25 October 2016

Mix and Match Menggunakan Jaket Parka

Jaket parka dipake buat OOTD-an? Yang beneeeerrr....

Arsip foto tahun baheula saat mendaki Gunung Kerinci :)

Ada yang belum tau jaket parka itu apa? Jaket parka merupakan sejenis jaket yang cukup tebal, berukuran besar dan panjang, dan biasanya di dalamnya diisi bulu binatang maupun bulu sintetis agar sanggup memberikan rasa hangat yang maksimal pada tubuh penggunanya. Masih kebayang jaman purba dulu waktu masih suka naik gunung, jaket parka merupakan salah satu barang bawaan yang paling ngeselin buat di-packing. Enteng sih dia bobotnya, tapi space-nya itu lhoooo.. ngabis-ngabisin jatah.

Belum lagi daya jangkau kantong ya jaman masih mahasiswa dulu, beneran empot-empotan buat beli sebiji jaket parka berisi bulu angsa. Tahun 90 an punya jaket parka itu sudah ibarat sosialita endorser fashion jaman sekarang booo.. keren dan bikin sirik :)

Nah giliran sekarang enggak kemana-mana, mau diapain nih jaket parka? Dibikin mix and match aja cucok banget kayaknya ya.

Saat ini memang dunia fashion tidak pernah lepas dari beberapa hal yang akan membuat kita jadi lebih kreatif lagi dalam mempadu padankan apa saja yang kita punya di dalam lemari. Meski berbagai produk baru terus bermunculan, kita bisa dengan mudah memilih beberapa fashion items dan menyimpannya sebagai persediaan manakala butuh mix and match. Nah, salah satu yang layak untuk dijadikan trial mode ini adalah Jaket Parka. Jaket jenis ini keren banget loh, meski biasanya memberikan kesan gedombrangan asalkan kita bisa pilih model yang pas dan nge-mixnya cocok, jadi deeehh... Mainkan model dan warnanya aja ya biar jadi tampilan yang keren. 

Tapi masih banyak orang yang bingung bagaimana cara memasangkan jaket ini dengan pakaian sehari-hari. Ya iyalah ya, apalagi bagi kita yang tinggal di negara tropis begini, nggak setiap saat jaket parka yang kita miliki bisa beredar. Paling cucok memang kita melakukan eksperimen a la fashionista dengan jaket parka ini di kala musim dingin. Naahh.. akhir tahun seperti ini pas banget loh. Lagi sering turun hujan dan hawa pun amat dingin saat kita mau jalan-jalan di luar ruangan. 

Alhasil browsing kesana kemari nih cari referensi mix and match jaket parka. Bolehlah bagi teman-teman yang mempunyai jaket tersebut di koleksi fashionnya, silakan loh kalau mau mencoba style berikut ini :


1. Sporty Lady

source : bemvestir.com



Langkah paling mudah mix and match dengan jaket parka ini ya menggabungkannya dnegan celana panjang ataupun celana pendek. Sebelum menggunakan jaket, kita bisa mengenakan dahulu atasan yang cocok dengan selera kita. Bila suka yang warna-warni ataupun bermotif ya tak masalah karena biasanya jaket parka itu kan hanya satu warna. Warna gelap pula :)


2. Feminin Style

Fashion designer Al Khansa dengan jaket parkanya, tetap modis - sumber : alkhansas.blogspot.co.id

Sebagai perempuan yang jarang banget pake bawahan model skirt, aku pun digging sana-sini dong untuk tau siapa aja model ataupun fashion designer yang pernah ngegabungin jaket parka dengan rok bawahan. Ada loohh ternyata. Si cantik Al Khansa rupanya pernah mempadu padankan jaket parka ini dengan outfit yang dikenakannya. Tetap cocok kan ya, apalagi untuk jalan-jalan di tempat yang memang cuacanya dingin. Kita tetap bisa tampil cantik, elegan dan feminin meskipun sedang mengenakan jaket parka.

Bagi yang suka mengenakan rok pendek, bisa dicoba juga loh mix and match dengan jaket parka ini. Lebih sip lagi kalau dipasangkan dengan sepatu boot yang tinggi selutut. Ayeee... seperti nonik-nonik yang ada di daratan Eropa sana kan. Keren loohh...


3. Gentleman Style


Bagi para pria tentunya lebih mudah ya mix and matchnya. Ya namanya juga cowok, outfitnya kalau enggak kemeja/kaos berpadu dengan celana panjang, ya kemeja/kaos mix dengan celana pendek. Variasi tambahan bisa dilakukan dengan padanan sepatunya aja, mau pake sneaker, boots ataupun sepatu resmi tinggal disesuaikan dengan kegiatan yang sedang dilakukan saja


Nggak terlalu sulit kan ternyata memadukan jaket parka  ini? Yang perlu diingat-ingat memang salah satunya adalah kesesuaian penggunaan style mix and match tadi dengan kondisi tempat yang sedang kita datangi. Jaket kan memang diciptakan sebagai pelengkap outfit di daerah dingin. 

Susah nggak sih beli jaket parka?

Nggak lah, di banyak toko online sudah tersedia kok. Kita tinggal cari aja yang sesuai dengan selera dan budget. Saat akan membeli jaket parka, kita juga harus melihat bahan apa yang dipakai di jaket tersebut. Penting sekali looohh teliti dalam memilih bahan jaket itu, kudu sesuai dengan kebutuhan. Bakalan enggak nyaman kan nantinya bila jaket yang telah kita pilih itu ternyata kondisi bahannya jauh di luar ekspektasi kita.

Biasanya sih jaket parka terbuat dari bahan rayon. Bahan dari jenis ini memang biasanya cukup menyerap keringat dan tidak panas.

Udah nggak bingung lagi kan ya saat harus mempadu padankan jaket parka dengan outfit lainnya? Sebenarnya nggak khusus untuk jaket parka loh, tips mix and match tadi bisa diterapkan juga untuk jaket jenis lainnya. Siapa bilang kan saat mengenakan jaket kita tidak keliatan trendi? Yeee... Situ kalik yang nggak trendi, eike mah terlahir trendi dari sononyeee *plaaakk.... 

Tampil bergaya dengan jaket bukannya tidak mungkin loh. Eh eeh... siapa tau ya, habis praktekin style-style di atas tadi, trus ntar kita jadi trendsetter. Wahahaaa.... ngimpi boleh kali yeee... Kebanggaan tersendiri lah kalau ada yang suka dengan gaya kita tersebut dan kemudian menirunya. Pede banget yak :)

Makanya, nggak usah ragu saat harus memasangkan jaket parka ini. Kan sudah tau triknya toh. Mudah kok, tak perlu ribet harus nambah outfit dan printilan lainnya. Apa yang ada di tumpukan lemari baju ambil aja. Dicoba-coba, dipandang-pandang, jadi deeehh... 

Selamat mencoba.

13 comments:

  1. temen2 di kampus udah banyak yg berani pake parka. pengen punya jg tapi belom kesampean hihi

    ReplyDelete
  2. Kemarin habis beli jaket parka, aq g ngerti klo itu buat jaket naik gunung wkwkwkw
    To mmg skrg bny modif, pas brgnya datang bisa juga buat motoran tiap hari anget, pas panas jg adem coz dalamnya warna kombinas putih g nyerep panas

    ReplyDelete
  3. aku mau beli dari dulu si Parka ini belum kesampean terus mba Un. padahal sekrang juga udah turun harga, tapi banyak yang make. Tapi tetep keceh si pasrka ini kalo dibuat begaya maupun utk nahan cuaca yg dingin kayak sekarang2 ini

    ReplyDelete
  4. Oh my God, Jadi inget dulu pernah punya pas dapat oleh oleh bapak dari LN. Mana ya barangnya sekarang? Hehe

    ReplyDelete
  5. Lucu jg ya ternyata parka si modif2 gini.bisa dimanfaatin utk banyak event ga pas naik gunung aja

    ReplyDelete
  6. Lucu jg ya ternyata parka si modif2 gini.bisa dimanfaatin utk banyak event ga pas naik gunung aja

    ReplyDelete
  7. Belum punya jaket parka, kyaknya lucu jg ya dipadu padakan.

    Mbk Unik, itu yg Feminim style sekilas aku kira mbk rahmi hehehe

    ReplyDelete
  8. Saya suka berbagai style jaket. Sampe pengen tinggal di tempat dingin. Biar bisa jaketan terus :D

    ReplyDelete
  9. Aku pernah pakai jaket parka, punya bapak yg dapat oleh2 dari mas sepupu waktu plg dari Jerman. Napa dulu nggak aku rawat ya, entah di mana sekarang.

    ReplyDelete
  10. Waaa daku punya jaket parka aneka ketebalan, dari yg buat naik gunung sampe menghalau dinginnya udara Malang pas motoran. Tapi Mak, jaket parka itu jahat. Bikin capek yg cuci2. Tebel bok :))

    ReplyDelete
  11. dan aku baru paham apa itu jaket parka, kemana saja Tin? alhamdulillah baca postingan jaket parka dan belinya di mana. Asyik juga buat persiapan traveling ke tempat dingin

    ReplyDelete