Featured Post

#UsiaCantik dan Mengapresiasi Diri Sendiri

Bu, sekarang umur Ibu sudah berapa?   Pernah sesekali waktu anak keduaku nanyain umur model petugas sensus begitu. Iya sih, jawabnya me...

19 January 2016

Rumah Idaman

Bagi mereka yang sepanjang awal minggu hingga penghujung pekan harus 'mengembara' di luar rumah, apalagi kah yang lebih nikmat dibandingkan kehangatan pelukan sepetak rumah?

Bagi jiwa-jiwa yang lelah berpetualang ke berbagai sudut dunia, apalagi kah yang membuat rindu selain harumnya tanah lembab di rumah ibu?

Kenapa kali ini aku membahas soal kerinduan akan rumah?

Sebelumnya boleh lho disimak video clip dari grup super jadul Beatles yang salah satu lagunya merupakan kesukaanku *lalu slesepin uban ke balik jilbab ;)


Sedikit kutipan awal dari lagu berjudul A Hard Day's Night sebagai berikut :

It’s been a hard day’s night
and I’ve been working like a dog
It’s been a hard day’s night
I should be sleeping like a log
But when I came home to you
and find the things that you do
will make me feel alright

Nah loooohh... iya bener kan, sekeras apa pun yang kita hadapi di luar sana, saat lelah mendera dan raga butuh tempat berteduh, home will always be the most comfortable place. Beatles aja bilang gitu loh. Aku teringat sekali lagu ini karena lirik 'like a dog'nya yang waktu aku kecil dulu terkesan aneh. Masak sih orang kok kerja kayak gukguk, gitu sih waktu itu penalaran seorang bocah Uniek yang belum genap masuk masa baligh.

Hingga sekarang pun kalau kita pikir-pikir ya, rumah memang selalu menjadi andalan untuk beristirahat. Sesederhana apapun, atau malah sejelek apapun ya rumah kita ibaratnya, saat teringat untuk pulang akan selalu ada harapan untuk merasa nyaman di sana. Tak perduli anak meraung-raung di rumah, suami atau istri yang kadang tak mengerti isi hati, namun memasuki pintu rumah menimbulkan rasa yang berbeda dibandingkan dengan saat kita mengukur jalan tanpa tepi.

Itu sih kondisi normalnya loh ya. Ada mungkin beberapa rumah yang ingin dihindari oleh para penghuninya. Itu sih di luar topik. Aku lagi pengin ngomongin tentang rumah idaman nih. Saat ini ya rumah idamanku adalah yang  :
  • Ada halamannya sehingga bisa digunakan untuk berkebun
  • Tidak terlalu besar, biar nggak repot-repot amat membersihkannya ;)
  • Kalau punya rejeki pengin ngedesain rumah tersebut dengan gaya tradisional Jawa. Boleh dong ya pengin njawani gitu ;)  
  • Ventilasi rumah tersedia secara proporsional agar udara yang masuk ke rumah cukup untuk seluruh isi rumah.
  • Berada tak jauh dari pedesaan. Gimana sih rasanya bekerja setengah hidup di kota dan balik-baliknya masih ke kota juga yang hiruk pikuk? Asyik kan ya misalnya bisa menghirup udara segar sepulang kita dari tempat gawe.
Namun yang sering kita alami soal mendapatkan rumah idaman ini adalah sulitnya mendapatkan informasi tentang lokasi rumah yang ingin kita tinggali. Misalnya ya pengin beli rumah gitu, kita harus riweuh kesana kemari dan bertanya tentang banyak orang perihal rumah yang dijual.

Nah, kalau sekarang sih sudah ada portal yang membantu tugas kita soal tanya rumah sana-sini seperti itu. Belum lama ini aku sempat singgah ke Lifull, web yang sangat informatif tentang berbagai pilihan jual maupun sewa rumah. 


Melalui portal tersebut kita bisa mencoba mencari rumah idaman kita berdasarkan beberapa pilihan. Fitur unggulan dari Lifull.id meliputi :
  1. Pencarian properti berdasarkan 50 kriteria populer di Indonesia
  2. Pencarian properti berdasarkan laju transportasi
  3. Pencarian properti berdasarkan universitas dan sekolah
  4. Pencarian properti melalui peta
Nah ini niiihh.... yang fitur pencarian berdasarkan universitas dan sekolah, apa coba ya maksudnya?

Jadi ya misalkan kita berencana nantinya ingin terus mendampingi putra-putri kita hingga dia dewasa dan mengenyam pendidikan tak jauh dari diri kita, bisa saja coba berinvestasi dengan mencari rumah idaman yang dekat dengan tempat kuliah favorit. Misalnya nih aku, pengin ntar anak-anak kuliah di Semarang saja, searching deh dan klik nama Universitas Diponegoro (misalnya), trus ada piliha Sewa atau Jual. Bakalan ada beragam penawaran yang telah disusun oleh Lifull.id untuk mempermudah pencarian kita.

Kuliah dekat rumah kan enak yaaaa... capek mikirin dosen bisa langsung pulang. Dulu sih aku gitu, kuliah berasa berat banget sehingga bawaannya pengin pulang melulu ;)  Kali aja ntar anak-anakku juga begitu ya. Capek sama dosen ya mendingan pulang dan ngeliatin ibunya yang manis anggun menawan baik hati ini, ya kan ya kaaaann.....

Kalau sobat blogger punya tipe rumah idaman yang bagaimana nih. Yuuk yuukk share...

14 comments:

  1. Wah...sama dong.. Rumah idamanku pegennya yg halamannya luas biar bisa bertanaman di sana.. Rumahnya sendiri gak usah besar2 @mat gak apa2 krn susah merawatnya..

    ReplyDelete
  2. Rumah idamanku pengennya banyak jendela, biar sirkulasi udaranya bagus dan rumah jadi gak panas ^^

    ReplyDelete
  3. Rumah adalah tempat berteduh yang paling nikmat ...
    Tempat paling ayem tentrem ... walaupun duit tipis ... hahaha

    salam saya Mbak

    ReplyDelete
  4. wah asyik ya, ketika kita bingung mau sewa atau beli rumah di suatu daerah, bisa mengunjungi situs ini

    ReplyDelete
  5. Yg ada kolam sma halaman tanahnya hehe

    ReplyDelete
  6. Iya nih udah pake ciput yg full, uban masih keluar2 juga. Eh, ngomongin apa nih? Pengin punya rumah yg banyak meski kecil2 buat homestay.

    ReplyDelete
  7. Rumah idamanku, nggak terlalu besar (biar nggak capek bersihin), halamannya luas, dan ada kolam ikannya :)

    ReplyDelete
  8. Kalau sekarang ini, orang-orang lebih condong kepada desain minimalis tanpa tahu minimalis itu di adopsi dari mana. Padahal Indonesia itu punya ciri khas dalam desain bangunannya, termasuk rumah.

    Saya malah suka jika Mbak menginginkan desain huniannya kelak dengan gaya khas Indonesia. Contohnya seperti yang mbak sebutkan di atas, yakni rumah tradisional jawa. Kan lumayan tuh bisa mempertahankan ciri khas negeri sendiri.

    ReplyDelete
  9. rumah idaman, ada keluarga yang menanti saya pulang.

    tapi barusan ngecek pake lifull di kota kudus jawa tengah belom ada yang ngiklan :(

    ReplyDelete
  10. Iya, benar. Setelah setengah hari berlelah ria dg pekerjaan di luar rumah, pulang ke rumah adalah hal yang dinanti.

    ReplyDelete
  11. home sweet home bangeeet ya...kalau aku yang penting ada ungu-ungunya #eeeh

    ReplyDelete
  12. Kriterianya sama seperti saya, mbak. hehehe

    ReplyDelete
  13. Cari di Jepara saja, mbak. Masih banyak. hihihi

    ReplyDelete
  14. Aku baru tau niih soal lifull. Btw, tipe rumah idamanku yang ada halamannya buat nanem pohon buah. hehe

    ReplyDelete