22 November 2016

Desember Tiba, Saatnya Persiapkan Anggaran untuk Promo Harbolnas



Bulan Desember identik dengan berbagai macam promo akhir tahun yang ditawarkan oleh toko online maupun offline. Namun selain promo akhir tahun yang diadakan pada akhir bulan Desember tersebut, ada satu lagi promo yang akan memanjakan setiap online shoppers di Indonesia. Promo itu adalah promo Harbolnas

Tahukah teman apa itu Harbolnas? Harbolnas adalah Hari Belanja Online Nasional yang dirayakan setiap tanggal 12 Desember. Dan pada saat itulah berbagai macam e-commerce memberikan penawaran harga yang bersahabat disertai promo dan diskon yang begitu memanjakan konsumennya.

Tahun 2012 menjadi tahun pertama perayaan Harbolnas ini dengan 7 e-commerce sebagai partisipannya. Di tahun itu jual beli online memang belum begitu populer di kalangan masyarakat. Itulah mengapa Harbolnas hanya diikuti oleh 7 e-commerce saja. Harbolnas diadakan untuk mengedukasi masyarakat agar lebih mengetahui kelebihan yang ada pada transaksi jual beli online dan juga agar masyarakat lebih terdorong dalam melakukan transaksi di dunia maya. Selain itu Harbolnas menjadi wadah bagi para pemiliki e-commerce serta toko online untuk mempromosikan toko mereka. 

Di tahun 2013, Harbolnas kembali dirayakan dengan 22 e-commerce yang bergabung. Satu tahun kemudian, e-commerce yang mengikuti Harbolnas 2014 meningkat menjadi 78. Dan tahun lalu, kembali mengalami peningkatan hingga 140 e-commerce yang mengikutinya. Tentunya hal ini didasari akan pengetahuan dan informasi yang didapatkan masyarakat sudah semakin meluas terkait jual beli online. Untuk tahun ini, jumlah e-commerce yang akan mengikuti Harbolnas 2016 diperkirakan akan kembali mengalami peningkatan. 

Dengan peningkatan pada jumlah e-commerce yang akan mengikuti Harbolnas 2016, pastinya mereka akan bersaing untuk mendapatkan perhatian para konsumennya dengan cara memberikan diskon besar, promo, voucher dan bentuk potongan harga lainnya. Promo Harbolnas yang hanya diadakan 1 tahun sekali ini harus bisa dimanfaatkan secara maksimal oleh para online shopper untuk mendapatkan beragam macam barang yang diinginkan namun mengeluarkan dana yang tidak besar.

Demi memperoleh keuntungan maksimal saat Harbolnas diadakan, tentunya kita harus mempersiapkan diri serta dana demi merayakannya. Mulai sekarang tahanlah hasrat untuk berbelanja sementara waktu hingga hari perayaan belanja online tiba. Ketika ada gaji masuk, jangan tergoda untuk buru-buru menghabiskannya saat ini juga. Lebih baik tahan dulu sementara dan kita bisa memuaskan hasrat belanja saat Harbolnas tiba. 

Selain itu, persiapkan juga kartu kredit jika ada agar jika sewaktu-waktu merasa kekurangan dana, kartu kredit bisa dijadikan cadangan terakhir. Pastikan lunasi tagihan kartu kredit agar limit  bisa maksimal. Jangan lupa untuk mencari pembayaran dengan bunga 0% agar tidak memberatkan  saat pembayaran tagihan nantinya. 

Tak hanya masalah anggaran dana, namun permasalahan waktu juga menjadi hal yang harus jadi pertimbangan. Usahakan bertransaksi di saat waktu orang-orang sibuk bekerja, misalnya dini hari atau pagi hari. Berbelanja saat acara diskon di siang hari akan membuat lalu lintas transaksi online sangat ramai oleh peminat dan pengunjung sehingga kemungkinan server error atau stok barang habis bisa saja terjadi. Jadi carilah timing yang tepat demi mendapatkan kepuasan berbelanja dan efisiensi memanfaatkan promo secara optimal. Dengan persiapan yang matang dan trik yang tepat, dijamin Anda tidak akan menyesal berbelanja saat promo Harbolnas karena banyaknya potongan harga yang diberikan tiap-tiap situs belanja sehingga mampu menghemat sekian rupiah anggaran belanja Anda.

17 comments:

  1. Aku juga nungguin promo harbolnas, mba. Mau ngincer tas hehe

    ReplyDelete
  2. Ternyata banyak juga yang menunggu. Aku juga lho! :D

    ReplyDelete
  3. Kayanya bisa diinfokan buat istri di rumah. :)

    ReplyDelete
  4. Haha aku juga nunggu ini mbaaa
    Tapi harus nabuuuuung

    ReplyDelete
  5. kl harbolnas saya pengen beli boots haha

    ReplyDelete
  6. Oalaaah...tak kira Halbolnas nya ki 11/11 kmrn.. Hihi...awam bgt aku yaa... *krukupantaplak

    ReplyDelete
  7. belum pernah ikut promo harbolnas... tahun ini coba ahh, semoga ada rizki :D

    ReplyDelete
  8. yang 1111 saya gak ikutan. Untung diingetin ma postingan ini. Lagi ada yang pengen saya beli hehehe

    ReplyDelete
  9. Memang harbolnas tetap menjadi even idoman bagi masyarakat yang suka berbelanja, saya terkadang berpikir bagaimana mereka mendapatkan untung jika memberikan diskon sebanyak itu, entahlah mungkin itu hanya permainan marketing. :v

    ReplyDelete
  10. thn lalu aku g ikutan... thn ini ada planning sih mau beli koper :D.. ato peralatan traveling lah.. moga2nemu yg bgs dan sesuai harga, dan semoga vendor2 yg ikut jujur, ga kayak thn lalu, yg banyak ketahuan mark up harga, br didiskon -__-

    ReplyDelete
  11. Udah punya list panjaaaaang.. di sini semacam black friday hehehe

    ReplyDelete
  12. keknya baru kemaren yaaaa Harbolnas desember, besok sudah ada Harbolnas lagi, ngelist aaach

    ReplyDelete
  13. Pengin belanja yang banyaaak sih, tapi ya gitu deh hhh

    ReplyDelete
  14. Aduh-aduh.. Kalau harbolnas tiba tapi anggaran sudah habis itu rasanya... Ya gitu deh 😀

    Semoga jelang harbolnas dapat rejeki nomplok biar bisa dimanfatkan 'sebaik-baiknya' 😜

    ReplyDelete
  15. iya mbak..
    nih udah ancang-ancang, dan list puanjaanngg.. :D

    #semangat belanjaaa

    ReplyDelete