Featured Post

#UsiaCantik dan Mengapresiasi Diri Sendiri

Bu, sekarang umur Ibu sudah berapa?   Pernah sesekali waktu anak keduaku nanyain umur model petugas sensus begitu. Iya sih, jawabnya me...

30 April 2015

Sedapnya Bawang Goreng

Meragukan sedapnya bawang goreng yang ditabur di kuah soto? Aaaahhh.... pasti lagi pilek ya? ;)

Bawang goreng (kusebut saja begitu ya untuk mewakili bawang merah goreng, kepanjangan) memang membuat sedap berbagai hidangan, mulai dari yang berkuah hingga yang goreng-goreng.

"Baksonya semangkuk ya Bang, ga usah pake micin, ga pake jerohan, sawinya yang banyak, mie kuningnya dikit aja banyakin mie putihnya, bawang gorengnya segenggam."

Abang baksonya langsung pingsan :D 

Suka denger gitu kan ya saat jajan di warung bakso? Bagi yang enggak kuat mental mendengarkan yang model begitu, lebih baik memang masak sendiri saja di rumah kok. Atau mungkin malah ada di antara teman-teman yang rekuesnya seperti itu ya hihihii.... *kabooorrr....

Bakso kuah memang sedap sekali bila ditaburi banyak bawang goreng. Sama persis dengan sup hangat yang berlimpah bawang goreng, sempurna sekali (tentu saja ini khusus untuk penikmat bawang goreng lho ya). Kandungan rasa di dalam bawang goreng itu memberikan sensasi tersendiri saat kita menyantap makanan tersebut. 

Lauk berkuah apalagi ya yang enak ditaburi bawang goreng juga?

Banyaaakk... mulai dari sambal goreng sampai dengan opor ataupun terik. Biar kata isi opornya cuma tahu tempe dan telur (tanpa ayam), asalkan bawang gorengnya berlimpah, anak-anakku pasti suka. Ini bukan modus ibunya untuk menghemat lho ya hahahaaa....

Aneka makanan atau lauk kering lainnya juga banyak yang berjodoh banget dengan bawang goreng. Salah satunya ini nih :

Nasi kebuli ala Pasar Prembaen

Kegemaran si ayah untuk kulineran membuatku jadi tau ada penjual nasi kebuli endezzz di sekitar Pasar Prembaen Semarang. Padahal doi justru bukan orang asli Semarang loh. Hehehee... yang asli Semarang malah kuper nih. Penjual nasi kebuli itu ibu-ibu keturunan Arab. Buka lapak hanya di hari Sabtu dan Minggu pagi saja di depan gang Kelengan Besar, dekat Pasar Prembaen. Nasi kebuli yang dihidangkannya lengkap dengan rendang daging sapi / kambing yang nonjok banget bumbunya. Lengkap dengan sambal goreng ati plus acar wortel+timun, maka makin sempurna lagi saat taburan bawang goreng bertebaran di atasnya :)

Mie goreng buatan sendiri juga enak lho kalau ditaburi banyak-banyak bawang goreng. Sulungku paling doyan tuh menghabiskan stok bawang goreng di rumah. Malah kadang suka ngemil nasi campur mentega plus taburan bawang goreng. Ngemil apa kalap itu hehehee... Jadi deh stok bawang goreng cepat menipis.

Sebenarnya bikin bawang goreng renyah itu tak begitu sulit. Goreng irisan bawang di api yang sedang saja. Begitu mulai keliatan agak kuning buru-buru diangkat deh. Perubahan warna dari kuning ke coklat itu akan cepat sekali terjadi. Jika tak waspada, bisa-bisa gosong deh bawang goreng kita.

Masalahnya ya cuma satu, repot banget mengupas dan mengiris bawangnya itu loh....Duuuhh... kayak abis diputusin ama pacar aja mbrebes mili terus ini mata. Coba kalau punya pengiris bawang yang bisa meringankan beban kita, pasti acara menyiapkan bawang goreng ini jadi lebih praktis.

sumber : tokopedia.com

Kan jadi asyik banget tuh nggak perlu bau bawang lagi jari-jari kita, plus tak usah sesenggukan pedih mata kita :) Sudah pernah ada yang mencoba menggunakan peralatan ini kah? Share dong di sini..... matur nuwun.

36 comments:

  1. adik ipar saya suka bawain barang goreng dari Semarang, kriuk banget. Dan dijadikan camilan suami saya hehehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihiii kayak anakku aja ya mba suka nyemil bawang goreng :)

      Delete
  2. nasi kebuli kok kayak nasi goreng ya mak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kan nasinya emang berbumbu rempah2 gitu mba, jadi warnanya kecoklatan.
      Klo nasi goreng kan ga pake acar timun mba ;)

      Delete
  3. Replies
    1. aku juga suka,kadang kalao beli bawang goreng dipasar,suka aku gado mbak xixixi

      Delete
    2. Berarti Mb Zwan kapan2 klo mampir ke Semarang cukup taksuguhi bawang goreng ae yaaa hihihiiii

      Delete
  4. dapet riyuan alat pengiris bawang ya Din ?

    ReplyDelete
  5. dulu waktu kecil suka bantu ibu iris bawang pake alat seperti ini...:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jaman aku kecil belum ada mba, hawanya mewek melulu klo ngiris bawang.

      Delete
  6. saya paling suka nyemilin bawang goreng walopun abis itu harus gosonk gigi berulang kali, hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaa...harga yg harus dibayar utk cemilan nikmat ya Yu ;)

      Delete
  7. aku cuma satu kali makan nasu kebuli dan rasanya bener2 ajib tapi sayang penjual nasi kebulinya dah pindah :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. sini siniiii mb Dwie takjak ke nasi kebuli Prembaen, mantep wis to ;)

      Delete
  8. Sukaaaa banget bawang goreng. Apalagi kalo pas masak sop, opor, gulai atau soto...bawangnya kudu banyak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul mba, mantep banget masakan2 itu dikasih bawang yg banyak.

      Delete
  9. Apapun makanannya kalau ditambah bawang goreng, pasti akan lebih enak ya mbak. akupun sukaa sekali bawang goreng.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tapi sayur asem ga pas loh mba dikasih bawang goreng ;) cmiiw

      Delete
  10. Pernah beli pengiris bawang kayak gini, tapi buat ibuku, aku sendiri malah belum punya

    ReplyDelete
  11. asyik juga ya pakai pengiris bawang jadi mata gak pedih. Aku suka males mbak beli bawang yang jadi tapi asli di tetanggaku :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sih, di tempatku juga banyak yg jualan. Tapi kayaknya mantep banget ya klo bisa bikin sendiri.

      Delete
  12. Naufal tuh penyuka bawang goreng, kalo makan selalu minta taburan bawang goreng. Jadi aku harus nyetok banyak. Alat ini bisa jadi andalan nih ya, gak perlu nangis kalo ngiris bawang mentah :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. yup mba...ayo mba dirimu yg bikin bawang goreng, ntar aq nempil wae hihihiii

      Delete
  13. Nasi kebulinya menggoda jadi laper deh

    ReplyDelete
  14. Aku suka bawang goreng, tapi anak-anak nggak mau. Padahal enak dan gurih. Iparku malah selalu sedia bawang goreng tiap hari di rumah. Kalo makan bakso, sop, rawon, kare atau apapun selalu ditaburi bawang goreng :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Suamiku dan Vivi penggemar bawang goreng Mba, jadi cepet abis aja nih persediaan :)

      Delete
  15. Lho Mak Uniek, sama! Aku bisa makan kare ayam atau soto cuma pake kuah sama brambang goreng thok hoahahaha tapi kalo bawang goreng, sukanya cuma yang digoreng garing sama kacang bawang :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. wiiih...iya tuh Winda, bawang putih goreng yg di kacang bawang itu juara banget

      Delete
  16. Serumah penyuka bawang goreng, bahkan kalau yang bikin sendiri, suka digadoin. Gak pernah tahan lama deh, keburu abis setiap habis menggoreng. Sekarang malah lagi suka sama bawang goreng teri pedas. yuuuummiii tenaaaaan. Beli stoples langsung habis

    ReplyDelete
    Replies
    1. haaahh...stoplesnya habis??? ngeri banget kau mba :p

      Delete
  17. aku hobi beraaat bawang goreeeng...mau dooong mak dibeliin pengiris bawangnya heheee

    ReplyDelete
    Replies
    1. hayuukk buruan mudik dulu biar bisa beli mak :)

      Delete