19 January 2020

Sunblock yang Baik untuk Kulit




Bicara soal perlindungan kulit terhadap terik matahari, ada produk yang diberi nama sunblock dan ada pula yang dinamai sunscreen. Keduanya banyak yang mengatakan sama, padahal ada perbedaan antara sunblock dengan sunscreen.

Read More »

18 January 2020

Nyeri Muncul Sehabis Aktivitas Padat? Cari Tau Yuk Solusinya




Aktivitas berupa memikul beban berat dapat menyebabkan sendi kita sakit. Tentunya, sangat tidak nyaman apabila kita tidak segera mengobatinya. Hal ini membuat badan kita selalu merasakan nyeri dan pegal linu yang tidak berkesudahan.

Read More »

13 January 2020

Perbedaan Hosting dan Domain yang Paling Penting untuk Diketahui




Sekilas kita bisa melihat bahwa kecanggihan teknologi akan membuahkan manfaat besar. Begitu juga dari penggunaan domain dan hosting yang keduanya sangat berpengaruh pada kompetensi persaingan blog dan website. Oleh sebab itu, perbedaan hosting dan domain selalu memberikan aspek dominan, sampai akhirnya ada beberapa konsep paling tepat yang selalu bisa dikembangkan menjadi modal utama untuk mencermati akses domain dan hosting di satu website. 

Read More »

09 January 2020

Perawatan Tubuh Secara Menyeluruh di Sanasya Spa dan Salon Muslimah


Hai para mama dan nona, sudah mulai sibuk apa ini di tahun baru 2020?

Libur semesteran sekaligus tahun baru rata-rata membuat kita semua bergembira. Bisa piknik kemana-mana bareng keluarga. Namanya juga libur panjang ya, kesempatan dong untuk ngumpul dengan keluarga dan menghabiskan waktu bersama secara berkualitas. 

Tapi setelah itu kebayang nggak sih seberapa pegelnya badan?


Read More »

30 December 2019

Upaya Menjaga Keamanan Website


Pernahkah terpikir gimana caranya melindungi website dari serangan yang tak terduga?

Ya, ada banyak sekali kejadian akhir-akhir ini dimana berbagai website dihack oleh pihak-pihak yang tak bertanggung jawab. Sedih banget dong yaa.. apalagi jika sudah berkaitan dengan website yang digunakan untuk usaha.



Kita aja nih yang blognya banyak digunakan untuk curhat, juga bakalan sedih banget kalau blog kesayangan dibikin mainan oleh orang lain. Huhuhuuu..teganya teganyaaa...

Read More »

26 December 2019

Cara Mengetahui Luas Permukaan Luka Bakar




Dalam melakukan pertolongan pertama pada luka bakar berdasarkan tingkatannya, luas permukaannya pun sangat berperan penting. Pedoman untuk dapat memperkirakan sebesar apa luas permukaan luka bakar dapat dilakukan dengan hukum sembilan (menurut ilmu kedokteran), yaitu membagi daerah tubuh dengan persentase sembilan per daerah tubuh yang terkena luka bakar.

Biasanya, masyarakat secara umum melakukan tindakan pengobatan, yaitu dengan cara mengoleskan salep untuk luka bakar yang dibelinya di apotik. Itu pun harus sesuai dengan anjuran dokter.

Untuk mengetahui, seperti apa hukum sembilan tersebut, yuk simak penjelasannya di bawah ini:

  • Kepala (9%): bagian depan = 4,5%, bagian belakang = 4,5% 
  • Tubuh (36%): dada, perut = 18%, punggung = 18% 
  • Lengan (18%): lengan atas depan-belakang (9%), lengan bawah depan-belakang (9%) 
  • Kaki (36%): tungkai atas depan-belakang (18%), tungkai bawah depan-belakang (18%) 
  • Alat kelamin (1%) 


Adapun cara lain menghitung luas permukaan kulit yang terbakar, yaitu dengan membandingkan luka dan telapak tangan pasien. Pada telapak tangan pasien dianggap memiliki luas luka bakar sebesar 1% dari luas permukaan tubuhnya.


luka bakar


Perhitungan tersebut diperkirakan dengan bersandar pada masing-masing tingkatan luka bakar itu sendiri. Adapun tingkatan luka bakar sendiri ditentukan berdasarkan 2 faktor utama, yaitu luas permukaan tubuh yang terbakar dan lokasinya.

Luka bakar ringan 

⮚ Luka bakar derajat 3 kurang dari 2% luas, keculi pada tangan, wajah, kaki, saluran napas, dan kemaluan.
⮚ Luka bakar derajat 2 kurang dari 15% luas
⮚ Luka bakar derajat 1 kurang dari 50% luas

Luka bakar sedang 

⮚ Luka bakar derajat 3 antara 2%-10% luas, kecuali wajah, kaki, tangan, dan saluran napas
⮚ Luka bakar derajat 2 15%-30% luas
⮚ Luka bakar derajat 1 lebih dari 50%

Luka bakar berat 

⮚ Semua luka bakar yang disertai cedera pada saluran napas, cedera jaringan lunak, dan cedera tulang.
⮚ Luka bakar derajat dua atau tiga pada wajah, tangan, kaki, kemaluan, atau saluran napas.
⮚ Luka bakar derajat dua di atas 10%
⮚ Luka bakar derajat dua lebih dari 30%
⮚ Luka bakar yang disertai cedera alat gerak
⮚ Luka bakar mengelilingi alat gerak

Apabila mengalami luka lama sembuh ataupun ingin luka bakar segera kering, sebaiknya kita konsultasikan secepatnya kepada dokter.

Semoga artikel ini cukup memberikan informasi seputar cara mengetahui luas permukaan luka bakar ya. Harapannya sih kita dihindarkan dari bahaya luka bakar. Namun apabila di sekeliling kita terjadi bencana seperti ini, kita bisa membantu dengan informasi yang kita miliki tentang luka bakar ini. 
Read More »

20 December 2019

5 Tips Backpacker Bersama Keluarga


Halooo... apa kabar teman-teman? Gimana nih rencana liburan tahun baru ini? 

Bagi sebagian besar orang, liburan menjadi sesuatu hal yang sangat disukai serta sangat ditunggu- tunggu. Jelas banget dong ditunggu, karena liburan gini bakalan bikin pikiran jadi lebih segar setelah melakukan pekerjaan yang berat secara terus-menerus di waktu-waktu sebelumnya. 


Tips Backpacker Bareng Keluarga


Jadi nggak salah jika orang-orang kemudian menyempatkan diri untuk bepergian dalam rangka liburan itu, yaahh meskipun cuma dua atau satu hari saja sudah bisa memberikan dampak positif loh. 

Read More »