29 Mei 2024

Punya Rumah di Dekat Masjid, Yay or Nay?



Memilih lingkungan tempat tinggal merupakan salah satu hal yang dipertimbangkan ketika kita memutuskan untuk punya rumah. Ada yang lebih suka bila lokasi rumah dekat dengan jalan raya, ada pula yang cenderung memilih lokasi hunian di atas bukit. Adakah yang mempertimbangkan untuk punya rumah di dekat masjid, dengan risiko mendengarkan suara yang terlalu keras dari mic masjid tersebut?

Read More »

10 Mei 2024

Mengapa Perempuan Sulit Turun Berat Badan di Usia 40an?



Menurunkan berat badan bisa menjadi tantangan yang lebih besar saat wanita mencapai usia 40 tahun. Hal ini disebabkan oleh berbagai faktor fisiologis dan gaya hidup. Kita perlu memahami berbagai faktor tersebut agar bisa mendapatkankan jawaban : mengapa perempuan sulit menurunkan berat badan di usia 40 tahunan?

Read More »

08 Mei 2024

Tips Wajah Terlihat Muda dan Segar Selalu

cara praktis agar wajah terlihat muda selalu

Siapa sih yang tidak ingin awet muda? Enggak laki-laki enggak perempuan, bagi yang sudah memasuki usia 40 tahun ke atas wajar saja jika ingin punya wajah yang terlihat muda dan memiliki badan sehat

Seiring bertambahnya usia, tentu saja kondisi kulit wajah akan mulai berubah. Produksi kolagen dalam tubuh mulai berkurang, padahal kolagen inilah yang bertugas menjaga elastisitas kulit. Kulit jadi terasa lebih mudah kendur dan kerutan-kerutan halus mulai muncul. 

Read More »

03 Mei 2024

Diet Sehat di Usia 40 Tahun Ke Atas

 

diet sehat di usia 40 tahun ke atas

Pertanyaan tentang perlu diet atau tidak seringkali bikin bingung. Bahkan kadang ada yang mengatakan bahwa melakukan diet itu terlalu berlebihan. Terutama bagi yang sudah tidak muda lagi, seringkali bingung cara diet sehat di usia 40 tahun ke atas tuh yang seperti apa.

Read More »

01 Mei 2024

Memilih Makanan Sehat di Usia 40 Tahun ke Atas

 

memilih makanan sehat di usia 40 tahun

Memasuki usia empat puluh sering dipandang sebagai tonggak penting dalam kehidupan. Tahapan usia ini sering kali ditandai dengan peningkatan kesadaran diri, kedewasaan, dan perubahan kondisi fisik. Kesadaran diri yang disebut ini bisa terkait dengan pola memilih makanan sehat di usia 40 tahun ke atas.

Menu makan apa saja nih yang tepat untuk dipilih, khususnya bagi perempuan berusia 40 tahun ke atas?



Kondisi Fisik dan Ancaman Penyakit di Usia 40 Tahunan

Sebelum membahas tentang pilihan makanan sehat, yuuk kita cermati terlebih dahulu kondisi fisik dan ancaman penyakit yang biasa dihadapi oleh orang-orang di usia 40 tahunan.

Pada level usia ini, individu mungkin mulai melihat tanda-tanda penuaan yang lebih jelas dan menjadi lebih rentan terhadap kondisi kesehatan tertentu. Yang perlu diperhatikan nih, tetap jaga gaya hidup sehat, termasuk olahraga teratur, pola makan seimbang, dan pemeriksaan kesehatan rutin. Pertahankan tips hidup sehat ini yaaa... 

Kondisi fisik umum yang mungkin menjadi lebih jelas pada usia empat puluhan ini terutama terasa sekali pada penurunan metabolisme. Berat badan jadi lebih mudah bertambah dibandingkan jaman muda dulu.

Massa otot secara alami mulai menurun, begitu juga dengan kepadatan tulang. Risiko terkena osteoporosis pun akan makin meningkat, terutama pada perempuan yang telah memasuki masa menopause. 

kondisi tubuh di usia 40 tahun

Belum lagi yang terkait dengan perubahan daya penglihatan, Ketika masuk usia 40 tahunan, mulai butuh tuh kacamata baca. Pernah kan lihat orang yang kalau membaca justru harus menjauhkan obyek bacaannya? Rata-rata yang begitu itu ya sudah ada di tahapan usia 40 tahun ke atas. 

Kulit pun akan mengalami perubahan. Terdapat penurunan elastisitas kulit yang sangat berpengaruh pada bertambahnya kerutan. Yang paling kelihatan tentu saja bagian wajah dulu tuh ketika kerutan mulai muncul.

Nah terkait dengan penyakit, pada usia 40 tahunan akan muncul berbagai risiko kesehatan seperti di bawah ini:

  1. Terjadinya kondisi kronis seperti diabetes tipe 2, tekanan darah tinggi, dan naiknya kadar kolesterol. Kondisi ini dapat diatasi atau dicegah dengan penerapan gaya hidup yang sehat. Jika diperlukan, perlakuan pengobatan khusus juga sebaiknya tidak diabaikan.

  2. Risiko penyakit kardiovaskular mulai meningkat sehingga kondisi kesehatan jantung perlu menjadi perhatian utama. 

  3. Jika memiliki faktor pembawa genetik kanker, pola makan dan gaya hidup yang tidak teratur bisa memicu munculnya kanker di usia senja. Pemeriksaan kanker, seperti kanker payudara pada wanita dan kanker prostat pada pria, perlu segera dilakukan.

  4. Masalah kesehatan mental, termasuk kecemasan dan depresi, juga dapat muncul atau meningkat pada level usia 40 tahunan ini. Bukan sekadar omong kosong tuh jika kesehatan mental dinyatakan sama pentingnya dengan kesehatan fisik.

Bagi individu yang sudah masuk usia empat puluhan, cobalah lakukan tindakan kesehatan preventif, termasuk pemeriksaan rutin dengan penyedia layanan kesehatan.

Lakukan pula gaya hidup sehat dan waspadai perubahan apapun pada kesehatan fisik dan mental. Deteksi dan intervensi dini dapat berdampak signifikan terhadap pengelolaan kondisi kesehatan. 



Makanan Sehat bagi Perempuan Usia 40 Tahun ke Atas

Mempertahankan pola makan yang seimbang dan bergizi sangat penting bagi perempuan yang berusia di atas 40 tahun. Berbagai perubahan yang signifikan terjadi pada tubuh kita, termasuk metabolisme yang lebih lambat dan peningkatan risiko penyakit kronis seperti yang sudah disebutkan di atas. 

Lalu apakah cukup pasrah saja dalam menghadapi kondisi tersebut?

Enggak dong... Selain memperbaiki gaya hidup keseharian (jika semula masih dirasa belum teratur), perempuan usia 40 tahun ke atas bisa fokus pada pilihan makanan sehat yang padat nutrisi. Makanan sehat dapat membantu menjaga kesehatan secara menyeluruh.


1. Makanan yang Tinggi Kandungan Kalsium dan Vitamin D 

Kalsium dan vitamin D sangat penting untuk kesehatan tulang, yang biasanya menjadi perhatian penting setelah usia 40 tahun karena peningkatan risiko osteoporosis. Makanan kaya kalsium ini bisa didapatkan dari produk susu (susu, yogurt, keju), sayuran berdaun hijau (kangkung, bayam), dan juga makanan olahan seperti jus jeruk serta sereal.

Adapun Vitamin D yang membantu penyerapan kalsium dapat ditemukan pada ikan berlemak (salmon, mackerel), dan kuning telur. Berjemur di bawah sinar matahari secara rutin juga membantu tubuh memproduksi vitamin D secara alami.


2. Makanan Tinggi Serat

Serat berperan penting dalam menjaga kesehatan pencernaan dan mencegah penyakit kronis. Terpenuhinya kebutuhan serat dalam tubuh sangat membantu kita dalam mengatur berat badan. Rasa kenyang pun akan bertahan lama.

Makanan tinggi serat bisa kita peroleh melalui biji-bijian (oat, biji gandum, barley), kacang-kacangan, buah-buahan (beri, apel, pir), dan sayuran (brokoli, wortel). Ragam sumber serat tinggi ini bisa kita variasikan dalam keseharian sehingga menu makanan yang kita santap menjadi lebih menarik dan bergizi.


3. Makanan yang Mengandung Antioksidan

Antioksidan penting untuk mencegah peradangan dan melindungi tubuh dari gejala oksidatif, yang potensial menyebabkan penuaan dan munculnya berbagai penyakit. 

Makanan kaya antioksidan antara lain buah beri, kacang-kacangan (kenari, almond), biji-bijian (flaxseeds, chia seeds), black chocolate, dan teh hijau. 

Buah-buahan dan sayuran yang berwarna juga mengandung antioksidan. Banyak-banyak makan buah dan sayuran bisa membantu kita dalam menjaga kesehatan dan vitalitas.


sumber makanan sehat


Berbagai sumber bahan makanan sehat tadi tidak sulit ditemukan. Kalaupun ada yang tidak familiar seperti flaxseed (biji rami), kita bisa menggantinya dengan bahan pangan lokal lainnya. 

 

Selain berfokus pada makanan kaya nutrisi ini, perempuan dengan usia di atas 40 tahun harus tetap terhidrasi, mengatur porsi makan, dan membatasi asupan makanan olahan, gula, dan lemak jenuh. 

Hindari berbagai makanan siap saji dan aneka ragam bahan pangan yang mengandung banyak pengawet. Gunakan bahan-bahan segar untuk mendapatkan manfaatnya bagi kesehatan.

Jika perlu, jadwalkan konsultasi dengan ahli gizi untuk mendapatkan memberikan saran diet yang lebih terperinci dan disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing individu.


Nah, bagi kalian yang sudah membaca menu-menu diet sehat di atas, adakah yang punya menu sehat lainnya untuk dibagikan? Boleh dong berbagi informasi di kolom komentar. 

Untuk mengetahui rekomendasi diet sehat, boleh juga ya baca artikel Diet Sehat di Usia 40 Tahun ke Atas.

Yuukk kita sehat sama-sama yaaa... 

Read More »

26 April 2024

Tips Hidup Sehat bagi Perempuan Usia 40 Tahun ke Atas

tips hidup sehat usia 40 tahun

Bikin hati berbunga-bunga tuh saat dikomentari orang kalau kondisi fisik kita tampak lebih muda dari umur biologis. Tentunya hal tersebut tidak lepas dari ikhtiar yang kita lakukan untuk menjaga kesehatan, terutama bagi yang sudah berusia 40 tahunan. Apa saja sih tips hidup sehat di usa 40 tahun ke atas?  

Read More »

24 April 2024

Badan Sehat di Usia 40 Tahun ke Atas, Susah atau Mudah?

 

badan sehat di usia 40 tahun

Pernah membaca atau mendengar istilah life begins at forty? Kok bisa ya ada terminologi seperti itu. Sebenarnya usia 40 tahun itu masuk kategori usia apa?

Bagi yang punya beberapa grup chat, terutama grup sekolah dan keluarga, yang anggotanya sebagian besar sudah berusia di atas 40 tahun, pernah menyimakkah apa topik utama perbincangan di dalam grup? 

Read More »

04 April 2024

Masak Nasi Lebih Sehat dengan Teknologi Rendah Gula


 


Semakin bertambah usia, rasanya kok makin adaaaa saja keluhan yang dialami oleh tubuh. Hal ini sangat terasa olehku yang tahun depan sudah memasuki tahapan usia kepala 5. Yang paling kerasa tuh : makan sedikit tapi cepat gemuk. Ada apakah ini?

Read More »

20 Maret 2024

ASUS ROG Phone 8 Dukung Kaum Digital Savvy Makin Mapan




Apakah kamu termasuk orang yang berlarut-larut dalam perdebatan tentang apa gunanya punya ponsel gaming padahal enggak nge-game? Well... jangan kelamaan deh, keburu orang lain sudah lari cepat melesat dengan karya dan semua prestasinya, sedangkan kamu masih terombang-ambing dengan segala ketidakpastian : penting nggak sih punya ASUS ROG Phone 8?

Let me tell you something...
Read More »

27 Februari 2024

Tips Menjaga Kesehatan Tubuh untuk Usia di Atas 45 Tahun

 

tips menjaga kesehatan tubuh usia 45 tahun ke atas

Berusia di atas 45 tahun membawa perubahan pada tubuh yang dapat memengaruhi kesehatan dan kualitas hidup seseorang. Makanya, banyak ahli kesehatan menasihatkan agar kita mulai mengatur pola makan secara ketat, rutin olahraga, hingga mengonsumsi suplemen daya tahan tubuh.

Read More »