25 Desember 2023

Kulit Cerah dan Sehat dengan B'QN Premium Brightening


Meskipun banyak beraktivitas di luar ruangan, maunya kulit tetap cerah dan sehat. Emang bisa ya?

Pertanyaan itu selalu muncul setiap kali melihat kondisi kulit, terutama di bagian punggung tangan dan lengan yang kian menggelap akibat seringnya melakukan aktivitas di luar ruangan. Diriku termasuk penggemar jalan-jalan dan olahraga, rata-rata aktivitas fisik itu dilakukan di alam terbuka. 

Read More »

16 Desember 2023

Sosialisasi Imunisasi Polio 3 dan DPT+HiB+HB 3 oleh Pafi Kota Sabang

 


Anaknya sudah diimunisasi, Bu? Relate banget ga sih dengan pertanyaan ini? Kaum mama di seluruh penjuru Nusantara tentu relate dong dengan hal ini. Topik ini penting dan relevan untuk kesehatan anak-anak kita. Tidak hanya di Jawa saja, bahkan di ujung negeri, di Kota Sabang, sosialisasi Imunisasi Polio 3 Dan DPT+HiB+HB 3 dilakukan oleh Pafi Kota Sabang

Pafi merupakan akronim dari Persatuan Ahli Farmasi Indonesia. Mengapa Pafi melakukan sosialisasi imunisasi dan menjadikannya begitu penting untuk kita ketahui? 

Read More »

24 November 2023

ASUS Vivobook Go 14, Laptop Entry Level yang Berkelas



Sudah pernah nyobain ASUS Vivobook Go 14 kah? Ini loh, laptop entry level terbaru besutan ASUS. Saat pandang pertama, ngeliat body-nya udah naksir berat. Udah kayak laptop premium aja penampilannya.

Kayak apa siiyyy....


ASUS Vivobook Go 14 (E1404F), Laptop Entry Level yang Ga Bikin Sebel


Beruntung sekali mendapat kesempatan untuk hands-on laptop dari ASUS lagi. Pada tanggal 21 November 2023 yang lalu para blogger Semarang diajak untuk langsung nyobain ASUS Vivobook Go 14 (E1404F) yang digadang-gadang menjadi laptop thin and light entry-level terbaik. 


gathering asus vivobook go 14

Read More »

19 November 2023

Konsep Livable City dari Sinar Mas Land


Sinar Mas Land kembangkan konsep Livable City. Apa sih yang dimaksud dengan livable city? Beraneka ragam tanya lalu terlintas dalam benak, mengapa harus ada konsep seperti ini dalam kehidupan kita sehari-hari?
Read More »

19 Oktober 2023

4 Tips Percaya Diri Meskipun Punya Tubuh Besar

tips percaya diri

Gimana sih biar tetap percaya diri meskipun punya tubuh besar? Selama ini ada nggak yang punya perasaan yang sama denganku, sedih lihat badan melebar dan baju-baju mulai nggak cukup lagi saat hendak dipakai? Apakah udah perlu nih menggunakan pelangsing perut? 

Feeling fabulous isn't just for one body type - but how do I keep my head held high when I’m feeling self-conscious about my size? It can be tough when it seems like no one else understands the struggle of clothes that don't fit the way I want them to. Do I need to try out tummy control bodysuit?

Read More »

01 Oktober 2023

Cari Rekomendasi Hotel di Semarang? Cek Rooms Inc Dulu Yuk

 
Wah waahh... sebentar lagi udah penghujung tahun 2023 aja nih. Buat yang mau siap-siap liburan, boleh lhoo datang ke Semarang, ada banyak obyek wisata cantik yang bisa dikunjungi di kota ini. Kalau mau cari rekomendasi hotel di Semarang, aku punya bocorannya nih, teman...

rekomendasi hotel di semarang


Siapa sih yang belum tau Kota Semarang? Sini deh aku bisikin. Kota yang jadi ibukota provinsi Jawa Tengah ini punya salah satu ciri utama yang sudah terkenal di seantero jagat raya. Panasss.. hehehee... Meskipun begitu, panasnya hawa di kota ini tersamarkan oleh berbagai perubahan positif.
Read More »

17 Agustus 2023

Perayaan Hari Kemerdekaan RI yang Paling Istimewa

 


Banyak orang sibuk berangkat upacara di tanggal 17 Agustus ini. Kemeriahan pelaksanaan upacara bendera di berbagai tempat tampak nyata. Apalagi di Istana Negara, terlihat luar biasa gegap gempita dengan warna-warni baju adat daerah yang dikenakan oleh para undangan yang hadir untuk mengikuti upacara bendera dalam rangka perayaan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke78.
Read More »

16 Agustus 2023

Nokia Beacon 2, Perangkat WiFi Anti Deadspot

 


Udah pasang perangkat WiFi di rumah tapi masih punya masalah koneksi? Kok bisa?

Mungkin kalau rumahnya tak berdinding dan bersekat, jangkauan perangkat WiFi-nya bisa los dol alias bebas hambatan yaaa... Tapi kan ga mungkin dong rumah ga ada dindingnya. 

Misalnya nih, kita meletakkan pemancar WiFi di ruang kerja, saat sudah bergeser beberapa meter, apalagi kalau sudah melalui dinding pembatas, biasanya koneksi internetnya jadi ngos-ngosan, alias tinggal satu-dua garis aja sinyalnya. Makin jauh dari perangkat WiFi, makin nelangsa, hiks...

Trus solusinya gimana ya kalau gitu? Masak di rumah pasang beberapa perangkat WiFi, boncos doooonggg...
Read More »

23 Juli 2023

6 Rekomendasi Menu Kuliner di Kediri yang Patut untuk Dicoba

 

Sudah pernah mendengar tentang Kediri? Kota ini merupakan kota kecil yang berada di Provinsi Jawa Timur, dekat dengan Tulungagung dan Blitar. Meskipun kecil, kota ini sangat nyaman untuk ditinggali karena rapi dan memiliki cukup banyak kuliner yang lezat. 

Bisa jadi ada di antara teman-teman yang mungkin bertanya-tanya, ke Kediri naik apa? For your information nih, Kediri juga punya stasiun karena menjadi salah satu jalur yang dilewati oleh kereta api arah Jakarta-Malang. Untuk tiket kereta api tentu saja kita bisa mendapatkannya di Traveloka. Sudah bukan rahasia jika Traveloka partner resmi KAI sehingga pesan di sini sangat aman. 
Read More »

04 Juli 2023

Inilah Perbedaan Kuman dan Bakteri yang Sering Dianggap Sama

 
Kuman dan bakteri memang saling berkaitan, tetapi keduanya tidaklah sama. Nah sebetulnya, apa perbedaan kuman dan bakteri?




Sebagai mikroorganisme yang bisa menyebabkan penyakit, perbedaan keduanya dapat dilihat dari beberapa aspek, seperti definisi dan penyebarannya.

Untuk tahu keterangan selengkapnya, yuk kita pelajari sama-sama perbedaan kuman dan bakteri di artikel ini agar bisa melakukan tindakan pencegahan. Ga mau dong tentunya keluarga kita terpapar kuman maupun bakteri tersebut. 



Perbedaan Kuman dan Bakteri



Terdapat berbagai macam penyakit yang disebabkan oleh mikroorganisme bersel satu, termasuk kuman, bakteri, dan virus. Adapun penyakit yang disebabkan oleh bakteri di antaranya, yaitu tifus, diare, tetanus, dan tuberkulosis.

Di sisi lain, ada juga penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus, yaitu flu, demam atau batuk pilek, COVID-19, dan juga MERS-CoV.

Nah, semua penyakit tersebut bisa dicegah dengan melakukan berbagai cara. Namun, sebelum masuk ke cara pencegahannya, simak perbedaan kuman dan bakteri serta virus berikut ini.


1. Kuman


Secara ilmiah, kuman adalah mikroorganisme bersel satu yang bisa menyebabkan penyakit ketika menginfeksi manusia. 

Diketahui, kuman sebenarnya merupakan “payung” atau istilah yang digunakan untuk menyebut organisme mikroskopis penyebab penyakit. Dengan kata lain, kuman adalah istilah yang digunakan untuk menyebut bakteri, virus, jamur, dan protozoa.

Penyebaran kuman ini bisa melalui beberapa cara. Pertama, melalui kontak langsung dengan orang yang terinfeksi.

Kedua, kuman bisa menyebar secara tidak langsung melalui perantara, misalnya gagang pintu atau handle keran.

Ketiga, penyebaran kuman bisa melalui droplet dari bersin, batuk, atau juga darah. Selain itu, kuman juga bisa menyebar melalui gigitan serangga, makanan dan minuman yang terkontaminasi, serta hubungan seksual.



2. Bakteri


Telah dijelaskan di awal, bahwa perbedaan kuman dan bakteri bisa dilihat dari definisinya. Nah, jika mengacu pada penjelasan sebelumnya, diketahui bahwa bakteri sebetulnya bagian dari kuman itu sendiri.

Melansir dari sejumlah sumber, bakteri adalah mikroorganisme yang bisa hidup di mana saja, bahkan beberapa spesies bisa bertahan dalam kondisi cuaca ekstrim.

Penyebarannya pun bisa melalui beberapa cara seperti kuman pada umumnya, yaitu kontak langsung, droplet, dan perantara benda. Oleh karena itu, selalu waspada dan jaga kebersihan agar terhindar dari infeksi bakteri saat berkegiatan.

Sebetulnya, tidak semua bakteri bisa menyebabkan penyakit, sebab ada beberapa yang justru bagus untuk kesehatan tubuh. Misalnya, Lactobacillus acidophilus yang merupakan bakteri dalam pencernaan manusia untuk membantu mengatasi diare.

Meski demikian, tidak dapat dipungkiri pula bahwa sebagian bakteri juga bisa berdampak buruk untuk kesehatan.



3. Virus


Yuk selanjutnya kita bahas tentang virus yaitu organisme mikroskopis yang juga bagian dari kuman penyebab penyakit.

Berbeda dengan bakteri, virus hanya bisa hidup di dalam sel makhluk hidup lainnya, termasuk manusia, dan hewan. Virus juga diketahui hanya hidup dalam periode waktu yang singkat.

Meski demikian, virus bisa berkembang dan bermutasi dengan cepat. Inilah yang menyebabkan infeksi virus susah ditangani.

Bahkan, penyakit akibat infeksi virus juga mudah ditularkan ke orang lain melalui droplet, sehingga bisa menyebabkan wabah.

Salah satu contohnya yaitu virus SARS-COV-2 yang menyebabkan pandemi Coronavirus disease 2019, atau biasa disebut dengan COVID-19.





Cara Mencegah Infeksi Kuman dan Bakteri



Meski ada bakteri baik yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh, tetaplah waspada dengan serangan jenis kuman jahat lainnya.

Yang bisa kita lakukan untuk menghadapinya adalah melalui tindakan pencegahan sejak dini untuk menghindari kontaminasi atau infeksi.

Adapun cara mencegah infeksi kuman dan bakteri di antaranya yaitu:
  • Cuci tangan secara rutin, terutama sebelum makan
  • Selalu membersihkan barang-barang yang sudah disentuh
  • Jangan makan makanan yang sudah jatuh
  • Jaga kebersihan lingkungan sekitar
  • Jaga jarak dengan orang yang sedang sakit
  • Pakai Antis yang bisa membunuh kuman dengan cepat dan memberi perlindungan selama 2 jam

Itulah perbedaan kuman dan bakteri yang sering dikira sama oleh kebanyakan orang. Semoga mulai dari sekarang sudah lebih memahami tentang perbedaannya yaaa...

Yang terpenting, selalu jagalah kebersihan agar terhindar dari berbagai penyakit yang disebabkan oleh kuman dan bakteri. Semoga bermanfaat!



Referensi
https://www.lifebuoy.co.id/semua-artikel/berita-kesehatan/sering-dikira-sama--ini-bedanya-virus-dan-bakteri.html
https://www.alodokter.com/komunitas/topic/penyakitc08f97
https://www.i-teamglobal.com/en/news/Germs,-bacteria-and-viruses
https://www.soclean.com/soclean3/sleep-talk/2021/04/20/differences-between-germs-and-bacteria

Read More »