Featured Post

#UsiaCantik dan Mengapresiasi Diri Sendiri

Bu, sekarang umur Ibu sudah berapa?   Pernah sesekali waktu anak keduaku nanyain umur model petugas sensus begitu. Iya sih, jawabnya me...

29 March 2016

Manfaat Bunga Kenanga



"Bu, serem amat sih kalau malem-malem lewat di samping kebunmu."

"Emang kenapa?" tanyaku.

"Bau bunga kenanganya wangi banget, sereeeeem....."

Lah, darimana ya dulu asal muasalnya korelasi bau wangi bunga kenanga dengan perasaan seram? Sebagian besar orang mengasumsikan terciumnya aroma wangi kenanga sebagai tanda-tanda hadirnya 'sesuatu' di sekitar kita.

Ealah, kalau gitu kondisinya, coba saja sudah berapa banyak makhluk gentayangan yang menyatroni rumahku kan? Bagaimana enggak mau ada bau wangi kenanga kalau di kebun belakang tumbuh pohon kenanga yang bunganya secara periodik muncul dan mempercantik suasana.

Pada gambar yang kugunakan sebagai ilustrasi judul di atas, tampak betapa cantiknya wujud bunga kenanga tersebut. Berwarna hijau kekuningan dan menjulur indah, sungguh menyita perhatian di antara rimbunnya dedaunan yang semuanya berwarna hijau.

Rata-rata orang Jawa menganggap bunga kenanga itu pelengkap sesajen yang sering digunakan dalam beberapa ritual adat. Bahkan kemudian entah kenapa diposisikan sebagai bunga yang mistis auranya ;) Lalu ngapain coba keluargaku menanam tumbuhan yang satu ini? Mau jadi pemasok bahan-bahan sesajen? ;)

Tentu tidak seperti itu. Almarhum bapak suka sekali berkebun. Berbagai macam tumbuhan dikembangbiakkan di kebun keluarga. Mulai dari sayuran, pohon buah, hingga tanaman obat. Ibuku di masa tuanya pun amat sayang dengan tanaman-tanaman yang dulu dikembangkan oleh bapak.

Salah satu tanaman obat itu ya pohon kenanga tadi. Ada yang belum tau apa manfaat kenanga bagi kesehatan?



Wanginya bunga kenanga ini bisa dimanfaatkan sebagai pencegah bau badan loh. Bukan dibalurin di badan tapinya ya ;)  15 gram bunga kenanga beserta gula batu secukupnya direbus di dalam 600 cc air mendidih. Bila jumlah air tinggal separuhnya, matikan api. Biarkan dingin dan segeralah minum. Lakukan secara rutin agar mendapatkan hasil yang diinginkan.

Bagi kaum ibu yang mengalami demam pasca nifas, bunga kenanga ini juga dapat membantu meredakan demam. Tumbuk bunga kenanga bersama dengan bunga turi merah, kunyit, jahe, kencur serta asam. Setelah halus tambahkan sedikit garam dan air. Buat menjadi tapal yang ditempelkan ke perut ataupun sekedar dibalurkan di punggung. Lakukan secara rutin selama 2 kali sehari agar demam segera sirna.

Untuk mengatasi gigitan serangga juga bisa loh. Haluskan bunga kenanga bersama dengan bunga melati dan mawar. Tambahkan sedikit minyak kelapa dan segera balurkan di bagian tubuh yang digigit serangga.

Mantep kan ya khasiat bunga yang satu ini? Nggak rugi deh masih memiliki tanaman tersebut di rumah kita. Tak hanya wanginya yang bakalan kita nikmati, berbagai manfaat untuk kesehatan pun bisa terapkan dalam keseharian.

16 comments:

  1. Replies
    1. Iya memang wangi, Mama Bo, pekat banget tapi itu wanginya.

      Delete
  2. Waaahh mbaknik baru tahu nii... Di rumah tetangga suka baunya harum, eh ternyata bunga kenanga ini ya.. makasih tipsnyaa...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Suka merinding disko apa nggak klo pas lewat? :)

      Delete
  3. Jaman dulu kalau ada acara tahlilan ada tepat berisi pisang, di atasnya dikasih bunga kenanga. Sekarang sudah nggak model lagi
    Salam sayang dari Jombang

    ReplyDelete
  4. di rumah alm, mbahku, ada tiga pohon kenanga, di depan, samping dan belakang rumah. Setiap pagi, kalau libur aku selalu membantu memetik kuncup bunga kenanga dan bunga kenanga yang sudah mekar. Untuk dijual di pasar, aku suka menemukan ada bunga kenanga yang masih kuncup juga di bawah bantal mbah...katanya biar wangi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, dulu ibuku koq ga kepikiran buat ngejual ya, padahal bunganya juga banyaaaakkk...

      Delete
  5. Kakak ipar saya tinggal di desa kenanga mulya, ciri khas disana setiap halaman rumah pasti ada pohon kenanganya. Begitu lewat baunya wangiii

    Disini kenanga jadi pelengkap kembang untuk ditabur di makam jadi kesannya serem Mbak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup, bener Mba, memang bunga ini wanginya mistis ;)

      Delete
  6. Oooh, ternyata kenanga bisa untuk menghilangkan bau badan ya? Hihihi, sebagai orang yg gampang berkeringat, kayanya perlu praktekin tips satu ini. Cuma 15 gram itu kira-kira berapa kuntum sih? :)

    ReplyDelete
  7. di rumah ibu di jogja dulu ada kenanga tapi ada ulatnya.uler keket ijo gitu mbak. lha bukannya ngembang malah ndlujur tumbuhnya tinggi trus dipotong. padahal udah kena sinar matahari pagi lho dia.

    kalo di rumah mertua malah subur makmur. kadang suka metik juga. tapi jujur saya masih terbawa perasaan mistis itu. haha... sekarang di bawah kenanga itu ada calon anak ketiga saya yang dikubur di situ. gugur di umur satu bulan. jadi ada kenangan khusus dengan kenanga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Duh, ada kenangan khusus ya Mba. Tapi emang kok terlanjut terbawa cerita mbah2 jaman dulu klo tercium wangi bunga kenanga itu berarti lagi 'ada yg lewat'.

      Delete
  8. Aku malah pengen menanam bunga kenanga. Di rumah kan udah ada bunga kemuning, wanginya juga halus banget. Biar komplit aja sih, hihii

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sini aja mba klo mau nyetek, ntar langsung di bawah supervisi Utinya Vivi aja ya ;)

      Delete