Featured Post

#UsiaCantik dan Mengapresiasi Diri Sendiri

Bu, sekarang umur Ibu sudah berapa?   Pernah sesekali waktu anak keduaku nanyain umur model petugas sensus begitu. Iya sih, jawabnya me...

09 January 2016

Santai Sejenak Bersama Keluarga

Kadang-kadang suka ngiri nih dengan teman-teman yang tinggal di Jakarta. Kenapa eh kenapa sih kok ngiri? 

Iya dong, di sana kan ada aneka tempat menarik yang kalau dikunjungi dalam sehari juga nggak bakalan habis-habis. Bahkan sampai kaki gempor pun kalau mau terus keliling kota tak akan ada habisnya. Kalau ditulis ke dalam catatan perjalanan yang kemudian dibukukan, bakalan nggak selesai-selesai serinya ;)

Tapi kan ya ga boleh jeles gitu dong... meskipun tinggal di kota kecil, santai sejenak bersama keluarga bisa dilakukan di manapun. Masih ada kok tempat-tempat yang menarik di Semarang yang bisa dikunjungi saat ingin melepas suntuk. Bagi orang-orang di kota besar seperti Jakarta, termasuk yang sewa apartemen di Jakarta, saat suntuk bisa langsung meluncur ke tempat-tempat terdekat. Di Jakarta kan mau cari tempat bersantai model gimana aja udah gampang banget.

Di rumah sih bisa saja istirahat dan berkumpul dengan keluarga. Tapi pas kondisi rumah porak poranda dan si ibu sedang lelah luar biasa, mendingan pergi jalan-jalan dan menyambangi tempat-tempat menarik di luar rumah deh. Percaya deh apa yang dikatakan Uniek Hadisoewarno :))

Pilihannya apa dong kalau ingin santai sejenak gitu?

Sekedar memberikan rekomendasi saja nih, ada salah satu tempat favorit yang biasa kukunjungi bersama keluarga saat ingin menemui suasana yang berbeda. Berbeda dari rumah yang porak poranda tadi maksudnya hihihiii....

IKAN BAKAR CIANJUR

keren banget kan tata ruang dan perabotannya

Tempat yang satu ini sebenarnya bukan khas Semarang. Perasaan ada di mana-mana deh :) Olahan ikan dengan style Sunda ini salah satu yang digemari oleh anak-anakku.Tempat makan dengan nuansa 'tempo doeloe' ini dulunya bekas gedung pengadilan di jaman kolonial Belanda. Pantes ya desainnya khas seperti itu. Mulai dari bentuk pintu, frame jendela, sekat-sekat antar ruang, hingga furniture-furniture yang digunakannya.

"Gurami gorengnya enak dan kriyuuuukkk...."


Hahahaaa... versi anak-anak banget nih. Ikan Bakar Cianjur (IBC) menjadi favorit mereka gara-gara gurami gorengnya bisa renyah sekali saat dimakan. Daging ikannya sih lembut, namun bagian-bagian luarnya terutama sirip dan ekornya itu loh, bisa kemremes banget saat disantap. Untukku pribadi yang hampir tidak doyan semua jenis ikan, gurami ini sangat menolong kebutuhan  nutrisiku :) Iya, karena tidak amis aku sih oke-oke saja makan yang satu ini. Sampai keekor-ekornya loh aku suka, kriyuuuk kriyuuuk...



Tumis pucuk daun labu yang legendaris

Banyak sekali sebenarnya menu yang ditawarkan oleh IBC ini. Tak sekedar ikan goreng saja, yang dibakar hingga saus asam manis pun ada. Hidangan lain yang ada di sana antara lain nasi liwet, ayam goreng, aneka tumis dan berbagai minuman segar. Salah satu tumis yang paling kuingat di IBC adalah tumis pucuk daun labu. Belum pernah menjumpainya di resto yang lain sih. Rasanya khas sekali. Hmmm... jadi laper berat nih kalau mengingat-ingat masakan yang satu ini.

Berbagai suguhan minuman juga tersedia di sana, mulai dari wedang hingga minuman dingin. Kalau disebutin semua bisa jadi pajangan menu nanti di sini ;)  Satu yang kurekomendasikan nih : Es Alpukat. Bukan jus alpukat loh ya, yang satu ini alpukatnya hanya dikerok menggunakan sendok, dibubuhi serutan es dan susu kental manis plus essence kopi. Berhubung aku tidak begitu suka susu putih, waktu itu aku request yang rasa coklat. Nikmat sekali loh rasanya, pas sekali diminum saat cuaca sedang panas. Seperti yang teman-teman ketahui bahwa Semarang merupakan kota yang panasnya awet sepanjang masa. Jadi kalau mau minum es alpukat ini oke oke saja di setiap suasana ;)


Pengin rasanya merekomendasikan tempat-tempat yang lain di Semarang nih. Masih banyak tempat yang bisa digunakan untuk santai sejenak bersama keluarga. Mungkin di postingan-postingan berikutnya saja ya. See you soon, my dear friends.

22 comments:

  1. es alpukat mnurutku memang lbh enak dibanding jus, sensasi ngunyah alpukat nya itu loh yg gk ada dlm jus. hihi. btw, suasananya kayak di rumah ya itu resto Ikan Bakar Cianjur. ayem!

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, betul banget mam... kapan2 ke sini yuk barengan :)

      Delete
  2. Es alpukatnya bisa ditiru itu dirumah :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku mau maaakkk disuguhi es alpukat di rumahmu. Aku mampir yaaaaa

      Delete
  3. Yaa, Jakarta memang punya banyak daya tarik sih, sebanding juga sama tingkat stress nya kok. jd, santai sajalah... malah yg di Jakarta mgkin ngiri sm dirimu yg di Semarang, mba ;)

    ReplyDelete
  4. Ikannya... doyananku tuh tulang ekor dan tulang sirip yg kriuk kriuk

    ReplyDelete
  5. mbak...makanannya loh...ya kalo cara kumpul keluarganya spt ini aku suka banget....

    ReplyDelete
  6. IBC ini cabangnya banyak ya. bulan lusa kemarin ke IBC Malang hanya untuk beli rujak cingur cos Mama Ivon malem-malem ngidam rujak cingur, kan susaah nyarinya. Untung ada temennya yang ngasih tahu di IBC ada rujak cingur.

    ReplyDelete
  7. Beuh.. aku kok bayangkan ikannya kemripik di luar lembut di dalam ya :D

    ReplyDelete
  8. ko jadi keingtan sinetron si Doel ya mba liat kursinya :)

    ReplyDelete
  9. Tempatnya asliii cakeep yo mbaaa.. Aku suka dengan interior jadul kayak begitu.. Dan guramenya sih pasti juaraaaa :)

    ReplyDelete
  10. Aku ke Semarang kemarin bingung mau ke resto khas Semarang yg menunya nasi wkwkwkk. Udah googling lama. Trus trafficnya Semarang kalau siang bener2 padat ya. Besok lagi kalau ke Semarang kudu lebih baik persiapannya, tanya2 Uniek Hadisoewarno dulu tempat makan yg enak & mengenyangkan.

    ReplyDelete
  11. Aku pernah makan yang di Jakarta mbak, paling suka banget sama sayur daun labu itu. Enak bangeet :)

    ReplyDelete
  12. kalo ke Smrg suka mampir kesini nih ngebungkus

    ReplyDelete
  13. Aku tuh suka banget pada sayur pucuk labu, Mbak Uniek. Baik yang ditumis seperti di atas maupun yang di lodeh..Makan bareng keluarga di tempat yahud begitu, rasanya indah ya :)

    ReplyDelete
  14. Kalau makan ikan bakar di tempat keren macam gitu ajak ajak aku kah mbak

    ReplyDelete
  15. Aku belum pernah dua kali makan di sini, hihiii... ajakin dakuw mbaaak

    ReplyDelete
  16. Tumis daun labu kayak nya enak buattemanan ikan asin ama sambel

    ReplyDelete
  17. tumis daun pucuk labu aku kayanya belum pernah makan deh mbak

    ReplyDelete