07 June 2017

Mengapa Perempuan Belanja Lebih Banyak dibandingkan Laki-laki?



Mau dooonggg yang sepatu merah itu. Lucuk. 

Suka denger celotehan ciwi-ciwi atau mahmud kalau pas mantengin etalase? Baik itu etalase toko offline maupun online nih. Kata sakral LUCUK itu tadi udah jadi garansi kalau sebentar lagi 'keranjang belanja' bakalan terisi barang tersebut.

Denger-denger sih cowok suka kezeeell banget kalau cewek udah nunjuk-nunjuk barang dan bilang 'lucuk'. Mau belanja atau mau nonton lawak kok pilih yang lucu? 😁😂


Beb, kamu itu sudah punya banyak sepatu, masih mau belanja lagi?

Tapi kan yang merah itu belum punya, Ay.....


Nah, pasti banyak kan pasangan di muka bumi yang kayak si Beb dan Ay ini. Beb udah punya banyaaakk aja sepatu berjajar-jajar ibarat Imelda Marcos jaman dahulu. Teteeeep aja masih pengin beli sepatu lagi karena model dan motifnya tidak sama dengan yang sudah dimiliki. Ya kalau mau diturutin semua model dimiliki, bisa-bisa toko sepatunya dibeli juga nih sekalian 😜

Sebenarnya mengapa perempuan belanja lebih banyak dibandingkan laki-laki?

Buat aku pribadi, belanja memang terasa amat menyenangkan. Sekedar beli teh ke minimarket sebelah aja udah girang. Apalagi kalau bisa belanja-belanji fashion, surgaaaa banget rasanya. Tapi teman-teman tau nggak sih sebenarnya ada apa di balik perilaku perempuan yang gemar berbelanja ini? Sempat intip-intip di situs forbes.com kalau sebenarnya ada alasan nyata mengapa perempuan belanja lebih banyak dibandingkan laki-laki.

Dalam kehidupan sehari-hari, perempuan terbiasa mengurus berbagai macam hal, baik itu kaitannya dengan keluarga, teman maupun rekanan bisnis. Perempuan seringkali harus memikirkan urusan belanja ini itu untuk putra-putrinya, suaminya, orang tuanya, bahkan untuk kenalan baiknya.

Pernah tau kah ada cewek yang rempong banget saat mikirin kado ultah untuk pacarnya. Apa yang bakalan disukai oleh doi? Misalnya mau kado baju, motif dan warna apa ya yang bakalan jadi favoritnya? Trus kira-kira ntar ngebungkusnya gimana biar yg dikadoin seneng? Perlu pake kartu ucapan bentuk 💓💗 kah?

Seserius itukah perempuan berbelanja?

Iyaps... mungkin para penjual online, toko-toko baju dan sepatu, ataupun perusahaan pembuat kartu ucapan bakalan gulung tikar deh kalau tak ada perempuan yang seserius itu memikirkan soal belanja. Tak hanya beli untuk pacar ya, yang mamah-mamah pun selain mikirin dirinya sendiri juga hobi banget rempong belanja untuk orang-orang terkasihnya.


belanja bareng si sulung yang udah mulai gadis asyik nih kayaknya 😍


Apalagi kayak aku nih yang jaraaaaanggg banget bisa ketemu dengan putri sulungku yang saat ini masih ada di asrama. Udah ngebayangin aja dia di sana pake baju seadanya, yang ga bisa modis-modis amat karena ada aturan baku berbusana. Jelang lebaran gini tentu saja rasanya hectic banget mempersiapkan belanja fashion untuk si cantik soleha satu ini.

Enggak ada kebiasaan khusus soal baju lebaran sih. Beberapa tahun sebelumnya juga enggak mewajibkan diri untuk membeli baju lebaran untuk suami, anak-anak dan diri sendiri. Palingan kalau pas ada yang menarik dan kebetulan ada rejeki berlebih, suka ngintipin macam-macam baju lebaran di berbagai e-commerce. Tiap Ramadhan dan lebaran pasti ada berbagai promo yang menarik. Sekalian update tren fashion lah biar tidak ketinggalan *meski belum tentu pakai juga 😀

Jadi gitu ya man-teman, kecenderungan perempuan berbelanja memang bakalan lebih banyak dibandingin laki-laki. Perempuan senang sekali menghabiskan waktu windows shopping sebelum mengeksekusi belanjaannya. Banyak pertimbangan yang melintas di kepalanya setiap kali hasrat berbelanja muncul. Entar suamiku suka nggak ya baju yang ini? Anak gadisku bakalan gembira kah kalau dibelikan baju muslim baru untuk lebaran ini? Si bungsu keren kah kalau pakai setelan baju koko ini? Dan seterusnya....dan seterusnya....

Aktivitas ini tidak jarang menjadi hal melegakan sekali bagi perempuan. Dibandingin cuma termenung-menung saja membayangkan baju lebaran, tentu rasaya lebih afdol segera online dan berburu kebutuhan lebaran. Udah jadi ibu yang paling mulia deh rasanya kalau seluruh anggota keluarga happy berkat belanjaan ibu yang tepat pilihannya. Ya kan ya kaaaann....

Teman-teman punya pendapat sendiri soal kecenderungan perempuan berbelanja ini? Ayo sini share dooonkk... makasih ya.

31 comments:

  1. perempuan doyan belanja. Perempuan buanyak banget kebutuhannya mulai dari atas ke bawah. Pria lebih simple, mebi itu mbaaak. Akupun pernah ternganga, kok abis banyak, sedangkan pas belanja kebutuhan pakaian suami.. kok dikit? etapi utk jumlah kadang pria lebih banyak loooh

    ReplyDelete
  2. Perempuan emang nggak bisa dipisahkan dari belanja. Udah terlahir jadi tukang pembelanja deh kayaknya, hahaha

    ReplyDelete
  3. Iya ya, dimana2 perempuan selalu identik dengan belanja. ^_^ Belanja online skrg memudahkan sekali buat perempuan, anti pegel.

    ReplyDelete
  4. Mamaku banget ni mbak bahkan sampe anak2nya gede gini kalo pas beliau jalan ke mall pasti deh smua dibeliin sak cucu2nya

    ReplyDelete
  5. Perempuan suka belanja ? Ya, aku banget. Karena memang banyak kebutuhannya. Gak cuma buat sendiri tapi anggota keluarga. Mulai dr urusan perut sampai pakaian hehehe

    ReplyDelete
  6. menurut saya salah satu alasannya karena perempuan juga menyukai hal hal yang baru jg mba, dan senang memperbaiki (mengganti dgn yg lebih baik) atau saya aja yg begitu kali yah :D

    ReplyDelete
  7. pas banget aku suka banget window shopping dulu sebelum akhirnya milih barang yg dibeli harus puas dulu banding2an kualitas n harga barulah klo dh cocok harga n kualitas gercep belanjanya hahaha

    ReplyDelete
  8. Perempuan memang suka belanja, apalagi kalo ada diskonan.
    Nggak melulu soal fashion, perempuan juga belanja kebutuhan rumah tangga, jadi pasti lebih banyak deh belanjaan perempuan dibanding laki-laki :)

    ReplyDelete
  9. Ahhh pengen belanjaa, THR mana THR..

    ReplyDelete
  10. Aku gak suka belanja sih Mbak. Tapi kalau adayang nyuruh atau maksa kudu belanja yaudah ngalah deh ikut belanja juga haha.

    ReplyDelete
  11. Iya banget...kata LUCUK itu memang matra cewe.hahaha

    ReplyDelete
  12. Aku pun punya pertanyaan yang samaaa hahahaha. Kadang nelanja karena pengen, bukan karena butuh #tutupmuka. Tapi shopping memang relaxing buat aku mba! Walaupun dalam hati kadang suka ngerasa dosa hehehe

    ReplyDelete
  13. Pasti itu mah, kalau perempuan mah baju di rumah bisa 2 lemari, lelaki cukup 1 lemari, sepatu perempuan mah satu rak penuh, lelaki mah cuma sederet, tas pun perempuan 2 tempat tas, lelaki bisa cukup 2 atau 3 tas 😁

    ReplyDelete
  14. Sudah kodratnya perempuan banyak belanja, karena dia pegang uang buat beli2 kebutuhan rumah tangga. Nggak hanya baju, semua kebutuhan keluarga dia yang belanja.

    Belanja online anti lemes. Ayo belanja pake jari :D

    ReplyDelete
  15. Karena belanja bikin permepuan bahagia. Kalau perempuan (baca: istri) bahagia, nanti keluarga juga bahagia :D

    ReplyDelete
  16. itulah perempuan, demi belanja dan nemu harga yang sesuai keluar masuk mall/toko2 baju juga dijabanin...*elus2 dengkul yang makin senut2

    ReplyDelete
  17. wkwkwkwk aku sering biaaaanget mbk pas nganter si anu, dia bilang lucuk, kadang pengen emosi kadang pengen ketawa ngedengerinya, hehehe.

    Menurutku sih emng wanita lebih suka belanja dibanding laki-laki, barang-banrangnyapun banyak wanita, lihat aja mau pergi aja dari senin sampai minngu setelannya ganti-ganti, tas, sepatu selalu ganti.

    Coba lihat yang laki-laki (aku) dari senin sampai minggu setelannya itu aja, sepatu yang dipakai juga cuma itu-itu aja, bukannya ga punya ganti, cz males gonta ganti mbk hihhihi (curhat)

    ReplyDelete
  18. Aku kok ya ikut membayangkan belanja2 sama Yasmin. Uuuh, asyik bangett ang belanja2 gini. Perempuan lebih suka belanja karena udah kodratnya buat belanja. Wkwkwk

    ReplyDelete
  19. Duh jd pingin beli baju lebaran nih, mau keluar buat belanja biar bs milih n coba lgsung sbnernya, tp akhir2 ini lg gk sehat. Online aja pa yaa

    ReplyDelete
  20. Di rumah yang sepatutnya paling banyak aku sama Salma ;)
    Pas banget lagi intip2 nyari baju lebaran

    ReplyDelete
  21. Perempuan dr ujung kaki sampai rambut itu dipikirin. Wajar sih kalau belanja ini itu kaya pernik kecil jepit misalnya. Kalau cowok lbh simple. Mungkin seperti itu

    ReplyDelete
  22. Saya belanja apa saja gak bisa cepet, ada pertimbangan ini itu, siapa tahu lbh murah, bahan bagus hehehe

    Begitulah kalau perempuan belanja

    ReplyDelete
  23. Aku senangnya window shopping dulu kalau ada yang cocok dan sreg banget dihati baru dibeli hihi

    ReplyDelete
  24. Aku ngerasain ini banget kalo lagi jalan sama temen cewe akuuuhhh, banyak maunya diaaa XD

    ReplyDelete
  25. suka banget belanja, apalagi kalau dikasih segepok untuk segera dihabisin.. *mana nih yang segepoknya... xixiix

    ReplyDelete
  26. Perempuan mana yang tidak suka belanja, semuanya pasti seneng kalau udah diajak belanja ya.

    ReplyDelete
  27. Hihihi... iya banget, semua perempuan kayaknya emang suka belanja. Apalagi yang dskon-diskon atau murah-murah. Udah deh kalap. Yang gak butuh pun kalo murah pasti beli. :D

    ReplyDelete
  28. emang perempuan nggak bisa dipisahkan dari yg namanya belanja

    ReplyDelete
  29. kayaknya emang udah dari sananya ya mbak, hihihi, jadi malu...

    ReplyDelete
  30. sudah dari sananya bu kalo wanita memang suka belanja barang-barang

    ReplyDelete
  31. Aku doyan belanja produk bahus tapi kl bisa ada diskonny hehehe rasanya puas kl gt. Apalagi bateng anak2 eh jadinya buat diri sendiri ga beli ��

    ReplyDelete