09 October 2017

Beriklan di Facebook, Kenapa Enggak?





Facebook merupakan salah satu situs sosial media (sosmed) yang banyak digunakan oleh masyarakat di dunia. Situs sosmed ini telah ada sejak bertahun-tahun yang lalu dan digagas oleh seorang pemuda yang sekarang ini masih menjadi salah satu orang kaya dengan umur yang sangat muda yaitu Mark Zuckerberg.

Facebook sendiri sekarang ini masih mempunyai banyak peminat dan pengguna walaupun telah kalah tenar dengan banyak sosmed yang lebih baru. Akan tetapi hal tersebut tidak mengurangi keuntungan dari situs ini karena masih ada saja orang yang baru mencoba dan membuat akun di medsos yang satu ini. Selain itu ada banyak keuntungan dan fitur lainnya yang bisa digunakan dan selalu ditingkatkan seperti Facebook iklan.

Facebook ini sendiri mempunyai banyak keuntungan yang bisa didapatkan dibandingkan dengan medsos lainnya, sehingga banyak masyarakat yang memang masih menggunakan situs ini.

Fitur yang ditawarkan Facebook Ads sangat banyak dan selalu di perbarui untuk kenyamanan penggunanya. Seperti beberapa fitur Facebook di bawah ini :
  • Dapat untuk membuat status berupa tulisan, gambar, dan juga video. Penggunanya mempunyai banyak pilihan, tidak hanya posting gambar saja tetapi banyak alternatif lainnya yang tak kalah mengasyikkan. 
  • Mempunyai note yang bisa digunakan untuk menulis catatan penting yang ingin dibagikan. 
  • Mempunyai fitur grup sehingga banyak orang dari komunitas bisa bergabung dan berdiskusi dengan mudah di dalam grup tersebut. 
  • Mempunyai banyak page yang bisa di-like dan menjadi sumber informasi. Kita masing-masing bisa memilih page dari portal-portal berita yang kita sukai saja.  
  • Terdapat beberapa game yang bisa digunakan untuk menghibur diri kala hari-harimu sedang dilanda kelabu *tsaaahhh... Tidak semua medsos bisa begini kaaann...

Facebook ini seperti media sosial lainnya juga gratis untuk digunakan. Kita juga bisa mendapatkan keuntungan dari banyak hal berkaitan dengan penggunaan Facebook ini. Makin tingginya pengguna smartphone berarti juga makin banyak orang yang mengakses Facebook karena biasanya udah sepaket nih saat instal berbagai aplikasi. Kayak aku juga nih, jamaah fesbukiyah dari jaman baheula yang tak mau ketinggalan informasi apapun dari Facebook, udah jelas instal app-nya lah di smartphone.

Nggak bisa disangkal loh, geliat ekonomi ramai juga seliweran di Facebook, apalagi kalau makin mudah untuk memantaunya via smartphone. Tau kan ya ada Facebook iklan yang ditawarkan  untuk mengiklankan banyak hal seperti toko online terpercaya yang kita miliki, iklan portal berita, dan masih banyak lainnya yang makin ke sini makin aware untuk menggunakan jasa iklan di media sosial yang satu ini.

Ada banyak keuntungan kalau kita memanfaatkan kesempatan beriklan di Facebook, antara lain seperti yang ada di bawah ini:
  • Iklan di Facebook ini bisa ditawarkan dan digunakan secara gratis oleh masyarakat dan pengguna Facebook. Caranya? Bikin dulu lah page dan coba cara lainnya untuk beriklan di Facebook. 
  • Iklan yang ada di Facebook bisa dilihat banyak orang karena pengguna Facebook sendiri buanyaaakkk banget, puluhan juta orang boooo... efektif banget kan jadinya kalau ngiklan di situ. 
  • Ada banyak fitur yang ditawarkan oleh Facebook berkaitan dengan iklan ini. Misalnya nih ketika ada yang tertarik dan menyukai suatu page tertentu, maka referensi kesukaan orang tersebut akan tampil di timeline-nya sehingga teman-temannya bisa ikutan melihat. 

Dengan berbagai keuntungan tersebut tidak heran apabila iklan di Facebook masih menjadi salah satu cara yang banyak digunakan sebagai upaya marketing online. Terlebih karena untuk beriklan di situs ini kita bisa pilih mau yang gratis ataupun berbayar. Tentunya sesuai dengan budget dan level engagement yang kita inginkan dong.

Sasaran yang akan kita bidik pun bisa banget kita atur saat hendak beriklan melalui Facebook. Di antaranya nih, lokasi tempat tinggal, usia, jenis kelamin dan beberapa kriteria lain. Tinggal sesuaikan aja dengan calon konsumen yang hendak kita bidik.

Tentunya dengan opsi di luar endorsment loh ya ini, Facebook masih menjadi andalan banyak orang untuk beriklan di sosial media. Cara-cara yang dilakukan pun tidak terlalu sulit. Jika sudah punya page yang memuat produk ataupun jasa yang hendak kita tawarkan, kita tinggal share aja linknya di akun pribadi kita. Nah, kalau yang ini sih jelas gratis lah yaaa 😉




Gimana, teman, sudah nyobain beriklan di Facebook nih? Pemasaran iklan dari barang ataupun jasa yang ingin kita perkenalkan kepada orang lain bisa dibikin lebih pas dan efektif melalui sosial media yang satu ini. Bagi yang sudah pernah nyoba ngiklan di Facebook, hyuukk share lah pengalamannya di kolom komen, biar teman yang lain juga bisa nyobain demi membantu perekonomian bangsa dan negara 😉

9 comments:

  1. Aku pernah mbak beriklan di facebook...

    ReplyDelete
  2. Aku beberapa kali beriklan di FB, lumayan kerasa peningkatan jumlah follower, bisa smpai 10 kali lipat loh!

    ReplyDelete
  3. Saya belum pernah beriklan di Fb tapi pernah liat iklan yang unik. Mbaknya itu punya toko online dan jualannya pake cara lelang/bidding, nah terusnya pake live. Jadi pemenang lelangnya bisa ditentukan secara realtime. Nggak ikut lelang tapi seneng liat yang punyanya super bawel wkwkkwkwk

    ReplyDelete
  4. Wah belum pernah ngiklan di FB dan medsos lainnya, pengen coba..

    ReplyDelete
  5. Entar deh, kalau target tahun ini atau awal tahun depan selesai terlaksana, next nyoba Facebook Iklan untuk kemajuan blog dan youtube Hehe thanks mbak share-nyaaa

    ReplyDelete
  6. belum kepikiran di FB
    masih setia dengan adsense hehe

    ReplyDelete
  7. aku pernah beberapa kali ngeiklan lewat fb ads, iklanin blog aja sih biar banyak view

    ReplyDelete
  8. Sejauh ini iklan fb buat bantu boost page view di blog. Cuma belom maksimal sepertinya hehehe.

    ReplyDelete
  9. Babang dah pernah pasang iklan di fesbuk, dan emang ada kenaikan drastis pageview. Tapi gak kuat juga lama-lama 😂

    ReplyDelete