Featured Post

#UsiaCantik dan Mengapresiasi Diri Sendiri

Bu, sekarang umur Ibu sudah berapa?   Pernah sesekali waktu anak keduaku nanyain umur model petugas sensus begitu. Iya sih, jawabnya me...

04 May 2016

Pesona Wisata di Dusun Bambu Lembang



Sudah pernah dengar tentang Dusun Bambu?

Bentar lagi libur panjang kan ya ini? Pas banget dong kalau kita gerak cepat mempersiapkan rencana mau jelong-jelong kemana gitu. Nah, salah satu yang pantas dilirik ya Dusun Bambu

Dusun Bambu layak menjadi destinasi wisata dalam liburan panjang akhir minggu ini. Tempat wisata yang terletak di kaki Gunung Burangrang Cisarua Lembang ini menyajikan area wisata yang dilengkapi dengan restaurant, villa serta Pasar Khatulistiwa dan Tegal Pangulinan. Hotel juga banyak tersedia di sekitar lokasi Dusun Bambu. 

Untuk sampai ke Dusun Bambu Lembang, bagi mereka yang berasal dari Jakarta, perjalanan darat Jakarta - Bandung bisa via kereta, bis maupun mobil pribadi. Biasanya sekitar 2 sampe 3 jam ya dengan kendaraan pribadi kalau pas nggak hectic ;) Siap-siap memanjangkan usus nih kalau pas musim libur panjang week end seperti ini. Apalagi buatku yang harus mengawali perjalanan dari Kota Lunpia dulu. Hoossshh... butuh obat kuat dan suplemen untuk daya tahan fisik nih ;)

Meskipun lelah karena perjalanan jauh, bagi yang muslim jangan lupa lho untuk tetap beribadah. Ada Masjid Alun-Alun Kota Bandung yang bisa kita gunakan untuk sholat maupun beristirahat sejenak selepas masuk kawasan Bandung. Ah, jadi ingat nih sahabat-sahabat blogger yang pada tinggal di kota ini. Halooooo teteh dan akang, temani aku doooonggg.... :) 

Menurut beberapa artikel yang kubaca, dari Alun-alun Kota Bandung ini kita bakal menempuh perjalanan lebih dari 1 jam untuk sampai ke Dusun Bambu. Dusun Bambu terletak di Jalan Kolonel Masturi Km 11. Bisa langsung free masuk ke sana nggak sih?

Well, untuk masuk ke Dusun Bambu kita beli tiket masuk dulu ya. Nggak mahal-mahal amat kok, cuma Rp. 15.000 per orang. Eh dengan catatan harga sewaktu-waktu dapat berubah. Mau ceki ceki lagi aaahh demi fix nya soal tiket masuk ini. 

Oh ya, di Dusun Bambu ini pengunjung tidak diperkenankan membawa makanan atau minuman dari luar. Demi menjaga keamanan dan kesehatan kali ya jadi mereka menawarkan bundling service seperti ini. Ntar kalau pengunjung membawa jajanan dari luar trus kenapa-kenapa di sana, tentunya pihak pengelola bakalan kesulitan kan ya menemukan penyebabnya. Salah-salah malah dikira mereka lagi yang jadi penyebabnya. Reasonable lah kalau ada kebijaksanaan seperti ini. Aku sendiri maklum banget dengan ketentuan yang diterapkan beberapa tempat wisata berkaitan dengan hal tersebut.

Jika pergi secara rombongan, ada salah satu tips dari teman yang hobi jalan-jalan nih yang sampai sekarang masih kuingat-ingat : kumpulkan uang tiket menjadi satu agar lebih mudah mengkordinirnya. Daripada bayar sendiri-sendiri kan malah ribet. Belum kalau antriannya penuh sesak, kan kesian yang sudah agak berumur maupun anak kecil. Betul kan? 

Perlu nggak bawa kamera kalau pergi ke Dusun Bambu?

Gimana maksud loe yak halan-halan ke tempat asyik tanpa bawa kamera hihihiii... Bawa dong, kamera dari smartphone pun sekarang udah canggih-canggih kok. Mengabadikan keindahan di Dusun Bambu ga bakalan rugi deh. 

Tempat pertama yang bisa dikunjungi di Dusun Bambu adalah Lutung Kasarung. Kayak judul legenda yang sering kita dengar itu ya. Lutung Kasarung merupakan bangunan kecil menyerupai sarang burung yang berbentuk kapsul. Ada danau kecilnya dengan restaurant Purbasari di sekelilingnya juga loh. 

sumber foto : kabarrakyat.co

Beragam aktifitas bisa dilakukan di Dusun Bambu, mulai dengan naik perahu, bermain ATV,  latihan memanah dan menembak, dan tentu saja juga mencicipi beraneka ragamnya jajanan dan kuliner yang ada di Dusun Bambu.

Sebagai tambahan informasi nih ya, saat di Dusun Bambu jika ingin membeli sesuatu, kita harus menukarkan uang dengan kupon. Nanti pada saat ingin membayar dan membeli sesuatu, kita tinggal gunakan saja kupon tersebut.

Setelah puas mengunjungi satu persatu tempat yang ada di Dusun Bambu seperti Lutung Kasarung, danau dan Restaurant Purbasari, kita masih punya banyak tujuan menarik lainnya loh yang bisa dinikmati selama di sana. Ada camping ground dan wahana bermain anak-anaknya juga. Wiiihh... paket komplit kan ya kalau liburan ke sana mengajak serta buah hati kita. Masjid di Dusun Bambu juga cukup bersih dan nyaman untuk digunakan sholat bagi para pengunjung.

sumber foto : bisbandung.com

sumber foto : sauus.com

Eh eeehh.. ada juga loh tempat berkumpul yang asyik kalau pas rame-rame pergi ke Dusun Bambu. Itu, danau dekat kebun strawberry. Setelah capek keliling-keliling, bisa nih jadi alternatif untuk relax sejenak di sini.

Dusun Bambu merupakan tempat wisata yang tergolong baru di Lembang Bandung. Dulu udah pernah sih bareng teman-teman kuliah reunian di Lembang, tapi bukan di Dusun Bambu. Jadi tempat ini pantas ditarget untuk disambangi lah ya pas liburan. Buat teman-teman yang pas berkunjung ke Lembang juga, bisa banget nih mampir ke tempat wisata yang satuini. Selain untuk berwisata, tempat ini juga sangat cocok untuk dijadikan tempat pemotretan, baik itu untuk majalah, pre wedding, atau belajar photography. Spot dan areanya yang sangat indah amatlah disayangkan jika tak diabadikan.

Waaawww... udah kebayang ajah nih bisa update akun sosmed dengan setting tempat seperti foto-foto di atas tadi. Instagenic banget kan ya tempatnya. Ya kan ya kaaaan.... Mau capek atau ngantuk setelah menempuh perjalanan panjang, kalau liat tempat kayak gini sih demi apa ajah bakalan pose syantiek dan heboh deh ah ;) 

Yuukk liburan ke Lembang yuuukk... Jika ingin bermalam di sekitar Lembang, banyak loh hotel yang bisa dipilih. Nggak usah bingung tanya sana sini soal info dan harga hotel, coba aja klik di sini.

19 comments:

  1. Ish ish, besok nau mbandung, tp waktunya sempit. Padahal pingin ke tmpt keren itu...

    ReplyDelete
  2. pingin nginep disitu,kalo puasa banyak banget yang suting disini^^

    ReplyDelete
  3. Antara pingin ngeCamp sama bersantai di sekotar danau sambil nunggu sinset. Uuuughhh....

    Yuuuk kapan, Budhe. Jasmine mau jelongw juga. :D

    ReplyDelete
  4. Eh ini pernah diliput sama salah satu tipi nasional deh mbak. Ngomong2 kalau banyak rombongannya mungkin bisa deh ya harganya dinego. Kan kalau bawa anak sekolah banyak ya. Bisa rekomen ke kepsek nih.

    ReplyDelete
  5. Aku sudah sering baca dan mendengar keelokan dan asrtinya tempat wisata ini.. Pengen banget ke sana..

    ReplyDelete
  6. Udah berapa kali liat temen2 foto2 di dusun bambu ini, bikin ngiriiiii. apalagi waktu itu temenku fotonya buat after wedding. huhuhu seru bangeeet.

    ReplyDelete
  7. ajak aku jalan jalan ke situ mbak uniek

    ReplyDelete
  8. Ya ampun, foto pertama sama kedua itu kayak bukan di Indonesia yo Mak. Jiwa anak folk2anku langsung muncul *tenteng gitar hahahha

    ReplyDelete
  9. wow., tempatnya memang indah banget ya. Pasti bakal puas foto-foto deh? Tfs ya mbak uniek, bisa jadi tempat liburan seru nih :)

    ReplyDelete
  10. Woooaaah dusun lembang ini unik banget ya. Danau kecilnya itu keren, huhuhu jadi pengin ke situ.

    ReplyDelete
  11. Apiik yoo, suamiku kemarin ya baru dari daerah Lembang

    ReplyDelete
  12. Kemarin waktu ke Bandung nyaris mendatangi tempat ini. Tapi dasarnya memang belum jodoh dengan Dusun Bambu akhirnya kami kehabisan waktu dan tidak jadi datang kesini. Melihat tempatnya memang happening banget ya Mbak :)

    ReplyDelete
  13. Cantiknyaaaa.. Jadi pengen coba main ke sini aah nantiii

    ReplyDelete
  14. Selasa depan aku mau ke sana mbak, ikut yuk

    ReplyDelete
  15. keren banget tempatnyaa. jadi semakin mantap kalau liburan ntar ke bandung

    ReplyDelete
  16. Bikin mupeeeng, ke Dusun Bambu. camping groundnya bisa untuk melatih anak beradaptasi dengan alam ya Mbak,

    ReplyDelete
  17. wow, tempatnya cantik banget Mba, cocok banget buat foto-foto :)
    semoga suatu saat nanti saya dan keluarga bisa menginjakkan kaki di tempat indah ini, amin..

    ReplyDelete
  18. Waaah telat bacanya, tapi kemarin long weekend gagal ke Serang. Bandung emang banyak tempat kece gini ya

    ReplyDelete
  19. Kalau ke dusun bambu colek jeng Dey sang crafter fotografer ya Jeng Uniek, tidak jauh dari rumah beliau. Salam

    ReplyDelete