06 June 2017

What's Wrong with Monday?



I hate Monday...

Sering banget kan ya kita dengar desahan kalbu yang menjeritkan hal ini. Abis enak-enaknya liburan, pelesiran, gegoleran manja dan ngadem selama week end, eeehh... kudu ketemu sama Monday yang penuh dengan jadwal bertumpuk-tumpuk.

Ada apa sih sebenarnya di balik misteri Senin ini? Banyak orang yang terbangun di Senin pagi dan merasakan lemas tak bersemangat saat harus memulai aktivitas. Padahal biasanya di hari tersebut agenda pekerjaan sudah berjejal-jejal untuk segera dilakukan.

Bisa jadi pas hari Jumatnya ada banyak pending-an tugas yang belum diselesaikan. Jadi secara otomatis kita udah parno duluan mau berangkat kerja. Ada beberapa hal yang berkaitan dengan jargon I Hate Monday ini, coba cek deh... sobat blogger ngerasa mana yang mewakili diri :
  • Bangun di Senin pagi dengan badan terasa lelah dan letih, padahal udah tidur nyenyak semaleman. Coba deh bandingin dengan orang yang jalan-jalan atau mendaki gunung itu, meski badan payah dan kaki udah kayak mau lepas dari badan, tetap aja setiap bangun pagi langsung excited mau melanjutkan perjalanan. Kenapa bisa begitu??
  • Kurang persiapan menghadapi Senin yang sibuk. 
  • I hate Monday because everyone else hates it too. Gubraaakk... 
  • Merasa tidak menyukai pekerjaan yang harus dilakukan di hari Senin. 
  • Tidak nyaman dengan orang-orang yang bekerja bersama kita selama ini.
  • Persepsi di dalam pikiran kita bahwa Senin itu saatnya memulai lagi dari awal, pheeww..

Gimana, adakah yang mewakili dirimu saat menghadapi Senin, sobat?

Enggak munafik sih, aku pun sering banget menghadapi hal seperti ini. Apalagi kalau pas di kantor gajian telat tapi bos rajin banget instruksi ini itu. Daaaarrr... penginnya liburan mulu enggak usah masuk kerja aja hahahaaa... Atau pas Senin ada instansi terkait yang mau melakukan surveilance dan data yang kubuat belum selesai. Mateeekkk.... tenan 😓

Akhirnya tetap harus kembali pada kenyataan hidup, situasi psikologis seperti ini harus diatasi. Meski selalu ada jiwa bocah di dalam diri kita, tetap bagaimana pun problema I hate Monday ini harus diatasi.

Gampang kah mengatasi kebencian kita akan datangnya hari Senin?


Yes, I Love Monday

Baca-baca di beberapa situs, aku sempat terpekur lama di pembahasan personal growth & fulfillment di prevention.com. Di sana dituliskan bahwa setelah menjalani hari Minggu yang indah, tidak dikejar-kejar email dari customer, bangun siang, sarapan kesiangan, rasanya begitu ngebayangin Senin mau tiba itu seperti mimpi buruk.

Ada beberapa tips yang bisa dicoba supaya Seninmu bagaikan extended weekend. Yaahh...kalau enggak bisa begitu, paling tidak hari Senin tidak bikin tertekan lah :


  1. Memulai hari dengan berbagi kebaikan kecil. Bisa banget loh pas hari Minggu ngeliat ada pernak-pernik lucu trus kita kepikiran : ini kayaknya kalau dipake teman seruanganku bakalan cantik deh. Apalagi kalau bisa kembaran, iiihh seruuuu... Nah, yang sepele-sepele model begini lumayan loh dijadikan mood booster. Melakukan tindakan yang baik ampuh banget digunakan untuk mengurangi stres. Kita kan jadi hepi tuh...
  2. Janjian makan siang dengan teman. Kalau biasanya doyan ngebekel, sekali-sekali lah cheating 😀 Sekedar ngebakso atau ngemie ayam udah asyik banget kalau dilakukan sembari rumpiin ini itu dengan teman baik kita.
  3. Berjemur diri di sinar matahari pagi, paling tidak 15 menit, uwwggghhh... selain mengumpulkan vitamin D ke dalam tubuh, kadar serotonin kita bakalan meningkat. Si serotonin inilah yang berpengaruh pada mood kita.
  4. Memakai sesuatu yang baru di hari Senin. Yeaayyy... akhirnya enggak itu lagi ituuuu lagi yang kita pakai. Sekedar cardigan baru harga seratus ribuan udah bikin kadar pede menggelegak, yakin banget kalau kita cantik pakai barang baru ini. 
  5. Mencoba teknik dandan yang berbeda. Kayak aku nih yang biasanya cuma pake bedak, pensil alis dan lipstik. Beneran lagi pengin banget pake eyeliner. Tapi kudu belajar dulu nih biar enggak beleber kesana kemari 😃
  6. Sarapan dengan sesuatu yang anti mainstream. Misal punya sisa es krim di freezer, bisa tuh embat. Udaah...singkirin aja pikiran kalau nanti pilek. Yang penting happy lah jilat-jilat es krim kesukaan kita sebelum berangkat kerja. Batuk pilek kan udah ada obatnya hahahaaa... Atau punya sisa cake coklat yang lumeran coklatnya bikin kita girang banget. Ikuti aja aturan hidup 80/20 : 80% makan sehat, 20% makan untuk bersenang-senang. Sesekali ora po po to? 
  7. Belanja online dengan jadwal yang tepat. Kalau bisa pas hari Jumat barangnya sudah terkirim. Kenapa harus begitu??  Ya iyalaaahh... kita kan mau pake barang tersebut di hari Senin. Hurrayyy... I love Monday 😍💖


Niiih... kalau terima paket beginian di hari Jumat, udah deehh... bakalan week end terasa ceria dan siap banget ngadepin Senin, se-hectic apapun ntar urusannya. Sesekali aku belanja baju, sepatu, bahkan buku jika kadar stress sudah menuju puncak. Printilan beginian ini ampuh banget melegakan jiwa.

Hahaayyy...thanks ya pak kurir JNE yang baik hati, yang udah apal saja alamatku meski kadang ada pengirim yang kurang lengkap nulis alamatnya. Bisa kerja dengan penuh dedikasi begitu rahasianya apa sih paaaakkk??




Program "I Love Monday" di JNE

Enggak nyangka loh kalau perusahaan sebesar JNE memperhatikan kesejahteraan karyawan sampai di tataran psikologis. Sejak April 2017 lalu JNE menjalankan program khusus bernama "I Love Monday", yaitu penerapan casual dress code bagi karyawan back office.


Bp. M. Feriadi, Presiden Direktur JNE ~ sumber foto : Yahdi Yandika

Menurut Presiden Direktur JNE Bp. M. Feriadi, berkaitan dengan penerapan "I Love Monday" ini, setiap hari Senin karyawan back office bebas mengenakan pakaian casual dan mengekspresikan karakter diri masing-masing sesuai etika dan norma perusahaan. Hal ini menjadi langkah sederhana namun efektif dalam menambah keceriaan suasana kantor dan kenyamanan dalam aktifitas bekerja.

Sebagian besar karyawan JNE adalah anak muda yang termasuk generasi millenial. Jiwa-jiwa muda inilah yang harus terus dijaga semangat kerjanya. Apalagi tren millenial memang turut mengubah kebisaan daam aktifitas pengiriman paket yang dilakukan oleh masyarakat secara umum. Bisa dilihat dong, lima sampai sepuluh tahun yang lalu pengiriman paket melalui JNE didominasi oleh pengiriman yang bersifat pribadi. Saat ini aktifitas kirim-kiriman paket telah menjadi bagian dari hidup setiap orang karena maraknya e-commerce yang menyentuh hampir seluruh jenis produk yang dikonsumi masyarakat untuk aneka keperluan.

Berbagai perubahan budaya dan kebiasaan yang terjadi menuntut kita untuk lebih kreatif dalam menciptakan karya terbaik di bidang masing-masing. Untuk itu pengembangan dan inovasi tidak hanya dilakukan dalam hal-hal besar saja, hal-hal kecil seperti menciptakan suasana lingkungan yang nyaman dan ceria juga perlu.

staff JNE yang sumringah menyambut hari Senin ~ sumber foto : Yahdi Yandika

Terbukti loh dengan penerapan casual dress code setiap hari Senin ini, antusiasme karyawan sangat tinggi dan karyawan JNE di cabang pun turut meminta program "I Love Monday" ini juga diberlakukan di seluruh Indonesia. Bahkan beberapa karyawan sampai beli baju baru loh agar penampilannya maksimal di awal pekan.

Tuuuhh... sama kan dengan teori yang kusampaikan di atas tadi. Menggunakan sesuatu yang baru di hari Senin itu mood booster bangeeettt.... Apalagi kalau di hari Senin aku bisa pamer gadget baru yang habis aku unboxing ini, uwooowww....


Semangat banget berangkat kerja ditemani gawai baru yang dikirim pake #kotakkayu via JNE, yeaaayyy...

Sudahkah kamu menerapkan I Love Monday juga dalam keseharianmu, teman? Pernah syebel kah sama hari Senin? Kalau iya, bisa share loh tips yang berbeda yang mungkin teman-teman lakukan dalam mensiasati problem I hate Monday.

Selamat berkarya....

13 comments:

  1. Mantap tipsnya.
    Semoga bisa suka ama senin deh dengan program ini.

    ReplyDelete
  2. Alasan saya yang kedua terakhir mbak. Cara ngatasi nya dengan cara no 4. Kadang bukan sesuatu yang baru sih, tapi mix and match outfit yang ada aja.. Tapi tetep hate monday. Hahaha

    www.theamazingjasmi.com

    ReplyDelete
  3. Wah tipsnya cocok bgt nih buatku mbak, aku selalu susah membangun mood di hari Senin

    ReplyDelete
  4. Memakai sepatu di harii Sein bisa juga nih Mbak. Buat aku yang hampir nggak pernah pake sepatu. Bikin suasana baru tentunya :)

    ReplyDelete
  5. Pakai blus kesukaan yang gonjreng warnanya, mbak. Bikin semangat tuh pastinya :D

    ReplyDelete
  6. klo waktu saya kerja dulu, semua tipsnya dah pernah saya coba semua, dan lumayan berhasil, tp yg paling bikin "I love monday" itu kalo pas hari seninnya gajian hehehe

    ReplyDelete
  7. I hate monday karena weekend biasanya ga kemana2..huhuhu

    ReplyDelete
  8. I love Monday juga mbaaa.. tapi sebelnya karena suka buru-buruuu aja hehehe

    ReplyDelete
  9. makasih tipsnya, butuh semangat ekstra saat alarm jam bunyi buat bangun

    ReplyDelete
  10. i love monday, karena anak saya setiap senin bahagia sekali kalau hari senin, waktunya sekolah dan menjadi KM katanya

    ReplyDelete
  11. iya biasanya memang ada penyebabnya. Waktu saya masih ngantor, suasananya tuh enak banget. Jadi gak ada istilah I hate Monday. Malah selalu semangat buat ngantor :)

    ReplyDelete
  12. emang mngawali kerja setelah libur agak gimana gitu ... males :)

    ReplyDelete
  13. perlu dicoba nih yang online shopping pas weekendnya 😬

    ReplyDelete