Featured Post

#UsiaCantik dan Mengapresiasi Diri Sendiri

Bu, sekarang umur Ibu sudah berapa?   Pernah sesekali waktu anak keduaku nanyain umur model petugas sensus begitu. Iya sih, jawabnya me...

10 January 2016

Sharing Ilmu Blogging secara Offline


Pada postingan sebelumnya aku sudah menulis tentang mengapa ngeblog menjadi aktivitas yang populer. Makin banyak orang yang bikin blog dan menggunakannya sebagai media informasi interaktif bagi dirinya. Pemilik blog sharing sesuatu, pembaca blognya mengomentari, dan bakalan jadi silaturahim yang hangat manakala kedua belah pihak itu update kolom komentar sehingga terjadi diskusi interaktif seakan-akan sedang berhadapan muka saja. 

Meski blogging terjadi melalui koneksi internet tanpa perlu harus instal software yang ribet, pun tidak mengharuskan pihak-pihak yang terkait saling bertatap muka, tetap saja loh saat berjumpa secara langsung dengan blogger-blogger lainnya tuh rasanya istimewaaaaahhh....

Ingatanku melayang pada kejadian hampir setahun yang lalu saat Semarang akhirnya kebagian juga sharing ilmu blogging melalui Arisan Ilmu yang diselenggarakan oleh Kumpulan Emak Blogger (KEB). Beneran loh, tinggal di kota kecil itu suka berasa nyungsep manakala blogger-blogger ibukota ramai dengan aktivitas ketemuan offline di event tertentu. Berasa hati ini ketarik-tarik gitu ingin ikutan berada di sana dan asyik seseruan bertemu dengan teman-teman blogger yang selama ini hanya bisa kita jumpai di dunia maya.


Kalau nggak salah inget sih ya Arisan Ilmu KEB diadakan di Semarang pada bulan Februari 2015. Semangat banget loh emak-emak blogger Semarang datang ke acara ini. Bahkan ada yang dari luar kota juga. Pendamping khas ala emak-emak pun ikut menghangatkan suasana. Bocah-bocah kecil hingga bayi pada ikutan menuntut ilmu :)

Asyik deh pokoknya waktu itu. Apalagi nih ya pematerinya adalah blogger kondang yang sudah malang melintang di dunia blogging.

Iyak betuuuull.... Indah Julianti Sibarani atau biasa dipanggil Mak Indjul datang ke Kota Lunpia untuk membagikan ilmu blogging yang dimilikinya dengan cuma-cuma. Iya loh, kami waktu itu hanya menyiapkan diri, bawa potluck dan datang ke lokasi yang telah disepakati bersama.

Mak Indjul sharing seputar blogging yang kian populer sebagai media sharing. Mulai ngeblog sebagai sarana curcol hingga ngeblog yang dimaksimalkan sebagai sarana aktualisasi diri secara komersial.

Komersial? Maksudnya?

Tentu sudah banyak yang mengetahui bahwa blogger pun bisa mendapatkan tambahan benefit melalui postingan-postingannya selain kepuasan hati semata. Kemudahan orang mengakses blog dan lingkaran pertemanan blogger dengan teman-teman mayanya, membuat postingan seorang blogger bisa menyebar dengan cepat ke banyak orang. Makin banyak brand yang mempercayakan review-review produknya kepada blogger.

Apa beda promosi di media lain dan di blog?

Blogger memberikan review di blognya berdasarkan pengalaman pribadi selain juga mengedepankan opini. Gaya bertutur di blog personal tentunya akan berbeda dengan media yang dikelola oleh pihak tertentu. Makin banyak orang yang 'dolan-dolan' ke blog membuat blog itu sendiri potensial untuk dikembangkan oleh pemiliknya.

Paparan di atas hanya sebagian kecil saja dari materi blogging yang disampaikan oleh Mak Indjul. Kebetulan memang waktu itu tema yang diminta oleh emak-emak blogger Semarang adalah seputar blog monetizing. Jadi rindu nih dengan sharing ilmu blogging lainnya. Tentunya masih banyak tema berharga seputar dunia blogging yang bisa terus dibahas.

Kapan lagi ya ada Arisan Ilmu KEB di Semarang? :)

Arisan Ilmu KEB di Semarang, Februari 2015

5 comments:

  1. Saya dulu ngeblog cuma buat hura2 curhat gak jelas, ikut KEB dan komunitas lainnya jadi makin sadar kalo ngeblog bisa dapet sesuatu hehe.. saya sekali ikut acara yg ada KEB pas di gedung ASEAN, ketemu makmin2 KEB :)

    ReplyDelete
  2. Hahaha... itu foto dek Uniek yang bawah sendiri keren amat... :)

    BTW pengen juga suatu saat bisa ikut arisan ilmu dan sekaligus kopdar dengan blogger2 keren seperti itu.

    ReplyDelete
  3. Seru ya mbak Unik, pengin pinter juga seperti ini :)

    ReplyDelete
  4. Sawang-sinawang mbak. Event seperlunya saja, kalau kebanyakan bisa diprotes keluarga. DUlu aku nyaris ikut ini lo sama mb Indah, tp nggak jadi karena ada acara keluarga huhuhuuu

    ReplyDelete
  5. Saya belum ikut komunitas blogger sama sekali. Tapi, sepertinya menarik bergabung dg komunitas seperti ini. Berkmpul n sharing dg orang yg punya passion sama. :)

    ReplyDelete