26 April 2024

Tips Hidup Sehat bagi Perempuan Usia 40 Tahun ke Atas

tips hidup sehat usia 40 tahun

Bikin hati berbunga-bunga tuh saat dikomentari orang kalau kondisi fisik kita tampak lebih muda dari umur biologis. Tentunya hal tersebut tidak lepas dari ikhtiar yang kita lakukan untuk menjaga kesehatan, terutama bagi yang sudah berusia 40 tahunan. Apa saja sih tips hidup sehat di usa 40 tahun ke atas?  



Fakta Kesehatan Perempuan Usia 40 Tahunan


Ada yang bilang, usia hanyalah angka. Yang perlu diingat, angka ini terus berubah dari tahun ke tahun, tidak berhenti begitu saja di angka cantik yang sesuai dengan keinginan kita.

Maunya umur 17 tahun terus gitu ya biar sweet seventeen mulu? Tentu tidak bisa begitu dong. Usia akan terus bertambah hingga tak terasa sudah mencapai bilangan 40an (bagi yang masih dikaruniai rejeki usia hingga di level ini).

Ketika usia makin menua, metabolisme tubuh mulai melambat. Hal ini dapat meningkatkan risiko terserang berbagai penyakit. Ada saja tuh gejala yang akan dirasakan, hanya saja terkadang kita mengabaikannya. 

Menjaga kondisi fisik tetap prima tidak bisa dilakukan dalam sekejap mata. Jika di usia muda dulu kita sudah tertib menerapkan gaya hidup yang sehat, maka ketika menginjak usia 40 tahun hal ini tidak menjadi masalah.

Namun tidak ada kata terlambat untuk apapun, termasuk menjaga kondisi fisik kita melalui gaya hidup yang sehat. Penginnya sih di umur 40 tahunan ini badan masih tetap sehat, syukur-syukur kalau masih enerjik dan tampil seperti mereka yang masih usia 30an. Mungkinkah?

Kita cek dulu yuk fakta kesehatan rata-rata perempuan usia 40 tahun ke atas.

(Boleh juga jika ingin cek bacaan lain ini : Badan Sehat di Usia 40 Tahun ke Atas)


Fakta Kesehatan Perempuan Usia 40 Tahun ke Atas


Ketika bilangan umur bergerak melewati angka 40, rata-rata perempuan akan mengalami berbagai hal di bawah ini:


1. Metabolisme Melambat

Kayaknya bukan diriku saja yang merasakan begitu mudahnya berat badan bertambah dengan pesat. Perasaan makan ya sama saja seperti jaman muda dulu.

Berat badan pada sebagian besar perempuan bertambah cukup signifikan saat mencapai usia 40 tahun. Kegemaran makan makanan yang digoreng dan tinggi karbohidrat biasanya yang menjadi penyebab utamanya.


2. Mulai Masuk Masa Menopause

Sebagian besar perempuan mengalami siklus menstruasi teratur hingga usia pertengahan 40-an. Setelah itu akan mengalami apa yang disebut masa menopause. Terjadinya pre-menopause (transisi menuju menopause) cenderung dimulai di usia sekitar 45 tahun.

Pada tiap-tiap perempuan, terjadinya menopause akan berbeda-beda, tergantung pada kondisi kesehatan dan gaya hidup sejak muda. Ketika pre-menopause tiba, siklus menstruasi mulai tidak teratur. Ada yang menstruasi terlalu lama waktunya, ada juga yang mulai tidak teratur periode menstruasinya.


fakta kesehatan usia 40 tahun ke atas


3. Menurunnya Massa Otot

Saat memasuki usia 40 tahun, massa otot akan mulai menurun. Hal inilah yang menyebabkan banyak perempuan mudah jatuh dan patah tulang. 

Bagi yang tidak terbiasa melakukan olahraga penguatan otot, tentu saja hal ini menimbulkan masalah yang cukup serius. Kondisi fisik sudah masuk masa-masa rawan, ditambah pula dengan keengganan untuk bergerak melatih otot-otot di tubuh.


4. Tulang Lebih Rapuh

Tulang menjadi lebih rentan rapuh saat usia memasuki 40 tahun. Bagi yang jarang mengonsumsi sumber makanan dengan kadar kalsium tinggi, maka kecenderungan terjadinya kerapuhan tulang akan meningkat.


5. Perubahan Kulit Wajah

Ketika memasuki usia 40, akan terlihat perubahan pada wajah. Mulai muncul kerutan, garis-garis halus, dan kantung mata.

Oh tydack... Hal ini menjadi mimpi buruk bagi sebagian besar perempuan. Bagi yang tidak mempermasalahkan sih santai saja yaaa... Namun bagi yang ingin menjaga penampilan, tentu saja kondisi tersebut jadi PR tersendiri untuk diatasi. .


Trus gimana dong... apakah perempuan yang berusia 40 tahun ke atas hanya bisa pasrah saja menghadapi hal tersebut di atas?



Tips Sehat Bagi Perempuan Usia 40 Tahun ke Atas


Usia 40 tahun bukanlah mimpi buruk. Sama saja dengan tahapan usia sebelumnya. Hanya saja butuh perhatian khusus dan langkah-langkah nyata untuk menjaga kesehatan tubuh, mengingat beberapa fakta kesehatan yang sudah dipaparkan di atas.

Yuuuk para perempuan usia 40 tahun ke atas, kita senyumin aja pertambahan usia ini sembari melakukan beberapa tips berikut:


1. Menjaga Pola Makan

Penginnya sih kalau sudah tua tuh nyantai aja, menikmati hidup dan makan enak. Gitu ya?

Makan enak boleh-boleh saja, asalkan kita menyadari bahwa ketika memasuki usia 40 tahun, metabolisme tubuh sudah tidak seperti jaman muda dulu. Ibaratnya, makan dikit aja sudah jadi lemak.

Perhatikan asupan gula yang masuk dalam tubuh. Terlalu banyak gula yang masuk ke dalam tubuh dapat menyebabkan gangguan tidur hingga risiko diabetes. Gula yang terlalu banyak dalam tubuh memicu penumpukan lemak.

Konsumsi nasi yang terlalu banyak juga bisa menjadi penyebab penimbunan kadar gula dalam tubuh. Jika ingin mendapatkan tips memasak nasi yang sehat, bisa baca artikelku yang ini: Masak Nasi Lebih Sehat dengan Teknologi Rendah Gula.

Pilihlah makanan yang berkalori rendah untuk asupan harian. Kalau sekali-kali mau cheat ya tidak apa-apa, asalkan tidak kebablasan. Makanan cepat saji memang endang bambang gurindang, tapi kalorinya itu loh, tinggi sekali.

Untuk usia 40 tahun ke atas, disarankan banyak mengonsumsi makanan yang mengandung serat. Selain untuk menjaga kesehatan pencernaan, sumber pangan yang mengandung tinggi serat seperti sayuran, juga membantu menjaga kesehatan kulit. 


tips sehat untuk usia 40 tahun ke atas



2. Melakukan Olahraga Secara Teratur

Salah satu hal termager dalam hidup adalah olahraga. Kita harus menyiapkan perlengkapannya, meluangkan waktu untuk melakukannya, pun harus konsisten melakukannya.

Namun jika kita ingat bahwa sedentary life itu membuat badan kita non aktif, maka sekadar bergerak rutin beberapa menit dalam sehari, sudah merupakan langkah yang baik untuk menjaga badan agar tetap sehat di usia 40 tahunan. 

Jalan-jalan ringan di sekitar kompleks atau apartemen tempat kita tinggal sudah cukup. Jika malas keluar rumah, di dalam rumah pun bisa olahraga. Mulai dari senam mengikuti gerakan video, peregangan tubuh, hingga melakukan yoga, tinggal pilih mau nonton channel apa di youtube ataupun media sosial lainnya. 

Hidup itu sudah sulit, makanya untuk olahraga kita tidak usah mempersulit diri. Seringan apa yang kita bisa, hayuk diniatkan agar kerja organ tubuh kita tetap terjaga dengan baik. 

Tak mau kan ketika usia sudah di atas 40 tahun lalu mudah lelah dan lemas?


3. Hindari Kebiasaan Buruk

Jika sudah menyadari bahwa kondisi tubuh tidak seprima muda dulu, maka sebaiknya pada usia 40 tahun ke atas ini mulai menghindari berbagai kebiasaan buruk seperti begadang, merokok dan mengonsumsi alkohol.

Disadari maupun tidak, berbagai kebiasaan buruk tadi merusak sel-sel dalam tubuh kita. Padahal pergantian sel-sel yang baik sangat membantu terjaganya kesehatan tubuh secara menyeluruh.


Gimana, masih sulitkah untuk menjalankan tips hidup sehat bagi perempuan usia 40 tahun ke atas? Sulit atau tidak mau nih lebih tepatnya? Boleh dong berbagi pendapat di kolom komentar. Terima kasih.


23 komentar:

  1. Nah, olah raga nih yang kurang konsisten. Dulu rasanya masuk usia 40thn ya gitu aja, lewat aja...Makin ke sini baru deh terasa, kurang olah raga, jadi kurang stamina...Yuk ah...

    BalasHapus
  2. Kulit wajah terlihat keriput ini mah asli bener banget. Hehe....rata rata perbedaan usia dilihatnya juga dari kulit wajah ya...
    Selain mulai banyak keluhan yang diakibatkan nyeri ini lah nyeri itu lah...

    BalasHapus
  3. ... dan pola hidup sehat ini kalau bisa dilakukan lebih awal, seperti aku yang hendak memasuki usia 30, kudu bangun rutinitas yang baik..

    soalnya butuh konsistensi jangka panjang untuk hidup sehat lebih lama

    BalasHapus
  4. Ini saya lagi berusaha merutinkan jalan kaki mbak. Sama pola makan kali ya. Sering banget gagalnya 🍜🀭

    BalasHapus
  5. Sebenarnya tips-tips tersebut bukan hal yang sulit untuk dilakukan, tapi lebih ke melawan rasa malasnya yang aduhai hahahaha. Masih ada 10 tahun lagi untukku mencapai 40th insyaAllah, semoga bisa konsisten hidup sehat.

    BalasHapus
  6. 3 ½th lagi menuju 40th ini mbak. Makan yang instan gempur, teh dan kopi juga. Olahraga kalo mau 🀣 . Menepos jangan datang dulu ya 😝

    BalasHapus
  7. Dulu suka aerobik. Sekarang kayaknya jalan kaki keliling komplek aja πŸ˜€ dulu suka sepedaan sekarang sering nggak mood

    BalasHapus
  8. Iya nih harus makin disiplin menjalani gaya hidup sehat tidur cukup, makan teratur dan bergizi, olahraga dan tidak banyak pikiran

    BalasHapus
  9. Dulu saya rutin jalan kaki tapi semenjak pindah rumah dan kemana pun jauh akhirnya saya lebih sering pakai motor. Dan ini ngaruh banget ke stamina mba, saya jadi gampang capek, badan pegal-pegal padahal baru jalan senentar. Huhu.. Pingin dirutinin gaya hidup sehat.

    BalasHapus
  10. Aku yang masih kepala 3 aja belum bisa menjaga pola hidup sehat, efeknya untuk jalan kaki saja sudah capek dan bawaanya malas. Tapi mungkin klo dibiasakan ngejalaninya akan semakin enak.

    BalasHapus
  11. Belum memasuki kepala empat saja, tanda-tanda melambatnya metabolisme itu sudah tampak. Sekarang berat badan tidak sefleksibel dulu. Stuck di angka lima puluh dan enggan beranjak dari sana.

    BalasHapus
  12. Bentar lagi Umma juga sudah memasuki.kepala 4.. semoga masih diberi Allah panjang umur

    BalasHapus
  13. berasa bangett mbaaa, life begins at forty tuh ternyata maksudnya begins ngilu2 boyok dan aneka keluhan pre-jompo lainnya.
    semangaatttt untuk kita semuaaaa πŸ’ͺ❤️

    BalasHapus
  14. Sebelum 40 harus sudah melakukan gaya hidup sehat ya mbak
    Biar bisa menjalani usia 40 an dengan sehat dan bahagia
    Rutin olahraga angkat beban bisa jadi cara menjaga massa otot ya

    BalasHapus
  15. Iya ya jadi sadar pas baca artikel ini. Di usia 40 perempuan juga udah mulai menopause ya

    BalasHapus
  16. Kuncinya jaga pola makan dan olahraga ya...agar tetap sehat di usia yang tidak lagi muda. Tapi susah banget konsistennya duh.

    BalasHapus
  17. Tim kepala 4 hadiiir. Rasanya semakin sadar bahwa usia sudah tak lagi muda, mulai sadar bahwa mengatur dan merubah prioritas hidup pun sangat penting. Menjaga kesehatan jadi salah satu target penting dan bentuk bersyukurnya diri karena telah dikaruniai usia hingga di titik ini.

    BalasHapus
  18. Sulit dan tidak mau memang beda tipis ya...haha, saya 40 an jelang 50 tahun pun merasakan. Maka perlu lebih konsisten agar hidup lebih sehat kini dan nanti

    BalasHapus
  19. Tipsnya bermanfaat banget terutama saya termasuk tim kepala 4, berasa banget deh sekarang banyak perubahan, hiks usia memang ga bisa bohong ya

    BalasHapus
  20. Stress jelang usia ini tuh makin menjadi
    Entah karena anak anak makin punya kemauan sendiri
    Atau mungkin pasangan yang kadang sibuk sendiri
    Ah rasanya mau konsul ke psikolog biar berbenah sejak dini

    BalasHapus
  21. PR banget nih kak, usiaku menuju 40, masih suka begadang karena kerjaan, belum terbiasa olahraga, karena dari bangun pagi sampai mau tidur lagi list kerjaan gak ada udahnya. Huhuhu, sehat selalu kita

    BalasHapus
  22. Aduh aku sudah 40 tahun nih, emang kudu mulai peduli nih sama tubuh, jangan sampai nyesel. Terima kasih Tipsnya mbak Uniek..

    BalasHapus
  23. tahun ini aku 40 mbak dan memang berasa banget tulang-tulang rasanya keropos dan mata semakin bermasalah aja rasanya. harusnya sih sekarang lebih banyak olahraga biar badan tetap fit ya

    BalasHapus