Featured Post

#UsiaCantik dan Mengapresiasi Diri Sendiri

Bu, sekarang umur Ibu sudah berapa?   Pernah sesekali waktu anak keduaku nanyain umur model petugas sensus begitu. Iya sih, jawabnya me...

06 October 2015

Menghilangkan Stres dengan Bermain Warna


Padatnya rutinitas sehari-hari yang dilengkapi dengan aneka problematika kehidupan seringkali menimbulkan tekanan tersendiri bagi kita. Udah di kerjaan dikejar-kejar deadline, di klub gaul nunggak arisan (apaseeehh...), di rumah anak-anak sedang butuh perhatian ekstra, weeeww.... berasa kepengin menghilang dari bumi kan. 

Tapi itulah kehidupan, lika-liku dan warna-warninya akan terus bergulir dan mau tak mau harus dihadapi. Berbagai tekanan hidup tak ayal bisa mengarahkan kita pada kondisi stres. Itu wajar. Yang tidak wajar itu apabila kita sendiri tidak berusaha untuk lepas dari kondisi stres yang kita alami.

Apa sih sebenarnya stres itu?

Banyak sekali pengertian stres bila sobat blogger ketikkan kata kunci tersebut di Google. Rata-rata pengertian stres mengacu pada ketegangan psikis dan fisik yang dialami seseorang akibat tidak seimbangnya hasil yang diharapkan dengan kenyataan yang dihadapi. Bisa saja berbentuk ketegangan di tempat kerja, perselisihan dengan kawan, kebutuhan finansial yang tak terpenuhi, dan masih banyak lagi bentuk stres tersebut.

Berbagai metode menghilangkan stres telah banyak dicoba oleh mereka yang sedang mengalami kesulitan psikis ini. Mulai dari bermeditasi, menggunakan aromaterapi, mendengarkan musik, curcol kepada sahabat, bermain game dan tentunya mengadu kepada Sang Maha Bijak.


Menghilangkan Stres dengan Bermain Gambar dan Warna


Dulu di salah satu grup whatsapp yang kuikuti, ada seorang emak blogger yang jago banget dalam urusan menggambar. Aku biasa memanggilnya Mak Neng :)  Ini mamak keren banget deh, menggambar apaaaa saja selalu uhuy hasilnya. Bahkan saat aku rekues sketsa Matt Damon pun dalam sekejap gambarnya sudah muncul mak dhoweeengg di layar ponsel :))

Suatu saat beliau mengadakan kuis untuk memperebutkan : PULSA. Yah namanya kuis kan yang penting seru-seruannya ya. Nah kuis yang diadakan di grup itu lain dari yang lain. Yang mau ikutan kuis dipersilakan untuk menggambar doodle.

Apa sih itu doodle?

Doodle secara harfiah bermakna mencoret. Gambar doodle dihasilkan oleh aktivitas corat-coret seseorang manakala seseorang sedang tidak fokus. Tidak fokus ini bisa terjadi manakala hilang minat pada hal-hal yang sedang ada di depannya, atau memang sedang tidak bergairah untuk melakukan apapun. Nah, corat-coret deh silakan di kertas. Bisa menggunakan pensil, bolpen, spidol, apa saja deh alat tulis yang ada di dekat kita. Hasil coretan tersebut bisa saja tak beraturan, yah namanya juga coretan kan ya, namun bisa juga membentuk pola tertentu berdasarkan kondisi psikologis seseorang. Bahkan ada yang menyebutkan bahwa hasil doodle seseorang bisa digunakan untuk 'menerawang' kondisi batin orang tersebut. Bener nggak sih?


Hihihiii...itu hasil doodle-ku tak karuan ya, pantes tidak menang kuis saat itu *Mak Neng terlhalhuuuhhh :'(  Saat itu salah satu komunitas blogger yang kuikuti sedang berulang tahun yang ke-3, makanya ada angka 1, 2 dan 3 di situ. Coba, kalau gambar doodle ku itu menandakan kondisi psikologisku dalam taraf yang bagaimana? ;)

Selain bermain doodle, ternyata bermain warna juga bisa dijadikan terapi stres loh.


Coloring book for adults ini kutemukan di salah satu e-commerce Indonesia. It's really surprising me... loh ternyata beneran ya dengan mewarnai gambar itu bisa menghilangkan stress. Perlu banget dicoba nih. Pekerjaan di kantor lagi bertumpuk-tumpuk sampai ke atap, sering dihinggapi perasaan tertekan deh kalau pas begini ini. Lumayan kan ya bila istirahat 1 jam selain digunakan untuk makan siang, bisa juga digunakan untuk mewarnai gambar biar stresnya hilang :)

Kalau sobat blogger kira-kira memiliki tips apa ya saat sedang menghadapi masalah bertumpuk-tumpuk?


We don't stop playing because we grow old,
we grow old because we stop playing



* Foto ilustrasi judul diambil dari unsplash.com under CC0 license, foto Coloring Book for Adult diambil dari tokopedia.com

15 comments:

  1. Mbak Tanti mesti ya?? Sukaaakk bgt sama gambar2 nya. Andai aku bisa seperti itu hehehhe

    ReplyDelete
  2. Hihi... Setujuu, main warna itu bs ngilangin stress. Aku biasa main aplikasi mewarnai di hp. Ntar coba deh beli buku ituu

    ReplyDelete
  3. Mak keren banget sih gambarnya, aku pengen belajar tapi blas gak kebayang gimana awalnya :D huahaha

    ReplyDelete
  4. Aku demen nya warna2 terang gonjreng biar ngak stress selalu ceria

    ReplyDelete

  5. Loh perasaan kemaren dah komen kok ilang.. hohihi

    Mbak Uniiieeek!.tersanjung tingkat.dewa bacanya! Terimakasih apresiasinya ya sekarang sudah anak pede gegara dikauuu

    ReplyDelete
  6. Kalo aku sih kepoin instagrammny hartes
    terutama kembaranku, dian sastro.. hehe
    kalo gambar ra isoo..

    ReplyDelete
  7. kereeen ketumpuknya sampai ke atap..kalau aku ketumpuk sampai ke monas, heheeeeee. Suka juga kadang bikin coretan gitu, perlu keknya belajar doodle gtu ya..sapa tahu kalau MBak Neng nyelenggarin kuis lagi, dakuh menang. hehee

    ReplyDelete
  8. hari ini aku enggak strees, anak dua makan dengan cantik dan ganteeeng, jadi enggak nyoretin temboook..heheee, mungkin karena aku pakai baju merah kali ya..hubungane opo?

    ReplyDelete
  9. terimakasih mas buat infonya dan salam sukses

    ReplyDelete
  10. mantap bos artikelnya dan sangat menarik

    ReplyDelete
  11. makasih gan infonya dan salam sukses

    ReplyDelete