07 September 2015

Cantik dengan Batik




Pada percaya nggak sih kalau ada yang bilang perempuan itu bakalan keliatan cantik dengan batik ?

Nggak percaya? Iya sih, memang sebaiknya percaya pada Tuhan, bukan pada manusia.... *apaseeehhh....

Indonesia boleh bangga karena sejak tahun 2009 Batik Indonesia telah ditetapkan oleh UNESCO sebagai warisan kemanusiaan untuk budaya lisan dan non bendawi, atau lebih dikenal dengan masterpieces of the oral and intangible heritage of humanity (wikipedia.org). Ada juga yang kemudian mengklaim bahwa batik itu milik negaranya. Lantas, perlukah kita ribut-ribut mempermasalahkannya? Coba mau tanya nih, sudah pernahkah  kita berpikir jauh ke dalam dulu, seberapa cinta sih kita sebenarnya dengan batik milik Indonesia sendiri?

Ada berapa ragamkah kekayaan batik milik Indonesia? Kalau dilihat dari daerah asalnya sih, banyak sekali jenis batik yang kita miliki. Mulai dari daerah pesisir seperti Pekalongan dan Jepara, hingga Solo, Yogyakarta, Cirebon, Banyumas, Bali, Minangkabau, Minahasa, dan masih banyak lagi (wikipedia.org.). Coraknya pun beragam mulai dari Batik Kraton, Batik Sudagaran, Batik Kawung, Batik Sida Mukti, Batik Sekar Jagad, dan sebagainya.

Apa saja sih busana dari bahan batik yang bisa kenakan, baik dalam keseharian maupun pada event-event tertentu ? Banyak... mulai dari kemeja batik, baju batik untuk perempuan, gaun batik, rok batik, bahkan berbagai aksesori yang berbahan dasar batik pun sudah banyak diproduksi oleh para pengrajin batik.

Aku punya teman kuliah yang saat ini sudah sukses membuka gerai batik offline nya di Semarang. Berawal dari kecintaannya pada batik, temanku ini selalu mengenakan pakaian berbahan dasar batik kemana-mana. Berbagai macam baju hingga gaun batik dimilikinya. Berlanjut dengan aneka tas dan clutch batik yang semuanya cantik-cantik.

Menyadari bahwa kecintaan akan batiknya itu tak akan kemana-mana bila tidak ditularkan, maka Desy Chandra, owner Arumi Batik, mulai serius berbisnis batik. Berawal dari usaha via online saja, kini Arumi Batik telah memiliki outlet di Hotel Horison dan Hotel Aston Semarang. *ndes, kwe kok keren tooooo....

Pernah kutanyakan, apa sih kerennya pakai batik...

"Coba bayangkan kalau seluruh dunia mengenakan batik di setiap kegiatan mereka, apa nggak keren tuh. Masak sih kita yang orang Indonesia sendiri malah nggak pake batik"

Benar juga ya kata Desy, ntar kalau sudah diaku oleh negara lain baru kita kebakaran jenggot. Giliran diajak berbusana batik sendiri, ada yang suka mengeluh mahal lah, nggak keren lah, kurang gaul lah, dan banyak lagi pendapat lainnya.

Memang, tingginya harga fashion berbahan dasar batik menjadi polemik tersendiri bagi mereka yang pendapatannya tak seberapa. Ya seperti aku ini lah contohnya. Kenapa sih bisa mahal gitu?

Bila ditinjau dari segi pembuatannya, batik tulis menempati urutan teratas dari sisi harga maupun tingkat kesulitan dalam pembuatan. Tekstur dan corak batiknya memang seratus persen dibuat melalui goresan tangan dan memakan waktu hingga berbulan-bulan. Bagaimana kita tidak harus cinta produksi dalam negeri kalau sudah tau proses pembuatan yang rumit seperti ini? Adapun teknik batik lainnya ada yang menggunakan cap maupun dilukis langsung pada kainnya.

Nah, berkaitan dengan batik cantik ini, rencananya beberapa hari lagi di blog ini akan ada gelaran giveaway dengan salah satu hadiahnya adalah clutch yang bisa membuatmu tampil cantik dengan batik.


Mau mau mauuuu??  Tak cuma satu loh, nantinya akan ada 2 clutch batik cantik ini dari Arumi Batik. Tak hanya itu, Arumi Batik juga akan bagi-bagi boneka cute dari batik looohh... kayak gini nih :



Itu boneka aja, nggak sekalian tas batik cantik di sebelahnya? Boleh kalau mau tasnya, beli donk di Arumi Batik :)

Lantas, giveawaynya apaan tuh nanti?

Tunggu tanggal mainnya ya, silakan digugling-gugling saja dulu Arumi Batik Semarang. Punya fanspage maupun akun IG loh :)  Lebih baik LIKE dan FOLLOW dari sekarang biar nanti pas Giveaway sudah diluncurkan tinggal bikin postingan aja, ga perlu repot lagi like dan follow ;)

Sampai jumpa di postingan berikutnya yaaaa....

25 komentar:

  1. Balasan
    1. Gelangnya enggak jadi hadiah Mb Ira, ngapuntene njih ;)

      Hapus
  2. Pakaian batik sekarang modelnta bagus2, gak cuka bisa di oakai acara resepsi aja ya:), eh daster juga ya jaman dulu dr batik, skr sehari2 bisa juga berbatik ria

    BalasHapus
  3. Batik tak hanya untuk baju atau rok, sekarang bisa merambah "barang2" lainnya, salah satunya clucth cantik, dengan sentuhan batik semua tampak lebih unik, apalagi kalau yang pakai mbak unik cantik :) *dilarangGR

    BalasHapus
  4. saya itu suka sama batik. Tapi kalau untuk pakaian, syaa masih suka bingung mix and matchnya :D

    BalasHapus
  5. Aku punya batik banyak, sebagian beli, lebih banyak dikasih tetangga. Tak tunggu GA-nya ya mbak, trus pilih akuuuu *trus dijiwit

    BalasHapus
  6. Clutch cantik jadi hadiah GA-nya ya. Aku jadi pingin ikut kalau begitu :D

    BalasHapus
  7. siap siap ah.... *kretekin jari*

    BalasHapus
  8. duduk manis menunggu kabar, moga kebagian clutch batik unyu cantik dari mba desy...

    BalasHapus
  9. ya percaya lah kalau makin cantik dengan batik. Ni aku pakai cantik, eh pakai batik, makin cantik deh akyu..... #kemayu
    Pas di Jepang, di acara seminar ttg Indonesia, sensei pakai baju batik lho, katanya menghormati Indonesia krn batik dari Indonesia. Sweet kan? ;)

    BalasHapus
  10. Palembang juga punya lhoo kain batik. Motifnya beda dengan batik dari Jawa. Cuma sayangnya sudah ga ada lagi perajin batik Palembang. Lebih banyak perajin kain songket

    BalasHapus
  11. mbak mbak
    kok cantik banget sih
    pake batik apalagi
    beliin batik buat aku pasti lebih canteeek lageeh

    BalasHapus
  12. Cie ciee.... yang punya akun IG dan fanpage.... ahaiiii....
    Itu clutch batik cantik bener... buat aku yaa... :p
    Asyiiiikkk kapa GA nyaa... aku ikuttt.....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lho koq malah cie cieee to Mba Reni... itu maksudnya yg baca ini pada follow dan like dulu Arumi Batik :)

      Hapus
  13. Aku suka banget batik, sering dipake sehari-hari. Btw, clutch nya lucu juga :))

    BalasHapus
  14. batik selalu berkelas ya mbak..kalo ada acara resmi aku selalu pake batik mbak :)

    BalasHapus
  15. Tapi sayangnya saya jarang deal untuk swap postcard Batik, hehehe

    BalasHapus
  16. kreasi batik semakin banyak saja, mulai dari baju, tas, sepatu, dompet dll. Clutch batiknya keren :)

    BalasHapus
  17. Batik memang keren, cocok kita pakai dalam segala suasana. Menunggu GA-nya ^_^

    BalasHapus
  18. Aku rung nduwe batik sing apik, kudu tuku neng Arumi kayane ki..

    BalasHapus
  19. Cantiiiik memaaang... Dan aku sukaaaa hehehehehehe...

    BalasHapus
  20. Ganteng jg bisa....
    Dedy@Dentist Chef

    BalasHapus