14 Desember 2022

Jarak Ganti Oli Motor Matic yang Ideal

 


Buibu yang mengendarai motor matic, selama ini hanya bisa pakai saja ataukah juga memperhatikan perawatannya? Sebisa mungkin sih untuk perawatan yang ringan dan mudah tetap lakukan sendiri yaaa.. Kalik aja pak suami sedang sibuk dan tidak sempat membawa motor ke bengkel, ibu bisa melakukannya sendiri. 

Motor matic kini menjadi pilihan yang menyenangkan ketika harus mengendarai kendaraan roda dua. Gampang sih soalnya, tinggal gas dan rem aja yang dikendalikan. Tak perlu lagi pusing soal teknik memindah gigi persneling seperti motor manual.

Di balik kemudahan pemakaiannya, ada konsekuensi dan tanggung jawab untuk merawatnya secara rutin. Salah satu perawatan dasar yang mudah dilakukan adalah mengganti oli motor matic secara teratur. 



Setelah Berapa Kilometer Oli Motor Matic Harus Diganti?


Kadang masih ada saja yang bertanya-tanya sebaiknya kapan waktu ideal oli motor matic harus segera diganti. Salah satu parameter yang bisa dijadikan patokan untuk penggantian oli ini adalah pada jarak yang telah ditempuh oleh motor tersebut. Jangan sampai lalai loh, nanti kondisi motor matic bisa makin menurun dan tidak prima lagi. 

Umumnya ketentuan jarak ganti oli motor matic akan tertera pada buku petunjuk atau buku manual ketika membeli kendaraan. Rata-rata pabrikan motor menyarankan penggantian oli mesin motor setiap 2.000 hingga 3.000 km. Jarak tempuh ini setara dengan sekitar 2 bulan penggunaan motor secara rata-rata. Masing-masing merk motor matic mungkin punya panduan yang berbeda.

Coba cek speedometer dan lihat berapa jarak tempuh motor yang tertera di situ. Jika sudah lebih dari 2.000 atau 3.000 km artinya oli mesin motor harus segera diganti . Kalau bisa sih jangan sampai melebihi 3.000 km. Motor matic bisa mulai rewel kalau tidak mendapatkan perawatan secara teratur. Bisa-bisa nanti motor matic yang kita kendarai mati mendadak. 

Bagi yang sering tidak ingat kapan terakhir kali mengganti oli motor matic, tulis saja jadwal tersebut. Bisa dicatat pada fitur notes di smartphone. Bisa juga catat secara manual dan tempelkan di tempat yang sering dilihat

Jika jarak tempuh belum mencapai 2.000 atau 3.000 km namun sudah lewat dari 2 bulan apakah oli mesin tetap harus diganti? 

Oiya, oli motor matic tetap harus diganti meskipun belum mencapai batas jarak tempuh seperti yang telah ditulis di atas. Misalnya nih jarak tempuh motor baru 100 km selama 2 bulan, penggantian oli tetap harus dilakukan. Oli yang berada di dalam motor terlalu lama, bila tidak segera diganti dapat merusak komponen kendaraan.




Untuk menjaga kondisi motor matic tetap oke dan komponen di dalamnya berfungsi dengan baik, harus rutin ya ganti oli mesinnya minimal 2 bulan sekali. Kalian bisa baca informasi seputar oli motor matic terbaik di https://planetban.com/ lengkap deh di situ. 



Tanda-tanda Oli Motor Matic Harus Diganti 


Selain faktor jarak tempuh, ada beberapa kondisi yang mengharuskan penggantian oli motor matic. Meskipun belum mencapai waktu penggantian, oli mesin motor sebaiknya segera diganti jika merasakan tanda-tanda berikut: 

  • Saat motor terasa berat
    Saat menarik gas sepeda motor dan terasa lebih berat dari biasanya, maka oli harus segera diganti dengan yang baru. Tarikan gas yang berat ini disebabkan sepeda motor sering digunakaan pada jalanan macet atau dipaksa untuk melaju dengan kecepatan tinggi. Kedua kondisi tersebut menyebabkan oli sepeda motor cepat panas dan jika dibiarkan terlalu lama, kinerja sepeda motor akan berkurang. 

  • Melewati jalanan menanjak
    Oli akan cepat panas saat sepeda motor dipaksa untuk kerja berat, salah satunya ketika melewati jalanan menanjak dalam jangka waktu yang cukup sering. Oleh karena itu, motor matic yang sering melewati jalanan menanjak akan lebih baik jika rutin diganti dengan oli motor matic yang baru.

Nggak susah kan ya buibuuu merawat motor matic yang kita kendarai setiap hari. Yang penting jangan lupa rutin melakukan servis dan ganti oli motor matic secara berkala sesuai dengan jarak tempuh ataupun kondisi penggunaan motor seperti yang telah ditulis di atas. 

21 komentar:

  1. Masalah perolian motor ini sering banget diabaikan apalagi kalau yang punya motor perempuan ya Kak hihihi. Sering banget dulu zaman kuliah, teman-teman perempuan semuanya pakai motor matic, tiba-tiba motornya ngadat, taunya kena di oli. Nice info, Kak.

    BalasHapus
  2. Beberapa perempuan (kyk aku ) emang agak dudul klo bicara perawatan motor.
    Bisanya make doang πŸ˜πŸ˜‚ beklaaah mau disiplin utk ganti oli mbaaa

    BalasHapus
  3. Wah sayang jarang-jarang urusin kendaraan jadi tahu setelah baca artikel punya mba Uniek. Saya dulu punya motor tapi jarang saya pakai dan dipakai sama teman saya, jadi jarang cek-cek juga, karena teman yang pakai jadi dia yang urus semuanya, terima beres hehehe

    BalasHapus
  4. Selain untuk keamanan dan keawetan onderdil mengganti oli motor secara berkala juga demi kenyamanan berkendara ya. Bed lho yang sudah ganti oli dengan belum itu. Suara mesin dan dorongannya bisa dibedakan

    BalasHapus
  5. Mengganti oli motor secara rutin adakah salah satu cara untuk merawat mesin motor agar awet y mbak

    BalasHapus
  6. Yes setuju kakak, merawat motor matic ini mudah asal rutin service Dan ganti oli. Oh ya ada yang lebih mudah kak, serahin tugas ini ke suami wkwkwk

    BalasHapus
  7. Masya Allah baru tahu saya kalau ada jarak yang telah mengganti oli. Secara nggak bisa bawa kendaraan jadi nggak paham dengan semuanya

    BalasHapus
  8. Aku jd inget pengalaman aku punya motor, itupun second. Namanya Mr.kho, Dan ga paham masalah dan perawatannya. Lebih sering adeku yg ajak dia ke bengkel.

    BalasHapus
  9. Paksu tuh sering banget mengabaikan ganti oli ini jadi motor.y sering mandet, alhamdulillah udah diatur dan lebih baik lagi performa.y

    BalasHapus
  10. Untungnya termasuk tipe mencatat kapan terakhir ganti oli. Jadi biasanya kan ada periode waktunya gitu. Udah terasa nih kayaknya gejalanya kapan mau ganti oli. Apalagi kalo motor udah kerasa gak enak dibawanya gitu.

    BalasHapus
  11. Maintenance kendaraan bermotor memang penting banget diperhatikan ya Mbak. Ganti oli salah satunya, karena jika telat, efeknya bisa panjang ke mesin. Saya biasanya hanya bagian mengingatkan hehe, yang eksekusi ke bengkel tetep pak suami.

    BalasHapus
  12. Oh berarti 2 bulan tetap harus ganti oli ya walau jarang dipakai motornya. Emang sih, kalau baru ganti oli, motor kaya yang enteng gitu. Lebih mulus pula suaranya.

    BalasHapus
  13. Saya termasuk emak emak yang sering nongkrong di bengkel untuk ganti oli dan perawatan lainnya.

    BalasHapus
  14. semoga tahun ini bisa punya motor matic nih, hehe. kadang lupa urusan onderdil begini, pokoknya tiap bulan rutin servis aja ke bengkel ya mbak

    BalasHapus
  15. Wah aku jarang pake motor matic, tapi kadang lihat temen rajin banget servis. Apik banget deh dia, oli rajin ganti dan persis sesuai apa yg mba Uniek bilang ini

    BalasHapus
  16. Ini salah satu hal yang termasuk mudah sih kalau menurut saya. Tinggal nandai aja di kalender dan capaian km nya. Yang susah itu kalau ada yang rusak tapi nggak tahu yang mana. Jadi harus nanya ke suami

    BalasHapus
  17. Iya nih.. kak Un.
    kalau motor terasa berat emang kayaknya ada apa-apanya deh.. Kudu banget diservice rutin, ganti oli dan jangan lupa memilih oli dengan kekentalan yang tepat dan sesuai tipe motor maticnya. Sehingga kembali nyaman digunakan serta membuat mesin motor matic tetap awet.

    BalasHapus
  18. Kereeen nih si Mba...saya mah tinggal.pake, apalagi paksu ahli mesin kendaraan. Jd dia yg rutin melakukannya...hehehe

    BalasHapus
  19. Betul mba aku pernah telat ganti oli
    Karena ngikutin km nya. Ternyata harusnya ngikutin bulan aja, gak mesti km nya

    BalasHapus
  20. Aku ga punya motor nih, Sama ya, semua kendaraan bermotor wajib rutin ganti oli. Kalau mobil jaraknya lebih lama lagi

    BalasHapus
  21. Aih, iya banget. April lalu kami ngalami kerusakan mesin motor alias hampir jim karena oli kering sekering2nya, lupa ganti 🀦🏽‍♀️🀦🏽‍♀️🀦🏽‍♀️ biayanya mayan banget buat perbaikan. Jadi penting banget memang ganti oli motor tepat waktu

    BalasHapus