01 Mei 2024

Memilih Makanan Sehat di Usia 40 Tahun ke Atas

 

memilih makanan sehat di usia 40 tahun

Memasuki usia empat puluh sering dipandang sebagai tonggak penting dalam kehidupan. Tahapan usia ini sering kali ditandai dengan peningkatan kesadaran diri, kedewasaan, dan perubahan kondisi fisik. Kesadaran diri yang disebut ini bisa terkait dengan pola memilih makanan sehat di usia 40 tahun ke atas.

Menu makan apa saja nih yang tepat untuk dipilih, khususnya bagi perempuan berusia 40 tahun ke atas?



Kondisi Fisik dan Ancaman Penyakit di Usia 40 Tahunan

Sebelum membahas tentang pilihan makanan sehat, yuuk kita cermati terlebih dahulu kondisi fisik dan ancaman penyakit yang biasa dihadapi oleh orang-orang di usia 40 tahunan.

Pada level usia ini, individu mungkin mulai melihat tanda-tanda penuaan yang lebih jelas dan menjadi lebih rentan terhadap kondisi kesehatan tertentu. Yang perlu diperhatikan nih, tetap jaga gaya hidup sehat, termasuk olahraga teratur, pola makan seimbang, dan pemeriksaan kesehatan rutin. Pertahankan tips hidup sehat ini yaaa... 

Kondisi fisik umum yang mungkin menjadi lebih jelas pada usia empat puluhan ini terutama terasa sekali pada penurunan metabolisme. Berat badan jadi lebih mudah bertambah dibandingkan jaman muda dulu.

Massa otot secara alami mulai menurun, begitu juga dengan kepadatan tulang. Risiko terkena osteoporosis pun akan makin meningkat, terutama pada perempuan yang telah memasuki masa menopause. 

kondisi tubuh di usia 40 tahun

Belum lagi yang terkait dengan perubahan daya penglihatan, Ketika masuk usia 40 tahunan, mulai butuh tuh kacamata baca. Pernah kan lihat orang yang kalau membaca justru harus menjauhkan obyek bacaannya? Rata-rata yang begitu itu ya sudah ada di tahapan usia 40 tahun ke atas. 

Kulit pun akan mengalami perubahan. Terdapat penurunan elastisitas kulit yang sangat berpengaruh pada bertambahnya kerutan. Yang paling kelihatan tentu saja bagian wajah dulu tuh ketika kerutan mulai muncul.

Nah terkait dengan penyakit, pada usia 40 tahunan akan muncul berbagai risiko kesehatan seperti di bawah ini:

  1. Terjadinya kondisi kronis seperti diabetes tipe 2, tekanan darah tinggi, dan naiknya kadar kolesterol. Kondisi ini dapat diatasi atau dicegah dengan penerapan gaya hidup yang sehat. Jika diperlukan, perlakuan pengobatan khusus juga sebaiknya tidak diabaikan.

  2. Risiko penyakit kardiovaskular mulai meningkat sehingga kondisi kesehatan jantung perlu menjadi perhatian utama. 

  3. Jika memiliki faktor pembawa genetik kanker, pola makan dan gaya hidup yang tidak teratur bisa memicu munculnya kanker di usia senja. Pemeriksaan kanker, seperti kanker payudara pada wanita dan kanker prostat pada pria, perlu segera dilakukan.

  4. Masalah kesehatan mental, termasuk kecemasan dan depresi, juga dapat muncul atau meningkat pada level usia 40 tahunan ini. Bukan sekadar omong kosong tuh jika kesehatan mental dinyatakan sama pentingnya dengan kesehatan fisik.

Bagi individu yang sudah masuk usia empat puluhan, cobalah lakukan tindakan kesehatan preventif, termasuk pemeriksaan rutin dengan penyedia layanan kesehatan.

Lakukan pula gaya hidup sehat dan waspadai perubahan apapun pada kesehatan fisik dan mental. Deteksi dan intervensi dini dapat berdampak signifikan terhadap pengelolaan kondisi kesehatan. 



Makanan Sehat bagi Perempuan Usia 40 Tahun ke Atas

Mempertahankan pola makan yang seimbang dan bergizi sangat penting bagi perempuan yang berusia di atas 40 tahun. Berbagai perubahan yang signifikan terjadi pada tubuh kita, termasuk metabolisme yang lebih lambat dan peningkatan risiko penyakit kronis seperti yang sudah disebutkan di atas. 

Lalu apakah cukup pasrah saja dalam menghadapi kondisi tersebut?

Enggak dong... Selain memperbaiki gaya hidup keseharian (jika semula masih dirasa belum teratur), perempuan usia 40 tahun ke atas bisa fokus pada pilihan makanan sehat yang padat nutrisi. Makanan sehat dapat membantu menjaga kesehatan secara menyeluruh.


1. Makanan yang Tinggi Kandungan Kalsium dan Vitamin D 

Kalsium dan vitamin D sangat penting untuk kesehatan tulang, yang biasanya menjadi perhatian penting setelah usia 40 tahun karena peningkatan risiko osteoporosis. Makanan kaya kalsium ini bisa didapatkan dari produk susu (susu, yogurt, keju), sayuran berdaun hijau (kangkung, bayam), dan juga makanan olahan seperti jus jeruk serta sereal.

Adapun Vitamin D yang membantu penyerapan kalsium dapat ditemukan pada ikan berlemak (salmon, mackerel), dan kuning telur. Berjemur di bawah sinar matahari secara rutin juga membantu tubuh memproduksi vitamin D secara alami.


2. Makanan Tinggi Serat

Serat berperan penting dalam menjaga kesehatan pencernaan dan mencegah penyakit kronis. Terpenuhinya kebutuhan serat dalam tubuh sangat membantu kita dalam mengatur berat badan. Rasa kenyang pun akan bertahan lama.

Makanan tinggi serat bisa kita peroleh melalui biji-bijian (oat, biji gandum, barley), kacang-kacangan, buah-buahan (beri, apel, pir), dan sayuran (brokoli, wortel). Ragam sumber serat tinggi ini bisa kita variasikan dalam keseharian sehingga menu makanan yang kita santap menjadi lebih menarik dan bergizi.


3. Makanan yang Mengandung Antioksidan

Antioksidan penting untuk mencegah peradangan dan melindungi tubuh dari gejala oksidatif, yang potensial menyebabkan penuaan dan munculnya berbagai penyakit. 

Makanan kaya antioksidan antara lain buah beri, kacang-kacangan (kenari, almond), biji-bijian (flaxseeds, chia seeds), black chocolate, dan teh hijau. 

Buah-buahan dan sayuran yang berwarna juga mengandung antioksidan. Banyak-banyak makan buah dan sayuran bisa membantu kita dalam menjaga kesehatan dan vitalitas.


sumber makanan sehat


Berbagai sumber bahan makanan sehat tadi tidak sulit ditemukan. Kalaupun ada yang tidak familiar seperti flaxseed (biji rami), kita bisa menggantinya dengan bahan pangan lokal lainnya. 

 

Selain berfokus pada makanan kaya nutrisi ini, perempuan dengan usia di atas 40 tahun harus tetap terhidrasi, mengatur porsi makan, dan membatasi asupan makanan olahan, gula, dan lemak jenuh. 

Hindari berbagai makanan siap saji dan aneka ragam bahan pangan yang mengandung banyak pengawet. Gunakan bahan-bahan segar untuk mendapatkan manfaatnya bagi kesehatan.

Jika perlu, jadwalkan konsultasi dengan ahli gizi untuk mendapatkan memberikan saran diet yang lebih terperinci dan disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing individu.


Nah, bagi kalian yang sudah membaca menu-menu diet sehat di atas, adakah yang punya menu sehat lainnya untuk dibagikan? Boleh dong berbagi informasi di kolom komentar. 

Untuk mengetahui rekomendasi diet sehat, boleh juga ya baca artikel Diet Sehat di Usia 40 Tahun ke Atas.

Yuukk kita sehat sama-sama yaaa... 

50 komentar:

  1. Usia 40 tahun ke atas emang udah wajib memperhatikan segala asupannya yaa, akupun yang 30 plus udah mulai pilih pilih makanan, udah pengen makan makanan yang sehat dan dibantu minum vitamin jugaa hihihi

    BalasHapus
  2. Biar makin awet mudah, asupan yang ada unsur kolagen jadi pertimbangan utama ya kak. Noted nih, walau masih jauh dengan kepala 4 tapi persiapan dari sekarang boleh lah haha

    BalasHapus
  3. Vitamin D ini penting banget, dan sering dilewatkan. Padahal usia 40 tahun keatas selain osteoporosis tulang juga lebih mudah patah bila terjatuh

    BalasHapus
  4. mbaaak ... tapi muncul kerutan sudah kualami bahkan sebelum 40 tahun, hehehe. tapi enggak apa deh, selain sehat, yang penting tetap bahagia

    BalasHapus
  5. Memang di usia 40 tahun ke atas kita harus extra hati - hati ya mba. Dan banyak lho pilihan makanan sehat yang enak juga

    BalasHapus
  6. bener banget mba, usia 40an tuh udah beda banget metabolisme nya, jadi harus banyakin makanan sehat dan serat, thanks for sharing mba

    BalasHapus
  7. Sebetulnya sejak saya tinggal di Turki, makanan disini tergolong sangat sehat, karena sarapan Wajib ala Turki ada zaitun, keju, timun, tomat, telor rebus, dll. Cuma sayangnya saya belum bisa lepas dari peracian. Tapi kedepan mudah-mudahan bisa terus memilih makanan sehat untuk persiapan di umur 40 th

    BalasHapus
  8. Makan makanan sehat sejak muda, dampak jangka panjangnya terlihat pada wajah yang segar dan sehat. Nah, usia 40 thn memang beberapa hal mulai menurun sih. Terutama penglihatan ya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ah iya juga kak Hani, perlunya dari semenjak muda maupun remaja udah mulai nih asupannya diperhatikan dengan makanan sehat

      Hapus
  9. Bab makanan sehat memang penting banget. Karena kondisi juga sudah nggak sefit pas sebelum usia 40 tahun ya, Kak. Semangat, sehat....

    BalasHapus
  10. Mbaa, setuju banget kalau makan buah bagi usia 40 tahunan ini memang penting banget. Makanan yang mengandung tinggi serat juga oke buat kondisi tubuh perempuan usia 40 tahun yang tentunya berbeda dibandingkan usia 30 tahun

    BalasHapus
  11. Aku juga mau jalan ke 40 maaaak, bener bener mesti perhatiin asupan makanan mulai saat ini ya maaaak.. huhuhu. Maaci remindernya yaaa mak Uniek

    BalasHapus
  12. Lagi jadi issue banget ini tentang makanan dan penyebab penyakit. Sebenarnya ngga harus menunggu usia 40 tahun, karena sekarang penyakit sudah ngga pandang usia mba. Terakhir aku lihat ada perempuan usia 30 th nan yang terkena diabet tipe 2. Makanan sehat dan minum air putih jadi penting banget saat ini ya mba.

    BalasHapus
  13. Huhuhu... begitu masuk kepala 4, saya lantas tidak bisa lepas dari kacamata baca. Soal makanan, saya sudah dipesanin kakak senior agar mengurangi garam dan gula. Mungkin karena dia lihat saya sekarang melar dibanding dulu :D

    BalasHapus
  14. Makan buah dan sayur penting banget ya. Nggak perlu nunggu 40 tahun juga untuk memulai hidup sehat agar mencegah penyakit.

    BalasHapus
  15. Pola hidup sehat dengan mengkonsumsi makanan sehat memang harus menjadi perhatian di usia yang sudah tidak muda lagi, yang dalam hal ini adalah 40 tahun ke atas ( saya malah sudah otw 60 mbak). Selain itu juga harus diimbagi dengan olahraga yang sesuai dengan tingkat usia, agar tubuh lebih fit.

    BalasHapus
  16. Aku juga memasuki umur 40an udah mulai banyak keluhan kesehatan. Dokter sarankan mulai makan makanan sehat seperti air putih, sayur dan buah. Maklum kolesterol aku pernah tinggi dan hampir kena stroke. Komsumsi makanan sehat penting sekali utk kita

    BalasHapus
  17. Seriusan mbak uniek mau masuk ke usia 40 tahun? Nggak kelihatan donk, asli, awet enoomm. Btw aku mau catat sekalian praktekin ini ah. Makasih infonya mbak unieekk

    BalasHapus
    Balasan
    1. 50 mbak... 40nya udah lewat lama hehehee... Alhamdulillah

      Hapus
  18. Seringkali kalau ngelamun tuh memikirkan bahwa kondisi kesehatan duluuu before 30 gak sama lagi dengan sekarang.
    Tapi ini penting dicatat.
    Karena pola hidup sehat dan habitnya ga bisa serta berubah, kudu ada prosesnya.

    BalasHapus
  19. Salah satu cara mendapatkan tubuh yang fit adalah dengan menerapkan pola makan sehat. Apalagi kalau sudah 40 lebih, pasti lebih berasa gampang capek ya mba sehingga wajib hukumnya menjaga asupan makan.

    BalasHapus
  20. Nah iya, udah mulai ada kerutan halus dan kerasa butuh kaca mata baca. Selama ini gak terlalu memperhatikan makanan yang dimakan, yang penting ada sayur dan buah. Ternyata di usia 40 tahunan juga butuh biji-bijian dan coklat juga ya. Makasih remindernya, Mbak

    BalasHapus
  21. Masuk kepala 3 aku juga mulai jaga makanan nih mba. Pernah kadar trigliserida milikku tinggi. Auto ngurangi tepung-tepungan dan makan makanan bergizi

    BalasHapus
  22. Masuk kepala 3 aku juga mulai jaga makanan nih mba. Pernah kadar trigliserida milikku tinggi. Auto ngurangi tepung-tepungan dan makan makanan bergizi

    BalasHapus
  23. Yang paling penting sih makanan yang banyak mengandung kalsium, karena rawan banget ya masalah kekuatan tulang apalagi 35++

    BalasHapus
  24. Saat memasuki usia 40 tahun, memang sudah seperti warning ya, Mbak. Sudah banyak batasan ini itu soal makanan dan minuman apa saja yang boleh dan tidak boleh dikonsumsi. Jadi filternya ada pada diri kita sendiri. Mau sehat atau tidak. Jadi harus terus menjaga pola makanan juga.

    BalasHapus
  25. Pola makan sehat ini penting banget lho. Buat saya yg masih belum 40 aja, mulai mengatur makanan. Karena langsung kerasa bsnget kalau makan junk food perut langsung begah, badan kerasa makin pegel-pegel.

    Buah dan sayur memang kunci untuk segala usia.

    BalasHapus
  26. Uh, segala pola hidup sehat memang mesti dijaga sejak muda sih ya. Biar nggak was² nantinya.

    BalasHapus
  27. Lah saya malah dianjurkan mengurangi makan bayam kangkung itu. Apalagi sayuran hijau lainnya katanya bisa nambah patah ke asam urat. Udah tua ini emang bikin bingung aja deh bagus Aya. Hahaha

    BalasHapus
  28. Sepakat pola hidup sehat bukan lagi pilihan tapi keharusan ya, kerasa banget nih kalau sudah mulai ada keluhan saat awal 40tahunan, saya ingin tetap sehat hingga tua nanti

    BalasHapus
  29. Emg usia 40 ke atas tuh ga bisa sembarangan dalam makanan. Nggak bisa asal masuk krn yg pasti capek tuh usus dan ginjalnya. Misalnya gula. Emg kita masih butuh gula, tapi kalo dr gula pasir tuh dan gula buatan jdnya malah bikin sakit tubuh. Apalagi kl kita jarang olahraga tuh. Makan buah2an ya kak emg hrs dibanyakin. Smg kita sehat selalu ya kak.

    BalasHapus
  30. Wah, saya Going 40, mungkin saya perlu siap-siap dari sekarang juga kali, ya. Biar di usia 40 nanti bisa tetap sehat.

    BalasHapus
  31. Memang bener berarti pepatah yang mengatakan "Life begin at forty."
    Karena di usia 40tahun kita harus mulai fokus dengan kesehatan ya, termasuk mulai menjaga pola makan sehat.

    BalasHapus
  32. Makannya bukan cuma soal rasa enak, tapi juga soal nutrisi penting buat kesehatan, terutama buat perempuan di atas 40 tahun. Aku langsung kepikiran buat tambahin susu dan sayuran hijau di grocery list minggu depan. Semoga bisa jadi langkah kecil tapi pasti buat jaga kesehatan tubuh. 💪🥦

    BalasHapus
  33. aku banget ini mah, awuuukwow, hihihi. noted banget nih mba uniek, aku harus banyak makan makanan yang mengandung VIT D dan serat. perbanyak makan ikan dan kuning telur. untungnya suka nih, hehe

    BalasHapus
  34. Sekarang aku juga mulai mempertimbangkan untuk memilih makanan sehat
    Dengan usia menuju 40 tahun aku sudah merasakan kalo asupan makanan itu berpengaruh banget terhadap kondisi tubuh

    BalasHapus
  35. Usia 40 tahun memang jadi lebih sadar akan banyak hal ya Mbak. Makin perhatikan kesehatan, diri sendiri, juga semakin berusaha mendekatkan diri pada Allah. Masyaallah, makasih reminder dan tipsnya Mbak.. Sehat selalu yaaa

    Vita mamanesia.com

    BalasHapus
  36. Mudah gemuk! Pantesaaaan. Dulu makan apa aja kayaknya nggak gemuk-gemuk. Sekarang lewat depan warung nasi padang aja rasanya berat badan udah langsung nambah 2 kg.

    BalasHapus
  37. Kalau berbicara tentang menu sehat yang kaya seratm entah mengapa aku langsung teringat sama Gado-Gado nih. Rasanya, walau makanan di atas dikhususkan bagi perempuan berusia empat puluh tahun ke atas, tapi bagi yang lebih muda, tentu nggak ada salahnya untuk mulai dibiasakan sedari belum mencapai empat puluh ya, Mba.

    BalasHapus
  38. Sepakat dan tulisan ini jadi pengingat untuk mulai lebih aware sama kesehatan begitu memasuki usia 40-an ya. Duh, aku pun nih mesti hati-hati, termasuk perlu menambah aktivitas fisik dan konsumsi sayur + buah

    BalasHapus
  39. Jadi ingat bapak mertua. Dulu beliau rajin banget konsumsi kacang-kacangan baik dibikin rebusan atau disangrai. Katanya sih untuk memperkuat jantung. Ekstrimnya lagi, beliau juga selalu konsumsi bawang putih kurus, katanya untuk menurunkan kolesterol.

    BalasHapus
  40. Usia 40 tahun memang usia yang semakin matang bagi setiao orang, namjn juga menjadi usia yang cukup rentan bagi kesehatan. Makanyaasuoan makanan aja juga perlu diperhatikan dengan baik. Misal waktu menikmati daging tidak lagi bisa setiap hari. Terus kudu diimbangi aktivitas fisik yang cukup

    BalasHapus
  41. Waduh, baca artikel ini aku merasa tertohok banget...hehe...aku yang sering khilaf, suka makan sembarang kalir musti mulai aware nih. Uhuhu, usiaku sudah mau masuk 40 tahun. Udah jarang olah raga, minim sekali makan sayur dan buah. Hmmm...Makanya badan sering terasa berat banget.

    BalasHapus
  42. Baca ini jadi inget diet lagi nih, menurutku makan sehat harus dimulai sebelum usia 40 biar pas memasuki usia 40, tubuh sudah mulai terbiasa..

    BalasHapus
  43. Ini bakal aku catat sebagai pengingat kalau di usia aku nanti pas 40 tahun atau kurang lebih 10 tahun kemudian aku akan menjalankan tips-tips dari Kak uniek. Ini juga ya Kak makanan di usia 40 tahun dan itu harus diperhatikan Soalnya emang rentan terkena kayak diabetes, darah tinggi, sama jantung

    BalasHapus
  44. Perhatian lebih yang kudu dilakukan agar di usia berapapun, terutama memasuki usia cantik, kita semua tetap sehat.
    Tapi memang terasa sekali kalau pola hidup zaman sekarang yang cenderung serba cepat sehingga asupan makanannya seringkali gak imbang dengan makanan dan aktivitas fisik yang sehat.

    BalasHapus
  45. harus lebih aware lagi nih saya juga menjelang usia 40 tahun, mulai dari aktivitas fisik yang semakin sering dan konsumsi bahan-bahan segar dan tentunya mengurangi gorengan hehe

    BalasHapus
  46. sekarang aku yang masih 20-an aja kayak ngerasa mudah gemuk banget. apalagi aku tuh suka banget sama cokelat. kayak cokelat itu obat huhuhu. tapi memang sekarang lagi mulai ngurangin sih, aku juga ingin sehat dan ideal.

    BalasHapus
  47. Aku baru aja cek, kolesterol aku 261 hik hik untuk asam urat normal. Diabetes untuk saat ini dibantu insulin T-T. Makanan sehat yang aku konsumsi baby jipang, terong ungu, labu (semuanya di kukus). Sehat gak harus makan mahal.

    BalasHapus
  48. Thanks sharingnya kak.. Harus kuduu diterapin njh secara udah 40an :)

    BalasHapus