Featured Post

#UsiaCantik dan Mengapresiasi Diri Sendiri

Bu, sekarang umur Ibu sudah berapa?   Pernah sesekali waktu anak keduaku nanyain umur model petugas sensus begitu. Iya sih, jawabnya me...

09 February 2016

Obat Herbal Penyembuh Alergi

Alergi merupakan suatu reaksi berlebihan dari tubuh terhadap alergen atau senyawa yang memicu terjadinya suatu reaksi seperti gatal, ruam, biduran, bentol-bentol hingga bengkak pada kulit dan bagian tubuh tertentu. Alergi dapat disebabkan karena berbagai macam penyebab misalnya karena makanan yang dikonsumsi, debu yang terhisap masuk ke tubuh atau bersentuhan dengan kulit, bulu binatang, serbuk sari atau karena suhu yang terjadi di sekitar kita misalnya suhu dingin. Selain dengan penanganan menggunakan obat yang diberikan oleh dokter, kita dapat menggunakan obat herbal yang dapat diracik sendiri di rumah. 

Penggunaan obat yang terbuat dari bahan alami dapat menurunkan efek samping yang ditimbulkan setelah penggunaan obat tersebut untuk mengatasi alergi sehingga tidak memperparah keadaan. Selain dengan menggunakan daun salam yang ditumbuk kasar dan dioleskan ke bagian yang gatal karena alergi, terdapat ramuan herbal lainnya misalnya dengan menggunakan daun sirih. Caranya adalah dengan menyiapkan daun sirih 10 lembar dan patikan china 60 gr yang dicuci bersih. Rebus keduanya dalam 600 cc air mendidih. Saring dan dinginkan kemudian gunakan untuk mencuci ruam pada kulit. 

sumber foto : fitlife.tv

Kedua adalah dengan menggunakan campuran kunyit dan sambiloto. Obat herbal ini dapat membantu untuk mengatasi rasa gatal. Caranya adalah dengan mencuci bersih daun sambiloto segar sebanyak 30 gr dan kunyit tua 25 gr. Kupas kunyit dan campurkan dengan daun sambiloto kemudian ditumbuk hingga halus. Aplikasikan ramuan ini pada kulit yang gatal. 

Ramuan herbal lainnya yang menggunakan daun sambiloto sebagai obat untuk menangani alergi yaitu: 
  • Siapkan daun sambiloto segar sebanyak 30 gr, daun sambung nyawa 7 lembar dan air bersih 500 cc. Cuci daun dan rebus hingga air hanya tersisa setengahnya. Saring rebusan tersebut dan minum selagi hangat sebanyak 2 kali sehari hingga alergi mereda. 
  • Mencampurkan campuran halus dari daun sambiloto dan kunyit kemudian ditambahkan dengan belerang secukupnya. Aplikasikan ke bagian yang gatal. 
Selain cara tersebut, terdapat cara lain untuk membuat ramuan alami sebagai obat herbal mengatasi alergi yaitu: 
  • Mencampurkan perasan buah lemon dengan minyak kelapa. Kemudian oleskan di bagian kulit yang gatal dengan menggunakan kapas dan biarkan semalaman. 
  • Menggunakan lidah buaya yang diambil dagingnya kemudian dijus atau dihaluskan. Teteskan ke hidung sebanyak 3 tetes. Ramuan ini lebih digunakan untuk alergi yang sering menimbulkan bersih seperti alergi debu atau jenis alergi bulu binatang seperti kucing atau anjing. 
  • Mencampurkan daun pegagan 30 gr, jahe 10 gr yang dicuci bersih kemudian direbus dengan menggunakan air sebanyak 500 cc. Diamkan hingga air hanya tersisa setengahnya. Saring dan minum 2 kali sehari yaitu saat pagi dan sore. Ramuan ini sangat cocok bagi Anda yang menderita jenis alergi yang menyerang paru-paru misalnya alergi debu. 

Selain karena makanan, penyebab alergi kulit juga bias dari kosmetik karena kebanyakan produk kecantikan kulit  atau kosmetik rata-rata mengandung bahan kimia dengan kandungan yang berbeda-beda setiap merk, jadi kamu harus benar-benar selektif dalam memilih produk-produk tersebut.

13 comments:

  1. dua anak saya tuh mba tiap mau tidur pasti pada gatel punggungnya..tp saya blm tau alerginya kerna apa

    ReplyDelete
  2. Si kembar alergi macem-macem. Saking banyaknya aku suka lupa alerginya apa. Selama ini kalau lagi kambuh aku kasih obat (kalau gatal). Mau coba perasan lemon dan minyak kelapa deh, siapa tahu hilang gatelnya.

    ReplyDelete
  3. Informasinya sangat membantu sekali.. thanks a lot ^^

    ReplyDelete
  4. keponakanku ada yang kulitnya gatal2 alergi..malah sampai bentol2 gak sembuh2.. dah berobat ke dokter tapi tak kunjung hilang.. Sembuh sebentar trus kalo salah makan alerginya timbul lagi di kulit.. Mungkin pake resep sederhana ini bisa menyembuhkan ya Mba.. Mksh infonya ya..

    ReplyDelete
  5. Kadang memang pengobatan tradisional lebih manjur ya..

    ReplyDelete
  6. emang hampir semua orang lebih suka sama obat herbal karena efek yang ditimbulkan gak ada ...
    beda sama obat2 yg make bahan kimia...

    ReplyDelete
  7. aku sering dengar sama tumbuhan samber nyowo, gak taunya bisa jadi obat alergi.. makasih infonya bulik :)

    ReplyDelete
  8. oh, ada yg bisa dioles aja ya? tadi udah ngebayangin rasa pahitnya *glekh*

    ReplyDelete
  9. Nyarinya pegagan sama sambiloto dimana ya? Pasar ada?

    ReplyDelete
  10. sambiloto harus beli di pasar yg besar mungkin ya mbak, di pasar deket rumahku gak pernah lihat ada sambiloto

    ReplyDelete
  11. Susah kalo nyari tumbuhannya.
    Ngeri juga ya kalo alergi kosmetik, ntar wajahnya gimana hiks, gawat!

    ReplyDelete