Featured Post

#UsiaCantik dan Mengapresiasi Diri Sendiri

Bu, sekarang umur Ibu sudah berapa?   Pernah sesekali waktu anak keduaku nanyain umur model petugas sensus begitu. Iya sih, jawabnya me...

04 August 2016

Ibu Bekerja Tampil Konvensional? Ini Dia Kenyataannya



Selamat hari Kamis, Ibu Bekerja (di luar rumah) dan teman-teman blogger semua? Doing well, huh? Hope so ;)

Tanpa mengesampingkan ibu-ibu dan teman-teman blogger lainnya, aku pengin nanya dulu nih ke barisan rapat ibu bekerja, awal bulan gini ini pernahkah mengalami mati gaya soal padu padan busana kerja? Gini nih soalnya, aku pernah dengar komentar tentang bagaimana konvensional dan boringnya penampilan perempuan bekerja. Jelas dong sebagai pelaku peristiwa aku merasa ter'jleb' dengan komentar tersebut.

Sebetulnya kalau secara pribadi sih aku tak begitu masalah dengan komentar tersebut. Bekerja dengan variasi aktivitas di berbagai tempat membuatku tidak terkena kewajiban mengenakan seragam. Iyes, bahkan harus mengenakan baju atasan wanita ataupun jas tidak pernah. Jadi bisa nyantai gitu kayak di pantai ;)

Kondisi yang berbeda tentunya dialami oleh para ibu bekerja yang harus tampil rapi karena adanya tuntutan dari kantor. Bertemu dengan klien ataupun harus sering berhadapan dengan instansi resmi membuat mereka harus putar kepala untuk mempadupadankan koleksi busana.

Ada yang pernah mengalami mati gaya saat harus berdandan?

Salah satu koleksi baju atasan wanita yang fleksibel untuk bekerja di lapangan


Sebenarnya tak harus memiliki banyak persediaan baju bagi ibu bekerja. Asalkan tiap komponen padu padan ada bisa kok diputer-puterin jadwal penggunaannya sesuai selera. Ada manset, baju daleman, rompi, cardigan, jas, shirt, naaahhh... dari situ saja diatur jadwal penggunaannya. Masing-masing koleksi jenis busana tadi kan tentunya juga tidak hanya sewarna. Dari warna-warna yang ada kita bisa mainkan ide padu padan kita day by day.

Ibu bekerja tampil konvensional? Beneran?

Kalau kondisi pekerjaan mengharuskan ibu mengenakan seragam, ya mau bagaimana lagi ya. Tapi ada beberapa tips kok agar tampilan kita tidak terkesan membosankan. Membosankan di sini terutama bukan untuk orang lain ya, tapi justru efeknya pada diri kita sendiri. Suka pada penampilan kita sendiri akan membawa efek psikis yang membangkitkan gairah bekerja. Meski diriku belum bisa dibilang modis namun aku percaya banget pada teori ini. Beneran loh, saat bekerja dengan mengenakan busana kesukaan, bawaannya jadi semangat.

Berikut ini sedikit tips yang mungkin bisa membantu menghilangkan 'mati gaya' saat hendak mengenakan busana kerja yang 'itu lagi itu lagi' :
  1. Bila di hari-hari tertentu harus mengenakan seragam kerja yang warnanya cenderung 'flat', sudah saatnya ibu mainkan penampilan dengan menambahkan aksesoris pada busana tersebut. Tergantung kebijaksanaan kantor juga ya tentunya, kan ada tuh kantor yang tidak membolehkan penggunaan aksesoris yang berlebih. Aksesoris ini tidak harus selalu berupa scarf yang warna-warni ataupun bros menjuntai-juntai. Penggunaan tas tangan, sepatu, arloji maupun lipstik bisa kita sesuaikan dengan mood.\
  2. Memasangkan baju atasan berwarna terang dengan bawahan berwarna pastel. Biasanya suka nggak pede ya pake baju atasan wanita yang berwarna cukup terang, takut dikira ntar cari-cari perhatian bos ;) Cukup siasati dengan tips ini deh. 
  3. Padu padan antar jenis baju yang berlawanan, misalnya memadukan atasan ketat dengan bawahan longgar maupun sebaliknya. Bisa juga memasangkan baju atasan yang berkesan maskulin dengan bawahan yang feminin. Busana bagian atas yang formal pun bisa kita jodohkan dengan celana jeans untuk kesan lebih casual. 
  4. Jika memiliki beberapa koleksi baju atasan maupun bawahan yang berbeda motif, yuk coba kita pilih salah satu yang bermotif dan kita pasangkan dengan yang polos. Kadang baju atasan kita pilih yang bermotif ramai, di lain waktu justru bawahannya yang bermotif. Seru kan?
  5. Apabila memiliki baju dalaman yang berwarna-warni kita bisa 'bermain-main' dengan mereka dengan cara memasangkannya dengan blazer maupun cardigan yang kita miliki. Eike banget yang ini Bo ;) Udah tinggal koleksi manset dengan variasi warna yang banyak aja, ntar bisa dipasangkan dengan beberapa cardigan yang 'itu lagi itu lagi'. Lumayan loh jarang ketauan kalau sebenarnya baju atasanku ya itu-itu saja ;)

Ada lagi tips untuk tampil segar dan kekinian saat bekerja, Buibu? Bagi dong siniiiii... siapa tau bisa jadi referensiku bila ketemu si mati gaya ntar. 

5 comments:

  1. Dulu saya ngajar di sekolah swasta, bajunya bebas. emang suka bingung sih pake baju apa..salah satu tipsnya biar ga banyak beli ya dipadupadankan :)

    ReplyDelete
  2. Mba un deh paling jago kalo soak padu padan. Aku mau ngikutin kok perasaan ngga PD. Untungnya aku kalo kerja harus pake seragam. Hihi

    ReplyDelete
  3. aku sih ga ngalamin soalnya di rumah , tapi buat rekomendasi siapa tau kerja lagi nanati

    ReplyDelete
  4. Aku pun pernah mati gaya Mbak, sampe sekarang buat antar Faiz ke sekolah juga masih sering mati gaya.

    Aku paling suka ngelihat anak perempuanku yg kupadu padankan jadi terlihat lebih menarik, tyt emang padu padan Warna yg terang yg bikin menarik.

    Mbak nik tipsnya oke punya, sontek ach

    ReplyDelete
  5. Aku malah warna-warni selalu :). Soalnya berbatik, tenun dan wastra Indonesia teruus

    ReplyDelete