14 March 2017

Langit Musik versus Stres di Kantor

Bukan seperti ini yang saya maksud, coba kamu revisi lagi ya...

Saya nggak mau tau, urus ya petugas dari instansi terkait.


Bagi teman-teman yang saat ini masih bekerja di suatu perusahaan tertentu, pernah nggak sih mengalami percakapan di atas? Ucapan satu arah sih lebih tepatnya.

Iya, bener banget, itu tadi ilustrasi percakapan yang hampir sering terjadi di tempat kerja. Saat kita sudah melakukan pekerjaan dengan maksimal dan sesuai dengan prosedur, namun di suatu saat tetap saja dikomplen sama bos.

Mau marah? Bagaimana mungkin... Sekesel-keselnya kita saat ngadepin bos, palingan juga dibatin aja bisanya. Apalagi kalau bekerja di perusahaan milik keluarga, alias bos dan manajer-manajer lainnya saling saudaraan, udah komplet banget lah 'hari-hari indah'mu 😉




Masih rada mendingan ya rasanya kalau pas disalah-salahin gitu tugas yang kita kerjakan hanya terkait dengan pihak-pihak intern di dalam perusahaan. Nah masalahnya, dalam keseharian apa yang kulakukan di tempat kerja itu banyak berkaitan dengan pihak luar. Tak hanya dengan customer saja, aku juga harus menghadapi beberapa instansi terkait. Tau sendiri kan ya kawan-kawan tercinta semuanya, gimana sih saat harus berurusan dengan birokrasi?

Trus gimana coba perasaanmu kira-kira bila pada suatu ketika, di saat sudah susah payah menghadapi birokrasi dan negosiasi kanan-kiri, bagaikan membalikkan telapak tangan saja si bos meminta (aiiih... memerintah sih lebih tepatnya) untuk mengubah kesepakatan.

Bicarakan lagi ya, kurang cocok lah ini.

Booossssss.... ini kerja lah, dikira milih-milih pacar apa pake cocok-cocokan segala. Ya, mencoba protes sih udah berkali-kali sih kalau soal beginian. DALAM HATI SAJA. Waakksss...

Jadi seperti itu saudara-saudara sebangsa dan setanah air, seringnya kesel-kesel uhuy gitu ya kalau di tempat kerjaan. Maklum aja sih, namanya juga masih kerja ikut orang, policy yang mau segimana juga mau tak mau harus diikuti.

Lalu apakah akan begitu saja kejadiannya, tak ada solusi untuk mengatasi stres di kantor?

Manajemen Stres di Kantor


Target kerja maupun hambatan yang sering dihadapi sehari-hari di kantor bukan lah hal yang harus dihindari. Ya iyalah, dulu para pejuang bangsa aja pantang mundur menghadapi penjajah, masak generasi milenium macam daku kudu nyerah begitu saja dengan permasalahan di tempat kerja.

Ada beberapa wacana seputar cara menyingkirkan stres di tempat kerja. Sharon Melnick, seorang psikolog bisnis,  pernah mengatakan hampir semua orang mengeluh kewalahan dan sibuk di tempat kerja. Setelah bekerja seharian, memang menakjubkan sekali saat seseorang masih memiliki tenaga untuk melakukan banyak hal lainnya.

Ada beberapa cara untuk mengeliminasi stres yang disampaikan Melnick melalui situs forbes.com :
  1. Bertindak secara nyata daripada sekedar bereaksi. Kita akan mengalami stres saat merasa semua hal di luar kendali kita. Memang segala hal tidak bisa sempurna, kawan. Daripada stres berkepanjangan dan kehilangan rasa percaya diri, lebih baik identifikasi situasi yang ada dan kerjakan semampunya saja. Try to let go the rest.
  2. Tarik nafas panjang. Saat merasa kewalahan ataupun mengalami ketegangan luar biasa di tempat kerja, bisa dicoba untuk menarik nafas selama lima detik, tahan dan buang napas dalam jumlah yang sama melalui hidung. Ini bakalan serasa seperti yoga dan bisa memberikan ketenangan maupun mengembalikan fokus yang sempat hilang gegara stres.
  3. Menghilangkan gangguan. Saat beban kerja terus membombardir kita, tentu saja tak bisa secara ajaib beban kerja itu hilang begitu saja. Tetap harus kita tetapkan prioritas mana yang perlu kita lakukan terlebih dahulu untuk mengatasi masalah kerja. Yang email lah, telepon penting lah, deadline, panggilan bos, harus ketemu dengan pejabat dari instansi terkait, nggak mungkin dong ya semuanya kita selesaikan sekaligus.
  4. Mengatur energi dan fokus kerja. Banyak yang berpikir kalau sudah bekerja maksimal sepanjang jam kantor, maka pekerjaan akan lebih cepat selesai. Padahal apa yang terjadi? Habis itu udah lemes banget nggak punya waktu untuk keluarga. Cobalah selingi waktu kerjamu dengan sedikit berjalan-jalan, stretching di kubikel ataupun melakukan latihan pernafasan. Setelah 90 menit berkonsentrasi dalam pekerjaan, ambilah sedikit waktu untuk selingan ringan, maka kita bisa mengurangi tumpukan stres dan menyegarkan diri kembali.
  5. Mengatur pola makan dan istirahat dengan benar.
  6. Mendinginkan pikiran dengan cepat. Saat tersulut amarah, cobalah untuk menarik napas melalui mulut seperti saat menyedot minuman melalui sedotan. Lalu keluarkan napas secara normal melalui hidung. Dengan melakukan hal ini, kita semacam menekan tombol Pause dalam mekanisme marah kita. 

kurang tinggi mpok tumpukan file-nya

Masih ada beberapa cara lainnya sih, tapi coba deh praktekin keenam langkah awal seperti di atas, semoga saja bisa membantu meredam stres yang teman-teman alami ya di tempat kerja.


Selain cara-cara di atas tadi, ada lagi kah cara yang menyenangkan untuk mengusir stres di kantor?


Stress Healing dengan Musik

Dalam keseharian hampir nggak pernah aku lepas dari musik. Saat bosan, lelah, jengkel ataupun sekedar ingin relaks, paling gampang ya dengerin musik saja. Beda mood bakalan beda juga jenis musik yang pengin didengerin.

Entah ya kalau dengan pilihan teman-teman, jika amarah sedang memuncak dan pilihan untuk meluapkannya kepada orang lain terasa amat buruk, lagu-lagu dengan genre menghentak bakalan menjadi pilihan pertamaku. Ndengerin jedak-jeduk dan jegar-jeger gitu beneran bisa menenggelamkan hasrat untuk meledak-ledak pada orang. Aneh kah? Enggak kan yaaa 😃

Beda lagi kalau sedang kalem meski stres dengan urusan pekerjaan. Musik lembut a la Jazzy Tunes atau pop Indonesia gitu pas banget deh disetel untuk menemani suasana.

Pada suka update musik dimana sih teman-teman?

Kalau aku nih ya, karena menggunakan provider jaringan Telkomsel maka aku bisa mendapatkan rejeki menikmati musik tanpa batas melalui aplikasi Langit Musik. Udah pada tau kan ya aplikasi oke yang satu ini? *kemane aje lu kagak tau 😁

Buat yang belum punya aplikasi ini di smartphonenya, buruan gih sana instal dulu. Beneran enggak rugi loohh... Buanyaaaakkk sekali koleksi lagu yang bisa kita streaming maupun kita simpan untuk didengarkan nanti secara offline (khusus yang premium).

Untuk yang menggunakan smartphone berbasis android, bisa loh langsung ke playstore dan pasang aplikasi yang satu ini :



Untuk membuka aplikasi ini juga gak susah-susah amat, cukup masukkan nomor telepon genggammu, dan tadaaaaa.... beraneka musik asyik sudah siap dalam genggaman


Gampang banget lah saat ingin kembali menyegarkan diri di antara penatnya waktu kerja dengan cara yang satu ini. Cukup colokin headset ke smartphone dan dengarkan lagu-lagu kesukaan sepenuh hati. Iya loh, enakan dengerin secara egois gini, soalnya kalau disetel dengan volume tinggi tanpa headset bakalan dipelototin seluruh penjuru mata angin kaaaan...




Yang asyik dari aplikasi menikmati musik yang satu ini nih, dia punya pilihan yang didasarkan pada mood kita saat itu. Keren dan pengertian banget yak. Lihat gambar di atas, ada beberapa pilihan sesuai mood kita saat itu : energetic, chill, falling in love, gloomy, love drama, family time, mixed emotion, harus putus (oh tidaaaakk...) dan lagi labil.

Saat aku pilih yang Energetic, Langit Musik bakalan kasih beberapa pilihan lagi loh.



Tu kaaann... ada yang Office Hour loh. Lagu-lagu di kategori ini asyik-asyik. Cocok sekali sebagai teman di kala tumpukan kerja masih menggunung dan ancaman stres terasa menghadang.




Menu yang disajikan oleh Langit Musik gampang banget lah dipahami. Kita tinggal klak-klik saja aneka fitur yang ada di halaman depan. Yang ini loh teman :




JELAJAH. Melalui pilihan fitur yang satu ini kita dengan asyik bisa mencari lagu kesukaan kita dari genre tertentu. Emangnya bakalan selalu ada di Langit Musik lagu kesukaan kita? Eheumm... di Langit Musik ada sekitar enam jutaan lagu ya. Masak sih dari segitu banyaknya ga ada lagu kesukaan kita? Emang suka lagu apaan, lagu alien gituh? 😀

TRENDING. Yang ini beneran keren loh, saat buka fitur trending aku tergoda untuk menjelajahi satu persatu lagu apa saja yang sedang nge-trend di berbagai propinsi di Indonesia. Ini salah satunya :


Tiap-tiap lingkaran warna-warni itu mewakili propinsi yang ada di Nusantara. Coba deh teman-teman klik satu-satu kalau ingin tau lagu apa yang sedang digemari di propinsi tertentu.

LAGUKU.  Setiap orang tentunya memiliki lagu kesukaan yang biasanya enggak bosan diputer-puter melulu. Misalnya nih kayak aku yang gemar banget ndengerin lagu-lagunya Marcel dan RAN, ya playlistku bakalan penuh dengan lagu-lagu berjudul Sisa Semalam, Setia, Demi Waktu, Maaf, Dekat di Hati, Hari Baru, Salah Tingkah, dan masih seabrek lah lagu-lagu mereka yang sering bikin daku melow yellow 💕

PEMBERITAHUAN. Melalui fitur yang satu ini kita bakalan dikasih tau lho oleh Langit Musik saat ada lagu-lagu baru. Kita juga bisa intip playlist teman-teman kita yang menggunakan aplikasi ini. Promo-promo asyik dari penyanyi favorit bakalan gak pernah lewat deh dari pantauan kita dengan fitur keempat ini.


Sampai saat ini jurus menikmati Langit Musik di tengah-tengah gelombang kerja masih ampuh banget buat aku yang pada dasarnya punya temperamen tinggi. Saat inhale exhale seperti trik Melnick di atas tak cukup kuat membendung badai hati, udah ga usah panik berkelanjutan, tinggal samber aja smartphone di meja. Pasang earphone dan duduk tenang di tempat, nikmati deh alunan musik yang bakalan meredakan suasana hati yang tak menentu saat itu.



Teman-teman ada pengalaman juga kah soal manajemen stres di tempat kerja? Bagi-bagi dong tipsnya, kalik aja bisa kujadikan referensi selain cara-cara yang sudah kulakukan ini.



http://www.langitmusik.co.id/promo_detail/314

29 comments:

  1. Stress kerja? Sering banget. Haha. Biasanya kalau udah stress dipuncak saya memilih keluar zona kerja. Jalan-jalan ke wisata terdekat buat ngadem isi kepala. Kalau waktu terlalu mepet deadline, terpaksa jalan-jalan di sekitar kantor aja. Haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener juga ya neng, jalan2 yg deket2 aja yg penting enggak ngeliat bos ajah ya :D

      Delete
  2. Serem kalo mbak uniek lagi stress bisa patahkan sesuatu.. *nyelem

    Untunglah ada aku *

    ReplyDelete
    Replies
    1. Serem kalo mbak uniek lagi stress bisa patahkan sesuatu.. *nyelem

      Untunglah ada aku yang datang *mimi peri wakakka..

      Keburu pencet publish komennya hahaha

      Delete
    2. Sini siniii Koh Deddy aku patah2in :))

      Delete
  3. Bisa stres juga Mak? Bukannya stres males ya ke Mak Uniek. Biasanya Didi Kempot dan Mantos ae nggaya tenin pakai jazzy, haha. Tapi emang bener kok. Musik bisa bikin rileks. Pas ide ga ada, bisa jadi inspirasi. Hati adem apalagi nostalgia uhuk. Itu ada fitur trending asyik juga ya jadi tahu selera khalayak...

    ReplyDelete
  4. Aku kalo streess juga suka dengerin musik mbak. Bukan krena kerjaan tapi.. Kalo kakak dan adik rewel .. Hehhee

    ReplyDelete
  5. Bener juga mbak Niek, kalo lagi stress, lagi nulis, lagi galau paling asik dengerin lagu2 favorit deh. Bikin playlist, pasang headset..

    ReplyDelete
  6. Bener banget pernah ngerasain juga yang paragraf pertama itu 😀
    Bener mending dengin musik aja ya, wah selaman ini dengerin lagu di hp yang udah disave ama youtube kadang, lagu korea ama indo yang ngehits, kapan-kapan nyobain langit musik juga ah 😁

    ReplyDelete
  7. Belum pernah coba aplikasi ini. Biasanya download dulu baru didengerin biar irit kuota. Xixi

    ReplyDelete
  8. Setuju musik memang bisa jd obat stres aku jg klo dikampua lg banyak kerjaan disambi dengerin musik biar ga mumrt

    ReplyDelete
  9. Kalo aku suka banget dengerin musik kalo pas lagi lari pagi...

    ReplyDelete
  10. Aku dengerin musik kalo ngetik hehe, soalnya kalo sambil nonton, bisa bubarrr..

    ReplyDelete
  11. Aku juga udah instal nih langit musik. Drpada dgrin lagu lwt youtube kuota inetnya buoros.

    ReplyDelete
  12. Aku malah gagal fokus baca komennya Mas Deddy Huang, beneran ya Mba Uniek klo lg stress bisa mematahkan sst...? 😂😂 buru2 sumpel earphone. Aku dengerin musik cuma klonpas nulis panjang, gatau kenapa klo lg stress di tempat kerja, musik malah bikin tambah rudet. Tfs mbaa...nanti kuinstal langit musik buat temen nulis

    ReplyDelete
  13. Wahhh lagunya kayak pilihan di fd paksuami, qiqiqiii. Eh anakku sih yg pilihin, tapi demgan rekomendasiku dan bapaknya. Eh kalo langit musik sih aku udah lama pasang di hape, mayan buat penghilang stres emang

    ReplyDelete
  14. Akhirnya, bisa komen juga...:))

    Noted, bakal instal Langit Musik deh buat momen butuh musik pas berburu deadline.

    ReplyDelete
  15. dengerin musik sambil kerja emang ngebantu banget bikin mood bagus.
    Langit Musik memang ajib

    ReplyDelete
  16. Buka langit musik dan pilih lagu random. Lumayan buat hilangin setres

    ReplyDelete
  17. Playlistmu melo2 Mbak. Pilih yg ngerock sekali2. Dulu di kantor malah nyanyi bareng2 hahaha

    ReplyDelete
  18. Aku pun kalau udah pusiiiing harus denger musik yang asyik! Ini LM banyak pilihannya yaaa mba

    ReplyDelete
  19. Aku klo dengerin musik mlah pas lg seneng atau sedih mba, klo stress dengerin yg bising mlah bkin ngamuk, kudu dtmpat sunyi hihihi
    Itu aplikasi langitmusik sepertinya seru, apalagi aku pke tsel jg, jd mau cobaain

    ReplyDelete
  20. Samaan banget sama aku dulu. Apalagi pas kerjaan numpuk terus ga ada yang bantuin. Emang paling enak tutup kuping pake headset nyetel musik biar ga keganggu sama temen kantor. Lagu andalan dulu Coldplay sama Ariana grande. Mampir ke postinganku juga ya mba..Makasih ��

    ReplyDelete
  21. Banyaaaak pengalaman, Sist. Dan musik memang dapat menetralisir kemumetan cemod-cemoood. *eyd please* Pankapan karokekan pakai palikasi Langit Musik yuuuks. :D

    ReplyDelete
  22. Musik membawa Cakrawala kita pada dunia yang solutif,.
    Tapi terkadang jadi bawa perasaan sih ... wkwkwkwk

    ReplyDelete
  23. Dulu klo stress di tmpat kerja malah sampai lupa makan, padahal jadi makin buruk ya kondisinya.
    Klo dulu mau nyetel lagu kudu donlot dulu, skrg dengerin lagu online aja udah lengkap banget 😍

    ReplyDelete
  24. Aku biasanya malah pasang musik yang keras biar adrenaline terpacu dan kerja jadi lebih semangat. Kalau yang lembut, malah jadi ngantuk dan bawaannya mapan ke kasur. Maklum kerjanya di kamar tidur :D

    ReplyDelete
  25. Aku kalo stress larinya kok ke makanan ya, Mbak? Makanya jadi bengkak gini badanku. wkwkwkwkwk Kalo pas dinsekolah langsung lari ke warung bakso. Makan bakso yg pedas sampe keringetan. Hooo...stress ku hilang.

    ReplyDelete
  26. Musik memang bisa membawa paerasaan untuk lebih nyaman. Kalau aku kurang suka musik jedak jedug, Mbak. Malah pernah ketakutan kalau ngedengerin musik dengan bass yang kenceng. Nah, sekarang lebih banyak dengerin musik dnefgan irama country, gak tahu kenapa...ada ya di Langit Musik? aku mau coba cari di situ..

    ReplyDelete