Featured Post

#UsiaCantik dan Mengapresiasi Diri Sendiri

Bu, sekarang umur Ibu sudah berapa?   Pernah sesekali waktu anak keduaku nanyain umur model petugas sensus begitu. Iya sih, jawabnya me...

24 June 2015

Asyiknya Menunggu Berbuka Bersama Anak

Sudahkah merasakan asyiknya menunggu berbuka bersama anak


Bagi yang putra-putrinya sudah beranjak remaja atau bahkan sudah dewasa, tentu suasananya akan lain sekali ya dengan yang masih ngemong bocah usia TK dan SD di saat-saat jelang buka puasa. Berbagai rengekan untuk segera berbuka sudah terdengar sejak jelang Dhuhur. Anak keduaku yang tahun ini baru naik ke TK besar sudah mulai belajar untuk berpuasa. Ikutan bangun di kala sahur dengan mata yang masih lengket dan langkah yang terasa berat. Kadang-kadang malah harus digendong ke ruang makan ;)

Perjuangan untuk membangunkannya sahur masih harus berlanjut dengan berbagai trik agar dia tidak ingat tentang lapar dan hausnya. Beberapa kali dengan membujuknya untuk main bersama teman-teman cukup mendukung upaya pelaksaan 'puasa beduk' ini ;) Bahkan kadang selepas adzan Dhuhur pun si kecil belum ingat akan rasa dahaga dan tuntutan perut untuk diisi..

Ya tapi itu hanya sekian persen case saja sih dalam 6 hari puasa ini. Selebihnya penuh dengan perjuangan untuk membujuknya agar melanjutkan puasa. Apalagi bila tak sengaja si adek melihat iklan di televisi yang beberapa kali menayangkan iklan berbagai minuman penyegar puasa.

black bubble pearl
Belum lagi anak-anak tetangga yang kebanyakan di usia sepantaran anakku ini wara-wiri bermain sembari menenteng berbagai minuman segar. Ada yang bawa seplastik kecil sirup, ada juga yang nenteng gelas jus lengkap dengan bubble pearl. Itu loh yang bulat berwarna-warni yang biasa ditambahkan ke smoothies.

Tentu saja pandangan sayu si adek yang tanpa google translate sekalipun sudah ketauan apa yang ada di benaknya ;)

"Iya nanti bikin yang kayak gitu ya Dek kalau puasanya bisa sampe Dhuhur."

Seringnya sih saat buka puasa aku menyiapkan teh hangat dan penganan. Nah demi keceriaan puasa si kecil sesekali ya membuat minuman manis yang bervariasi. Berbagai irisan buah dicampur dengan sirup gitu sudah seger kan ya. Ditambahkan bubble pearl ini juga asyik. Pengin nih sesekali bikin kolak dicemplungin bola-bola lucu ini kayak apa ya rasanya ;)

Selain urusan makan dan minum tadi, asyiknya menunggu berbuka bersama anak ini bisa dijalani melalui berbagai aktivitas di rumah yang mengalihkan perhatian akan lapar dan dahaganya. Selepas iftar sekitar pukul dua belas siang itu, si kecilku akan melanjutkan lagi puasanya agar bisa berbuka bersama dengan kakaknya. Hehehee... iftar dua kali ya, Sayang. Pinter banget nih ;)

Sepulang dari kantor aku memang punya kebiasaan menengok meja kecil yang biasa kugunakan untuk menulis dan mengetik. Kenapa harus tengok-tengok? ;)

Biasanya sih ada saja kartu pos ataupun paket yang kuterima dari teman-teman postcrosser (penggemar tukar-menukar kartu pos), baik dari dalam negeri maupun luar negeri. Melihat ada kartu pos bertengger di meja itu ibarat nemu berlian di tengah jalan raya ;)

ada yang bisa baca watermark ini kah? ;)

Keseruan postcrossing sesekali kutuliskan di blogku yang lain yang kuberi judul Postcard From Hearts. Kesenanganku akan tukar-menukar kartu pos ini rupanya juga ikut dinikmati oleh anak-anakku. Jadilah tiap sore, selepas beres urusan persiapan buka puasa, aku akan nongkrong bersama kedua anakku dan membaca tulisan di kartu-kartu pos itu. Bila kartu tersebut dari luar negeri tentu saja harus diterjemahkan dulu.

kartu pos dari Sri Lanka plus perangkonya yang amazing

Tidak cuma mengomentari gambar kartu posnya saja yang mengasyikkan. Terkadang perangko yang disertakan oleh teman-teman postcrosser bagus-bagus. Seperti yang terlihat pada kartu pos dari Sri Lanka di atas. Perangkonya cakep-cakep kaaann... Ada yang bergambar mobil pula, kesukaan si kecil tuh. Mana jarang banget ada perangko gambar mobil yang kudapat. Makanya sekali dapet yang model begitu bisa jadi bahan cerita sepanjang menunggu waktu berbuka.

Sederhana kan ya asyiknya menunggu berbuka bersama anak versiku. Kalau versi sahabat blogger lainnya bagaimana? Share donk....

40 comments:

  1. Mau juga dunk perangko seperti di atas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya kudu tuker2an kartu pos dulu biar dapet perangkonya :)

      Delete
  2. hebat loh mbak, mengajarkan anaknya berpuasa sedari kecil. Inspiratif sekali

    ReplyDelete
    Replies
    1. Matur nuwun mas, itu bukan hebat, tapi emang udah sewajibnya ;)

      Delete
  3. Mauuu black bubble nya... Aaaakkkk... *ngiler

    ReplyDelete
  4. Nggak nanya2 kayak anakku ya? "Maaah, kurang berapa menit lagi?" :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaa...nanyak gitu sih enggak mbak, cuman bilang gini : puasa ga enak, besok lagi Faris ga mau puasa *elap jidat Matt Damon

      Delete
  5. Dooh.. tulisan ini kok bikin mupeng kabeh tho... random jadinya ...

    antara mo komentar mata sayu si adek, postcrossing yang sampe sekarang masih ngutang janji.... hiks hiks sampe ke pearl bubble yang kenyel kenyel...

    pokoke selamat buat si adek!

    ReplyDelete
  6. Dooh.. tulisan ini kok bikin mupeng kabeh tho... random jadinya ...

    antara mo komentar mata sayu si adek, postcrossing yang sampe sekarang masih ngutang janji.... hiks hiks sampe ke pearl bubble yang kenyel kenyel...

    pokoke selamat buat si adek!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Utang janji apa sih? Sudah lupa tuuuhh.... *buang muka *mukanya ditampani kucing *dicokot2 njuk digeret2 sepanjang jalan :D

      Delete
  7. waaah, istri saya pasti seneng kalo diajak ngobrol soal perangko, hehe... koleksinya lumayan. Kalo saya seringnya menunggu waktu berbuka puasa bersama santri TPA Al-Muhtadin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Beneran pak ustadz istrinya suka perangko? saya juga suka walaupun bukan filatelis. Suami saya malahan yg hobi ngumpulin perangko. Kalau saya lebih cenderung seneng ijol2an kartu pos pak, klo kartu posnya dilengkapi perangko2 yg cantik itu adalah bonus yang tak terkira harganya :)

      Delete
  8. Black bubble oohh black bubble *gagal fokus...

    ReplyDelete
  9. Faris juga suka lartu pos ya mak. Faris pinter udah mulai belajar puasa, Thifa hari pertama semangat bisa sampe jam 11an, trus lanjut puasa lagi, besok2nya sakkareppe dewe, pfiuuh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Faris suka ikut2an liat kartu pos juga. Klo urusan puasanya sih ya 11 12 ama Thifa kali, kadang semangat kadang enggak :)

      Delete
  10. aku biasanya kalau nunggu berbuka udah kuyuuuu...soale jam 8.30 bukanya hehehehe...pulang kantor pokoknya langsung srang sreng di dapuuur...biar bisa duduk manis pas bedug :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku juga pulang kantor srang sreng loh Mama Bo... yg srang sreng orang lain maksudnya wkwkwkk... Abang Bo luar biasa nih udh kuat puasa full ya.

      Delete
  11. nikmati menunggu buka puasa sama anak-anak selagi bisa ya mbak., nanti jadi kangen kalau anak2 udah besar

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya nih Lia, klo dah pada besar pasti saingan acara bukber sama emaknya. Anaknya gaul sendiri, emaknya juga bakalan ga mau disaingi gaholnya xixixixi...

      Delete
  12. Sik ya mbak nanti tak share klo sudah punya anak, sementara masih nyari emaknya dulu hhh...

    ReplyDelete
    Replies
    1. ahahaaa iya Don Suke, aku bahagia membaca semangat mencarimu itu :D

      Delete
  13. kalo anak-anakku ga sepiro rewel, karena mereka memang dasare ra doyan mangan. Atau dalam kata lain, biasa ora dikasi makan sama simbok e. wkwkwk.

    ReplyDelete
  14. wahh...hehehe...pengalamanku serupa tapi tak sama deh. Kupikir lebih berat mmbujuk si kecil utk tahan berpuasa daripada aku puasa tanpa sahur...hihihi...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul banget itu mba, memang lebih berat membujuk anak2 utk lanjut puasa:)

      Delete
  15. belom lahir ni dedeknya jadi belom ngasaiin nunggu buka puasa bareng anak gtu bulik...eh ya itu bagus2 banget ya perangkonya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Akan tiba masanya nanti Chela, asyik koq ngabuburit sama anak ;)
      Yoi bagus banget itu perangkonya, koleksi istimewa.

      Delete
  16. Fariiis, sambil nunggu buka puasa, kita jalan2 ke Sri Lanka, yuk. Ngeryain ultah Kakak Vivi juga. :D

    ReplyDelete
  17. Kisah Faris belajar puasa ini bikin ketawa, jadi ingat masa kecil mas Naufal & Milzam. Moga lancar puasanya ya Nang :)

    Kartu pos nya mupeeeng, hahaha

    ReplyDelete
  18. Jadi berasa liat majalah travel ya liat kartupos itu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul Mba Ade, itulah kenapa hobi tuker2an kartu pos ini bikin 'gila' :) Mau terus dan teruuuss tuker2an sampe dompet jebol buat beli perangkonya :D

      Delete
  19. Pengen ngomentari hebatnya Faris tp buyar smua gegara black bubble...
    Buka masih kurang brp jam lg mbakyu?? :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. mosok udah puluhan taun puasa masih buyar gara2 black bubble sih dekmun :D :D

      Delete
  20. Anak2ku sudah masuk usia remaja. Menunggu berbuka mereka sudah punya kegiatan dengan teman-teman sebayanya. Aku menikmati kebersamaan saat menyiapkan hidangan berbuka di dapur

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nanti masa itu pun akan tiba untukku ya Mba. Bukan bareng2 nyiapin buka puasa di dapur, tapi hengot barengan bukber di luar hahahaa... secara emaknya ga bisa masak :)

      Delete
  21. memang asyik mak nunggu buka puasa ma anak..apalagi tahun ini si kakak full puasanya..seneng banget..salam buat dek faris

    ReplyDelete