11 Maret 2016

7 Biaya Membeli Rumah yang Harus Anda Ketahui



Banyak calon pembeli rumah berpikir itu semua tentang hipotek dan uang muka. Setelah mereka memiliki cukup dana untuk membiayai keduanya, mereka mulai berpikir untuk membeli sebuah rumah di Surabaya. Tapi rumah merupakan penyedot uang. 

Sebelum Anda membeli, Anda perlu memastikan bahwa Anda menyadari semua biaya yang harus Anda keluarkan. MSN memperingatkan pembeli yang baru pertama kali membeli rumah apa yang terjadi jika mereka meremehkan biaya membeli properti. Berikut adalah daftar biaya tersebut untuk membantu pembeli rumah di Surabaya di masa depan. 


Uang muka 

Beberapa pembeli rumah di Surabaya mencari pembiayaan segera setelah mereka mencapai target minimum pembayaran uang muka. Itu tidak salah. Namun, perlu diingat semakin besar uang muka Anda, maka akan semakin kecil hipotek Anda. 

Jika Anda bisa mendapatkan uang muka tertinggi, Anda dapat melunasi pinjaman hipotek Anda lebih cepat. Jadi dapatkan jumlah maksimum yang diijinkan untuk uang muka Anda sebagai gantinya. Semakin cepat Anda selesai melunasi rumah Anda di Surabaya, semakin sedikit Anda harus menghabiskan uang pada bunga. Bahkan jika pemilik rumah membuat satu pembayaran pokok tambahan satu tahun, jangka waktu hipotek dapat sangat menurun. 

Hipotek realistis 

Hipotek Anda bukan satu-satunya hal yang harus Anda khawatirkan ketika Anda membeli rumah di Surabaya. Anda harus memastikan semua biaya bulanan lainnya tidak akan terbengkalai sebagai akibat dari mengambil hipotek. Itu termasuk biaya dasar Anda. Jangan lupa bahwa Anda juga harus mempertimbangkan semua hasil yang mungkin terjadi di masa depan seperti apa yang akan Anda lakukan jika Anda kehilangan pekerjaan Anda – ketika tiba saatnya untuk realistis tentang kemampuan Anda. 

Mengencangkan ikat pinggang memang tepat, tetapi jika Anda melewatkan waktu makan atau membayar tagihan dengan mengurangi prioritas hanya untuk mencoba dan tetap bertahan dengan pembayaran Anda, kemudian mengambil hipotek mungkin bukan langkah yang tepat untuk keuangan Anda. 

Pajak penjualan dan biaya 

Ada banyak biaya yang mungkin tampak kecil, tetapi jika mereka digabungkan maka jumlahnya akan besar. Ini termasuk: 
  • Pajak transfer: Global Property Guide mengacu ini sebagai pajak yang dipungut atas penjualan properti. Ini diatur di lima persen, dengan basis pajak menjadi nilai transfer rumah. 
  • Perolehan Pajak Bumi dan Bangunan: Pajak ini bekerja di bawah kondisi yang sama seperti pajak transfer, ditetapkan pada lima persen, dengan nilai transfer dari properti menjadi basis pajak. Sekali lagi, tidak ada pemotongan. 
  • akta jual beli tanah: Anda harus menyewa notaris dari Kepala Badan Pertanahan Nasional untuk melakukan langkah ini. Namun, seorang kepala daerah dari kabupaten bisa melakukan juga. Sisihkan satu persen dari nilai properti; itulah berapa banyak uang yang harus Anda keluarkan untuk Akta. 
  • Biaya begal. Memproses dokumen Anda memiliki harganya sendiri. Kira-kira nilainya 0,5 persen hingga 1,5 persen dari nilai properti Anda. 
  • Materai: Anda perlu menyisihkan Rp. 6,000 untuk setiap dokumen. Periksa untuk memastikan Anda memiliki seluruh akta notaris dicetak. Jangan terburu-buru melaluinya. Anda bisa kehilangan satu atau dua halaman. Juga jangan lupa untuk membuat salinannya. 
  • Tugas pengalihan tanah dan bangunan: Hal ini dibebankan kepada penjual, sehingga Anda tidak perlu khawatir Anda akan terbebani dengan biaya ini dengan semua biaya lain yang sudah Anda miliki. 

Perbaikan dan renovasi 

Pengeluaran beruntun Anda tidak berakhir di sana,. Anda juga perlu mengkhawatirkan perbaikan dan renovasi. Pemeriksaan pemeliharaan juga diperlukan karena ini membantu menjaga rumah Anda di Surabaya dalam kondisi baik. Semua ini membutuhkan uang. Jadi, Anda harus memiliki cukup dana untuk menutupi biaya tersebut.

Jika Anda mencoba untuk memenuhi kebutuhan hipotek dan biaya bulanan, Anda mungkin akan terlambat dan berakhir dengan kekacauan besar di tangan Anda.

Transportasi

Anda juga harus memasukkan faktor biaya transportasi ke dan dari tempat kerja di dalam atau di luar Surabaya. Jika Anda berpikir Anda telah menemukan rumah yang sempurna, tetapi jika letaknya jauh dan mengharuskan Anda untuk membayar biaya transportasi yang tinggi, maka Anda mungkin ingin mempertimbangkan kembali posisi Anda.

Bayangkan berapa banyak yang harus Anda habiskan untuk biaya transportasi dan Anda mungkin berakhir kehilangan kesepakatan itu. Untuk cara yang lebih baik untuk mencari properti, konsultasikan pada portal listing. Sebuah situs listing seperti Rumah memudahkan Anda untuk menemukan rumah dijual di Surabaya, memberikan Anda kesempatan untuk mengeksplorasi pilihan di satu tempat yang nyaman.

Asuransi rumah 

Tidak ada yang tahu apa yang akan terjadi masa depan, sehingga pintar-pintarlah untuk membeli asuransi rumah sesegera mungkin. Dengan mengasuransikan rumah Anda, jika terjadi sesuatu di masa depan, Anda tahu Anda memiliki jenis bantuan yang Anda butuhkan untuk melewati situasi sulit.

Banyak lembaga pemberi pinjaman membutuhkan asuransi rumah dan asuransi judul. Belanja untuk harga terbaik sebelum penutupan adalah hal penting. Beberapa perusahaan asuransi bisa lambat untuk merespon permintaan quote; jadi semakin cepat pembeli memulai proses maka akan lebih baik. Sangat disayangkan jika kehilangan kesepakatan pada sebuah rumah besar di Surabaya karena penundaan.

Iuran pemilik rumah 

Anda juga akan harus mengeluarkan uang untuk iuran pemilik rumah. Tergantung pada tempat Anda tinggal, ini bisa menjadi rendah atau sedikit lebih tinggi, terutama ketika semua pembayaran menumpuk.

Ini hanya sebagian biaya yang akan ada dalam hidup Anda ketika Anda membeli rumah di Surabaya. Jadi jika Anda berpikir Anda tidak bisa membayarmereka semua, mungkin akan bijaksana untuk menyesuaikan jadwal belanja rumah Anda untuk kemudian hari, menentukan tanggal yang lebih realistis.

28 komentar:

  1. Mbak.. Makasih info nya,lengkap banget.. Jadi perlu siap2 banyak perhitungan biaya sebelum beli rumah

    BalasHapus
  2. Yang printil2an itu kadang yang ga terduga.. Iur iurnya banyak kalau di perumahan

    BalasHapus
  3. Ribet juga ya..kalo mau beli rumah.

    BalasHapus
  4. Baca kata hipotek jadi keinget monopoli. Jadi penasaran dan googling apa sih sebenernya arti hipotek iku. Thanks for sharingnya mbak

    BalasHapus
  5. Tp perumahan jaman skr jauhnya diujung dunia. Harga masuk tp plus transport jd mahal juga jatuhnya :(

    BalasHapus
  6. Betul... sering mikirnya yg penting punya rumah dulu.

    jadi diingatkan buat bersabar nih :)

    TFS Mba Niek..

    BalasHapus
  7. Setuju bgt ya mbak perlu pemikiran dan diikuti rencana matang untuk persiapan membeli rumah sebaik mungkin.

    BalasHapus
  8. Ngomong2 ttg hipotek, saya jd inget main monopoli mak uniek.
    Ya, setidaknya sama2 harus dipikirkan secara matang. Kalo menurut saya, rumah kan investasi juga. Jd, kalo bisa jgn hanya menghabiskan uang, tapi menghasilkan uang dr dalam rumah. Hehe
    Plus yg terpenting aman lingkungannya. Bukan asal pengen punya rumah :D

    BalasHapus
  9. Asuransi rumah itu sering terlupakan, padahal penting banget. Kalo ada musibah kebakaran, musnah semua harta yg ada di rumah tanpa ada penggantian.

    Ah, mba Uniek abis beli rumah baru yaaa

    BalasHapus
  10. Catet banget nih Mak, apalagi buat yang muda2 sepertiku yang kudu tahu biar nggak ketipu krn blm pny pengalaman T__T

    BalasHapus
  11. Ilmu baru, aku pikir beli rumah ya cuma bayar tanah dan bangun rumah aja. Ternyata ada hal lain yang perlu juga jadi pertimbangan. Makasih mba Uniek

    BalasHapus
  12. Panjaang banget ya prepare nya klo mo beli rumah.. Jd bersyukur dpt rumah warisan wkwkwk

    BalasHapus
  13. Betul mbaaa.. Orang suka pada lupa yaaa.. Aku juga waktu terakhir beli menghitung biaya ini itu yang tidak sedikit

    BalasHapus
  14. Setuju bgt bagian pertimbangan biaya transportasi itu. Aku pas beli rmh 5 th lalu jg memperhatikan betul soal ini. Hihi

    BalasHapus
  15. Jadi inget waktu ngurusin rumah di sini. Bolak balik bogor-kendal untuk tanda tangan. Belum lagi biaya renovasi. Jatuhnya lumayan euy. Heheheee...
    TFS mbak uniek

    BalasHapus
  16. Sebagai pekerja, transportasi dan jarak antara rumah ke tempat kerja tuh mnjadi pertimbangan bgttt.

    BalasHapus
  17. Banyak banget yaaa yang harus dihitung-hitung lagi....
    *ambil kalkulator

    Tks for sharing

    BalasHapus
  18. Bermanfaat sekali :) Pacarku baru beli rumah, dan betul biata renovasi itu harus dipertimbangkan. Sebelum menikah maunya sudah layak huni dulu :)

    BalasHapus
  19. Terima kasih buk, sangat membantu. Bisa tidak kaget dengan biaya-biaya yang tak terduga hehe

    BalasHapus
  20. Lengkap banget infonya. bisa nih dipaketipsnya kalo nanti mau beli rumah sendiri.

    BalasHapus
  21. biaya biaya yang sebelumnya tak pernah saya tahu, la saya nebeng sama orang tua :)

    BalasHapus
  22. jiyaaah bener banget ituh inponya..
    pengalaman pribadi sendiri betapa ribetnya mempersiapkan mengambil rrumah kpr hahhaa, 1.5 tahun baru lunas eykeh maak *curcol

    *biaya2 yang tak terduga, disamping pengumuman yg gencar ambil rumah dengan uang muka minim, atau tanpa uang muka, tetep aja ada biaya2 lah :v

    BalasHapus
  23. ada juga yang bayar rumah lunas tapi nyicil jadi ga kena biaya tambahan, tapi untuk kasus itu harus kenal dkt sama developernya ahahah (om saya contohnya sukses make cara ini)

    BalasHapus
  24. ternyata banyak yang kudu dipersiapkan yaa sebelum membeli atau mengontrak rumah mak

    BalasHapus
  25. okee...
    tahun depan insya Allah saya sdh siap beli rumah mba..

    BalasHapus
  26. Apalagi di Indonesia, istilahnya Ekonomi Biaya Tinggi. Biaya-biaya birokratif yang ga jelas untuk apanya...

    BalasHapus
  27. makasih mbak sharingnya, mga makin sukses yaa

    BalasHapus