Featured Post

#UsiaCantik dan Mengapresiasi Diri Sendiri

Bu, sekarang umur Ibu sudah berapa?   Pernah sesekali waktu anak keduaku nanyain umur model petugas sensus begitu. Iya sih, jawabnya me...

27 May 2016

[Office Chronicle] 4 Tipe Pemimpin yang Efektif Memunculkan Potensi Bawahannya


Lagi marak nih pada nonton film My Stupid Bos. Udah pada tau kan ya kalau film itu based on novel dengan judul yang sama? Aku sendiri malah belum nonton nih filmnya, tapi udah ngelotok banget soal 'boss man'-nya Cece Kerani ;)

Jaman pertama kali novelnya beredar, aku suka sekali membaca My Stupid Bos ini. Kisah frustrasi seorang karyawati dalam menghadapi bosnya yang ajaib ini seakan-akan 'gue banget'. Mentertawakan diri sendiri plus Si Kerani ini menjadi cara yang sangat manjur untuk meredam kegalauan yang disebabkan oleh perilaku bos ;)

Emangnya bos di kantor serese di novel itu?

Enggak lah, yang di novel itu kan tentu saja digambarkan dengan takaran yang berlebihan. Di dunia perkantoran udah lazim lah ya namanya bawahan dipusingkan oleh atasannya. Pan emang digaji buat pusing :D Ini kalimat yang efektif banget menaikkan kembali semangatku setiap kali 'drop' di tempat kerja.

Sebenarnya tipe bos / pemimpin yang bagaimana sih yang ideal?

The key to being an effective leader is to have a broad repertoire of styles and to use them appropriately
 -- Rosalind Cardinal (leadersinheel.com)

Setiap pemimpin memiliki gaya kepemimpinan sendiri. Ada yang tampak otoriter, ada pula yang berkesan ngalah pada bawahan. Masing-masing memiliki kadar efektifitas untuk memunculkan potensi bawahannya.

Ada beberapa tipe pemimpin secara umum yang pernah kubaca di trainingmag.com. Tak cuma sebatas di kantor saja sih, tipe pemimpin ini juga berlaku di mana saja, bisa saja di lingkungan tempat tinggal, komunitas, organisasi dan sebagainya. Ada 4 tipe pemimpin yang efektif memunculkan potensi orang lain (terutama bawahannya) untuk mencapai keberhasilan :

  1.  Thought Leaders. Pemimpin yang satu ini mengutamakan kepemimpinannya pada kekuatan ide untuk melakukan perubahan. Mereka menggerakan pengikut / bawahannya dengan mengajak berpikir bagaimana menciptakan berbagai kemungkinan baru untuk mencapai kesuksesan. Thought Leaders berpendapat bahwa semua perubahan, baik besar atau kecil, selalu dimulai dengan ide baru.Salah satu contoh pemimpin dengan tipe ini adalah Steve Jobs. Ada yang nggak tau tentang beliau? Mau disetrap? ;)  Steve Jobs adalah pendiri, ketua, dan CEO dari Apple Inc., di mana ia mengawasi pengembangan iMac, iTunes, iPod, iPhone, iPad, dan berbagai inovasi lainnya. Dia bahkan telah disebut sebagai "Bapak Revolusi Digital" dan master inovasi.
  2.  Courageous Leaders. Pemimpin yang seperti ini memiliki keberanian mengejar visi dalam menghadapi lawan-lawan yang cukup besar dan penuh resiko. Pemimpin macam begini memiliki keyakinan yang kuat tentang misi mereka (tujuan), visi (tujuan jangka panjang), dan nilai-nilai (benar dan salah). Mereka percaya diri dalam menyerukan keyakinan dan memperjuangkan nilai-nilai yang mereka anut, tanpa perduli apakah pemikiran dan keputusannya tersebut populer atau tidak. Contoh courageous leader bisa kita lihat pada Abraham Lincoln, presiden Amerika Serikat yang ke-16. Beliau menjadi pimpinan pada periode paling sulit dan berbahaya dalam sejarah Amerika Serikat. Meskipun hidupnya terus-menerus dalam bahaya dan kebijakannya selalu tampak tidak populer di masa tersebut, beliatu tetap teguh pada keyakinannya. Bahkan pada tanggal 1 Januari 1863, beliau berani memunculkan Emansipation Proclamation yang intinya memberikan kebebasan kepada budak.
  3. Inspirational Leaders. Pemimpin dengan tipe inspirasional ini melakukan perubahan melalui komitmen mereka terhadap ide dan cita-cita. Mereka merubah pandangan orang lain, dari yang hal-hal yang biasa dilakukan sehari-hari menjadi berbagai kemungkinan di masa depan. Biasanya pemimpin tipe begini memiliki kekuatan kata-kata yang mampu menggugah semangat, memperkuat keyakinan, dan menggerakkan orang lain untuk bertindak. Martin Luther King, Jr., adalah contoh yang tepat untuk mewakili tipe inspirational leader ini. Beliau merupakan seorang pendeta, aktivis, dan pemimpin di African-American Civil Rights Movement. Beliau terkenal atas kata-kata dan tindakannya yang telah menginspirasi banyak orang untuk berbicara dan berpihak pada hal-hal yang benar.
  4. Servant Leaders. Pemimpin jenis ini memiliki kepedulian yang amat tinggi pada orang. Mereka berusaha menghilangkan berbagai halangan dan hambatan yang ada pada orang lain. Hambatan tersebut biasanya menghalangi orang lain untuk mecapai kemampuan potensial yang dimiliki. Servant leaders berusaha menciptakan lingkungan yang memungkinkan para pengikut / bawahannya dapat bekerja dengan sebaik-baiknya. Mereka bakalan sering berpikir dan menanyakan “How can I help?”  Oprah Winfrey adalah chairman dari Harpo Inc, dia memiliki fokus membantu orang lain untuk sukses. Banyak program TV dan berbagai inisiatifnya ditujukan untuk menghilangkan hambatan yang dihadapi seseorang, sehingga orang akhirnya orang tersebut dapat mencapai potensi mereka. 
Lalu, tipe pemimpin seperti apakah bos di kantorku?

Bisa jadi tak selalu satu tipe saja yang ada pada karakter kepemimpinan seseorang. Bisa saja dia servant leader yang sekaligus thought leader. Bisa aja kan? Yang jelas, bagaimanapun tipe pemimpin yang kumiliki saat ini, I'll do my best to work with him ;)  How about you?

12 comments:

  1. Pemimpin yang baik juga adalah yang selalu mau mendengarkan saran atau kritik dari semua belahpihak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul. Mendengarkan dan mengambil langkah solutif.

      Delete
  2. Pengen banget nonton my stupid boss tapi belum kesampaian :)

    Pimpinan saya termasuk servant leaders kayaknya, orangnya baik dan sabar meskipun kadang bikin jengkel tapi masih banyak baiknya kok :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yg model servant leaders biasanya gampang dekat dg anak buah Mba.

      Delete
  3. Replies
    1. Siapa tau ntar malah jadi pemimpin Mba, bisa mengamalkan tipe2 menjadi pemimpin yg baik kan :)

      Delete
  4. Ya, setuju, mbak " We'll do our best to work with him ". Apa yang menjadi tanggung jawab kita, amanah kita di pekerjaan kita harus kita lakukan dengan baik.

    ReplyDelete
  5. Dulu udah pernah punya pimpinan model otoriter tapi suka bagi oleh2, trus ada juga yg gak pernah marah tapi pelit. Ahhh, aku sih sekarang udah gak punya pimpinan. Jadi aku mimpin diri sendiri aja, hehehe

    ReplyDelete
  6. Aku juga sudah banyak menghadapi aneka macam boss. Itulah yang bedakan mana yang sekedar boss dan mana yang memang pemimpin sejati yaaa

    ReplyDelete
  7. yang mana ya? heheee, semua type kepemimpinan sang bos mungkin udah pernah saya temui. Mbak Nik, nonton bareng mau gak for My Stupid Boss, aku pingin nonton banget

    ReplyDelete
  8. kalau gitu saya tipe yang mana ya? hem...
    mungkin yang tipe inspirasional itu sepertinya

    ReplyDelete