Featured Post

#UsiaCantik dan Mengapresiasi Diri Sendiri

Bu, sekarang umur Ibu sudah berapa?   Pernah sesekali waktu anak keduaku nanyain umur model petugas sensus begitu. Iya sih, jawabnya me...

16 September 2016

Tempat Wisata yang Perlu Kamu Kunjungi di Simpang Lima Semarang

Semarang sebagai kota terbesar kelima di Indonesia setelah Jakarta, Bandung, Surabaya dan Medan, adalah kota yang paling cepat berkembang di Jawa Tengah. Mungkin ini karena Semarang adalah pusat atau Ibukota dari Provinsi Jawa Tengah. Seberapa sering teman-teman mengunjungi Semarang? Atau mungkin saat ini teman bertempat tinggal di Semarang saat ini? *tunjuk tangan tinggi-tinggi yuuukk bareng akyuuuu....

Walau tidak seperti Yogyakarta atau bahkan Bali yang menjadi kiblat pariwisata, Semarang mampu menawarkan wisata yang selalu menjadi tujuan utama para wisatawan lho. 

Tahu dong apa itu Lawang Sewu? Dan tahu dong, Lawang Sewu itu berada di mana? 

Iyak betuuull.... salah satu objek wisata yang terkenal di Semarang itu adalah Lawang Sewu, sebuah bangunan di kota Semarang yang dulunya berfungsi sebagai kantor perusahaan kereta api Belanda. Gedung tersebut dibangun pada tahun 1904 dan kini jadi salah satu tujuan utama para wisatawan untuk dikunjungi.

source : www.tutorialoka.com

Usianya sudah 112 tahun loh. Sudah tua ya? Walaupun bangunan ini sudah berusia tua, tetapi selalu bisa menarik perhatian orang-orang yang berniat berkunjung ke Semarang. Lawang Sewu tidak hanya dikenal oleh wisatawan lokal atau dalam negeri, Lawang Sewu pun sudah terkenal di mata wisatawan luar negeri. 

Seperti halnya tempat wisata yang lainnya, Lawang Sewu pun memiliki keunikan tersendiri yang menjadi daya tarik pengunjung. Salah satu yang menarik dari Lawang Sewu adalah suasana mistis yang melengkapi penampilan arsitektur wah khas zaman dahulu. Banyak cerita mistis yang sudah akrab di telinga masyarakat, khususnya bagi warga Kota Lunpia ini. Diantara cerita-cerita horror tersebut, banyak yang bilang sering terdengar suara-suara tak lazim dari berbagai sudut bangunan terutama dari ruang  bawah tanah. Meskipun tidak jelas benar atau tidaknya, justru hal inilah yang selalu menarik orang-orang dari berbagai daerah untuk melihat lebih dekat. Penasaran ni yeeee..... 

source : nationalgeographic.co.id

Gedung yang terletak di bundaran Tugu Muda ini memiliki banyak sekali jendela yang tinggi dan besar-besar, yang kerap kali disebut lawang atau pintu dalam bahasa Indonesia. Oleh karena itu, banyak masyarakat menyebutnya Lawang Sewu yang artinya Pintu Seribu, ya meskipun jumlah keseluruhan pintu yang ada di gedung tersebut tidak mencapai seribu buah sih. 

Geser sedikit dari Lawang Sewu, ada tempat rekreasi Monumen Tugu Muda. Monumen yang berbentuk seperti lilin ini memiliki beberapa air mancur di kolam yang mengelilinginya. Taman di sekitarnya begitu hijau dan rapi tepat di tengah-tengah lalu lalang kendaraan di Jalan Pemuda. Monumen yang dikelilingi lampu-lampu besar ini adalah tempat favorit masyarakat untuk sekadar duduk-duduk menghilangkan kepenatan. 

Tambah menarik jika ke sini pada malam hari karena lampu-lampu besar yang mengelilingi monumen tersebut menambah kesan romantik berpadu lampu-lampu kendaraan. Penampilan Tugu Muda ini instragamable banget, loh. Apalagi nantinya akan ada air menari yang bisa meliuk-liuk dan memancarkan cahaya warna-warni hasil sorotan lampu LED dari dasar kolam. Tapi air menari ini baru dapat dinikmati jika ada event-event tertentu di Kota Semarang atau di daerah sekitarnya. 

Sudah bosan menelusuri Lawang Sewu atau sudah puas menikmati suasana romantis di taman Monumen Tugu Muda? Well, kamu bisa mulai melangkahkan kaki ke Mall terbesar di Semarang yang berada tidak jauh dari sana, Paragon Mall

source : jalan2.com

Jadi, setelah mengunjungi berbagai tempat wisata di sekitar Simpang Lima, kita bisa mencuci mata dulu di mall terbesar dan terlengkap yang ada di kawasan Simpang Lima City Centre ini. Pusat perbelanjaan yang bertema lifestyle dan entertainment mall ini menyatu dengan hotel bintang 5 berkelas internasional, Crowne Plaza Semarang. Crowne Plaza Semarang merupakan hotel yang berada di pusat kota. Posisinya yang sangat strategis tersebut dapat memudahkan tamu untuk mengunjungi tempat-tempat wisata yang tidak jauh dari sana. 

Hotel ini memiliki waktu tempuh hanya sekitar 20 menit dari Bandara Ahmad Yani Semarang. Wah, dekat banget dong ya. Bahkan hotel ini pun sangat terjangkau jika teman-teman melakukan perjalanan menggunakan moda transportasi kereta api, karena jaraknya hanya dua kilometer dengan waktu tempuh kurang lebih dua puluh menit ke Stasiun Kereta Api Tawang. Kalau dari Stasiun Kereta Api Poncol malah tambah dekat lagi, jalan kaki saja tidak lebih dari 10 menit ;)   So, kamu jangan takut kesasar karena semua warga Semarang tahu di mana letak hotel ini. 

Oya, jika kamu menginap di Crowne Plaza Semarang dan ingin mencicipi kuliner khas Semarang-an, kamu bisa berkunjung ke Gris Restaurant yang ada di hotel ini. Ada puluhan macam masakan khas Semarang, mulai dari jajanan pasar seperti Lumpia, Tahu Gimbal, Wingko hingga aneka sop dan soto. 

Jadi, siapkan tenaga dan kosongkan perut jika sedang berkunjung ke Semarang ya!

32 comments:

  1. Kangen Semarang, nih, jadinya. Hehe.. Hotel baru ya Mba?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya baru beberapa tahun ini lah. Yuukk ke Semarang :)

      Delete
  2. Dulu lumayan sering ke semarang. Tp sekarang sdh jarang. Blm pernah ke lawang sewu sih..... hanya wira wiri saja di depannya. Hehe....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Monggo mba ke Semarang kita dolan ke Lawang Sewu barengan ya.

      Delete
  3. Mbak Uniek, kalo aku ke Semarang ajak ke sini ya. Aku suka banget bangunan tua kayak gini. Asal nggak ada hantunya #eh

    ReplyDelete
  4. Jadi kangen pengen jalan-jalan ke Semarang jadinya. Paragon Mall itu beneran berasa tempat buat ngadem bagi traveler yang suka jalan kaki kaya aku. Itu kalo dilanjutin lagi pasti yang kesebut adalah Toko Oen. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihiii tau aja mba. Yuukk jalan-jalan ke Semarang :)

      Delete
  5. wuah..jadi pengen ke lawang sewu lagi mba :)

    ReplyDelete
  6. Selama ini baru bisa mengenal Semarang lewat tulisan aja. Semoga secepatnya bisa ngebolang dan mengunjungi lawang sewu ini :D

    Btw, keren ya ada Paragon Mall. Kek di Singapore :D

    ReplyDelete
  7. Hastagaaaa semarang, kota ini kan banyak banget museumnya, saya pengen banget kemari mba

    ReplyDelete
  8. Jadi kangen Semarang.... Tempat pertama ketemu mbak Uniek :)

    ReplyDelete
  9. Jadi kangen Semarang.... Tempat pertama ketemu mbak Uniek :)

    ReplyDelete
  10. Pengen ke Lawang Sewu tapi yang wisata malam ituuu :")

    ReplyDelete
  11. Aku sih jatuh cinta sama soto dan iwak pe nya Mak... ehemmm mak ngumpulin kartu pos juga ya? Dapet bocoran dari Mak Tanti...

    ReplyDelete
  12. walaupun terkesan mistis dan sudah beratus tahun, tapi hebatnya lawang sewu ada di tengah kota ya, kalo gak salah

    ReplyDelete
  13. aku belum pernah ke Semarang,pingin bangett kesana.. ke lawang sewu dan makan lumpia mbak^^

    ReplyDelete
  14. ah ke Semarang luput ketemu mbak Uniek

    ReplyDelete
  15. nah ini ayng mupeng aku kunjungi tapi belum kesampaian

    ReplyDelete
  16. semarang adalah next destination...kota yg pengen bgt aku kunjungi
    entar aku kontak mbak uniek ya

    ReplyDelete
  17. Sering ke paragon tapi belum pernah nginep do crowen hanya lewat aja ☺

    ReplyDelete
  18. jadi inget dulu waktu kelaparan langsung ke lantai 11 di Crowen buat cari makan :D #besokdiet

    ReplyDelete
  19. Dah bertahun2 di Semarang tp belum pernah masuk lawang sewu, takuuut...

    ReplyDelete
  20. wahhh pas banget baca artikel ini, pas aku lagi mau ke semarang, makasih ya atas pemberitahuan tempat wisatanya...

    ReplyDelete
  21. pengen mengunjungi juga. asyik sepertinya. Enaknya Semarang juga dilalui kereta api

    ReplyDelete
  22. Jadi kangen pulkam ke semarang trus muter2 napak tilas di spot menarikk khas Semarangan☺

    ReplyDelete
  23. ahh semarang... Jadi kangen kota kelahiran. Sayang bulan ini gak jadi ke semarang

    ReplyDelete
  24. Akunpengen balik lagiiii deh ke siniii :)

    ReplyDelete
  25. Horeee, yg di tulisan ini sudah pernah ndatengin smua.
    Alhamdulillah..

    ReplyDelete
  26. Wah le uga nih sebelum mudik ke Jatim - Jabar nyoba mampir dulud di Semarang.

    Sekalian referensi kulinernya dong mba .

    ReplyDelete