Featured Post

#UsiaCantik dan Mengapresiasi Diri Sendiri

Bu, sekarang umur Ibu sudah berapa?   Pernah sesekali waktu anak keduaku nanyain umur model petugas sensus begitu. Iya sih, jawabnya me...

27 February 2016

Cara Cepat Print Screen dan Menyimpannya secara Online



Saat teman-teman membaca buku ataupun mengikuti tutorial khususnya tentang komputer dan segala sesuatu yang berkaitan dengannya, sering kan ya menemukan semacam potret yang menunjukkan gambar layar monitor dengan segala 'pemandangan' yang ada. Biasanya tampilan tersebut kita sebut dengan print screen. Daripada kalimat yang berjubel-jubel sampai menghabiskan satu halaman penuh, satu print screen jauh lebih mewakili apa yang ingin kita jelaskan tersebut.

Lalu bagaimana cara membuat print screen?

Dengan menggunakan perangkat standar yang ada di komputer ataupun laptop, kita bisa melakukan screen shoot layar monitor kita melalui satu tombol yang telah tersedia di barisan keyboard. Biasanya sih ada di bagian kanan atas bertuliskan prt sc. Coba, dilihat dulu komputernya, ada kan? Nah tekan saja tombol itu. Lantas selanjutnya bagaimana?

Jika menggunakan cara tersebut di atas, selanjutnya kita masih harus mengolah hasil rekam print screen melalui bantuan aplikasi pengolah gambar, misalnya Paint yang merupakan program pengolah gambar bawaan Windows. Ini aku bahas yang OS komputer ataupun laptopnya menggunakan Windows ya. Melalui Paint, hasil print screen tadi kita paste dan disimpan sebagai file gambar. Itu baru soal memindahkan hasil print screen saja loh, belum memotong dan mengolahnya sesuai keinginan kita. Masih panjang perjalananmu, Kawan ;)

Ada salah satu aplikasi yang bisa mempermudah proses print screen tadi. Kita bisa mendownload-nya secara free via internet dan menggunakannya terus menerus untuk meringankan step-step dalam membuat print screen.


Yang pertama kita lakukan adalah masuk ke web prnt.sc maka akan tampak tampilan seperti di atas tadi. Di sebelah kanan ada menu Download Lightshot for free kan, klik saja tombol tersebut.

Ada 2 pilihan untuk men-download, tinggal klik yang For Windows ataupun For Mac sesuai OS komputer kita. Ikuti saja step-stepnya setelah itu. Mudah kok.

Setelah LightShot berhasil di-download, lanjutkan dengan proses penginstalan. Apabila telah sukses instalasi maka berarti kini langkah kita untuk proses print screen makin mudah. Tetap klik di keyboard tombol yang bertuliskan 'prt sc' ya, nanti di layar monitor langsung akan muncul garis putus-putus yang bebas kita drag sesuai keinginan kita dalam mengambil tampilan layar sesuai keperluan.



Saat kita telah melakukan cropping secara langsung saat proses print screen via LightShot ini, maka kita bebas menyimpannya. Mau langsung simpan di hard disk maupun USB Drive bisa. Jika ingin nantinya sharing hasil print screen tanpa harus bolak balik ambil gambar di drive, ada loh pilihan penyimpanan onlinenya.



Tuh di bagian kanan bawah ada aneka macam menu kan. Yang sedang ditunjuk oleh pointer itu menu untuk upload hasil print screen ke prntscn.com dimana nantinya saat ingin share hasil print screen tersebut, kita tinggal mencantumkan short linknya saja. Short link ini sama dengan yang di bit.ly, ow.ly, dan aneka situs pembuat short link online.

Lebih simpel kan pake LightShot? Silakan mencoba loh, kalau ada yang kurang jelas bisa komen di kolom komentar. Sebisa mungkin akan kubantu.

8 comments:

  1. lebih enak ya... makasih infonya :)

    ReplyDelete
  2. Nah sy sering cobain nih, lebih mudah rasanya

    ReplyDelete
  3. Ilmu baru nih. :D Makin praktis aja.

    ReplyDelete
  4. wah... ntar cobain ah.... :D
    yess dapet ilmu baru lagi

    tengkiu bund :)

    ReplyDelete
  5. Wah praktis bgt. Aku msh manual nih pake prt sc trus paste di paint. Itupun ngulang lagi kalau tab bookmark lombanya belum dihide heuhuheu

    ReplyDelete
  6. Saya masih pakai yg manual juga mbak. Kadang malah pakai snipping itu lho yg tandanya gunting. Kalau ada yang gamping gini lah mending pakai yg ini.

    ReplyDelete
  7. saya malah jarang pakai kompi atau lepi bun cz masih gaptek.

    ReplyDelete