Featured Post

#UsiaCantik dan Mengapresiasi Diri Sendiri

Bu, sekarang umur Ibu sudah berapa?   Pernah sesekali waktu anak keduaku nanyain umur model petugas sensus begitu. Iya sih, jawabnya me...

16 October 2016

Wonder Woman Tak Boleh Tumbang (lama-lama)



"Bu, ntar temenin bikin PR ya."

"Bu, tolong beliin bahan-bahan prakarya ya."

"Bu, kemarin titipan Ayah bayar pajak udah disetorin?"

"Bu RT, besok ada undangan ke kelurahan ya, bisa kan datang?"

Wasweswos.... hosh hoossshhh... perasaan banyak banget ya yang harus dikerjakan oleh seorang ibu. Mulai dari urusan anak, urusan rumah sehari-hari, bahkan beberapa pekerjaan yang biasa dikerjakan oleh ayah pun tetap ibu harus bisa menggantikannya bila yang bersangkutan sedang ada pekerjaan lain. Belum lagi tanggung jawab di kehidupan sosial bertetangga.

Uhuks uhuks.... kebetulan nih untuk beberapa tahun ke depan diriku jadi pendamping Pak RT, alamat rempong kemana-mana deh. Padahal kalau boleh memilih sih maunya jadi warga biasa aja, jadi bisa nyantai leyeh-leyeh saat yang lain sedang rapat di tingkat RW ataupun sedang menghadiri undangan di tingkat kelurahan. Tapi ya mau gimana lagi yaaa... Meskipun udah capek banget 6 hari dalam seminggu bekerja, tetaplah menjaga hubungan sosial dalam kehidupan bertetangga nggak bisa ditinggalkan begitu saja.



Hahahaa... itu foto zuper banget kan? Boleh dong sekali-sekali ketemuan offlinenya dengan jamaah yang lain, masak jamaah fesbukiyah dan bloggeriyah muluk ;)

Perempuan itu udah ibarat wonder woman ya? Bahkan ada yang bilang kalau perempuan, apalagi bila ia sudah menjadi seorang ibu : NGGAK BOLEH SAKIT. Duuuhh... berat banget deh. Bukannya ibu itu adalah makhluk dengan kemampuan multi task yang nggak ada tandingannya. Wajar dong kalau dengan seabreg aktivitas trus kemudian dia ngedrop.

Nah, buat sesama ibu-ibu, apakah yang dirasakan ketika badan sedang ngedrop dan butuh istirahat? Bisa gitu istirahat dengan khusyuk di rumah? Bisa? YAKIN?

Bila jawabannya adalah Tidak Yakin, maka mari kita toss dan bersulang ;) Lho iya bener banget kaaann... meskipun badan kita ngedrop dan bener-bener tumbang, pikiran kita tetap nggak bisa istirahat. Bakalan kepikiran ntar yang bebersih rumah siapa. Bakalan tambah jutek saat anak-anak menjadi terlantar dan tak terawat. Bakalan stress karena bos di kantor bolak-balik telpon hanya sekedar untuk menanyakan nomer telpon customer yang kudu dihubungi. Duh...duuuhh...

Lalu, ini si wonder woman tak boleh tumbang ya?

Mesin saja bisa ngedrop dan butuh perawatan kan, apalagi manusia ya. Seorang ibu dengan banyak tugas tentu amat tersedot energinya untuk melakukan seabreg aktivitas. Bukannya tidak mungkin bila kemudian di suatu saat wonder woman ini tumbang. Maunya sih tumbangnya nggak lama-lama ya. Untuk itulah ibu butuh vitamin yang bagus untuk mempercepat masa penyembuhan.

Memangnya si wonder woman bernama ibu tadi ngapain aja sih sehari-harinya? Nggak percaya nih kalau dia ini daya serabutannya paling juara?



Dulu waktu kedua anakku masih sama-sama tinggal seatap (sekarang yang sulung lagi nyantri di luar kota), nggak pernah sehari pun terlewatkan oleh perjuangan membangunkan anggota pasukanku yang super duper istimewa ini. Ibunya aja matanya masih berat dan riyip-riyip, tetap harus jadi yang paling pagi kan kalau jatah hari-hari mereka sekolah. Aku yakin sesama ibu yang mengalami hal ini, bahkan dengan jumlah putra-putri yang lebih banyak, tentunya bakalan setuju ya.

Nggak ikhlas memangnya kok mengeluh gitu?

Helaaahh... ini kan bukan mengeluh, hanya sekedar menyampaikan fakta bahwa poros kehidupan keluarga itu ya nggak jauh-jauh amat dari peran si wonder woman tadi. Sekuat apa pun fakta ini mau disembunyikan, tetap kan kenyataannya begitu. Menjadi yang paling pagi bangun, menjadi yang paling gedubrakan saat menyiapkan keperluan seisi rumah menjelang berangkat sekolah dan berangkat ke kantor, menjadi yang paling cerewet sedunia saat anak-anak nggak bisa diajak kompromi dalam persiapan rutinitas pagi ini. Pokoknya jadi yang paling heboh lah di rumah kalau sudah begitu.

Apa nggak capek Bu gedubrakan begitu? Nah, makanya tadi aku bilang juga apa, meski capek si wonder woman ini tetap harus melaju, bahkan acapkali harus melampaui limit kekuatan fisiknya.


Tips Mempertahankan Kebugaran Tubuh


Taukah wahai teman, bahwa menjaga kesehatan itu terdiri dari satu paket perawatan yang tidak terpisahkan? Orang bakalan lebih sering bilang kalau menjaga kesehatan itu hanya seputar kebugaran tubuh saja. Padahal secara seimbang diri kita ini perlu mendapatkan perawatan, ya mental maupun fisik.

Di wikihow.com dijelaskan bahwa dalam menjaga kesehatan tubuh, kita perlu memperhatikan kedua hal penting berikut ini :

1. Menjaga Kesehatan Mental


Perlu gitu ya mental dijaga kesehatannya? Bukankah pernah ada semboyan mens sana in corpore sano, di dalam badan yang sehat akan terdapat jiwa yang sehat pula?

Teorinya sih memang begitu ya, tapi pernahkah kita memperhatikan yang seperti ini?

Menjaga kelenturan pikiran. Emangnya karet bisa dilenturin ya? :) Somehow kita memang perlu melakukan hal ini, apalagi bagi kita yang rutinitas kesehariannya monoton dari itu ke itu aja. Dari ranjang anak, dapur, meja makan, garasi rumah, hingga rute abadi ke arah kantor.

aktifitas lain yang tak ada dalam rute Rumah-Kantor  :)


Sekali-sekali bolehlah berangkat ke kantor ubah rute perjalanannya, sekedar mampir ke penjual jajanan pagi hari terkadang terasa menyenangkan banget loh. Melakukan selang-seling pilihan buku yang kita baca juga bisa membantu memperkuat memori. Beberapa permainan semacam puzzle, TTS, Sudoku dan semacamnya juga bermanfaat untuk terus melibatkan mental kita agar tetap aktif dan lentur.


Memperkuat Hubungan Sesama Manusia. Tentunya bakalan terasa empet ya kalau kita tak punya teman untuk sekedar menumpahkan perasaan. Jatuh-jatuhnya malah terus nyetatus nggak sedap di media sosial, yang justru lebih sering mempermalukan diri kita sendiri. Sudah segitu tidak adakah teman dekat yang bisa membantu kita mendengarkan segala tumpah ruahnya perasaan yang tak terbendung?

Tentu saja masih banyak orang yang bisa kita jadikan teman dan kita percaya, asalkan kita pun menempatkan diri sebagai teman bagi orang lain. Bila selama ini kita sengaja berteman hanya untuk memanipulasi seseorang, ayolah sudah saatnya kita berteman sepenuh hati. Teman yang bisa diajak tertawa tanpa takut kerasnya tawa itu menyakitkan telinga. Teman yang bisa diajak berbagai problema tanpa takut persoalan itu bakalan diketahui orang lain.


Mengejar Passion. Meski kita sering bilang kalau kita itu sudah memiliki kewajiban yang berjejal-jejal sehari-hari, sebenarnya kita masih punya waktu luang untuk memiliki hobi dan mengejar passion kita dalam satu bidang yang kita senangi.

Yakin nggak punya waktu luang? Aaahh... yang bener... dalam sehari berapa kali nengokin temlen sosmed dan chat ini itu via grup whatsapp dan telegram? Hayooo... Getting connected dengan teman-teman online kita tidak salah, namun kita juga perlu menempatkan skala prioritas bagi passion kita dalam bidang tertentu.


Belajar Memahami Emosi Diri. Memahami perasaan kita sendiri itu penting juga. Saat menemui hal-hal yang tidak membahagiakan, kita bisa berusaha mengubahnya menjadi hal yang positif, atau bila memang tidak sanggup menghadapi ya let it go laaahh... Begitu juga saat kita bahagia, kita pasti tau dengan siapa saja dan dalam kondisi apa kita bisa bahagia. Penuhi diri kita dengan energi positif dari orang-orang di sekeliling kita.

Curhat itu juga tak ada salahnya asalkan tepat orang yang kita curhati. Memendam perasaan terkadang memang membuat diri kita tampak berantakan. Tapi curhat ke orang yang salah bakalan bikin tambah berantakan lagi segala sesuatunya. Oleh karena itu perlulah kita mengendalikan emosi saat sedang menghadapi problema, selesaikan sedikit demi sedikit, tak perlu terburu-buru ingin meluapkan emosi. Pelampiasan kekesalan dengan menumpahkan emosi secara sembarangan bakalan merugikan diri kita sendiri ke depannya.


Memperbanyak Kebaikan kepada Orang Lain. Ada yang menyebutnya sebagai karma, tapi di agama yang kuanut aku tak pernah diajari soal karma ini. Yang ada hanyalah : kita berbuat baik karena tau bagaimana rasanya menerima kebaikan dari orang lain. Makin banyak energi positif yang kita sebarkan ke sekeliling kita, maka makin besar pula hal-hal positif yang akan mengiringi langkah kita.


Waspada terhadap faktor pencetus stress. Sebagai orang yang telah memahami diri kita sendiri, kita tentu tau hal-hal apa saja yang bikin stress.  Saat menghadapi hal tersebut kita sudah tau apa yang harus kita lakukan agar tidak memperparah kondisi mental. Misal merasa terganggu dengan omongan orang yang negatif tentang kita, ya sedapat mungkin kita juga tidak melakukan hal yang sama.


Berteman dan membahas hal positif itu penangkal stress paling manjur

Melakukan hal-hal yang positif dan berteman dengan sebanyak mungkin orang dengan energi positif itu manjur banget loh sebagai penangkal stress. Aku pun meski tak setiap saat bisa mingling dengan teman-teman baikku, tapi energi positif mereka terus terasa kapan pun aku membutuhkannya.

Kadang kita terlalu pusing kan memikirkan nanti bagaimana masa depan kita, atau bahkan sering kepikiran berbagai kejadian di masa lampau yang amat menyakitkan. Sampai kadang-kadang kita lupa untuk menikmati hari ini. Sekedar mencium wanginya bunga ataupun harumnya aroma tubuh anak kita selepas mandi pun kadang kita terlewat ya. Apa salahnya sedikit peduli pada keadaan di sekitar kita dengan menikmatinya untuk 'keep alive'.

2. Menjaga Kesehatan Fisik


Pola Makan Sehat. Duuuhh... takut kegemukan nih, kudu diet ketat? Pernah ada di titik itu buibu? ;)  Nggak munafik lah, aku pun pernah merasakan hal tersebut. Berat badan terus bergerak tak terkendali ke angka-angka besar tanpa mau memahami perasaan si empunya tubuh hiks... Tapi ternyata diet ketat itu malah kadang bikin kita tumbang. Asupan gizi jadi kurang karena kita terburu-buru untuk menjadi langsing lagi.

Keseimbangan menu makan itu perlu. Bahkan lemak pun dibutuhkan oleh tubuh kita. Asalkan komposisi dan pasangan masing-masing makanan itu tak saling bertubrukan, kita bisa mengkonsumsi apa saja. Saat kita ingin mengurangi berat badan, intinya itu ya kalori yang kita bakar harus melebihi apa yang kita makan. Nah sudah begitu kah wahai para langsing-wanna-be? :)

Mengkonsumsi banyak-banyak buah dan sayuran amat bagus bagi tubuh. Tak hanya mengandung vitamin dan mineral, kedua jenis makanan ini penuh dengan kandungan air dan serat. Pencernaan jadi sehat dan berasa kenyang lebih lama.


Minum banyak air putih. Air menjaga metabolisme tubuh kita agar tetap berjalan dengan baik. Minimal konsumsilah 2 liter air sehari, atau bisa juga lebih dari itu tergantung aktivitas fisik yang kita lakukan maupun kondisi cuaca yang sedang kita hadapi. Hidup di daerah tropis bakalan merasakan gerah terus menerus. Kayak di Semarang nih, meskipun malam cuaca terus aja terasa hangat, jadi lebih cepat haus.


Cukup Tidur. Nah ini nih, banyak yang aktivitas fisiknya tinggi namun istirahatnya kurang. Udah seharian sibuk dengan anak-anak, riweuh di tempat kerja, malamnya masih begadang pulak ngejar postingan blog. Hahahaa... nampar diri sendiri ini ceritanya.

Ssstt... tau ndak kalau orang yang demen begadang itu malah mengkonsumsi kalori yang lebih tinggi dibandingkan dengan orang yang waktu tidurnya cukup loh. Yakali begadang nggak nyemil apa-apa :))


Taat berolah raga. Ini niiih... yang rada sulit memang melakukan olah raga dengan aneka macam alasan. Padahal kekuatan yang kita peroleh dari olah raga itu bakalan meningkatkan metabolisme tubuh. Bahkan saat sedang beristirahat pun, tubuh seseorang yang rajin berolah raga itu bakalan tetap membakar kalori lebih banyak dibandingkan dengan orang yang tak pernah olah raga.


Batasi kebiasaan buruk. Banyak zat-zat yang merugikan yang tanpa sadar kita masukkan ke dalam tubuh, seperti asap rokok, minuman keras, maupun obat-obatan yang tidak diresepkan oleh dokter. Bagi mereka yang masih melakukan ini sebaiknya mulai mengurangi, atau kalau mungkin berhenti sama sekali. Demi kesehatan tubuh kita looohh....


Jagalah kebersihan. Tak kalah dengan aktivitas fisik lainnya di atas, menjaga kebersihan itu penting. Mencuci tangan setelah melakukan aktivitas di lokasi yang banyak debu maupun kotoran, menyikat gigi minimal 2 kali sehari, membersihkan wajah dengan benar, menguras bak secara teratur, dan masih banyak langkah-langkah menjaga kebersihan yang dapat kita lakukan. Bila lingkungan kita bersih, hidup pun akan terasa lebih tenang dan sehat.


Mengubah sedikit gaya hidup. Jika kita terbiasa rutin berolah raga di tempat-tempat gym, tak ada salahnya suatu saat kita keluar dari rutinitas sembari berolah raga juga. Saat sedang tidak terburu-buru, pilihlah naik tangga dibandingkan naik lift (tentu saja pilih yang tidak terlalu menyiksa diri). Atau bisa juga parkir agak jauh dari tempat yang kita tuju sehingga kita bisa sekalian olah raga tuh saat berjalan kaki.

Menghargai pencapaian diri dalam menjaga kesehatan itu juga perlu. Setelah satu minggu full menjaga kesehatan makan dan olah tubuh, nggak pa pa kok kita memberikan reward untuk diri sendiri dengan makan enak. Nyuuusss banget deh tentunya :)





Sudahkah aku sendiri melakukan tips menjaga kebugaran tubuh tadi? Terus terang belum nih. Bahkan gara-gara kecapekan dan pola makan tak teratur itu aku pernah ambruk. Jarang-jarang sakit nih, jadi begitu sakit bawaannya malah stress. Sampai pernah woro-woro di grup whatsapp blogger di Semarang kalau badan sedang meriang dan lesu, eeehhh.... langsung loh ditengokin seperti foto di atas itu. Aneka penganan dan buah jadinya dimakan rame-rame dan ngobrol tiada henti deh :)


Sudah merasa makan dengan baik, obat dan sayuran sudah seimbang, tapi kok tetap bisa sakit ya?

Kondisi tubuh memang berubah sesuai dengan kinerja yang dilakukannya, plus kondisi alam yang berubah-ubah. Bila kita sudah makan dengan teratur namun tetap jatuh sakit, nggak usah khawatir lah. Sudah banyak multivitamin yang bisa kita peroleh untuk membuat kita kembali segar.





Salah satunya adalah Theragran-M yang mengandung berbagai vitamin dan mineral, seperti Vitamin A, D, B1, B2, B6, B12, C, E, iodium, besi, tembaga II, Mangan II, Magnesium dan Seng. Komplit yaaa... Theragran-M ini bisa jadi andalan kita saat membutuhkan vitamin yang bagus untuk masa pemulihan. Mengkonsumsinya pun terasa nyaman karena setiap tablet Theragran-M ini disalut gula yang terasa manis-manis asyik saat meluncur di lidah dan tenggorokan. Apalagi sudah ada label Halalnya, jadi sudah nggak perlu ragu-ragu lagi.

Iya beneran loh, wonder woman tak boleh tumbang lama-lama. Ngedrop sebentar itu biasa, saatnya 'kabel-kabel' butuh istirahat. Dengan bantuan tips menjaga kebugaran seperti yang telah kusebutkan di atas tadi plus mengkonsumsi Theragran-M 1 tablet sehari atau sesuai anjuran dokter, semoga saja tubuh kita dapat pulih secara cepat.

Keluarga dan rekan-rekan kerja tak bisa menunggu kelamaan kan saat si wonder woman ini harus mengembalikan kebugaran tubuhnya. Makanyaaaa... tumbangnya nggak usah lama-lama. Semoga lekas sembuh ya bagi teman-teman yang saat ini sedang sakit. Cobain deh tips menjaga kebugaran tubuh tadi dan mengkonsumsi multivitamin-mineral yang tepat.





Artikel ini diikutsertakan dalam lomba blog yang diselenggarakan oleh
 Blogger Perempuan Network dan Taisho

43 comments:

  1. Tipsnya kecee, sedang berusaha memahami emosi diri nih... semuanya tergantung kita sendiri yang mengelola rasa yaa, jangan lupa untuk berbahagia aamiin

    ReplyDelete
  2. I feel you mba Un, aktivitas padet. Ya kerja, ya di rumah banyak anak, ya msh pingin ngeblog dan mbolang. Ckckck.. klo gk pinter2 siasati wes ambruk. Tfs itu tip nya, aku mau coba jg thw ragran M nya

    ReplyDelete
  3. Halo Bu RT. Sehat-sehat terus ya, jangan sampe sakit ya, nanti gak bisa exist loh. :p

    ReplyDelete
  4. Bu RT paling kece badai sejagad raya dunia offline online. Muahahaha paduan suara lagi yok, Bu!

    Tipsnya ini bener bangetttt. Banyak yang harus dicontoh. Thanks maakkk :*

    ReplyDelete
  5. Lanjutkan tante....!kegiatan full badan tetap oke.

    ReplyDelete
  6. Mbak Uniek aktifitasnya banyak sekali, dengan menjaga kesehatan dan ritme aktifitas pasti dapat mengurangi resiko sakit ya.... Tapi kalaupun lelah lelah letih sedikit ada theragam yaaa, jadi solusi penyembuhan yang gak berlarut.

    ReplyDelete
  7. Nembe ngerti nek budhene Noofa dados RT. Nek simbahe Noofa jadi bu RW. Hihi

    Sehat terus yaa budhe

    ReplyDelete
  8. Wah Mbak pake Theragran-M juga ya. Sama dunk. Aku baru beberapa hari ini. Jangan tumbang ya, Mbak.

    ReplyDelete
  9. Bu eR Teeee welfiiii, hihiii
    Aku jadi penasaran nyobain Theragran, ntar ke apotik deh mbaaak. Moga sehat selalu yaaa ��

    ReplyDelete
  10. ibu pkk harus fit trus supaya anggotanya lebih semangat :)

    ReplyDelete
  11. wonder women juga butuh multivitamin biar kuat

    ReplyDelete
  12. gaya hidup sehat berpengaruh besar pada kesehatan tapi menjalani banyak godaan hahah terutama makan gorengan dan masakan bersantan

    ReplyDelete
  13. seorg ibu memang harus selalu menjaga kesehatan karena banyaknya kegiatan dan supaya bisa tetap menjadi wonder woman

    ReplyDelete
  14. Mba uniek bener2 wonder women mba..sehat sehat yaa mba :)

    ReplyDelete
  15. Mba uniek bener2 wonder women mba..sehat sehat yaa mba :)

    ReplyDelete
  16. aku jadi ngefans ma Kamu mba Uniek, piye jal hahahah
    sukses ya kakak, moga2 menang aamiin.

    ReplyDelete
  17. Para wonder woman jangan sakit ya, harus sehat selalu

    ReplyDelete
  18. Asik asik ada potoku di sini yeyeyeye... Wonder women tenan lah, slain irt, wanita karier, bu rt, ngurus komunitas. Sehat-sehat yooo.

    ReplyDelete
  19. Jadi emak, kudu selalu seteronggg
    banyak banget urusannyaaa
    24 jam terkadang kayak enggak cukup

    ReplyDelete
  20. Iiih..ada akuuuh di sinii. Tips nya juara, mbak Niek. Baiklah, suhu..kan kuikuti saran2mu agar kita bisa jadi wonder woman :D

    ReplyDelete
  21. Aku bukan wonder woman, tapi tetep aja nggak boleh sakit lama-lama hehe

    ReplyDelete
  22. Saya jg termasuk wonder woman. Jadisaya gak boleh sakit juga. Keep healthy mbk!

    ReplyDelete
  23. Wah beneran wonder woman ini mah kegiatsn padat merayap untung ada theragran ya mbak

    ReplyDelete
  24. Semuanya ibu turun tangan hihiii... Sehat slalu mbaa.. Good luck ya mba:)

    ReplyDelete
  25. Mbak uniek, aktifitas mu juga warbiasa padat, harus terus dijaga jangan sampai tumbang

    ReplyDelete
  26. Mimik sing akeh ah, ben orak lowbat wae... hihihi

    ReplyDelete
  27. Poin ini:
    Berteman dan membahas hal positif itu penangkal stress paling manjur
    Setuju banget, budhe. ^___^

    ReplyDelete
  28. hohohoo... ternyata ini rahasianya wonder woman.
    thx for sharing, mbak uniek :)

    ReplyDelete
  29. Tips-nya super sekali!

    Aku belum jadi nyobaik Theragran-M-nya.. sepertinya kudu nyoba karena sering banget malam-malam niatnya mau nulis habis boboin Hasna malah ikut merem juga

    ReplyDelete
  30. Aktifnya ibu yang satu ini. Luar biasa. Keren deh. Sehat terus ya kak

    ReplyDelete
  31. Mbak Uniek, aq copas ya tipsnya. Aku butuh nih. Kebetulan aku jg punya TheRagran M dirumah

    ReplyDelete
  32. Emang begitu tuntutan jadi ibu serba repot dan siap siaga.so dibutuhkan ekstra tenaga super wonder woman as Mom.okeylah kalo begitu☺

    ReplyDelete
  33. Emang begitu tuntutan jadi ibu serba repot dan siap siaga.so dibutuhkan ekstra tenaga super wonder woman as Mom.okeylah kalo begitu☺

    ReplyDelete
  34. Tipsnya oke bgt mbak, iya aku punya dua anak langsung gampang sakittt T____T

    ReplyDelete
  35. Mama harus tetep jadi super woman, nggak boleh sakit dong. Mama sakit semua berantakan :)

    ReplyDelete
  36. Wah..bu RT aktivitasnya padat merayap nih. Yg penting ttp energic mbak.
    Tips2nya utk bahagia mau kucontoh ah...

    ReplyDelete
  37. Pencetus stress tuh banyak banget dan kita harus bisa men-ciat-ciat-ciaaat ya, Mbak. Hhahaha

    ReplyDelete
  38. Emang bu RT yang mantap dah. Tipsnya keren mba.
    Semoga selalu sehat ya

    ReplyDelete
  39. Tipsnya super lengkap mbak uniek. Nggak bosen ngebaca dari awal mpe akhir :)

    ReplyDelete
  40. Wuih aktif di arisan PKK mbak? (ngliat poto baju ijo2nya) hehe
    Btw menjaga keseatan mental, emang penting itu, terutama buat emak2 yang tiap hari kerjaannnya gak kelar2 :))

    ReplyDelete
  41. Aktivitas mbak padet juga ya.. mbak memang luar biasa.. semangat terus mbak..

    ReplyDelete