22 August 2017

Iklan yang Efektif untuk Menarik Pelanggan





Suka pada ngeliatin iklan yang seliweran kah, baik itu di televisi maupun media-media online? Kebanyakan iklan-iklan tersebut dikemas dengan sangat menarik ya. Bahkan untuk produk-produk tertentu, terkadang iklannya tidak menunjukkan secara kentara produk apa yang ditawarkan. Tapi penonton ataupun pembacanya udah ngeh aja itu produk apa. Beneran brandingnya dapet banget ya.

Selain berupa produk, iklan juga terkadang menampilkan jasa yang bisa dinikmati oleh para calon pelanggan. Jasa lebih tidak berbentuk ya dibandingkan produk, adapun produk itu jelas berupa barang yang mempunyai bentuk. Produk memiliki bentuk yang bisa dilihat, dipegang, dan digunakan untuk berbagai kebutuhan. Misalnya saja ada produk makanan seperti mie instan, tahu, tempe, es krim, dan masih banyak lainnya. Selain itu ada juga produk elektronik, fashion, dan hal lain yang bisa dipilih oleh masyarakat sesuai dengan kebutuhannya.

Itulah kelebihan produk saat akan diusung temanya ke dalam iklan. Ada wujud nyata yang dapat dieksploitasi untuk kepentingan promosi. Iklan dibuat jelas untuk kepentingan menarik pelanggan sehingga tertarik dan membeli produk yang ditawarkan. Istilahnya untuk menarik perhatian lah ya. Orang bakalan lebih terpapar informasi produk melalui tayangan iklan.

Iklan memiliki banyak jenis yang bisa dipilih oleh pihak yang ingin mempromosikan jualannya. Beberapa bentuk iklan yang bisa dipilih misalnya adalah sebagai berikut ini: 
  • Baliho, MMT, dan juga poster yang bisa dipasang di banyak tempat. Iklan seperti ini biasanya dipasang di tempat yang strategis, di depan toko yang dimiliki, dan juga dipasang di tempat lainnya yang dapat dilihat oleh orang banyak. 
  • Membuat brosur sehingga dapat disebarkan kepada siapa saja secara perorangan. Melalui  brosur ini penjual bisa mengedarkannya dan memberikan kepada masyarakat yang ditemui. Sering kan yaaaa kita menemui iklan model begini.
  • Iklan melalui surat kabar, majalah, radio, bahkan televisi yang dapat dilihat atau didengar oleh banyak orang. 
  • Iklan di internet yang merupakan media yang paling efektif saat ini untuk dapat memasang iklan yang menarik lebih banyak pelanggan. 

Berbagai jenis iklan produk tersebut sendiri mempunyai beberapa tujuan yang ingin dicapai. Walaupun mempunyai banyak jenis yang bisa dipilih, tetapi untuk tujuan dari pemasangan iklan tersebut adalah sama yaitu untuk: 
  • Mengenalkan produk yang dibuat oleh perusahaan atau pedagang. Dengan membuat iklan tersebut tentu saja produk yang dibuat akan lebih dikenal. Proses pelaksanaan pengenalan produk inilah yang biasa disebut dengan branding. Hal ini amat berpengaruh terutama untuk produk baru yang sangat butuh untuk dikenal di masyarakat. 
  • Dengan produk yang lebih dikenal maka juga dapat untuk menarik lebih banyak pelanggan. Perusahaan akan membuat produk dan untuk menarik pelanggan dibuat iklan yang atraktif sehingga membuat orang penasaran dan kepengin banget untuk membelinya. 
  • Menginformasikan kepada pelanggan mengenai suatu produk baik dari jenis produk, spesifikasi produk, kelebihan produk tersebut. 



Dengan membuat iklan yang tepat, maka perusahaan atau pedagang bisa mendapatkan efek positif berupa makin banyaknya pelanggan yang datang. Bisa jadi untuk pertama kali mereka penasaran dengan produknya. Apabila memang produknya oke, keren, kece, bermanfaat, menarik dan kompetitif harganya, bukan tak mungkin pembeli pertama dan seterusnya akan menjadi pelanggan tetap di masa mendatang.

Oleh karena itu perlu pertimbangan yang matang bagi penjual dalam pemilihan iklan yang tepat tentunya. Iklan yang tepat dapat menarik calon pembeli untuk menjadi pembeli beneran yang tertarik pada produk yang ditawarkan. Di situlah letak pentingnya pemilihan jenis media iklan yang tepat sasaran. 

Siapa saja yang berperan sebagai penjual dapat membuat iklan yang tepat dengan memperhatikan jenis iklan yang akan dipilih. Dan untuk mendapatkan jenis iklan yang dipilih ada beberapa pertimbangan seperti berikut ini : 
  • Produk yang akan diiklankan ini termasuk barang yang mudah untuk dikirim atau tidak. 
  • Produk tersebut termasuk tahan lama atau tidak. 
  • Lokasi toko atau tempat yang digunakan untuk pemasaran produk yang kita buat. 

Dengan memperhatikan hal-hal di atas maka diharapkan penjual dapat memilih iklan produk yang tepat. Misalnya nih ya, produk yang kita buat termasuk kategori kuliner,  maka pertimbangkan membuat iklan yang sekiranya menarik pelanggan dalam kapasitas jarak tertentu. Takutnya kan kalau kejauhan malah nantinya makanan tersebut bisa rusak di perjalanan. Bagi penjual yang jenis produknya tahan lama, kemudahan dalam internet marketing bisa dimaksimalkan agar makin banyak pembeli dari luar daerah bahkan luar negeri melirik produk yang ditawarkan.

Nah, kalau teman-teman selama ini suka memperhatikan iklan produk apa sih? Adakah iklan yang benar-benar nancep gitu di memori gara-gara saking bagusnya? Ceritain dong siniiii....

5 comments:

  1. Iklan yg nancep di hati kalo aku biasanya yang nyentuh hati gitu, atau yg lucu dan jadi viral. :D

    ReplyDelete
  2. Iklan yg beda dan nyeleneh, buka lapak contohnya heheh

    ReplyDelete
  3. memang gampang-gampang susah yaaa mba...tapi duni iklan tuh seruuuu

    ReplyDelete
  4. Saya paling senang perhatikan iklan rokok. Barangnya ggak boleh ditunjukkan, tapi isi iklannya soft selling banget. Patut dicontoh nih.

    ReplyDelete