Featured Post

#UsiaCantik dan Mengapresiasi Diri Sendiri

Bu, sekarang umur Ibu sudah berapa?   Pernah sesekali waktu anak keduaku nanyain umur model petugas sensus begitu. Iya sih, jawabnya me...

08 December 2015

Spaghetti Rasa Mie Ongklok

Hal apa yang paling horor dalam hidupmu? Jalan-jalan di malam hari, berkunjung ke tempat yang terkenal angker, koneksi internet mati, atau apa?

Mau tau hal paling horor dalam hidupku? <<IYAIN AJA BIAR CEPET>>

Memasak. Iya bener... memasak. Apalagi musim liburan sekolah seperti ini ya, saat anak-anak bergentayangan di dalam rumah 24 jam, saban berapa jam sekali teriak-teriak kelaparan. Sampai habis ide deh seringnya mau dikasih makanan apa lagi. Makan nasi, sayur plus lauknya udah, kurang apa lagi coba? 

Laper buuuu...

Hedeeehh... iya Nak, iyaaa... Tapi makan apa lagi nih. Bikin cemilan kan faktor kesulitannya tinggi banget dalam jagad masak-memasak ;)  Anak-anak padahal suka banget ngemil yang kayak kue-kue kering gitu, padahal ibunya gak bisa bikin, trus gimana doooonkkk... *butuh relaksasi bareng Matt Damon

The show must go on kan, anak-anak yang kelaparan tak bisa didiamkan saja dan ditinggal ngelamunin Matt Damon. Kebutuhan mereka tak bisa ditunda-tunda lagi bila tak ingin dinding dan kaca-kaca jendela retak gara-gara teriakan lapar.

Lalu, jadi mules sendiri deh harus bikin apa untuk mereka. Kalau harus bikin kue-kue kering asli nyerah beneran deh. Bikin yang gampang saja deh ya. Sekali dua pernah kucoba membuat donat menggunakan tepung premix, jadi tak perlu repot-repot mencampur ini dan itu kan. Tinggal tambahkan kuning telur dan air untuk mencampur ragi instan, jadi deeehh... Anak-anak dengan suka rela membantu pembuatan donat ini, jadi ya lumayan laaahh...emaknya bisa tetep ongkang-ongkang sebentar sambil ngelamunin ayang Matt *ehm..ehmm... deheman mas bojo langsung membuyarkan lamunan

Si sulung yang kebagian jatah menguleni adonan. Adiknya sih maunya juga ikutan, tapi daripada ntar adonan gak kalis-kalis, akhirnya pembuatan donat ini dibagi 2 shift : menguleni adonan dan membentuk bulatan. Adik diberi jatah membuat bola-bola donat, meskipun ya pada akhirnya yang menyempurnakan bentuk donatnya tetap si ibu sih. Yang penting dia senang deh :)  Apalagi saat melihat adonan donatnya mengembang sempurna seperti terlihat di atas, wuiiihhh...udah buru-buru aja deh minta digorengin.

Selain donat, ada satu lagi makanan selingan yang disukai anak-anak : Spaghetti. Bahan pangan sejenis mie dan pasta ini termasuk salah satu yang harus ada di lemari persediaan. Semula anak-anak suka spaghetti yang diberi saus bolognese, namun akhir-akhir ini selera mereka berubah. Mereka suka saus spaghetti yang jenis lain, yang menurut mereka rasanya seperti mie ongklok.

Ada yang belum tau apa itu mie ongklok?


Mie khas Wonosobo ini diolah dengan cara direbus menggunakan ongklok, sejenis keranjang kecil dari anyaman bambu. Oleh karena itu mie tersebut dinamakan mie ongklok. Entah apa jadinya ya nama mie ini bila dulu alat bantu rebusnya menggunakan gayung :)

ongklok Wonosobo

Aku sendiri sih kurang begitu suka dengan kuah kental berkanji yang menjadi topping mie ongklok ini. Dan jadi hal yang membahagiakan kala ada saus spaghetti yang rasanya mirip-mirip dengan mie ongklok ini. Jadi kan aku bisa menikmatinya dengan bergembira ria.

Mau tau aja atau mau tau banget nih saus spaghetti rasa mie ongklok ini?

Tadaaaaa.... ini diaaaaa 




Kedua anakku yang pernah mencicipi mie ongklok langsung di Wonosobo sana sepakat banget kalau saus rasa barbeque ini mirip banget dengan kuah mie ongklok. Nggak tau deh yang aneh siapa dalam hal ini hahahaa... yang penting embat ajah spaghettinya. Nggak pake lama sebungkus spaghetti yang sudah diseduh itu pun langsung berpindah ke perut-perut kelaparan. 

Tak bersisa. Tiada sisa selain kepedihan hati emaknya yang harus cuci bekas celepretan saus ala ala mie ongklok tadi :(




* Foto mie ongklok dan anyaman ongklok diambil dari id.wikipedia.org

4 comments:

  1. aku blm pernah coba mie ongklok, tp aku pernah coba saus rasa barbecue itu. mnurutku, lbh enak bolognese :D

    ReplyDelete
  2. penasaran ama mie ongklok ini, dulu pernah liat liputannya di acara kuliner kayaknya enak. tapi emang kuahnya itu agak-agak gimanaa gitu liatnya hi3

    ReplyDelete
  3. wah mie ongklok..belum pernah coba mba...

    ReplyDelete
  4. Hmmm...yummy...asyik juga experience masak2 bareng bocah ya..

    ReplyDelete