18 November 2017

HijUp & Arisan Resik : Menuju Keluarga Harmonis Itu Perlu Tahapan yang Manis




Selama ini yang ada dalam pikiranku, namanya cantik itu ya dilihat dari dandanan. Muka mulus, kinclong, dandanan alus, naaahh... itu baru namanya cantik. 

Waktu ketemuan kapan hari dalam event #HIJUPbloggersmeetup #HIJUPmeetupSemarang, secara manis aku mendapat pengetahuan baru. Sebenarnya nggak baru-baru amat sih. Hanya saja mungkin saat ini masih banyak yang lebih mementingkan penampilan yang 'terlihat' dibandingkan kesehatan dan kebersihan yang 'tidak terlihat'.

Wuidiiih... apaan sih itu yang tidak terlihat? 😉



Menjaga Kebersihan a la Perempuan

Saat melihat nara sumber pertama yang dihadirkan di acara blogger gathering #HIJUPevent kali ini, mataku langsung terkagum-kagum. Yakali ada yang nggak tau Fitri Aulia. Mom muda nan cantik ini adalah perancang busana sekaligus owner Kivitz.

Ada yang belum tau apa itu Kivitz?

Kivitz diinisiasi oleh Fitri Aulia pada tahun 2010 barengan dengan sang suami dengan menyasar market busana muslimah kelas menengah ke atas. Syar'i & Stylish, begitulah branding Kivitz diluncurkan ke masyarakat di bawah bendera PT. Kivitz Kreasi Mode. Bisa loh teman-teman ceki-ceki di akun Instagramnya @kivitz_ . Kece dan mengedepankan konsep berbusana sesuai syariat Islam, yaitu tidak ketat, tidak transparan, tidak membentuk lekuk tubuh, tidak menyerupai laki-laki, dan memakai jilbab yang menutup dada.  Kepatuhan berbusana sesuai aturan tadi dipadukan dengan konsep stylish, dimana Kivitz berusaha memposisikan diri sebagai pemilik brand yang feminin dan elegan.




Tuh kaaan... cantiiikk banget mba Fitri Aulia.  Semoga daku tak kebanting ya saat berfoto bersama ini 😂

Sesibuk apa sih aktivitas seorang Fitri Aulia?

Memiliki bisnis sendiri tentu beda banget ya dengan kehidupan seorang karyawan seperti diriku. Aktivitas Mba Fitri ini luar biasa padat. Ya, namanya punya bisnis yang harus terus dikembangkan dan dipikirkan masa depannya, beliau harus terus mencari ide baru agar bisnisnya tak ketinggalan jaman.  Bersama sang suami, Mba Fitri Aulia harus belajar me-manage waktu agar bisnis yang dijalankan oleh mereka berdua tidak mengganggu keharmonisan keluarga.


dari ki-ka : Bu Yuna Eko Kristina (senior PR PT. Kino Indonesia), Mb Fitri Aulia (Kivitz), Mb Sovialida (MC)

Capek banget nggak sih Mba memiliki aktivitas super padat sekaligus harus menjaga keharmonisan dengan pasangan?

Suka kebayang kan moms & girls, jadi istri dan ibu itu dalam keseharian pasti capeeee banget. Ngurusin ini itu yang seakan tiada habisnya. Bawaannya kalau sudah lelah gitu pasti pengin cepet-cepet gelosoran aja deh, ngelurusin badan dan ambruk tanpa mau diganggu.

Tapi tau kah engkau wahai gadis-idaman-lelaki dan para istri-yang-disayang-suami, selelah apapun kita, jangan lupa loh untuk memperhatikan kesehatan. Apalagi saat-saat menjelang tidur nih, kebiasaan membersihkan badan tidak boleh ditinggalkan. Khususnya bagi kaum perempuan, tau kan ya bila organ intim kewanitaan kita itu terkadang memiliki kelebihan cairan.

Iya betul, kita sering menyebutnya dengan keputihan. Apa iya sih perempuan modern seperti kita ini mungkin mengalami keputihan?

Hmmm... pernahkah terlintas dalam benak kita jika di antrian dokter SPOG itu ada saudari kita yang sekitar 70 hingga 75% mengeluhkan permasalahan keputihan ini? Sebenarnya keputihan masih wajar saat perempuan hendak mendekati masa menstruasi. Asalkan cairan yang dihasilkan masih berupa cairan bening, tidak bau dan tidak gatal, berarti semua masih aman terkendali.

Akan beda sekali kondisinya ketika cairan yang keluar dari area kewanitaan tadi sudah terasa terlalu banyak dan membuat kondisi tidak nyaman. Tentu saja kondisi kewanitaan yang becek dan terasa basah akan mengganggu aktivitas dan mengurangi rasa percaya diri. Kondisi seperti ini lah yang sudah masuk fase perlu diperhatikan.

Saat mencari tau seputar keputihan, di web keputihan.com disebutkan ada 2 jenis keputihan yang mungkin dialami oleh perempuan :
  1. Keputihan Normal. Keputihan normal atau fisiologis adalah keputihan yang terjadi setiap bulan, biasanya muncul saat perempuan masuk masa subur, juga jelang menstruasi ataupun setelah menstruasi. Biasanya pada kondisi ini perempuan akan mengalami keputihan disertai lendiri yang agak banyak, namun tidak menimbulkan rasa gatal maupun menyebabkan bau yang berlebihan. 
  2. Keputihan Abnormal. Keputihan yang dialami perempuan ini sudah bersifat patologis atau masuk kategori penyakit. Hal ini disebabkan oleh adanya infeksi yang disertai dengan munculnya rasa gatal, baik di dalam maupun di sekitar bibir vagina luar. Keputihan jenis ini biasa terjadi karena paparan bakteri, virus serta jamur. Tentu saja yang satu ini amat mengganggu kesehatan wanita secara umum dan juga kesehatan reproduksinya. Bahkan pada ibu hamil, keputihan patologis ini riskan sekali bagi janin yang dikandungnya.

Setelah mengetahui jenis keputihan yang mungkin dialami oleh kaum perempuan ini, aku pun jadi makin kepo, apa sih sebenarnya yang membuat keputihan kerap dialami oleh kaumku ini. Rupa-rupanya, beberapa hal di bawah ini bisa jadi pencetus keputihan yang perlu kita perhatikan :
  1. Hormon yang tidak seimbang.
  2. Terjadinya ketidakseimbangan biologis dan keasaman pH yang ada di sekitar vagina.
  3. Terlalu sering menggunakan tisu untuk menyeka saat buang air kecil.
  4. Penggunaan celana dalam yang terlalu ketat dan terbuat dari bahan yang tidak menyerap keringat.
  5. Penggunaan WC umum yang kurang higienis.
  6. Tidak mengganti pantyliner dalam waktu yang lama.
  7. Membasuh atau membilas vagina dari arah yang salah, yaitu dari arah belakang ke depan.
  8. Kurang menjaga kebersihan vagina.
  9. Mengalami stress dan kelelahan.
  10. Tidak mengganti pembalut secara berkala saat sedang menstruasi.
  11. Pola hidup yang tidak sehat, baik dari aktivitas fisik maupun pola makan.
Waaahh... banyak juga ya ternyata pemicu #keputihan itu. Lantas apakah kita kaum perempuan hanya bisa terpekur meratapi nasib atas ancaman terjadinya keputihan ini?
Enggak dooongg... Mulai saat ini kita harus mulai menyadari pentingnya merawat kebersihan organ kewanitaan kita.


Resik-V Godokan Sirih untuk Kesehatan Organ Kewanitaan

Orang tua jaman dahulu tuh sudah canggih loh. Dengan memanfaatkan tumbuhan yang ada di sekitar rumah, kesehatan organ kewanitaan telah dirawat dengan penuh ketelatenan.

Tau kan ya tanaman sirih? Daun-daunnya yang beraroma khas itu sejak jaman dahulu telah dipercaya dapat menjaga kesehatan organ intim perempuan. Rebusan daun sirih sudah lazim digunakan untuk membasuh area kewanitaan dan untuk #mengatasikeputihan.



Duh, berasa ribet banget ya kalau jaman now masih ngerebus ini itu.

Hellaaawww... Tak perlu banyak alesan deh kalau soal menjaga kesehatan. Investasi kesehatan sejak dini bakalan kita nikmati hasilnya loh di sepanjang usia kita. Termasuk soal menjaga kesehatan organ intim perempuan ini.

Menyadari makin riweuhnya aktivitas yang dilakuan perempuan, PT. Kino Indonesia menyadari bahwa perempuan jaman sekarang butuh di-support dalam menjaga kesehatan area kewanitaannya. Oleh Bu Yuna Eko Kristina selaku senior Public Relation, disebutkan bahwa merawat diri itu tak hanya dilakukan pada bagian tubuh yang kelihatan saja. Yang tak terlihat pun perlu juga diperhatikan.

Daerah kewanitaan memang tidak terlihat, namun prioritas seorang perempuan dalam menjaga kesehatan tak boleh mengabaikan sektor yang satu ini. Sekedar membasuh vagina dengan sabun termasuk tidak disarankan. Area vaginal yang berada dalam kondisi asam bisa menjadi tidak seimbang ketika dengan sekonyong-konyong kita membasuhnya dengan sabun yang bersifat basa.

Untuk itulah PT. Kino Indonesia menyediakan Resik-V Godokan Sirih yang berasal dari 100% rebusan daun sirih asli. Aman dan bersifat natural untuk diaplikasikan sehari-hari. Daun sirih sejak jaman baheula telah dipercaya sebgai antiseptik dan anti bakteri alami. Ketika perempuan datang bulan, daerah V akan menjadi makin lembab. Kondisi ini akan memicu bakteri dan jamur berkembang lebih cepat.

Daun sirih berfungsi untuk menghambat tumbuhnya jamur dan bakteri tersebut, namun tidak membunuhnya sama sekali. Jadi keseimbangan kelembaban dan kondisi pH antara daun sirih dan area kewanitaan tetap terjaga. Bagaimanapun juga bakteri baik tetap dibutuhkan oleh tubuh. #Manfaatdaunsirih

Mengapa harus Resik-V Godokan Sirih?

Selain praktis untuk langsung digunakan, Resik-V Godokan Sirih ini diproduksi melalui proses yang sangat higienis. Direbus dan dikemas langsung masuk ke dalam botol, jadi kebersihan amat terjaga. Tak perlu khawatir soal kehalalannya, Resik-V ini sudah memiliki sertifikat halal dari MUI yang rajin diaudit setiap 6 bulan hingga setahun sekali. Halal ini secara menyeluruh loh, mulai dari bahan baku yang digunakan, cara produksinya, cara pengemasannya hingga cara penjualannya. Nah, jadi tak perlu was-was kan saat memilih Resik-V Godokan Sirih sebagai pelindung organ intim?  😉

Resik-V Godokan Sirih ini telah teruji secara klinis dan aman digunakan tiap hari. Uji mikrobiologi telah membuktikan bahwa Resik-V bermanfaat untuk menekan tumbuhnya jamur. Setiap kali mandi kita bisa menggunakan cairan ini. Langsung dibasuhkan ke area V kita dan bilas sampai bersih dengan air. Bahkan saat datang bulan pun disarankan untuk menjaga kebersihan dan kesehatan area V dengan Resik-V Godokan Sirih.


yeaayy... menang lomba Instagram saat acara berlangsung, Alhamdulillah.




Brush & Hand Lettering Workshop bareng HIJUP.com, @duduknyeni dan @semarangcoret

Saat mengikuti HijUp Bloggers Meet Up X Arisan Resik di Semarang ini, selain pengetahuan bermanfaat dari sharing tentang kesehatan tadi, para blogger Semarang ini juga diajak bersuka ria dalam workshop brush & hand lettering.

Woohoooo... saat tau akan ada workshop yang satu ini, aku udah excited banget. Meski tulisan tangan masih masuk level kacau balau, tak urung workshop ini bikin aku tambah semangat untuk mengikuti blogger gathering yang dihelat oleh HijUp.com barengan Resik-V, komunitas @duduknyeni dan @semarangcoret.




Berbagai teknik menulis indah dituturkan oleh para instruktur. Saat mengamati ekspresi wajah para peserta workshop, rasanya geli, prihatin sekaligus bahagia. Iya dong, soalnya bervariasi sekali ekspresi para teman blogger ini. Ada yang happy karena senang dapet 'mainan' baru, ada pula yang memang hobi menulis indah. Nah, wajah-wajah menderita ditampilkan oleh mereka yang pesimis oleh tulisan tangan masing-masing. Siapakah itu??? *sembunyi di balik botol Godokan Sirih 😂

Enggak sih, sebenarnya tidak menderita. Hanya saja bagi yang belum terbiasa, teknik menulis a la brush & hand lettering ini bikin keringat dingin mengucur dengan dahsyat. Bagi yang sudah bertahun-tahun tidak pernah menulis halus, aktivitas menulis indah ini memang membutuhkan effort yang lumayan. Saat tangan dan jemari meliuk-liuk menyapukan kuas cat air ke kertas, mata, leher dan bibir pun ikut bekerja keras. Tuuuh... bibir para blogger yang sedang hand lettering itu pada mleyot-mleyot ke kiri dan kanan 😄 Kondisi wajah khas saat seseorang sedang berkonsentrasi tingkat tinggi.



Oya, ada satu lagi informasi yang tak kalah pentingnya nih dari acara HijUp Bloggers Meet Up X Arisan Resik ini. Buat sahabat blogger dan pembaca blog ini, bisa banget loh mendapatkan potongan sebesar Rp.50.000 setiap kali belanja sebesar Rp. 250.000 di HIJUP.com.

Caranya?

Yuuuk klik banner di bawah ini dan gunakan kode voucher: HIJUPBMUSEMARANG saat hendak menutup transaksi berbelanja. Jangan lupa yaaa... voucher ini berlaku hingga 31 Desember 2017.


 yuukk bisa klik banner ini untuk mendapatkan potongan di HIJUP.com


Terima kasih banyak untuk HIJUP.com yang telah menyelenggarakan acara yang penuh manfaat ini. Semoga dengan pengetahuan dan tahapan manis dalam menjaga kesehatan organ kewanitaan tadi, para perempuan jadi makin disayang suami dan keluarga nan harmonis tak lagi menjadi mimpi semata. Bagi yang belum menikah, menjaga kesehatan tubuh juga penting loh dilakukan sejak sekarang.


Keceriaan para peserta HIJUP Bloggers Meet Up X Arisan Resik di Semarang


Jangan lupa ya, lengkapi juga kebahagiaanmu dengan aneka produk menawan dari HIJUP.com. Tersedia berbagai produk yang cocok sekali dikenakan oleh muslimah untuk tetap amanah dalam melindungi auratnya.

4 comments:

  1. Aku biasa keputihan kalo kecapean, stres atau pakai celana jins seharian mbak.

    ReplyDelete
  2. Aku sudah ngincer outernya, Mbak. Mayan, 50 ribu gantinya ongkir ya.

    ReplyDelete
  3. Waaah selamat yah menang lombanya yg di IG. Iyah kecantikan emang gak cm terlihat di luar. Yg dari dalam wajib banget dijaga

    ReplyDelete
  4. Aku udh lama nih gk pake resik V, semenjak hamil kayaknya. Skrg udh lahiran mau mulai pake lg ah

    ReplyDelete