18 Juni 2017

Sido Muncul Mudik Gratis 2017



Bicara tentang “Mudik Gratis”, masyarakat pasti sudah paham banget dengan siapa penggagas event ini. Sido Muncul merupakan pelopor Mudik Gratis sejak tahun 1991. Seperti tahun-tahun sebelumnya, Sabtu 17 Juni 2017 PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul, Tbk kembali menyelenggarakan Mudik Gratis bagi para pedagang jamu se-Jabodetabek. 

Pada penyelenggaraan mudik ke-28 kalinya ini, Sido Muncul akan memberangkatkan 15.000 pemudik menggunakan dengan 260 bus ke tujuh kota tujuan, yaitu Cirebon, Kuningan, Tegal, Banjarnegara, Solo, Wonogiri, dan Jogjakarta. Sebanyak 160 bus akan diberangkatkan dari area Museum Purna Bhakti Pertiwi, Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta Timur dan bus lainnya akan diberangkatkan dari Sukabumi, Bandung, Tangerang, Cilegon, Serang, Cikampek, Bogor, dan Cibinong.



Para pemudik yang diberangkatkan dari Jakarta akan dilepas oleh Gubernur Provinsi DKI Jakarta Drs. H. Djarot Saiful Hidayat, M.S, Direktur Angkutan dan Multimoda Cucu Mulyana, Kepala Korps Lalu Lintas Pertahana Irjen. Pol. Drs. Royke Lumowa, M.M., Kepala BPOM RI Dr. Ir. Penny K. Lukito, MCP, Kepala Deputi Bidang Pengawasan Obat Tradisional, Kosmetik, dan Produk Komplemen BPOM RI Drs. Ondri Dwi Sampurno, M.Si., Apt., Walikota Kota Administrasi Jakarta Timur Drs. Bambang Musyarawdana, M.Si, Keluarga Proklamator RI Bung Hatta, Direktur Utama PT Sido Muncul, Tbk Jonatha Sofjan Hidajat, dan Direktur PT Sido Muncul, Tbk Irwan Hidayat. 

Pada kesempatan yang sama, Sido Muncul mendapatkan penghargaan dari Polda Metro Jaya sebagai penyelenggara mudik secara “AKSEL” (Asyik, Aman, dan Selamat). Penghargaan diserahkan oleh Kepala Korps Lalu Lintas Pertahana Irjen. Pol. Drs. Royke Lumowa, M.M., diterima langsung oleh Direktur Utama PT. Sido Muncul, Tbk Jonatha Sofjan Hidajat. 



Mudik Gratis Sido Muncul pertama kali dilaksanakan pada tahun 1991 di Lapangan Parkir Timur Senayan dengan menggunakan 17 bus diikuti oleh 1.200 pedagang jamu. Namun, beberapa tahun terakhir peserta mudik bukan hanya para pedagang jamu ataupun jamu gendong, tetapi juga para pedagang asongan, dan pembantu rumah tangga. 

Direktur Utama PT Sido Muncul, Tbk Jonatha Sofjan Hidajat mengatakan bahwa sebagai perusahaan yang mempelopori kegiatan Mudik Gratis sejak 1991, Sido Muncul telah memberangkatkan sebanyak ± 332.400 pemudik yang merupakan pedagang jamu dan keluarganya. 

Pada 2017 ini jumlah peserta Mudik Gratis Sido Muncul berkurang dibandingkan tahun lalu. Hal ini dikarenakan ekonomi pedagang jamu membaik dan makin banyaknya perusahaan atau institusi yang menyelenggarakan mudik gratis. Hal ini sesuai dengan keterangan Bp. Irwan Hidayat yang juga menyampaikan bahwa ide mudik gratis ini berasal dari adik beliau yang bernama Jonatha Sofjan Hidajat yang sekarang menjabat sebagai Direktur Utama. Selama tiga tahun dari tahun 1991-1993, kegiatan mudik dilakukan secara sederhana dan tidak ada pejabat pemerintah yang melepas para pemudik. 

Saat itu yang mewakili direksi untuk melepas para pemudik adalah Marketing Manager Kris Irawan. Menurut Bp. Irwan Hidayat, Mudik Gratis Sido Muncul ini adalah acara yang bagus, sehingga sudah sewajarnya bila kemudian dikelola dan dipublikasikan dengan baik. Mulai tahun 1994 Sido Muncul menyelenggarakan Mudik Gratis secara terkonsep dan optimal dengan memberikan hiburan bagi para pemudik, mempromosikan produk-produk Sido Muncul pada bus, mengundang pejabat untuk melepas keberangkatan, serta mempublikasikan kegiatan Mudik Gratis dengan pedagang jamu.




Bagi pihak keluarga besar Sido Muncul sendiri, bisa menyelenggarakan Mudik Gratis selama 28 kali merupakan sebuah mukjizat. Barakallah ya Pak Irwan, semoga Sido Muncul makin pesat berkembang dan tetap peduli pada masyarakat dan lingkungan sekitar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar