Featured Post

#UsiaCantik dan Mengapresiasi Diri Sendiri

Bu, sekarang umur Ibu sudah berapa?   Pernah sesekali waktu anak keduaku nanyain umur model petugas sensus begitu. Iya sih, jawabnya me...

28 August 2016

7 Pesona Wisata Jawa Barat

Terakhir aku pergi ke Bandung tuh tahun 2009, sekitar 3 bulan sebelum melahirkan anak kedua. Waktu hamil Faris dulu aku masih kelayapan ke Bandung demi kangen-kangenan dengan teman-teman kuliah.


Masih teringat pelototan teman-teman waktu diriku terlalu 'pecicilan' di Lembang. Ih iya loh, dinginnya hawa di Lembang asyik banget dibuat pecicilan ;)  Biasa di Semarang yang panasnya ampun-ampunan membuatku lumayan kedinginan di sana. Makanya kudu aktif kan ya? *alesyaaaann....

Aaahh.. jadi rindu pada kawan lama nih secara sudah 7 tahun berlalu sejak kami reunian di Lembang itu. Saat reuni nggak sempat kemana-mana karena sudah asyik ngobrol ngibril ga keruan dengan sobat jaman baheula ;) Masih penasaran nih dengan berbagai tempat wisata di Jawa Barat lainnya.

Ada pesona wisata apa saja sih Jawa Barat itu?

Ini dia bucket list-ku, Insya Allah ada rejeki waktu dan materi untuk bisa mengunjungi 7 pesona wisata di Jawa Barat berikut ini :

1. Taman Wisata Mekarsari di Bogor. Segarnya udara Bogor bakalan lebih nyus lagi dinikmati saat berwisata di Mekarsari. Beraneka ragam tanaman dapat kita temukan di sana. Nggak cuma itu loh, bermacam-macam atraksi pun bisa kita nikmati, mulai dari atraksi air, atraksi sepeda, atraksi kebun dan budidaya, dan masih banyak lagi lainnya. Bila ingin merasakan akomodasi khas Mekarsari, ada D'Cabin maupun Rumah Pohon, sama-sama menantang untuk dicoba nih. Tapi kalau teman-teman mau melanjutkan perjalanan ke kota lain, bisa lihat disini ya untuk berbagai pilihan tempat menginap.


sumber foto : mekarsari.com

2. Gunung Tangkuban Perahu.

sumber foto : anekatempatwisata.com

Aku nih penggemar legenda cerita rakyat, dan masih terbayang dengan jelas cerita guru saat di Sekolah Dasar dulu tentang terjadinya Gunung Tangkuban Perahu. Berseliweran lah legenda Sangkuriang yang alkisah menendang perahu buatannya hingga terbalik dan menjadi Gunung Tangkuban Perahu ini.

Sudah sering nih melihat foto-foto menarik dari saudara maupun teman yang pergi ke Gunung Tangkuban Perahu. Jelas aja lah aku jadi ingin sesegera mungkin ke sana :)


3. Pulau Biawak Indramayu

sumber foto : indonesia.tripcanvas.co

Nggak nyangka loh deket-deket sini aja di Pulau Jawa ada tempat yang bener-bener menakjubkan untuk dikunjungi. Paling sering dengar tentang Pulau Komodo kan ya di Nusa Tenggara. Ini di Indramayu ada Pulau Biawak yang layak untuk dikunjungi. Terletak 40 kilometer dari pantai utara Indramayu, kita dapat menyaksikan satwa biawak yang hidup dan berkembang biak di sana.

Jadi ngebayangin kayak taman Jurassic Park nggak sih? ;)


4. Green Canyon

sumber : piknikasik.com

Green Canyon atau Cukang Taneuh berada di Ciamis, terbentuk dari erosi tanah akibat aliran sungai selama jutaan tahun yang lalu. Tebing dan sungai yang ada di sana berwarna hijau karena adanya lumut yang tumbuh, malah kelihatan eksotik ya. Nggak jorok lho, meskipun lumut tumbuh di bebatuan di dalam sungai, namun kebersihan tempat wisata yang satu ini amat terjaga.

Jadi ngebayangin deh keliling Grand Canyon dengan perahu ataupun body rafting, wiiiyy seger banget kayaknya ya. Pantes banget dimasukin ke bucket list kan?


5. Grafika Cikole

sumber : piknikasik.com


Yuhuuu... siapa sih yang gak tertarik bila disuguhi pemandangan seperti di atas. Berasa tenang dan tentunya damai ya bila bisa ke sana. Grafika Cikole terletak di Desa Cikole, Kecamatan Lembang, Bandung. Tempat wisata ini merupakan paduan hutan pinus, penginapan, restoran dan rest area.

Kok tiba-tiba aku ingat film Lord of The Rings ya. Meskipun tidak persis sama dengan rumah para hobbit, tapi Grafika Cikole ini enggak kalah keren lah. At leas kalau mau instagraman sampe mabok bisa banget lah di sini :)  Yookk yook Abang Matt, ajak aku ke sanaaaaa....


6. Sungai Citarik

sumber : anekatempatwisata.com

Seribu juta topan badai.... Ahay, sebagai Kapten Haddock's fans, hawa berseteru dengan air di dalam darahku cukup mengalir deras. Bawaannya kalau liat air itu ya pengin nyemplung dan menikmati alam sekitar. Di Jawa Tengah sini sudah pernah sih nyobain rafting di Sungai Elo.

Pengin juga dong nyobain rafting di Sungai Citarik yang tersohor banget di Sukabumi itu. Apalagi kalau ngajak teman-teman yang dulu barengan mengeksplorasi alam jaman kuliah, tentunya seru banget nih. Wajib diagendakan lah untuk liburan berikutnya nih.


7. Situ Gunung, Sukabumi

sumber : indonesia.tripcanvas.co

Aku termasuk tipe orang yang sebenarnya tidak terlalu suka mendatangi tempat wisata yang penuh dengan hingar bingar manusia. Bukan alergi sih, cuma sesekali melepaskan kepenatan diri dari rutinitas kerja dengan pergi ke tempat yang tenang gitu serasa bisa mengembalikan lagi semangat yang ngedrop.

Ya kan, menyepi dan libur bersama keluarga di tempat yang tidak hiruk pikuk jelas bisa mendamaikan jiwa. Di Sukabumi ada tempat wisata yang menawarkan ketenangan seperti yang kuharapkan : Situ Gunung. Ada danau di dalam hutan, tepatnya di kaki Gunung Gede yang bisa dijadikan teman menyepi. Nggak jauh-jauh amat lah bila mau berangkat dari Jakarta maupun Bandung, sekitar 4 jam. Situ Gunung sendiri berada di dalam lokasi Taman Nasional Gede Pangrango.


Dari 7 pesona wisata yang telah sukses masuk bucket list-ku tadi, manakah yang teman-teman favoritkan? Mau kesana? Yuuukk bareeeengg....

12 comments:

  1. Green Canyon sudah tidak asing lagi bagi saya sebagai warga tasik yang cukup dekat dengan Ciamis :) suasana disana sejuk dan segar sekali ya mba membuat kita fress kembali :)

    ReplyDelete
  2. Situ gunung..wow masya Allah..fotonya eksotis banget

    ReplyDelete
  3. Bandung emang ngangenin Mbak,

    ReplyDelete
  4. Ish aku kok jadi kangen pulau biawak, abk perahu yg nganterin kita ke biawak itu jago banget masak dan sambel nya juara raya

    ReplyDelete
  5. duhh ngiler banget liat situ gunung sama grand canyon, belum pernah ke sana soalnya..

    ReplyDelete
  6. jawa barat emang gak kalah kerenn sama objek wisata yang lainnya

    ReplyDelete
  7. Objek wisata Tangkuban Perahu masih menjadi favorit banyak orang

    ReplyDelete
  8. Green canyon memang tempat wisata yang luar biasa indahnya. bahkan lebih indah dari grand canyon nya amerika :)

    ReplyDelete
  9. Aku jadi pengen nyoba ke pulau biyawak

    ReplyDelete
  10. Makasih mbak inffonya, baru tahu saya kalo Jabar punya pulau seperti pulau komodo. Tapi harus ditambahkan tempat wisata yang lainnya ni mbak.

    ReplyDelete
  11. Aku pengen banget ke Grafika Cikole. Duh syahdu gitu yak tempatnya. Cocok buat semediiiii hihihi eh salah ngerumpi sambil minum wedang ronde

    ReplyDelete
  12. Pengen ke Green Canyon, blm lama ini diiming2i sama sepupu yg honeymoon kesana. *baru bisa gigit jari T.T

    ReplyDelete