Featured Post

#UsiaCantik dan Mengapresiasi Diri Sendiri

Bu, sekarang umur Ibu sudah berapa?   Pernah sesekali waktu anak keduaku nanyain umur model petugas sensus begitu. Iya sih, jawabnya me...

01 June 2016

Mau Renovasi Rumah Dengan Biaya Sesuai Budget? Cek Sejasa.com!



Sebagai tempat berkumpulnya keluarga tercinta dan beristirahat, rumah memegang peran penting dalam hidup kita. Agar tetap terasa nyaman dan terlihat indah, rumah membutuhkan renovasi secara berkala. Kita pasti tahu, merenovasi rumah bukan proyek yang bisa dibilang murah. Oleh karena itu, agar tidak mengeluarkan dan membuang-buang banyak biaya yang tidak perlu, berikut beberapa tips untuk hemat saat merenovasi rumah :

Manfaatkan Bahan Bekas




Saat ini masih memiliki bahan bangunan yang masih bagus? Jangan dibuang dulu! Kita bisa mengkreasikan dan memanfaatkan kembali ubin bekas menjadi carport atau ubin untuk taman. Kita juga dapat menggunakan kembali bahan bangunan yang masih bagus kondisinya, seperti pintu dan jendela, genteng, dan sebagainya.


Pembuatan RAB




Dalam proses renovasi, tak jarang muncul keinginan-keinginan baru yang sebenarnya tidak terlalu perlu. Tetaplah pada rencana renovasi yang telah disepakati sejak awal dengan penyedia jasa yang kita gunakan. Biaya pekerjaan renovasi dapat membengkak jika kita melakukan perubahan di tengah proyek renovasi yang sedang berlangsung. Oleh karena itu, dibutuhkan adanya RAB (Rencana Anggaran Biaya) sebelum memulai proyek renovasi rumah. RAB sendiri merupakan sebuah perencanaan awal yang menyangkut jenis pekerjaan serta perkiraan atau estimasi biaya yang diperlukan untuk dapat menyelesaikan suatu kegiatan atau proyek renovasi rumah. Dengan membuat RAB renovasi rumah, maka diharapkan kita akan memperoleh hasil akhir renovasi rumah yang sesuai dengan kualitas yang Anda inginkan, tentunya dengan pengeluaran biaya yang sehemat dan seefisien mungkin.

Ada dua cara menghitung RAB renovasi rumah yang bisa Anda lakukan, yaitu:
  • Estimasi biaya kasar : Pada cara ini, penghitungan biaya yang dibuat masih berupa estimasi biaya renovasi rumah secara kasar yang diperoleh dengan cara menghitung volume global seluruh area renovasi yang akan dikerjakan kemudian dikalikan harga satuan standar sesuai jenis material yang digunakan dan kualitas finishing pekerjaan yang direncanakan.
  • Estimasi biaya terperinci : Perhitungan anggaran biaya terperinci dilakukan dengan cara menghitung volume dan harga dari masing-masing item dari seluruh pekerjaan yang harus dilaksanakan. Dengan begitu nilai total biaya bangunan akan lebih akurat dan dapat dipertanggungjawabkan.
  • Selain itu, sering kali ada taksiran biaya tak terduga dan biaya jasa kontraktor yang berkisar antara 10-15%.


Belanja Bahan




Berbelanja adalah salah satu aktivitas yang menyenangkan, termasuk belanja bahan bangunan. Dalam merenovasi rumah, kita sebaiknya berbelanja bahan sendiri. Hal ini untuk menghindari adanya selisih harga yang cukup besar. Logikanya, jika kita berbelanja sendiri, maka kita akan membandingkan mana harga bahan yang paling murah. Sedangkan, bila kita mempercayakan kepada orang lain, kita perlu membayar biaya lebih untuk transportasi dan kompensasi jasa mereka.

Berikut beberapa tips yang perlu duperhatikan ketika kita belanja bahan bangunan:
  • Berkonsultasi terlebih dahulu kepada keluarga atau teman yang pernah merenovasi rumah sebelumnya. Hal ini penting, karena kita bisa mendapatkan pengetahuan tentang bahan-bahan yang murah.
  • Ada baiknya kita melibatkan orang yang berprofesi sebagai arsitek saat berbelanja bahan bangunan. Selain dapat memberikan masukan tentang bahan yang dibutuhkan, arsitek dapat memberikan saran mengenai tempat berbelanja bahan bangunan dengan harga murah.
  • Membuat daftar belanja agar menghemat waktu saat berbelanja. Daftar belanja ini juga menjadi pengingat, siapa tahu ada bahan yang tidak terbeli.
  • Cari alternatif bahan bangunan yang murah namun berkualitas. Misalnya, memilih keramik bercorak marmer dibanding membeli marmer dengan harga yang lebih mahal.
  • Pilih toko bangunan yang menawarkan skema pembayaran bahan dengan cara mengangsur. Penawaran ini akan menguntungkan bagi pihak toko bangunan dan juga pembeli.

Budget yang terbatas bukan alasan kita untuk menunda proyek merenovasi rumah. Apalagi jika kondisi rumah sudah memerlukan renovasi di setiap sudutnya. Merenovasi rumah merupakan proyek yang membutuhkan pemikiran yang matang baik dari sisi anggaran maupun sisi keinginan Anda. Oleh karena itu, tentu saja kita menginginkan yang terbaik untuk rumah kita.




Di Sejasa.com kita akan dihubungkan dengan penyedia jasa renovasi rumah yang terpercaya dan berkualitas. Kita hanya tinggal membuka website Sejasa.com lalu isi form request renovasi rumah singkat. Isi dengan detail dan nantikan penawaran berupa estimasi harga dari beberapa penyedia jasa. Kita dapat memilih yang sesuai dengan budget. Untuk lebih meyakinkan dalam merekrut penyedia jasa, kita dapat membaca review yang telah diberikan customer sebelumnya yang sudah menggunakan jasa mereka dan membaca halaman business profile penyedia jasa yang mencakup review, portfolio hasil pekerjaan, dan deskripsi usaha.

32 comments:

  1. Setuju, klo udah direncana renovnya seperti blueprint, ya ikutan jgn tergoda renov yg lainnya ya

    ReplyDelete
  2. Sekarang Sgt mudah ya, cari masa renovasi bisa melalui sejasa, makin oke teknologi ya.

    ReplyDelete
  3. Utk cakupan daerah yg tercover sejasa, mana aja ya Mbak, Ibuku di Cilacap...sesekali pingin renov sini dan sana

    ReplyDelete
  4. Blm punya rumah jadi masih belum paham masalah renovasi rumah. Makasih sharingnya Mak.

    ReplyDelete
  5. Belum punya rumah sendiri, artikelnya bisa mantap, bisa jadi acuan
    Makasih tipsnya mbak uniek

    ReplyDelete
  6. mantap banget ada website yg menyediakan jasa dalam membantu renovasi rumah. hhhee lebih terbantu utk gambaran renov rumahnya

    ReplyDelete
  7. Boleh juga nih infonya. Kebetulan ada rencana mau renov :)

    ReplyDelete
  8. Pingin renovasi rumah, tapi budget lum ada. :(

    ReplyDelete
  9. Keren nih sejasa dotcom.. bolehlah dicoba kalo nanti mau renovasi rumah..

    ReplyDelete
  10. langsung mikirin biayanya berapaan buat renov. *bongkar dompet isinya tagihan doang*

    ReplyDelete
  11. Lengkap banget ya infonya Mbak Niek. Benar butuh perencanaan yang matang serta budget yang cukup untuk renovasi rumah. Udah niat banget nih renovasi.

    ReplyDelete
  12. Budget memang penting. Perencanaan2. Biasanya dalam pembangunan apa pun, kadang bengkak. Melebar ke mana2.

    ReplyDelete
  13. Wah renov pingin tingkatin rumah minimal budget brp ya?

    ReplyDelete
  14. Saya saat ini sedang bangun rumah dengan budget pas2an. Kalau ga diskusi dengan orang yng lebih mengerti pasti pembengkakan biaya terjadi dimana2 :)

    Terima kasih tipsnya Mbak,

    ReplyDelete
  15. Kepengin banget renov, tapi budgetnya belum ngumpul T___T

    ReplyDelete
  16. woh, ada aja konsultasi kaya gini. boleh dicoba siapa tahu tetangga pd minat

    ReplyDelete
  17. Rumah saya belum pernah direnovasi, mbak. Pengin sebenarnya tapi harus nabung dulu nih. Tunggu ya, sejasa :)

    ReplyDelete
  18. masih numpang di gubug orang tua nih..cocok banget buat rencanain bangun rumah suatu hari nanti...

    ReplyDelete
  19. Penting banget nih mengetahui budget sejak awal saat punya niat merenovasi rumah.. Sekarang ini dah banyak yang memfasilitasi ya Mba.. bahkan secara online pun tersedia jasanya..

    ReplyDelete
  20. boleh nih untuk referensi..pengen renovasi rumah kalau budget terkumpul :)

    ReplyDelete
  21. Rekomended bgt infonya ya Mbk Uniek, kebetulan rumahku udah digerogoti rayap.arrgh😬

    ReplyDelete
  22. buat RAB penting juga ya mbak, awalnya aku gak ngerti kaya gitu2 tuh

    ReplyDelete
  23. Aku mau nya renovasi hati kak, biar ikhlas menerima kenyataan hua hua

    ReplyDelete
  24. Aku mau nya renovasi hati kak, biar ikhlas menerima kenyataan hua hua

    ReplyDelete
  25. Hmm, jadi inget rumahku udh bnyak bocor, butuh renov euy

    ReplyDelete
  26. kalo perbaikan kecil-kecilan gitu masih mau nerima gak ya sejasa?

    ReplyDelete
  27. mempersiapkan rumah untuk masa depan itu penting, wah terima kasih informasinya mbak :)

    ReplyDelete
  28. Waini, penting banget buat punya rincian RAB, biar gak tergoda buat belanja renov di luar rencana.
    TFS mba Uniek :)

    ReplyDelete
  29. Bikin RAB.. Hm.. noted deh, meskipun belum butuh renovasi, lha wong rumahnya belum punya *krikrik :P

    ReplyDelete
  30. Lagi kumpul2 uang mbak, buat renovasi rumah

    ReplyDelete