02 December 2017

GAWE : Aplikasi Android yang Permudah Pencari Kerja dan Pencari Pegawai Harian




Masih teringat-ingat banget dulu jaman berpayah-payah mencari pekerjaan. Entah ya, sudah berapa ratus lamaran dikirim dan berapa kali harus kesana kemari untuk menjalani interview sebelum mendapatkan pekerjaan yang diidamkan. Bahkan pernah terlontar candaan dengan teman ketika ditanya seputar pekerjaan : Apa pengalamanmu? NGELAMAR KERJA. Yes, aku masuk ke gank pelamar kerja yang super duper aktif. 

Hasil memang tidak mengkhianati proses sih kata orang. Setelah jungkir balik sana-sini, melalui proses ini itu, beberapa kali aku mendapatkan pekerjaan yang kuinginkan. Diinginkan itu dalam artian sesuai dengan gambaran semula saat melamar kerja, apa yang harus dikerjakan dan mendapatkan sekian rupiah sebagai awardnya. 

Jika dulu kerja itu identik dengan mendapatkan pekerjaan tetap, kini pilihan kerja telah makin bervariasi. Banyak anak muda yang telah mampu menciptakan lapangan pekerjaan tersendiri. Begitu pun bagi anak muda yang masih sekolah, di antara waktu luang telah banyak kesempatan tersedia untuk bekerja part time. Mau kerja harian pun kini sah sah saja. Terutama untuk anak kuliahan yang uang saku dari orang tua pas-pasan. Kan pengin juga dapet tambahan dooong…. 

Tau nggak sih sebenarnya di sisi lain, ada banyak pengusaha skala mikro yang juga butuh pekerja harian. Ada banyak ragam pekerjaan tidak tetap yang butuh dikerjakan oleh seseorang, namun tidak dalam kondisi sebagai pekerja tetap. Dalam jangka tertentu, pekerjaan tersebut paling-paling sudah selesai. Nah, kalau harus mempekerjakan seseorang dalam jangka waktu lama tentu saja pengusaha kecil ini bakal merasa berat. 

Lalu, gimana caranya biar bisa dapet pekerja honorer, dimana masing-masing antara pencari kerja dan pencari pegawai ini bisa ketemu dengan mudah? 

founder GAWE

Inovasi secara teknologi akhirnya dilakukan oleh 3 orang penemu aplikasi GAWE. Kurniawan Aryanto, Budiarto Harsono dan Elroy Hafidi Hardoyo mencoba memberikan solusi dengan mempertemukan kebutuhan antara pengusaha kecil tadi dengan orang yang membutuhkan pekerjaan sementara.



Saat ini para pencari kerja yang tak ingin terikat waktu, bisa coba GaweDulu melalui aplikasi android yang dibuat oleh 3 orang penemu GAWE tadi. Tak hanya pencari kerja saja, pengusaha kecil maupun menengah pun juga bakalan amat terbantu dengan aplikasi yang satu ini. Hanya dengan instal aplikasi di androidmu, maka bagi pencari kerja maupun pencari pegawai bisa dengan mudah saling terhubung.

Caranya bagaimana nih?

Masuk saja ke Playstore dan pilih Gawe. Ikuti saja step-step sesuai petunjuk dari aplikasi tersebut. Jangan lupa memasukkan lokasi tempat kerja (bagi pencari pegawai) maupun lokasi tempat tinggal (bagi pencari kerja).

Jika memilih menu sebagai Pencari Pegawai, maka tampilan akan terlihat seperti ini :



Butuhnya pegawai laki-laki atau perempuan, untuk bekerja berapa lama, jenis pekerjaannya apa, gaji per hari berapa rupiah dan lokasi kerja semua wajib dicantumkan agar pencari kerja juga mudah memahaminya. Masing-masing calon pekerja bisa menentukan info pekerjaan mana yang akan dilamarnya.

Misal seperti tampilan di atas ya, ketika aku butuh pegawai harian untuk ngeberesin pernak-pernik pekerjaan rajut yang sebelumnya pernah menjadi usaha crafting-ku barengan dengan kakak tercinta. Jika dulu bingung mencari bala bantuan untuk ngeberesin hal-hal yang berkaitan dengan persiapan pengiriman barang, dengan GAWE semua jadi gampang. 

Bagi Pencari Kerja, saat instal aplikasi akan membutuhkan verifikasi terlebih dahulu ketika akan mendaftar.

Tampilan menu Pencari Kerja sebelum diverifikasi. Masih terlihat 'tidak bekerja'.


Tampilan menu Pencari Kerja setelah lolos Verifikasi

Nah, gimana... gampang kan ya. Mencari pekerjaan kini tak serempong dulu lagi. Bagi yang ingin memanfaatkan waktu luang, bisa banget nih instal aplikasi kece yang satu ini. Aneka ragam pekerjaan temporer siap menanti.

Oya, tau ndak, selain bisa memaksimalkan gadget kita untuk mencari pekerjaan, saat ini dengan share seputar informasi aplikasi GAWE ini, kita bisa mendapatkan kesempatan untuk memenangkan iPhone 7. Pada saat instal, kita akan melihat pilihan Share ke akun sosial media. Pilih saja akun sosmed mana yang paling sering digunakan agar makin banyak teman yang tau seputar GAWE dan terbantu untuk mendapatkan pekerjaan tambahan.




Double manfaat kaaaann... share info soal app GAWE agar makin banyak yang mendapatkan pekerjaan, sekaligus membuka peluang bagi diri kita sendiri untuk memenangkan iPhone 7.

Ada yang enggak mau gituh dapet iPhone 7? Siniiii... buat aku ajah 😉

1 comment:

  1. aplikasi bagus nih buat pencari kerja, moga banyak lagi karya anak indonesia yg berkembang

    ReplyDelete