Featured Post

#UsiaCantik dan Mengapresiasi Diri Sendiri

Bu, sekarang umur Ibu sudah berapa?   Pernah sesekali waktu anak keduaku nanyain umur model petugas sensus begitu. Iya sih, jawabnya me...

29 March 2015

Impian Mewah Bocah Semarang

kubah Gereja Blenduk
 "Ayo tunjuk angkasa barengan....."

 Menunjuk angkasa bisa dimana saja. Selama bumi masih bisa di pijak, di sanalah angkasa nan biru akan menanti dengan setia.

Sudah pernah menjejak belahan bumi nan cantik bernama Semarang? Kota pantai di bagian utara Jawa ini menyimpan aneka impian mewah bocah Semarang. Cuaca yang panas, berpadu dengan banjir yang siap menghadang manakala hujan.

Kenapa kukatakan ini impian mewah?

Lawangsewu
Pernah mencoba mengintip dari gerumbulan pepohonan yang ada di bundaran Tugu Muda? Di jalan yang akan kusebutkan kepadamu sebagai Jalan Pemuda ini berdiri kokoh bangunan mewah yang mungkin hanya akan bisa kubangun dalam mimpi.

Lawang Sewu atau Thousand Doors ini memang didesain oleh orang luar negeri, C. Citroen. Dibangun mulai dari tahun 1904 dan berdiri menawan pada tahun 1907. Lawang Sewu digunakan sebagai kantor jawatan perkeretaapian (sumber : wikipedia). Gilak banget kan ya kantor kereta api saja semewah itu. 

Banyak yang bilang kalau di sana banyak hantunya. Bagaimana menurutmu kawan? Apakah harus kuhapus impian mewahku ini gara-gara sepenggal informasi tadi?

Nggak deeeh.... impian mewah bocah Semarang yang kumiliki sejak kecil tetap harus kukejar. Mengeksplorasi habis kekayaan kota lunpia ini akan terus kulakukan. Apalagi sekarang pemerintah kota Semarang telah menyediakan fasilitas yang membantu masyarakat Semarang maupun turis luar kota / luar negeri yang ingin menikmati kecantikan Semarang.

asyiknya naik Semarjawi
Sudah tau kah sobat apa itu Semarjawi?

Bustram Semarjawi ini dapat kita naiki hanya dengan membayar tiket Rp. 10.000 di hari biasa dan Rp. 15.000 di hari libur atau week end. Bus yang dikelola oleh Lembaga Swadaya Masyarakat ERTIM Indonesia ini berukuran panjang 7,2 m, lebar 1,3 m; dan tinggi 3,7m. Ala-ala tram di Eropa nih kalau naik bus ini. Ada tingkat duanya segala yang memaksimalkan kita untuk menikmati kecantikan kota Semarang.

Saat naik Semarjawi akan ada pemandu yang memberikan aneka keterangan detail sesuai dengan tempat yang kita lewati saat itu. Para penumpang bus akan dibawa ke masa lalu saat nama tempat ataupun jalan disebutkan dalam nama kunonya. Menarik sekaligus mewah sekali kan naik Semarjawi? Tak perlu jauh-jauh ke Eropa loh untuk menikmati bus merah ;) Kita pun bisa memotret berbagai bangunan eksotik yang ditawarkan Semarang, peninggalan jaman kolonial dulu. Mau pake kamera yang segede paha, sepanjang lengan, kamera saku, bahkan smartphone sekalipun, cantiknya kotaku ini tak terbantahkan.

bagian depan Gereja Blenduk

Rute Semarjawi akan dimulai dari samping bangunan di atas ini. Kurang mewah apa lagi coba impianku untuk menikmati kota tercinta ini. Dari samping Gereja Blenduk, gereja yang memiliki bentuk kubah istimewa ini berada tepat di samping Taman Srigunting yang menjadi start point Semarjawi.

Dari sana kita akan dibawa menyusuri aneka gedung kuno di Jalan Letjen Suprapto, lanjut ke area Johar yang dulunya merupakan pusat kota Semarang. Desain kota ala Belanda dimana pusat pemerintahan berpadu dengan tempat ibadah dan pasar utama ada semua di sini.

Detail kota lama semua orang bisa dapatkan via berbagai search engine. Makin mendekati kenyataan saat impian mewah ala bocah Semarang ini kita kejar melalui kenyataan.

gambar di samping pintu bustram Semarjawi


Dengan Semarjawi kan kukejar impian mewah bocah Semarang ini. Meskipun sampai kini masih mimpi gedung-gedung kuno itu akan menjadi makin 'cling' oleh tangan pemerintah, bukan tak mungkin kan suatu saat Semarang, khususnya kota lama ini akan kembali megah, mewah dan menawan sesuai bentuk asalnya saat dibangung di jaman penjajahan kolonial Belanda. 

Yuuukk yuk temani aku kejar mimpi ini.....

19 comments:

  1. Aku suka banget sama gedung2 kuno. Pengen banget suatu saat bisa mengunjungi lawangsewu. Kancani yo Yu

    ReplyDelete
  2. Ayo wujudkan impian itu, semangat!!!! :)

    ReplyDelete
  3. nah ini belum sempet kesini, si lawang sewu hehhehe...moga suatu hari bisa kesini :)

    mampir2 ya Mbae :)

    ReplyDelete
  4. aamiin....semoga impian itu akan terwujud. Pasti banyak anak Semarang termasuk aku yg bukan asli orang Semarang juga ingin agar kota lama dibenahi agar menjadi kota wisata yang cantik.

    ReplyDelete
  5. Wiih asyik ya Mak ... kalo kapan2 ada rezeki ke Semarang bisa naik Semarjawi ini :)

    ReplyDelete
  6. Asik juga ya plesiran pake bustram. Kalo dicat ulang bangunan lama itu pasti lebih menarik. salam

    ReplyDelete
  7. Mau nyobain Semarjawi lagi...tapi yg jadwal sore hari... Kapan2 barengan yuuk.. :)

    ReplyDelete
  8. semoga impian yang dimaksud terwujuddd :D ... seru banget yaa keliatannya

    ReplyDelete
  9. Mak, bis Semarjawi ne bagus eee.. di Malang ada MalangCityTour tp warnanya kurang cetar, ijo :| Kan kalo merah berasa kaya di Inggris, naik doubledecker bus hahaha btw, aku ke Semarang trakhir pas umur 2 tahun T__T

    ReplyDelete
  10. bangunan tua boleh kembali cling. Asal jangan dirubuhkan :)

    ReplyDelete
  11. itu masnya ikutan exist....xixixix...itu ada cap ditangan cap apaan???
    berarti nggak ada hantunya ya mbak
    spooky emang kalo bangunan lama biasanya mitosnya

    ReplyDelete
  12. eh kayaknya kenal tuh yang di belakang, di foto semar jawi, hahahahahah ini pas travel n blog kemarin ya?
    ihh padahal pengen ikutan, apa daya tanggalnya ga bisa :(

    ReplyDelete
  13. penasaran sama semarjawinya... kalo malem2 dateng kesananya mungkin banyak hantunya, kalo siang kayaknya masih pada tidur deh mak hihihi

    ReplyDelete
  14. semoga kota lama semarang bisa makin kincloong...

    ReplyDelete
  15. Mbaaak.. baca ini, aku jadi pengen ke semarang. ngebeettt

    ReplyDelete
  16. selaluuuu menikmati Semarang...dan aku punya banyak foto cantik kotamu maak...semoga satu per satu bisa aku tuangkan di blogku

    ReplyDelete
  17. Waaah saiki Semarang ono macem2 utk wisata dalam kotanya ya. Asik

    ReplyDelete