Featured Post

#UsiaCantik dan Mengapresiasi Diri Sendiri

Bu, sekarang umur Ibu sudah berapa?   Pernah sesekali waktu anak keduaku nanyain umur model petugas sensus begitu. Iya sih, jawabnya me...

01 December 2015

Mengatur Pola Makan



4 sehat 5 sempurna? Masih ingatkah pelajaran jaman kita kecil dulu?

<<<KITA??? LOE AJA KELEUUUSSS>>>

Iya sih, jaman daku kecil dulu di Sekolah Dasar diajarkan tentang makanan bergizi yang bermanfaat bagi tubuh dengan jargon terkenal 4 sehat 5 sempurna. Namun ke sini-sininya rupanya banyak sekali referensi menu diet sehat dan berbagai masukan yang berkaitan dengan asupan makanan yang sebenarnya  diperlukan oleh tubuh.

Pernah nih aku membaca tentang metode mengatur pola makan yang berupa food combining (FC). Pola makan jenis ini tidak menentukan pantangan terhadap makanan tertentu, hanya saja untuk karbohidrat tidak dikonsumsi bersamaan dengan protein  *lalu ngebayangin makan rendang di nasi padang tanpa nasinya *lalu dihajar para FC-ers

Inti dari pola makan FC yang kubaca dari beberapa sumber :
  • Makanan tinggi protein dikonsumsi tidak bersamaan dengan makanan tinggi karbohidrat. Jadi bila makan daging, kombinasikan dengan sayuran, bukan dengan nasi *kebayang kan yang nasi padang tadi :)
  • Jika di salah satu waktu makan sudah mengkonsumsi kombinasi protein-karbohidrat, maka di jam makan yang lain sebaiknya memilih kombinasi sayuran-karbohidrat.
  • Gantilah cemilan karbohidrat yang biasa ada di dekat kita dengan buah-buahan. Ngemil buah sepanjang hari tak mengapa, asalkan setengah jam sebelum makan aktivitas ngemil ini ditunda dulu
  • Konsumsi buah maupun jus buah sedikit-sedikit agar kadar gula darah tidak langsung melonjak. Di beberapa buah kan ada yang kandungan gulanya tinggi.
  • Dalam mengkonsumsi protein hewani, sebaiknya tidak lebih dari satu jenis protein dalam waktu yang bersamaan. Satu jenis protein hewani sudah mencukupi kebutuhan asam amino kita.
  • Mengolah makanan secukupnya saja dari bahan-bahan sealami mungkin. Memanaskan masakan berulang-ulang dapat menghilangkan gizi dari makanan tersebut.
  • Mari mengkonsumi makanan yang beragam agar tubuh tidak kelebihan dosis gizi dari salah satu jenis makanan saja.

Beberapa poin di atas belum semua sih, hanya kuambil inti-intinya saja yang menjadi dasar untuk diterapkannya pola makan teratur. Banyak teman yang berusaha keras menyusun menu diet sehat namun di sisi lain referensi kombinasi makanannya belum benar.

Bahkan kebanyakan orang masih lebih memilih makanan enak dibandingkan makanan sehat. Ya, aku sendiri juga masih begitu siiiihh.... Makanya jleb banget saat melihat video berikut ini :




Rupanya untuk menjaga keteraturan pola makan itu yang perlu kita perhatikan adalah : 
  1. Jangan asal kenyang. Iya sih, selama ini dalam bekerja memang aku masih harus sering 'berloncatan' kesana kemari, tidak duduk anteng saja di satu tempat, jadi masih sering mengajukan excuse ke diri sendiri bahwa aku butuh karbohidrat yang banyak .Walhasil nih pada nimbun kemana-mana :( Takutnya kan malah justru timbunan gulanya jadi berlebih.
  2. Membatasi waktu makan malam. Saat me time, ngeblog, dimana anak-anak sudah tidur dan lagi sendirian mantengin laptop, susah memang ya kalau mulut enggak ngunyah hehehee... Cobaan... cobaan....
  3. Perbanyak asupan sayuran dan buah untuk menjaga kadar serat dalam tubuh. Hal ini bermanfaat untuk menjaga kesehatan pencernaan. 

You can't help it
but your body can

17 comments:

  1. Ayooo semangaaat berFC riaaa mba.. Temenin akuuu hehe. Tapi memang disiplin yang paling berat nih mba.. Doakan aku semangat jugaa yaa FCnyaa

    ReplyDelete
  2. Hm...ini yang kuperlukan ya, daripada ngemil dengan pola makan tidak sehat. Ngemil buah tapi, buahnya manis-manis ternyata kudu sedikit-sedikit ya? makasih sharing artikelnya Mbak Uniek

    ReplyDelete
  3. kalo asal kenyang tapi ga sehat bahaya ya, mba Uniek. jadi mending milih cemilan sehat seperti buah hehe

    ReplyDelete
  4. Aku skrg malah banyak makan dan ngemil..klo menerapkan FC msh blm bisa deh...

    ReplyDelete
    Replies
    1. busui mah hajar aja bleeehhh semua dimakan :)

      Delete
  5. mengatur pola makan juga untuk menurunkan berat badan atau yaa seengganya tetep stabil engga naik terus :D

    ReplyDelete
  6. Biasa nya makanan yg enak itu malah ngak 4 sehat 5 sempurna yaaa hehehe

    ReplyDelete
  7. Kalo aku hanya butuh OR, karena konsumsi karbo udah dikit banget. Dikurangi lagi bisa nggliyeng ntar, selama ini aku kurang gula. Kalo test darah sih jauh di bawah limitnya *jadi galau kaaan kalo diet

    ReplyDelete
  8. aku maunya yang enak aja mbak hehehe

    ReplyDelete
  9. Kepingin juga FC, tapi blm mampu :D

    ReplyDelete