25 September 2017

Mempercantik Postingan Blog





Apa sih yang sudah kita lakukan untuk mempercantik postingan blog?

Bagi sebagian orang, ada yang lebih fokus pada kualitas isi tulisannya. Harus dooongg... Kita punya blog kan maunya jadi media penyebar informasi yang bermanfaat. Mengolah konten untuk diposting di blog tentunya tak sekedar ketak-ketik saja. Ada puluhan tab yang kudu dibuka untuk menjelajahi aneka informasi yang terkait dengan hal-hal yang akan kita tulis di blog. Semacam studi referensi gitu lah.

Lha kalau mau curcol masak ya kudu studi referensi?

Eh penting jugak loh, sapa tau ada curcol yang berbalut iklan. Wueheee... penting nih pentiiiinggg... 😍😄

Memperbanyak bacaan sebelum membuat tulisan di blog itu perlu juga ya. Banyak membaca bisa menambah wawasan dalam hal apapun, terutama hal-hal yang terkait dengan kesukaan kita. Aku paling suka buka-buka web yang membahas tentang psikologi, baik yang berkenaan dengan parenting, hubungan keluarga, manajemen konflik, dan dunia kerja. 

Setelah bahan bacaan udah sedikit ngumpul gitu, lanjutkan dengan eksekusi tulisan. Ide yang ada di kepala diramu bersama dengan wacana-wacana baru tadi, maunya sih bisa jadi tulisan yang enak dibaca. Tapi nggak tau ya, selama ini sebenarnya postinganku enak dibaca nggak sih? 😉 Mohon dimaafkan ya kalau masih acak adul.

Saat teman GRes yang bernama Rahma dan Nyi Penengah bertanya soal aplikasi apa yang mendukung aktivitas ngeblog, aku langsung kepikiran soal aplikasi pengolah gambar yang biasa kugunakan. Bukan photoshop hihiii.. sampe now aku masih belum understand yang satu ituh. *sok gahol bahasanya

Lalu selama ini mengolah gambar pakai apa?

Biasanya foto-foto yang kugunakan untuk pelengkap postingan berasal dari smartphone. Dengan setelan standar maksimum kemampuan smartphoneku (16MP), rata-rata foto akan berukuran sekitar 3 hingga 4MB an. Tentu saja jika akan langsung disisipkan ke dalam postingan blog bakalan menuh-menuhin bandwidth ye kan. Ya meskipun masih numpang di google, tetap aja bakalan lebih enteng buka blog kalau fotonya di-resize dulu. 

Paling enak buatku menurunkan ukuran foto tuh pakai Microsoft Office Photo Viewer/Editor. Setelah resize, baru deh foto dioprek pake segala macam menu yang ada di aplikasi edit foto lainnya, mulai dari edit warna, nambah watermark, sampai edit font untuk photo title.




Buat aku yang masih ngeblog konvensional menggunakan laptop ataupun personal computer (PC), biasanya paling enak mengolah foto ya pakai aplikasi photo editor yang sekalian ada di laptop/PC yang kugunakan. Selama ini yang kugunakan adalah Photoscape. Hihiii... jangan diketawain ya. Mommy jaman now kok ndak bisa photoshop 🙈  Biarin aja deh, semampunya aja dulu.

Tuh tadi foto paling atas yang nantinya bakalan keluar sebagai thumbnail di homepage juga bikinnya pake Photoscape. Nambahain watermark dan menyesuaikan tone foto aku juga pakenya itu. Udah andalan banget pokoknya. Sesekali kalau pas butuh cropping foto yang rada butuh effort, aku menggunakan online Pixlr. Enggak instal di laptop, langsung online saja bisa. Jarang banget sih cropping yang model begini.

Enggak banyak sih aplikasi yang kugunakan saat edit foto untuk keperluan blogging. Pernah nyobain juga yang via smartphone. Biasanya suka utak-atik di Snapseed ajah.

Nah, kalau teman-teman yang hobi ngeblog biasanya apa saja nih yang sering dilakukan untuk mempercantik postingan blog selain olah kontennya? Bagi dooonkkk ceritanya, tingkiuuuu....

23 comments:

  1. Gpp lah yg penting hasilnya baguusss :)

    ReplyDelete
  2. Sejauh ini masih suka pake picsArt terus nempel gambar sana-sini, Mbak. PR ku itu jangan sering lupa nyebutin sumber gambarnya itu tadi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku sukanya ambil dari pexels.com yg udah CCO

      Delete
  3. photoshop mbak, andalanku heheheheh untuk mempercantik blog mbak

    ReplyDelete
  4. Aku pakai photoscape kalo di lapie, kalo di smartphone pakai snapseed atau pics art

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mbak Rahmi ini sama dengan saya, pakai Photoscape dan PicsArt juga. Plus saya pakai Photo Resizer.

      Sebetulnya 10 tahun yang lalu saya bisa pakai Photoshop. Tapi kemudian saya ganti laptop dengan laptop yang kerjanya lebih ringan. Konsekuensinya kalau dipasangi Photoshop ya jadi berat.
      Tapi saya nggak merindukan Photoshop, sebab saya rasa Photo Resizer, Photoscape dan PicsArt sudah cukup buat saya.

      Mbak, sebetulnya kalau mau tahu apakah tulisan kita itu enak dibaca atau enggak, lihatnya di Google Analytic. Lihat di paramater Bounce Rate dan Duration Time. Kalau bounce rate-nya kecil, berarti pembacanya betah di blog itu. Kalau Duration Time-nya lama, berarti pembacanya senang baca artikelnya lama-lama.

      Delete
  5. Aku malah blm pernah pake photoscape, hihi. Pixlr juga blm pernah *akuuh kurang gahol :p

    ReplyDelete
  6. Aku pakai Photoshop. Sebenernya suka sama Photoscape bisa diubah warna fotonya jadi cakep gitu. Tapi aku malas edit dua kali. Hihihi.

    ReplyDelete
  7. saya barusan mesan sticker hijab berbagai ekspresi mba biar lebih semangat nulisnya. ^_^

    ReplyDelete
  8. aku juga belum bisa photoshop mbaa... jadi ya masih pake aplikasi2 sederhana nan mudah :D

    ReplyDelete
  9. Pixlr baru denger ini malah ak mba. Wkwkwk...

    ReplyDelete
  10. Aku make textgram, photo editor sama snapseed mba.. Tapi palng sering snapseed

    ReplyDelete
  11. pakai snapseed biar ala-ala jaman now hehehe

    ReplyDelete
  12. aku pakai canva buat nambah watremark, kadang juga pakai aplikasi compress foto

    ReplyDelete
  13. Aku malah belum pernah pakai snapsheed kasian ya hehehehe....

    ReplyDelete
  14. Aku juga pengeeeen dong dipercantiiik hehehe... selama ini masih hanya andakan tulisan dan foto

    ReplyDelete
  15. Wah...samaan dong mb, aku juga pake Photoscape. Toss dulu ah hehehe....Aplikasi andalan dari jaman dulu kalo buat ngedit2. Pakai photoshop cm kalau ada mas bojo aja.

    ReplyDelete
  16. Banyak si yg aku pakr coba2 aja kalo ga suka tgl uninstall ganti yg lain. Photoscape jg aku pake

    ReplyDelete
  17. aku kalau photoshop masih blank...hahahaha.....photoscape juga ppakaiii

    ReplyDelete
  18. Photoscape aku juga pake. Gampang sih daripada photoshop kok njlimet haha

    ReplyDelete
  19. Aku juga pake photo scape juga tuh....
    Entah mengapa, soal blog saya lebih menekankan pada tulisan: ...

    Salam kenal Bu unie...

    ReplyDelete
  20. Saya pakai snapseed kalau di hp, photoshop kalau di laptop. Photoscape malah belum pernah coba.

    Postingan blog tanpa gambar rasanya hambar. Kasian aja gitu pembacanya full ngeliat tulisan doang. Hihihi.

    ReplyDelete