11 Desember 2022

Ternyata Mudah Memasak Kuliner Legendaris Nusantara

 

Berasa ribet nggak sih saat harus memasak sesuai resep kuliner legendaris Nusantara? Biasanya kan masakan daerah bumbunya aduhai melimpah ruah. Kadang udah berasa puyeng sendiri ketika ngebayangin untuk mengolahnya.

Ternyata memang lebih ngeri saat membayangkannya dibandingkan dengan mencobanya langsung. Saat mengikuti seorang chef ternama mengajarkannya di saat media gathering, baru ngeh deh kalau ternyata membuat masakan khas daerah yang termasuk kuliner legendaris tuh bisa semenyenangkan itu. 

Kayak apa sih acaranya?



Media Gathering & Festival Jajanan Bango (FJB)


Media & community gathering dengan tajuk Hidangkan Resep Kuliner Legendaris ala FJB di Rumahmu berlangsung pada tanggal 6 Desember 2022. Acara ini diselenggarakan oleh Unilever Indonesia selaku produsen kecap Bango yang sudah menjadi andalan memasak banyak mama di Indonesia. 

Pada gathering ini hadir Adisty Nilasari, senior external & digital communication manager Unilever Indonesia. Ada juga Chef Ragil Imam Wibowo yang secara langsung memandu peserta gathering untuk memasak kuliner legendaris yang jadi favorit selama gelaran Festival Jajanan Bango (FJB) dari tanggal 28-30 Oktober 2022 yang lalu.

Sudah familier kah dengan festival kuliner yang satu ini? 

Festival Jajanan Bango (FJB) telah dilangsungkan sejak bertahun-tahun yang lalu. Bahkan sebelum pandemi melanda, FJB pernah hadir juga di Semarang loh. Berasa banget keseruannya saat bisa hadir langsung pada FJB. Gimana ga seru yaa... ratusan jenis hidangan khas Indonesia disajikan. Jadi semua pengunjung yang semula belum tahu ada menu khas daerah tertentu, jadi bisa ikutan mencobanya.


adisty nilasari festival jajanan bango

Oleh Bu Adisty Nilasari disampaikan jika Bango telah secara konsisten berusaha melestarikan kuliner otentik Indonesia, salah satunya melalui penyelenggaraan FJB sejak tahun 2005. Diharapkan FJB tahun ini bisa makin mengedepankan pandangan tentang pentingnya masyarakat untuk terus mengeksplorasi aneka kelezatan kuliner Nusantara. Siapa lagi coba yang bisa mengapresiasi dan melestarikan kekayaan kuliner negeri sendiri kalau bukan warga negara Indonesia.

Kehadiran FJB 2022 terbukti sangat ditunggu-tunggu oleh para pencinta kuliner. Selama tiga hari pelaksanaan FJB 2022, tak kurang dari 97.000 pengunjung yang mendatangi lokasi pelaksanaan FJB. Pada penasaran deh sepertinya untuk mengenali dan menikmati aneka kelezatan kuliner Indonesia. 

Festival Jajanan Bango (FJB) tahun 2022 ini mengusung tema “Kenali Rasanya Indonesia”. Untuk melanjutkan kemeriahan FJB, Bango pun ingin melakukan pengenalan aneka kuliner otentik Nusantara di tengah keluarga Indonesia. 

Untuk itu, Bango berkolaborasi dengan Chef Ragil Imam Wibowo menggelar acara demo masak virtual bertema “Hidangkan Resep Kuliner Legendaris ala FJB di Rumahmu” untuk menyebarluaskan dua resep kuliner unggulan di FJB 2022, yaitu Sate Rembiga ala Ibu Sinnaseh dan Iga Sapi Bakar ala Jangkung.

Pada FJB 2022 ini Chef Ragil diberikan misi oleh Bango untuk mengeksplorasi aneka kuliner legendaris yang ada dan mengkurasi hidangan-hidangan yang tidak hanya bercita rasa otentik, tapi juga mudah untuk diolah. Akhirnya disepakatilah Sate Rembiga dan Iga Sapi Bakar tadi. Keduanya memiliki ciri khas dan cita rasa yang istimewa dengan keunikan bahan-bahan dan cara pengolahannya, sehingga patut untuk diperkenalkan lebih luas lagi.




Memasak Kuliner Legendaris ala FJB di Rumah


Chef Ragil rupanya ingin mematahkan mitos bahwa memasak kuliner otentik Indonesia itu ribet. Beliau berharap para ibu di rumah bisa dengan mudah mengolah dan menyajikan Sate Rembiga dan Iga Sapi Bakar, tidak pakai acara ribet segala.

Sate Rembiga merupakan sajian khas Lombok, Nusa Tenggara Barat. Masakan ini dibuat dengan bahan dasar potongan daging sapi yang dimarinasi dengan aneka bumbu dan rempah. Salah satu ciri khasnya adalah penggunaan terasi Lombok, yang membuat citarasanya begitu berbeda dengan sate lainnya. 

Pada FJB 2022, hidangan yang langsung disajikan oleh salah satu penjaja Sate Rembiga paling tersohor di Lombok, yaitu Sate Rembiga Ibu Sinnaseh ini selalu dipadati pengunjung karena kelezatannya. Makanya enggak heran bila akhirnya Chef Ragil memilih untuk memperkenalkan cara memasak yang bakalan mudah diikuti oleh para koki rumahan alias kaum ibu yang seringnya menjadi andalan bagi keluarga untuk memasak di rumah. 


Chef Ragil Imam Wibowo dan Adisty Nilasari

Iga Sapi Bakar Si Jangkung asal Bandung, Jawa Barat juga menjadi salah satu primadona di FJB 2022. Keunikan dari Iga Sapi Bakar ini terletak pada paduan daging iga berbumbu dengan irisan bawang merah, cabai rawit merah dan tomat merah, disajikan panas-panas di atas piring cobek yang semakin memperkental sentuhan tradisionalnya. Rasa manis dan pedasnya begitu segar dan membuat penikmatnya ketagihan. 

Hadirnya kedua resep yang akan dibagikan Bango melalui demo masak bersama Chef Ragil ini bakalan bikin kita tidak perlu jauh-jauh pergi ke Lombok atau ke Bandung untuk menikmati dua hidangan ini. Bisa banget loohh dimasak sendiri di rumah. 

Kedua hidangan istimewa ini juga bisa dijadikan andalan ibu untuk menyambut tahun baru. Umumnya, keseruan pergantian tahun sangat identik dengan kegiatan bakar-bakaran aneka jenis daging, sehingga kedua hidangan bakaran yang legendaris ini bisa menjadi alternatif menarik untuk menghangatkan momen kebersamaan di penghujung tahun, sekaligus memperkenalkan ragam kelezatan hidangan otentik ke seluruh anggota keluarga ataupun kerabat

Untuk contekan resepnya, boleh banget ya pantengin informasi di bawah ini:


1. Resep Sate Rembiga ala Ibu Sinnaseh



BAHAN-BAHAN:

Bahan utama
250 gram Daging sapi khas dalam atau bagian pipi, kemudian potong kecil untuk disate
100 gram Saus Rembiga
2      gram Garam
5      pcs Tusuk sate


Chef Ragil sedang memotong daging untuk sate



Saus Rembiga
120 gram Bawang putih cincang
50  gram Kecap manis Bango
10   gram Terasi Lombok
100 gram Cabe merah besar
50   gram Cabe keriting
50   gram Minyak goreng
100 gram Air
(Semua bahan saus dihaluskan dengan chopper atau blender kecuali terasi)


CARA MEMASAK

Saus Rembiga
  • Siapkan wajan, masukkan semua bahan saus Rembiga ke dalam wajan 
  • Aduk merata dan panaskan hingga mendidih, tambahkan terasi
  • Kecilkan api, masak hingga mengental kurang lebih 20 menit 
  • Matikan api, saus siap digunakan
Sisihkan 50 ml saus Rembiga sebagai kuah sate


Sate Rembiga
  • Campur daging yang sudah dipotong dadu dengan garam dan minyak, aduk hingga merata
  • Masukan 2 sendok makan saus Rembiga, aduk lagi hingga merata
  • Tusuk daging dengan tusuk sate (3 potong per tusuk), hingga daging habis
  • Tempatkan sisa saus Rembiga di atas piring datar, beri sedikit minyak, lalu aduk merata dengan sate Rembiga yang akan dibakar
  • Bakar sate setengah matang dahulu, oleskan lagi saus Rembiga, dan bakar kembali hingga matang merata (bakar jangan terlalu matang)
  • Setelah matang, siap disajikan dengan lontong dan sisa saus sebagai kuah

Sate Rembiga ala Ibu Sinnaseh


Gimana gimanaaa... sudah ngiler kan baca cara memasak dan foto Sate Rembiga? Enggak sulit kaaannn... makanya hayuk kita coba memasaknya di rumah. 


Kita lanjut yuukk ke resep kuliner legendaris berikutnya:



2. Resep Iga Sapi Bakar ala Jangkung


BAHAN-BAHAN:

Bahan utama
300 gram Iga sapi 

Bumbu halus untuk merebus iga
50 gram Bawang merah
50 gram Bawang putih
50 gram Sereh
10 gram Laos
10 gram Kunyit
5   butir Cengkeh
1   butir Pala
1   liter Air
3  gram Garam

Bumbu tumis
100 ml kecap manis Bango
80 gram bawang merah iris kasar
10 gram cabe rawit dimemarkan
50 gram cabe merah iris tipis
50 gram cabe hijau iris tipis
2  lembar daun salam
30 ml air asam Jawa
30 gram minyak samin/margarine
100 gram tomat merah potong kasar 


CARA MEMASAK:
  • Potong-potong iga menjadi beberapa ruas
  • Bersihkan potongan iga dengan lap bersih dan kering
  • Haluskan bumbu untuk merebus
  • Masukkan iga dan bumbu bersama air ke dalam panci dengan api sedang

Chef Ragil saat merebus iga sapi

  • Tambahkan pala yang dimemarkan dan cengkeh
  • Rebus hingga iga empuk
  • Biarkan sampai dingin di dalam kuahnya
  • Tiriskan iga lalu bakar di atas bara
  • Setelah dibakar, potong-potong iga sesuai selera

Chef Ragil saat memasak iga bakar

  • Panaskan pan dengan minyak samin
  • Masukkan bawang merah, cabe dan daun salam
  • Tumis hingga harum
  • Masukkan daging iga yang sudah dipotong 
  • Tambahkan kecap manis Bango dan air asam Jawa
  • Aduk hingga merata
  • Masukkan potongan tomat merah dan aduk sebentar
  • Sajikan dengan nasi putih dan potongan tomat kasar

Hasil akhirnya seperti ini yaaaa




Looks so yummy yaaa.... Buatku secara pribadi, iga sapi bakar ini lebih mudah kayaknya untuk dicobain di rumah sebagai sajian tahun baru bareng keluarga. Tapi tertantang juga deh untuk nyobain bikin Sate Rembiga. Komposisi saus satenya itu loooh... ada terasinya gituh. Berasa sedep banget ye kaaann... Sate pakai saus sambel terasi, bakalan bikin nambah-nambah terus deh.

Semoga tertarik juga ya untuk mencoba memasak sendiri kuliner legendaris ala Festival Jajanan Bango ini di rumah. Siapa tau resep kuliner otentik Nusantara ini bakalan jadi kesayangan keluarga. 💗💗

95 komentar:

  1. Iganya nampak lezaaat pakai kecap Bango yaa

    BalasHapus
  2. Bisa dicoba nih buat menu pas idul Adha (haha masih lama sekali 😁)

    Aku juga masih mindset masakan Indonesia itu kebanyakan ribet 🙈 untung terbantu banget sama yang jual bumbu jadi atau bumbu dasar home made gitu jadi bisa disimpan di kulkas dan masaknya nggak ribet

    BalasHapus
  3. waah..ada resep sate rembiga! aku pertama kali mencicip pas main ke Lombok 2 th lalu..dan sukaaa.. Jadi pengen nyobain bikin dg kecap.bango deh.. trmksh ya dik..utk sharing resep kuliner legendaris dg kecap bango ini..

    BalasHapus
    Balasan
    1. oya, izin simpan resepnya yaa.. asli langsung ingin nyobain buat di rumah..apalagi kecap di rumah juga Cap Bango nih.. pas banget deh..

      Hapus
  4. Wah mantep ini sate dan daging rembiganya, jadi pengin masak di akhir tahun ini. Apalagi sate yang jadi menu utama pembakaran malam tahun baru, bakalan enak pakai resep legendaris dan kecap bango, nih. Terima kasih informasinya!

    BalasHapus
  5. Bango kecap no 1 yang selalu ada di tengah keluarga kami di rumah, cita rasa kecapnya begitu mantap, beda dengan kecap yang lain.

    BalasHapus
  6. kalau liat demo masak gitu kayak yang gampang ya mba, aslinya gedebrukan kalau mau praktek sendiri di rumah wkwkwk

    BalasHapus
  7. Resep sate rembiga dan iga sapi bakar sama2 menarik nih mbak. Patut dicoba di rumah nih resepnya. Apalagi buat sajian makan bersama, pastinya bikin nagih ya...enak banget kelihatannya.

    BalasHapus
  8. Sumpah ya... kecap bango itu selalu ada di jajaran paling atas dan belum bisa dikalahin sampe sekarang.
    I lope kecap bango! :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama banget nih sama aku. Kecap Bango yang kecap manisnya terutama, itu enak banget buat masak atau buat tambahan di makanan. Makanya wajib ada sih di meja makan

      Hapus
  9. Wah resepnya banyak yang baru tahu nih... jadi pengen nyoba kelihatannya menggiurkan semuanya ..jadi bikin lapar hehe...

    BalasHapus
  10. Aduhh ngiler aku mbaaa
    Memang klo pakai BANGO tuh rasa masakan jadi mantaabb, endeus pol

    Ibu mertuaku ngga mau pakai merek lain. Klo.masak harus BANGO

    BalasHapus
  11. Waa ada resep iga bakar... mau kucoba eksekusi ah, semoga berhasil masaknya. Kecap Bango mah emang pilihanku kalo masak yang semur2 kaya gitu

    BalasHapus
  12. wahhhh jadi pengen coba recook deh resep sate ini apalagi pake kecapnya bango lebih mantep tuuuuh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jadi makin asik ya Teh.
      Apalagi menunya juga bikin gereget buat disantap.

      Hapus
  13. Jadi pengen nyobain sate Rembiga tuh kayak apa

    BalasHapus
  14. Aku pengeeeenn recook masakannyaaaa, tunggu kl mateng ya mba, icipp sini yaaaa

    BalasHapus
  15. Resep iga bakarnya menggoda, must try!!! Kecap di rumah jg bango, klop deh :)

    BalasHapus
  16. Resep Iga bakar nya must try!!!! Pas banget kecap di rumah jg Bango, klop deh :)

    BalasHapus
  17. Enak ya keliatannya. Tinggal nunggu Uniek bikin iga sapi bakar pas reuni😄

    BalasHapus
  18. Aku ini termasuk emak yg sering males masak masakan tradisional. Soalnya keliahatannya kok ribet ya. Hihihi kalo lihat mamaku sih. Etapi ini kok resepnya kayak yang gampang ya. Duh jadi kepengen nyoba. Nanti dicoba ah. Resep yang pake kecap Bango mah dijamin endul ya. Keluarga pasti pada suka.

    BalasHapus
    Balasan
    1. AKu kemarin baru dikasi panggangan bisa buat bakar2an sate haha. Emang segala masakan pakai kecap apalagi kecapnya Bango tu jd sedep. Gak cuma buat lauk. Kalau andalanku menumis2 tuh biasanya pakai kecap.

      Hapus
  19. Mupeng sate Rembiga waktu demo masak kemarin. Kebayang enaknya, apalagi udah ada tips dari Chef gimana cara mengolah daging agar empuk. Memilih daging sapi bagian pipi dalam termasuk trik rahasia hemat tapi empuk yang baru aku tahu. Yuk mba, bikin sate Rembiga dan iga bakar untuk malam tahun baru

    BalasHapus
  20. Festival Jajanan Bango ini surga kuliner banget. Dulu pernah ikut yang offline-nya gitu dan bisa jajan macam-macam makanan. Nah untuk urusan masak makanan di rumah, aku angkat tangan. Tak sanggup berada di dapur lebih dari 5 menit (jadi kalau cuma buat bantuin cuci piring oke, kalo masak nggak ah). Jadi lebih sering suami sih yang masak... hahaha (untungnya dia suka masak). Btw, makasi resepnya ya, Kak, nanti Pewe tak minta bikinin pake resep di atas, cuma dagingnya pengen kuganti ayam saja. Aku gak terlalu bisa makan daging sapi euy

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, kak Moon... akupun rutin datang ke FJB offline jaman belum pandemi.
      Beneran sukses menggugah selera sih karena semua jenis kuliner Indonesia ada dan enak enak banget. Apalagi yang ada bumbu kecapnya.. Makin mantap menggunakan kecap Bango.

      Hapus
  21. Waaaah sate rembigaa.. Bikin jadi kangen Lombok!

    BalasHapus
  22. Pernah nyicip iga bakar ini pas makan di pusat jajan PasKal (Pasir Kaliki) Bandung. Langsung terpesona dg rasa sambal/bumbu kasarnya. Sampai rumah, penasaraan mereka-reka sendiri komposisi bumbunya. Tp kok berasa kurang mantap, ya?
    Oh, ternyata kudu ditumis pake minyak samin ya, biar nohok aromanya!
    OK, deh. Tak coba lagi, ah! Mumpung ada resep dr Chef Ragil-FJB. Maturnuwun, Uniek 👍🏻😍

    BalasHapus
  23. Iga Bakar si Jangkung emang juara rasanya dan bikin nagih terus nih. Enaknya dimasakin ga mau masak sendiri di rumah mesi kadang ada resep2nya suka beda hahaa..
    Butuh sentuhan Nchef nya Mba Unieek.

    BalasHapus
  24. Daku tuh membayangkan aromanya loh mbak saat menyaksikan langsung chef Ragil masak hehe. Apalagi ini hidangannya sate pakai Bango, wah banget sih.

    BalasHapus
  25. Usaha rumah makan ortu juga pakai ini kecap, emang enak ini kecap buat campuran masakan nusantara.

    BalasHapus
  26. Masak menu masakan INdonesia itu jelas gak mudah.
    Bumbu dan cara memasaknya ada banyak, hehehe.. tapi aku selalu doyan. Rasanya enak dan meresap sampai ke dalam. Apalagi masak sate ini sangat butuh ketelatenan.

    BalasHapus
  27. Wah masak sate itunpaling susah mbak. Kalau ngg tahu triknya, dagingnya masih keras.
    Tapi dengan adanya resep dari kecap bango ini, bisa membantu memberi petunjuk bagaimana memasak sate agar bisa empuk dan enak.

    BalasHapus
  28. Ya ampun ini bisa direcook kuliner legendaris ala FJB ada resepnya pula, Sate Rembiga dan Iga Bakar Jangkung. Enaknyaa.... jadi enggak mikir ribetnya, ternyata simpel juga resepnya. Mantap pula. Pakai kecap Bango sih ya!

    BalasHapus
  29. wooow, banyak bener ya pengunjung FJB 2022 ini, 97.000, asliii pasti penasaran ini makanya begitu ada FJB langsung pada datang lagi untuk bisa merasakan keseruan FJB dan intip-intip masakan Nusantara yang begitu beragam ya Mbak.
    jadi penasaran nih dengan sate Rembiga, kayaknya juga ribet-ribet amat ya cara buatnya.
    nanti beli daging dulu aahh, duuh tapi terasi Lombok ini nih kayaknya yang agak ribet dapatnya :D kalau kecap mah, selalu doong Bango :)

    BalasHapus
  30. Melihat sate dan iganya jadi kepingin recook juga. Terimakasih resepnya, Mbak.

    BalasHapus
  31. Hadeuh looks so yummy bangetttt
    Aku mau recook ini mba, kapan2
    Semoga anakku sukaaaaa

    BalasHapus
  32. Masak apapun kalau dikasih kecap Bango ini memang auto enak. Jadi pengen nyoba masak iganya juga, enak banget kayaknya.

    BalasHapus
  33. Yuk mba, masak buat tahun baruan, bakar sate dan iga bakar. Kayaknya bakal ngabisin nasi nih saking sedapnya. Etapi kalo sate Rembiga paling enak dimakan bareng ketupat atau lontong

    BalasHapus
  34. Saya pecinta iga bakar saya nggak sabar nyoba menu satu ini. Begitu juga sate Rembiga auto penasaran banget. Asli enak banget barangkali apalagi pake kedap Bango

    BalasHapus
  35. Cap cip cup kembang kuncup.. Enaknya masak yang mana ya.. Soalnya udah pasti enak semua kalau pakai kecap Bango ya mba...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener, beneer..
      Rasanya kalau bahan dasarnya daging, aku gak akan nolak. Tapi sadar kemampuan banget.. Bisakah aku memasak salah satu kuliner legendaris nusantara Indonesia?

      Bisa, pasti bisa ya..
      Ada kecap BANGO yang rasanya authentic.

      Hapus
  36. Masakan Indonesia itu emang tiada duanya ya mbak
    Lezat
    Apalagi sate Rembiga ini
    Terkenal kelezatannya
    Bisa di recook di rumah sekarang

    BalasHapus
  37. Jadi terbayang-bayang makan iga dengan nasi plus sambal Mbak hehehe. Festival jajanan bango memang sering sekali mengenalkan kita ke aneka kuliner nusantara yang jarang tampil ya. Ternyata Indonesia ini kaya sekali masakan-masakan lezat..

    BalasHapus
  38. Resep iganya bisa dicoba nih. Mudah juga buat dipraktekkan di rumah. Apalagi pake kecap bango pasti auto endeus

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul mba, aku sendiri allhamdulillah di rumah juga pake bango tinggal praktik nih

      Hapus
  39. Enak banget ya liat.y, apalagi paksu termasuk suka makan sate sama saus kecap sih, kek.y bisa nih dikreasikan dikit di rumah

    BalasHapus
  40. Hidangan kuliner asli Indonesia ini biasanya dimasakkin sama Ibuk ya..
    Dan belum menurun ke aku, huhu.. Apakah aku yang kurang berlatih?
    Cobain recook masakan Festival Kuliner Bango 2022 di atas agar sedikit-sedikit memahami bumbu dan kelezatan asli cita rasa masakan legendaris Indonesia.

    BalasHapus
  41. Duuh, jadi inget pas makan sate rembiga di Lombok deh. Ada resepnya, coba bikin sendiri aja deh

    BalasHapus
  42. wah...kalau festival jajanan bango memang selama ini aku suka banget ngikutin.. soalnya ragam masakannya itu kalau aku praktekin juga beberapa berhaasil. tapi untuk iga bakarnya ini belum cobain... msh ragu takut failed gitu

    BalasHapus
  43. Waduh ngiler banget liat satenya. Btw di rumahku kalo masak selalu pake kecap Bango. Kalo kecap lain bakalan nggak mau. Emang enak sih kecapnya nggak pahit.

    BalasHapus
  44. Kecap Bango emang bisa diandalkan banget untuk menciptakan kelezatan makanan ala orang Indonesia. Apalagi banyak bahan dan bumbu yang perlu tambahan kecap untuk menjadikannya maksimal rasanya

    BalasHapus
  45. Waaah dua resep yang bikin ngiler nih. Nanti coba juga recook ah. Hmmm sedap. Aih, aku belom berhasil ikutan ke festival ini mbak. Dulu pernah datang tp gak hapal prosedur jd batal deh. Bawa ibuku jadinya jajan di tempat lain hehehe

    BalasHapus
  46. Waktu ada FJB d sby sekian purnama silam, aku tu semangaaattt bgt ikutan mbaa.
    Mupeng dgn masakan kek gini.
    So.yiummyyyyy

    BalasHapus
  47. Emang paling ueenakk kecap Bango untuk memasak menu masakan apapun membuat makanan tambah lezat dan jadi andalan para ibu sperti aku

    BalasHapus
  48. Betul banget mba, masakan Indo emang kaya rempah beruntung ya bisa ikuta acara ini dan jumpa Chef Ragil mematahkan jika semuanya ga perlu ribet. Jujur juga aku belum cobain nih sate Rembiga intip resepnya ga ribet yah jadi pengen coba bikin

    BalasHapus
  49. Siapkan dulu semua bahannya, lalu dimasak sesuai arahan Chef Ragil ya Mbak Uniek ... tidak sulit asal sesuai resep. Hmm penasaran dengan sate rembiga.

    BalasHapus
  50. Wih festival jajanan bango 2022 dilaksanakan 3 hari aja, dan pengunjungnya sampai ribuan gitu. Emang sih FJB ini bisa jadi ajang wisata kuliner tanpa perlu jauh-jauh berkunjung ke daerah asal makanan tersebut.

    Yang belum bisa hadir pun, di ajak lihat demo masak secara online, dibagiin resepnya pula buat dicoba di rumah. Keren deh

    BalasHapus
  51. Masakan Indonesia tuh gimana ya mbaaa, duh surga banget rasanya. Enak, beragam trus ngangenin pastinya. Kalau pakai kecap Bango udah paling nikmat, aku coba iga bakar iniii, nggak gunain kaldu lagi, iyalaaah kan udah sapi juga plus kecapnya mantap^^

    BalasHapus
  52. Wuah, ada resep sajian legendarisnya. Iya sih, penting buat masyarakat untuk terus mengeksplorasi aneka kelezatan kuliner Nusantara. Sepakat, siapa yang bisa mengapresiasi dan melestarikan kekayaan kuliner negeri sendiri kalau bukan warga negara Indonesia. Untung ada kegiatan seperpti FJB

    BalasHapus
  53. Konsisten Bango untuk kuliner otentik Nusantara ini memang keren ya, jadinya tuh bikin semangat belajar masak juga hehe.

    BalasHapus
  54. Bango udah ga diragukan lagi sih rasanya, dan inisiasi Bango untuk terus melestarikan kuliner nasional ini wajib diapresiasi, karena banyak bgt kuliner Indonesia yg kutahu dari Festival Jajanan Bango

    BalasHapus
  55. beneran deh ya, kalau liat chef masak tuh kayaknya masak tuh gampang ya, jadi serasa kita juga udah ikutan jago masak, ahaha. tapi emang resepnya memungkinkan banget untuk dicoba sendiri di rumah sih, apalagi yang iga :D

    BalasHapus
  56. Baru tahu kalau Sate Rembiga ini kuliner Lombok.
    Langsung teringat pengalaman pernah jalan ke destinasi di Lombok.
    Aku punya bocoran itinerary 4D3N lho.

    Kalau kecap bango, aku termasuk fansnya juga.
    Suka lihat warna hitam pekat, kecapnya!
    Rasanya juga, mantul!

    BalasHapus
  57. lagi ada daging di kulkas, kayaknya bisa dipraktekin resepnya. Suka deh kalau belajar masak khas Indonesia begini, jadi lebih mengenal jenis-jenis kuliner kita sendiri

    BalasHapus
  58. Saya membaca ini sembari memanggang ikan di kompor. berharap nanti pas masak bisa menggantikan air liur yang aktif gara2 baca sate rembiga dan iga bakar si jangkung hehehehe. Saya baru sekali datang ke FJB, itu pun sudah duluuuuu banget. Dan memang ruameeee polll..

    BalasHapus
  59. aku nih kepikiran mau masak menu ini buat tahun baru nanti, bismillah ya semoga lancar

    BalasHapus
  60. Aha,betul ! Sebelum pandemi Festival Jajanan Bango selalu ramai di datangi penggemar kuliner karna banyak sekali ragam hidangan nusantara di sajikan di berbagai tenant.
    Tp ikut yg virtualnya juga tampak seru ya jadi bisa inspirasi utk bikin menu nusantara yg enaak di rumah

    BalasHapus
  61. Kalau perlengkapan Oke, ilmu masaknya Oke, dan bahan siap semua, cepat aja sih masak kuliner khas Indonesia. Cuma kadang di dapur kita, beda posisi sama dapur Chef. hi hi hi. Tapi kecap Bangau penyelamat sih buatku. oseng-oseng tempe, kasih kecap Bangau lahap semua seisi rumah makan.

    BalasHapus
  62. Bikin Iga bakar ala Si Jangkung bakal laris nih, secara orang rumah suka daging diolah segala macam. Meski sebenarnya tetep pengen nyobain juga sate Rembiga ala Ibu Sinnaseh. Kangen dengan cita rasanya yang pernah aku cicipi saat di Lombok. Apalagi sate Rembiga ini sausnya beda dengan sate di Semarang

    BalasHapus
  63. Aku salut sama Bango, yang sejak dulu ikut melestarikan kuliner khas Indonesia melalui Festival Jajanan Bango ini ya mbak
    Apalagi sekarang resep resepnya bisa kita masak sendiri di rumah
    Aku sih pengen masak Sate Rembiga

    BalasHapus
  64. Bener banget mba, udah keder duluan kalau mau masak masakan nusantara. Ngebayangin bumbunya udah kepengen balik kanan maju jalan. Eh tapi lihat resep sate rembiga ini malah penasaran pengen coba euy

    BalasHapus
  65. kalau udah pakai kecap bango enaaaak semua mba hehehe..di NZ pun aku masih pakai Bango lho..pokoknya cari sampai dapat hahaha

    BalasHapus
  66. Seru banget ya masa beraneka ragam resep nusantara karena banyak sekali rempah-rempah yang membuat masakan itu lebih lezat

    BalasHapus
  67. Aku udah nyobain bikin sate rembiganya Mbak, kupikir bakalan ribet dan ternyata enggak, dan kusuka karena resepnya anti gagal dan nagih bgt satenya 🤭

    BalasHapus
  68. aku selalu nyetok kecap Bango di rumah. Orang Jogja itu cenderung suka makanan manis mau ga mau sedia kecap di meja makan

    BalasHapus
  69. Kita tuh emang kadang suka overthinking. Masak tradisional bakal repot, bumbu macam-macam. Pas praktik, ternyata tidak sehoror itu. Siap recook deh

    BalasHapus
  70. Bikin ngilerrr masakannya...Kecap Bango fav suamiku selalu ready di meja makan...buat masakan kecap bango paling oyeee

    BalasHapus
  71. Resep masakan tradisional itu memang kaya bumbu tapi itulah yg membuat sedaaap!
    Aku ingin recook sate rembiga, belum pernah masak sate nih tapi mau coba, siapa tahu jadi seenak rasa aslinya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyes, betul. Bumbunya melimpah biar makin enak. Kemarin aku recook Iga Bakarnya. Kayanya mau nyoba Sate Rembiga juga. Lumayan buat bakar-bakar saat tahun baru

      Hapus
  72. Kecap bango, kecap andalan keluarga aku sih ini. Rasanya pas sama masakan keluarga.

    BalasHapus
  73. Aku nyetok kecap bango juga nih. Resepnya nanti dicoba pas malam taun baruan, pas banget kan barbequean pake bango.

    BalasHapus
  74. Aku udah recook sate rembiganya dan enak bangets. Mau coba masak yang iga bakar si jangkung juga ah. Resep apapun jadi enak kalau pakai Bango

    BalasHapus
  75. aku juga pake bango mba buat kecap manis di rumah, soalnya manisnya pas dan kental, jadi ga perlu pake banyak pas masak

    BalasHapus
  76. Festival Jajanan Bango udah gak road show keliling kota lagi ya mbak Uniek? Beberapa tahun lalu FJB pernah di Surabaya dan ramai banget, kapan ya hadir kembali lagi ke Surabaya? Kangen suasananya

    BalasHapus
  77. Penasaran mau nyoba bikin saos rembiga. BAru tahu tentang saos ini dari tulisan teman-teman. Bango ini andalan aku banget mba buat masakan enak di rumah :)

    BalasHapus
  78. Ini beneran Iga Bakar Si Jangkungnya enak banget lho mba. Niatnya mau recook di libur tahun baruan ini. Dijamin sih keluarga bakal bolak balik nambah, emang Kecap Bango bener bener elevate rasa ya 🤩

    BalasHapus
  79. Chef Ragil berhasil ya ngajar Ibu-ibu masak makanan khas Nusantara dengan cara yang simpel.
    saya penasaran deh dengan sate Rembiga itu, kapan-kapan mau coba recook juga ini resep dari FJB versi Chef Ragil :)

    BalasHapus
  80. Kyke kok gampang ya mbak masake hehe, taunya selama ini tinggal makan lep. Taksave dulu ah resepnya kali kapan2 bisa re-cook.
    Aku pun kalau masak2 khususnya bikin tumisan atau bumbu perdagingan makainya juga kecap Bango, rasanya gurih manis.

    BalasHapus
  81. duh tolong mbaa emang iga bakar si jangkung itu endeus banget.. aku aja sampe makan 2x selama di bandung haha saking nagihnyaa.. ternyata rahasianya ada pada kecapnya yaa.

    BalasHapus
  82. Soal rasa nggak perlu diragukan lagi ya apalagi ini pakai kecap Bango, pasti enak. Saya udah lama nggak lihat chef Ragil, dulu rajin nonton acara masaknya, selalu seru.

    BalasHapus
  83. Penasaran nih sama resep iganya. Pasti bakalan enak banget apalagi kecapnya bango, kecap andalan keluargaku juga

    BalasHapus
  84. Aku udah coba masak sate rembiganya dan enal bangets. Menyusul mau coba iga bakarnya juga ah. Tentunya pakai kecap Bango

    BalasHapus