu. 

Dan alhasil setelah wawancara tadi rasanya pengin nangis gelundungan saking envy-nya. Aku setua ini saja belum pernah naik pesawat Garuda Indonesia, eeehh ni anak sudah dua kali. Mana asyik banget gitu di pesawatnya ;)

sumber foto : @Garuda_BPN


Ramah bocah ala Garuda Indonesia ternyata juga disertai ramah lingkungan. Seperti yang dilansir di akun twitter Garuda Balikpapan ( @Garuda_BPN ), melalui Garuda Indonesia Care maskapai terbaik Indonesia ini mencanangkan program More Passangers More Trees. Sebagaimana dinyatakan oleh IATA (International Air Transport Association) industri transportasi udara itu berperan sebesar 2% terhadap emisi karbon dunia dan 3% perubahan iklim. Untuk mengurangi dampak buruk tersebut, maka Garuda Indonesia merasa bertanggung jawab dan melakukan program pemulihan lingkungan secara nyata dengan menanam banyak pohon. Salah satu yang sudah sukses dilakukan adalah di Taman Nasional Sebangau (Kalimantan Tengah). Garuda Indonesia bekerja sama dengan WWF Indonesia, Departemen Kehutanan dan Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah melakukan rehabilitasi rawa gambut dengan menanam 100.000 pohon di area seluas 250 hektar. Dananya berasal dari penjualan tiket Garuda Indonesia rute internasional.

Duh, jadi makin pengin bisa naik pesawat Garuda Indonesia nih. Kapan ya kira-kira ada perjalanan dinas ke luar negeri menggunakan jasa maskapai terbaik Indonesia ini? Biar bisa ikut menyumbang dana perbaikan lingkungan gitu.

Atau mendingan lirik-lirik yang domestik dulu ya? Ada penawaran menarik tuh kayaknya di akun twitter Garuda Balikpapan. Diskon 25% untuk beberapa tujuan seperti gambar di samping ini. Sobat blogger yang di Kalimantan tuh, silakan digunakan kesempatan promonya. Aku yang di Jawa aja sampe ngiler-ngiler kepengin bisa dapetin promo tiket pesawat murah itu. Hanya berlaku hingga 15 Desember 2014 loh (syarat dan ketentuan berlaku).

Jadi, selain ramah bocah dan ramah lingkungan, sepertinya sudah ramah kantong juga nih ya ;)  Maunya sih begitu. Namun aku juga menyadari bahwa untuk ikut menjaga kelestarian alam, Garuda Indonesia membutuhkan dana tersendiri.

Dukung ah program More Passangers More Trees. Yuk pak bos ajak aku dinas ke luar negeriiiii... 


28 comments:

  1. Jeng, ini Vivi yang pas ikutan acara Konferensi Penulis Cilik Indonesia 2013 bukan? Kereeen. Pastinya tambah istimewa berangkat naik Garuda karena prestasi ini, ya. Selamat, Vivi! Tante ikut bangga! ^^

    ReplyDelete
  2. wow keren, terimakasih infonya ...

    ReplyDelete
  3. Waah aku suka konsep ramah lingkungannya nih. Keren gatuda euy. Tfs mak

    ReplyDelete
  4. Keren nih si Vivi naik garuda, emaknya aja blom pernah hihi. Aku blom pernah naik pesawat, jadi pengin naik garuda, sepertinya nyaman dan nggak bikin ngeri ya :)

    ReplyDelete
  5. Wuih Vivi melanglang buana, rek. Keyeen, Kak Vivi! Kapan-kapan naik Garuda lagi ajak Mama ya. Ajak Tante Ges juga denk. Hihihi. Setuju deh Mak Uniek. Garuda memang sudah terpercaya banget. Maskapai teope deh. Thanks for sharing this experience yaaa :*

    ReplyDelete
  6. Wow, anaknya udah bolakbalik naik pesawat. Yang aku tau, kalo masih tergolong baby, dipinjemin mainan. Tapi kalo anak-anak malah dikasih ya? asyiknyaa :) sukses Mak

    ReplyDelete
  7. naik Garuda bikin ngiler ya mbak hehehe....secara kalau bepergian aku belum pernah naik garuda sekalipun, paling banter merpati, itu jamannya merpati belum gulung tikar, paling jelek ya express......bisa jadi referensi nih tulisannya, TFS ya mbak

    ReplyDelete
  8. Ada harga ada rupa ya mbak..dan emang cuma garuda yg ramah bocah...nadia jg kalo ditanya paling enak pesawat biru (Garuda) maunya tiap traveling naik ini
    #kekepdompet

    ReplyDelete
  9. kulo dereng nate nitih garuda Indonesia mbak, maskapai lainnya saja ,, nyari tiket promo yang paling murah.. wehehe..

    tapi,, denger cerita kak Vivi jadi pengen naik Garuda aja, lumayan kan Noofa bisa dapat mainan, xixixixi

    ReplyDelete
  10. Garuda memang kereeen... udh merasakan sendiri pas pp ke tanah suci kemarin. Makan dan minum gak berhenti ditawarkan. Sampe kenyanggg nih perut <3
    Ayo mak jangan kalah sama Vivi hihiii... ben tambah envy

    ReplyDelete
  11. Wahh, Kak Vivi ternyataaaaa yaaa....sudah pandai membuat reportase *merekam semua detail perjalanannya*

    #wes pokok'e selamat dan sukses dengan lombanya ya MBak

    ReplyDelete
  12. Viviiii, tante Mel malah belum pernah naik pesawat..hihi
    Maaf ya kemarin gak sempet nyamperin pas lg ada di Bogor. jauh pisan euy tempatnya :D

    buat mamaknya yang antagonis, sukses ya mak kontesnya, tak doake menang ^^

    ReplyDelete
  13. Wah..Garuda memang ramah bocah ya. Aku dulu juga sering naik Garuda dulu pas masih kerja kalau tugas ke Surabaya. Soalnya Garuda oke dan no delay..

    ReplyDelete
  14. bocah2 saya 3x terbang berdua saja, dan tentusaja pakai Garuda, karena mulai dari layanan petugas check in sampai pramugari ramah-ramah, jadi bocah2 nyaman.

    ReplyDelete
  15. Bude isane mung meri kari Nduk Vivi...wes cakep prestasine keren...jane tiru sopo to ? Bapakke mesti.... #langsungBudedijewerkaroemboke :)

    ReplyDelete
  16. Wuiih hebatnya so Vivi, jadi ngiri bisa nail Garuda. Sukses utk kontesnya y mak☺

    ReplyDelete
  17. wah kere..een dewh vivi bisa terbang karena prestasinya. Jempol dewh...
    salam kenal

    ReplyDelete
  18. jiahaha maknya ngarep bisa ngambil semua mainannya, kalo dapet bisa dibagiin ke anak2 iidners yo mak :D

    ReplyDelete
  19. Woww Garuda ramah anak juga tohh, baru tau kalau ada maskapai yang ngasih mainan ke anak-anak..

    ReplyDelete
  20. Iya memang ramah bocah mak, rasa2nya baru Garuda yaa yg seramah ini sm anak2. Anak2 jd lupa kekhawatiran mereka pertama kali take off saat diberi merchandise/mainan garuda.

    ReplyDelete
  21. Wah keren mak unik putrinya msh kecil udah punya segudang prestasi. Berani naik pesawat sendiri lagi.sukses ya mak :)

    ReplyDelete
  22. Besok lagi mamak diajak jg ya kak vivi....:)
    Vivi keren bs ikut acara itu dua kali berturut2 mudah2an thn dpn bs ikut lagi yo nduk

    ReplyDelete
  23. Garuda Indonesia memang is the best...selamat berlomba ya...semoga menjadi salah satu yang terbaik...keep happy blogging always..salam dari Makassar :-)

    ReplyDelete
  24. Wih...jempol buat Vivi... kapan2 naik Garuda lagi... ajak bude juga yaa... :)
    Semoga menang, di Uniek...

    ReplyDelete
  25. Pelayananya cukup memuaskan ya, Vi.
    Senang mainan di Pesawat, ya.

    ReplyDelete
  26. pelayanan garuda memang no 1 diindonesia.
    http://agen-bola-sbobet-jagad303.blogspot.com/

    ReplyDelete
  27. Saya pernah naik Garuda bareng anak saya yang masih berusia 8 bulan. Terkesan dengan pelayanan Garuda yang sudah menyiapkan mainan, popok sekali pakai, minyak telon, tisue basah, makanan bayi, dan perlengkapan bayi lainnya. Beda banget dengan penerbangan lain yang tidak memberikan pelayanan sampai sejauh itu.

    ReplyDelete
  28. Enak yah udah pernah naik garuda dua kali berturut-turut. Saya aja naik pesawatnya baru Garuda Citilink tahun 2009 pertengahan dan Lion Air sama Sriwijaya Air tahun 2011 dan 2012. Jadi iri deh... sama anaknya yang udah ngerasain keramahan Garuda yang katanya bagus sekali. Tuh juga dengar dari teman yang udah pernah naik Garuda.

    ReplyDelete