28 December 2020

Ide Berkebun Hidroponik Menggunakan Pipa Air

 
pipa air rucika untuk hidroponik


Beberapa kali aku mengamati sistem perawatan sayuran yang ada di salah satu supermarket. Di bagian dekat kulkas pendingin, ada instalasi pipa air yang dibuat untuk meletakkan berbagai sayuran agar tetap segar ketika konsumen membelinya.

Untuk urusan tanaman gini aku memang bukan ahlinya. Hanya saja di rumah ibuku punya hobi berkebun. Jadinya terus punya ide misalnya ibuku mencoba beralih ke cara berkebun hidroponik gitu mungkin bisa jadi solusi. Saat ini ada sedikit masalah, pemasok pupuk tanah langganan ibuku sering kehabisan stok. Padahal kan tanaman di rumah harus rutin dirawat dan diganti tanah di dalam potnya.

Masa pandemi gini emang semuanya serba sulit ya. Si bapak penjual tanah yang mengandung hara tadi agak susah untuk dihubungi. Mungkin karena sedang tidak punya stok jadinya juga jarang ngider lagi ke daerah rumah kami. 

Padahal di satu sisi, ibuku gemar sekali mencoba menanam sayur-sayuran di rumah. Beliau senang sekali setiap pagi bisa memandang hijaunya tanaman di kebun yang dirawatnya sendiri. 

Trus solusinya gimana?



Berkebun Hidroponik Menggunakan Pipa Air


Sampai saat ini kebutuhan pupuk untuk tanah di rumah kami belum menemukan solusinya. Sementara tanaman yang ada dirawat dengan cara dipotong akarnya yang sudah terlalu 'gondrong' agar tidak memenuhi potnya. 

Agar aktivitas menanam tak berhenti di sini, butuh ide segar dan teknik berkebun yang berbeda dari sebelumnya. Kalau melirik sisa batang sayuran yang dimasak sehari-hari, aku menangkap kerinduan ibu untuk terus berkebun. Sayang sekali ya media tanam menggunakan tanah sedang tidak memungkinkan.

Makanya pas melihat deretan pipa air yang digunakan sebagai rak tempat sayuran segar di supermarket tadi timbul pemikiran nih, mengapa tidak menggunakan pipa dan botol saja sebagai media tanam. Nemu ide tambahan juga ketika membaca di kompas.com, ada informasi tentang aktivitas warga Kebayoran Lama yang bertanam sayuran organik dengan menyusun instalasi pipa air plus botol bekas.

Berkebun hidroponik dengan pipa dan botol, sumber : kompas.com

Sebenarnya pemanfaat limbah plastik sudah rutin dilakukan di rumah kami. Setiap kali ada botol bekas, panci bekas, ember retak, kami pasti mengumpulkannya di gudang. Sudah tahu nanti pasti eyangti (ibuku) bakalan menggunakannya untuk mengembangkan bibit tanaman sebelum memindahkannya ke dalam pot besar.


Ternyata bisa juga ya keberadaan botol bekas ini digabung dengan konsep membuat instalasi air menggunakan pipa. Tapi nggak bisa sembarang pipa deh kayaknya, harus pilih yang tahan terhadap korosi, kuat, bobotnya ringan, serta memudahkan dalam penyambungan dan pemeliharaannya.

Maka aku mulai mencari-carilah jenis pipa apa yang kira-kira cocok untuk digunakan. Browsing sana-sini akhirnya ketemu yang oke di www.rucika.co.id. Pipa Rucika JIS merupakan jenis pipa yang cocok untuk berkebun hidroponik ini. Adapun sambungannya menggunakan pipa uPVC Rucika, dimana keduanya terbuat dari bahan uPVC(unplastized Polyvinyl Chloride), pipa ini banyak sekali kelebihannya dibanding material polimer lainnya.

Sebagai informasi, Rucika JIS ini memiliki standar JIS (Japanese Industrial Standard) yang memiliki safety factor yang lebih tinggi dalam hal ketebalan pipa. Adapun bahannya termasuk kategori ramah lingkungan, terbuat dari bahan plastik yang mudah untuk didaur ulang. 


Baca-baca di web Rucika tentang cara penyambungan pipa ini, ternyata enggak sulit kok. Tinggal mengikuti langkah-langkah penyambungan yang ditulis secara detail di file lampiran khusus pipa JIS ini. 

Nah, setelah pemilihan pipa sudah beres, tinggal tentukan saja tanaman apa yang akan dikembangkan eyangti melalui cara hidroponik. Dari beberapa jenis sayuran dan buah yang sering dikonsumsi keluarga, berikut ini kandidat tanaman yang akan dikembangkan melalui cara hidroponik:
  1. Sawi
    Beberapa kali setelah belanja sayuran hijau yang satu ini, bagian pangkalnya kita buang begitu saja. Ternyata pangkal sawi jika dikenakan kelembaban selama beberapa hari akan mengeluarkan akar lho. Pernah nyobain nih menggunakan gelas plastik bekas kemasan air mineral dan berhasil. 
  2. Kangkung
    Ujung tanaman kangkung yang tidak turut dimasak bisa direndam di air. Nantinya daun akan tumbuh di bagian atas jika kita menyediakan air yang cukup untuk merendam bagian bawahnya. 
  3. Tomat
    Siapa sih yang enggak suka tomat? Sayuran segar yang enak sekali dijadikan lalapan ini bisa juga dijadikan pelengkap berbagai masakan. Untuk jadi bahan sop oke, ditambahkan untuk garang asem bakalan sedap banget, bahkan ditambahkan pada sambal pun tetap jadi favorit. 
  4. Selada
    Sayuran yang satu ini termasuk mudah banget untuk mengembangkannya dengan cara hidroponik. Daunnya yang lebar berwarna hijau muda itu amat menggugah selera ketika dihidangkan di meja makan sebagai pelengkap hidangan. 
Jadi ngebayangin nih betapa bahagianya ketika bisa panen berbagai jenis tanaman di atas dari kebun sendiri. Sebenarnya masih banyak lagi jenis tanaman yang bisa dikembangkan melalui cara berkebun hidroponik menggunakan pipa air ini. 

Teman-teman ada ide tanaman apa lagi yang bisa dijadikan bahan berkebun hidroponik? Boleh berikan saran di kolom komen yaaaa... Thanks. 
Read More »

25 December 2020

Satu Bohlam Untuk Semua Keperluan



Sejak punya banyak waktu di rumah, aku jadi makin lengket nih di kamar. Nggak cuma untuk tidur, beberapa aktivitas lain juga kulakukan di sana. Ya nonton televisi, membaca buku hingga berada di depan laptop selama berjam-jam untuk menyelesaikan pekerjaan.

Mager amat sih di kamar terus.... mungkin jadi timbul pertanyaan gitu ya?
Read More »

24 December 2020

Beberapa Penyakit yang Ditandai dengan Sesak Napas pada Anak


penyakit yang ditandai dengan sesak napas pada anak


Beberapa kali membaca artikel teman-teman yang masih memiliki anak di bawah usia 3 tahun. Lalu ingatan kembali pada bertahun-tahun ke belakang, ketika anak-anakku masih batita gitu. Banyak pengalaman yang sama rupanya yaaa..
Read More »

20 December 2020

ASUS VivoBook A416, Laptop dengan Fitur Modern untuk Semua Kalangan

 
Siapa yang sedang mencari laptop nih? Akhir tahun ini banyak yang ngaku load kerjaannya tinggi dan butuh perangkat baru yang mumpuni. Nah, boleh simak nih, aku baru saja dapat informasi tentang produk baru dari ASUS, yaitu VivoBook A416.


Read More »

19 December 2020

Tips Merencanakan Asuransi Jiwa untuk Masa Tua

 
Masa muda merupakan waktu yang tepat untuk meniti karir sekaligus mengumpulkan pundi-pundi uang yang sebanyak-banyaknya untuk persiapan di masa tua. Karena ketika muda, seseorang akan lebih produktif dibandingkan dengan mereka yang sudah berusia lanjut. 

taspen life

Read More »

16 December 2020

7 Destinasi Hits di Bandung Selatan, Apa Saja?


Berbicara soal wisata Bandung memang tak ada habisnya. Jika pandemi ini nantinya sudah berakhir, ingin sekali aku bisa jalan-jalan bersama keluarga ke sana. Kota Kembang ini punya banyak sekali destinasi wisata yang tersebar di seluruh kawasan, bukan cuma Lembang saja. 
Read More »

06 December 2020

TRAC To Go, Sewa Mobil Untuk Berwisata Makin Mudah dan Aman

 


Sewa mobil menjadi solusi yang sangat pas saat kita ingin berwisata dengan nyaman. Dengan menyewa mobil kita tak perlu risau memikirkan masalah transportasi untuk mengantarkan ke destinasi wisata tujuan. Jika dirasa bakalan kebingungan menentukan mobil yang pas untuk disewa, aplikasi TRAC To Go bisa nih jadi solusinya.

Kenapa kok aku bisa nulis gitu?
Read More »

05 December 2020

Manfaat Buah Pir untuk Kesehatan

 


Perbanyak makan sayur dan buah lhooo...

Pesan ini banyak berseliweran di media sosial maupun chat. Bukan tanpa sebab ya ketika kita saling peduli satu sama lain terkait dengan kondisi kesehatan.

Mendekati akhir tahun ini, rupanya cobaan kehidupan yang berhubungan dengan pandemi belum juga berakhir. Sedih deh rasanya ketika melihat grafik orang yang terpapar dan menjadi korban virus Covid-19 masih tinggi.
Read More »

04 December 2020

Tetap Aktif dan Sehat Berkat Rempah Tradisional Indonesia

 
Sudah mulai masuk musim penghujan nih. Hampir setiap hari suasana kota dihiasi mendung menggelayut. Rasanya mendung ini semakin menambah gelap hati, seiring dengan kondisi kesehatan yang masih tak jua menentu di masa-masa sekarang.


Read More »

27 November 2020

Helm Snapback 902lab, Stylish dan Ringan untuk Bersepeda

 
902lab helm sepeda snapback


Selama masa pandemi ini aktivitas apa saja nih yang teman-teman lakukan untuk tetap menjaga kesehatan dan kewarasan?

Bukan tanpa sebab loh aku menanyakan hal di atas. Semakin banyak orang yang berada di rumah dalam jangka waktu lama, semakin tinggi kemungkinan dilanda rasa jenuh yang tak berkesudahan. Padahal kata orang sih hati yang gembira itu bisa menjadi salah satu obat kaaann..
Read More »

26 November 2020

Mengapa Paula Verhoeven Suka Mie Instan Lemonilo?

 
Ada yang sering mengalami kejadian gini kah : harus lembur menyelesaikan pekerjaan di malam hari, terus diserang rasa lapar yang maha dahsyat? Kalau ada yang jawab IYA, mari toss dulu sini. 😉


Read More »

23 November 2020

Stop Pneumonia, Setiap Orang Punya Andil untuk Mengatasinya


Masih teringat hingga kini ketika pertama kali aku membaca kisah bayi yang baru berusia 1 bulan meninggal dengan vonis terkena pneumonia berat. Saat mencoba membaca lagi kasus tersebut, yang terjadi di tahun 2017, didapatkan fakta bahwa bayi tersebut saat acara aqiqah terkena asap rokok dari salah seorang tamu undangan.


Duuh… nyeseknya kayak apa tuh ya orangtuanya. Padahal sang ayah mungkin saja sudah menjaga anaknya dengan baik-baik. Eh hanya gara-gara acara yang tak berlangsung lama itu, bayinya terpaksa harus menghirup udara yang sudah terkontaminasi asap rokok.
Read More »

15 November 2020

6 Cara Seru Membereskan Hunian, Buat yang Malas Bersih-Bersih Rumah

 


Banyak yang merasa kegiatan bersih-bersih rumah jadi hal yang membosankan dan melelahkan. Padahal, membersihkan rumah jadi hal wajib dilakukan bagi penghuni rumah. Rumah yang rutin dibersihkan bukan cuma membuat tampilannya tampak rapi dan bersih, tapi juga membuat kesehatan penghuninya terjaga dengan baik karena berbagai kuman dan kotoran sudah teratasi dengan baik.

Rumah yang bersih juga akan bikin kita lebih nyaman berada  di dalam rumah lama-lama. Ada banyak cara untuk membuat aktivitas membersihkan rumah jadi hal yang lebih mudah dan menyenangkan. 

Ini dia nih buat kalian yang malas bersih-bersih rumah, berikut cara seru merapikan rumah yang bisa banget diterapkan.



1. Bersihkan Hunian Sambil Bermain


sumber : pinterest.com

Saat membersihkan rumah bersama anggota keluarga lainnya, cobalah buat permainan supaya kegiatan ini semakin seru dan menarik. Kita bisa menjadikan kegiatan membereskan rumah sebagai sebuah pertunjukkan kerja bakti keluarga kompetitif. 

Contohnya nih, setiap hal yang perlu dibersihkan akan diberikan point atau siapa yang mengerjakan paling banyak pekerjaan rumah mendapatkan sebuah hadiah, seperti hidangan lezat. Gimana, cara yang cukup jenius kaaan... 😉



2. Temani dengan Musik yang Memacu Semangat


 
sumber : pinterest.com

Supaya suasana membersihkan rumah lebih mendukung dan bisa memacu semangat, hayuk temani dengan musik favorit yang bisa mendorong semangat. Kita bisa mendengarkannya lewat earphone atau memutarnya dengan speaker agar suaranya makin menggelegar. 

Udah deh, ga usah memikirkan terus-menerus berapa banyak spot dan bagian rumah yang perlu dibersihkan, nikmati saja prosesnya. 



3. Libatkan Anggota Keluarga Lainnya


 
sumber : pinterest.com

Tugas membersihkan rumah bukan cuma harus dilakukan seorang ibu, tapi juga pekerjaan semua anggota keluarga di rumah. Ada banyak spot dan bagian yang perlu dibersihkan, seperti kamar tidur, kamar mandi, ruang keluarga, dapur dan ruang kerja. Supaya kegiatan membersihkan rumah terasa lebih ringan, libatkan anggota keluarga lainnya untuk membereskan rumah. 

Semakin banyak anggota keluarga yang ikut merapikan rumah, maka semakin seru dan ringan kegiatan yang dilakukan. Ini juga akan membuat setiap anggota keluarga jadi lebih dekat satu sama lain. Kalau perlu buat list, siapa yang tugasnya nyuci piring, menyapu dan mengepel lantai, serta lain sebagainya. 


Ingin tau cara menciptakan home sweet home? Bisa baca artikel ini juga yaaa...

4. Jadikan Sebagai Rutinitas Sehari-Hari


 
sumber : pinterest.com

Cara paling efektif agar kegiatan membersihkan rumah jadi hal yang mudah dan seru buat dilakukan adalah dengan menjadikannya rutinitas sehari-hari. Ketika kita sudah terbiasa membersihkan rumah, kita pasti akan merasa ini pekerjaan yang mudah dan jadi lebih bisa dinikmati. 

Sempatkanlah waktu beberapa menit untuk membereskan rumah setiap hari. Ingatkan juga anggota keluarga lainnya untuk membereskan rumah.



5. DIY Alat Membersihkan Rumah

 


Kita tentu membutuhkan alat pembersih rumah yang mudah digunakan untuk beres-beres rumah kan? Membeli alat pembersih rumah di ace hardware bisa jadi pilihan yang tepat. Terdapat banyak perabotan rumah tangga lengkap yang bisa ditemui di sana. 

Tapi, jika ingin membuatnya sendiri, itu bisa jadi motivasi kita dalam membereskan rumah agar makin rajin. Cobalah ajak anak-anak untuk bikin tempat sampah, cairan pembersih, hingga kemoceng dari plastik. Pasti bakalan lebih seru deh acara bersih-bersih rumahnya.



6. Ingat Selalu Manfaat Bersih-Bersih Rumah


 
sumber : pinterest.com

Tentunya kita sudah mengetahui banyak cara untuk merapikan rumah yang efektif. Agar tak malas-malasan lagi membersihkan rumah, cobalah lihat lebih jauh apa hal yang akan kita peroleh dari membereskan rumah. 

Hunian jadi lebih bersih, barang-barang tertata dengan rapi, furniture rumah yang di beli di atria furniture juga bisa terawat dengan baik. Tak hanya itu, tampilan rumah yang rapi dan bersih juga akan membuat kita dan keluarga merasa lebih nyaman serta betah di dalam rumah. 


Jadi gitu deehh... Demikian cara seru membereskan rumah yang bisa diterapkan bagi kita yang sering merasa malas membersihkan rumah. Yuk, mulai jaga kebersihan rumah dengan membiasakan diri membereskan rumah dari sekarang!
Read More »

11 November 2020

Loading ke Website Lola? Ketahui Penyebab Server Down Ini

 
sumber: freepik.com

Akses menuju ke website harus bisa berlangsung secara cepat. Website dengan akses yang lama dapat menyebabkan pengunjung malas datang ke website tersebut. Imbasnya adalah penurunan jumlah pengunjung. 

Tahukah teman bahwa server down memiliki banyak penyebabnya. Lambatnya akses bisa disebabkan oleh banyak faktor.
Read More »

25 October 2020

Ria Ricis : Giveaway Lemonilo Berhadiah Brompton Lhooo...

 
Sudah ngemil apa hari ini, teman?

Selain mengonsumsi makanan utama, tak bisa dihindari lagi kan yaaa... di antara jeda waktu makan itu terkadang kita ingin ngemil. Gimana coba caranya pengin ngemil tapi tanpa ada rasa bersalah yang timbul setelahnya?


Read More »

24 October 2020

Tak Letih Untuk Pulih : Kisah di Balik Penyusunan Buku Pulih oleh IIDN


Bagi kita yang terbiasa hidup baik-baik saja terkadang tak bisa memahami mengapa seseorang bisa jatuh dalam tindakan yang kita anggap berlebihan. Contohnya seperti apa tuh?


Read More »

23 October 2020

STIE YAPAN Masuk Daftar Universitas Swasta Terbaik


stie yapan


Ngobrolin soal pendidikan nih di saat pandemi gini menjadi satu hal yang berbeda. Sudahlah merencanakan sesuatu, ternyata harus bisa mengatur ulang rencana terkait pendidikan pada kondisi masih harus belajar di rumah gini.
Read More »

Kaya Akan Manfaat, Berikut Alasan Pentingnya Menggunakan Software Akuntansi Online


software akuntansi online

Seiring berjalannya waktu, mulai bermunculan nih aneka aplikasi canggih yang didesain khusus untuk membantu pekerjaan manusia. Software akuntansi dari Soltius misalnya, dimana aplikasi canggih ini siap membantu dalam merapikan pembukuan tidak terkecuali pengelolaan cash flow bisnis sekalipun. 
Read More »

22 October 2020

Mengintip Lem Tikus Cap Gajah, Solusi Rumah Aman Bebas Tikus

Adakah teman-teman pembaca blog ini yang masih kerap dipusingkan dengan kehadiran tikus di rumah? 


Kesel gitu ya ketika kita sudah mati-matian menjaga kebersihan rumah, namun tikus masih juga datang menghampiri tempat tinggal kita. Segala macam makanan maupun perabotan jadi nggak aman lagi kalau ada tikus di rumah. 
Read More »

21 October 2020

Tips Berhemat Belanja Perlengkapan Bayi Baru Lahir

Beberapa waktu sempat melihat bagaimana gegap gempitanya seorang teman dalam menyambut kehadiran buah hati. Ah... jadi ingat dong belasan tahun yang lalu ketika mengalami hal yang sama. 

tips berhemat belanja perlengkapan bayi

Bagi para orang tua, menyiapkan berbagai kebutuhan untuk buah hati mereka yang baru saja lahir ke dunia tentu merupakan kegiatan mengasyikkan. Barang perlengkapan bayi baru lahir memang sangat banyak dan semua tampak menarik seperti berbagai produk dari mitu baby, sehingga membuat banyak orang lapar mata untuk memborongnya. 
Read More »

10 October 2020

Memenangi Lomba Blog : Prestasi atau Prestise?

 

Aku pengin kayak Mas A dan Mba B yang sering menang lomba blog?

Biar apa kok kayak mereka?

Ya kan kereeeenn...

tips menang lomba blog

Pernahkah teman-teman membaca obrolan seperti ini di grup-grup blogger? Atau malah mungkin kita sendiri yang dalam hati diam-diam ingin jadi juara lomba blog?
Read More »

08 October 2020

ASUS ROG Zephyrus G14 Edisi Khusus, Kolaborasi ROG x ACRONYM®


Bukan ASUS deh kayaknya kalau enggak penuh kejutan. Selain menghadirkan produk baru dan berkualitas secara teratur, ASUS tak melupakan sisi fashionable dari produk-produknya. Serius?
Beneran nih. Pada 7 Oktober 2020 ASUS ROG mengumumkan kolaborasi dengan ACRONYM®, brand desain yang sangat dikenal dengan produk pakaian bernuansa teknis dan modern. Pada kolaborasi kali ini, ROG dan ACRONYM® akan menghadirkan laptop ROG Zephyrus G14 edisi khusus yang akan menggabungkan hardware terbaik serta visi bentuk radikal dari sebuah teknologi. 
Read More »

02 October 2020

ZenBook Dengan Prosesor AMD, Why Not?

 

Laptop premium ASUS ZenBook hadir dengan Prosesor AMD Ryzen™ 4000 Series Mobile Processor 

Buat yang lagi butuh rekomendasi laptop spek premium, yuuk boleh lho sini merapat. Tanggal 25 September 2020 lalu ASUS kembali memperkenalkan seri ZenBook Classic di Indonesia. 
Read More »

29 September 2020

Pentingnya Vaksin di Saat Pandemi

 
Ini kenapa sih pandemi Covid-19 tak juga segera pergi ya? Rasanya hati dan pikiran sudah terlalu lelah memikirkannya. Bahkan sudah banyak saudara dan teman yang terkena imbas dari kondisi ini. 

Lalu kita bisa apa dong kalau kayak gini?


Read More »

28 September 2020

Sayangi Jantungmu, Cegah CVD Mulai Dari Diri Sendiri

 
Sayangi jantungmu. Yuk cegah CVD. 


Ada yang tahu apa itu CVD?  Bukan CFD lho yaaa...

CVD merupakan singkatan dari Cardiovascular Disease yang secara mudah bisa dijelaskan sebagai penyakit kardiovaskuler berupa penyakit jantung dan stroke. Sampai saat ini, si CVD ini masih menjadi penyebab kematian nomor satu di dunia.
Read More »

Tips Memunculkan Nuansa Bali pada Hunian Minimalis




Tinggal di Pulau Bali mungkin menjadi salah satu mimpi bagi sebagian masyarakat di Indonesia. Mimpi punya rumah yang dikelilingi alam dan lingkungan yang asri, juga identik dengan kekentalan budaya dan kearifan lokalnya. 

Hal inilah yang menjadi alasan masyarakat betah tinggal berlama-lama di sana. Sekalipun di Ibukotanya yakni Denpasar, nuansa dari elemen-elemen tersebut turut hadir menyelimutinya.
Read More »

26 September 2020

3 Coffee Shop Pilihan di Pantai Indah Kapuk untuk Bekerja Selama Masa Pandemi


3 coffee shop pilihan di pantai indah kapuk


Masa pembatasan sosial berskala besar yang diterapkan di Ibukota sejak masa pandemi Covid-19 ditentukan, membuat sejumlah aktivitas pekerjaan kantor banyak dilakukan di dalam rumah. Bagi beberapa masyarakat yang kurang suka untuk melakukannya di rumah mungkin akan terasa menyakitkan. 
Read More »

20 September 2020

Inspirasi Makan Sehat dari Keluarga Artis Raffi Ahmad

 
Menilik kondisi pandemi saat ini, aku yakin makin banyak orang yang mengusahakan pola hidup sehat bagi dirinya. Iya dong, agar tak mudah terserang virus, badan harus dijaga kesehatannya.

lemonilo inspirasi makan sehat raffi ahmad
credit : dream.co.id

Ada banyak cara untuk menjaga kesehatan diri dan keluarga. Beberapa tulisan terkait ikhtiar menjaga kesehatan di musim pandemi telah kubuat di blog ini. Bisa klik ya kategori healthy atau kesehatan. Namun secara garis besar, langkah untuk tetap sehat itu terdiri dari 4 langkah utama berikut ini:
Read More »

11 September 2020

Ananda Omesh Berbagi Tips Pertahankan Bisnis di Saat Krisis

 
Gimana sih kondisi bisnis di saat krisis gini yaa.. Seperti yang kita ketahui pandemi Covid saat ini menimbulkan dampak luar biasa di berbagai sendi kehidupan.



Banyak orang kehilangan pekerjaan karena produksi secara global menurun. Berbagai perusahaan berusaha mengendalikan neraca keuangan dengan mengurangi jumlah karyawannya. Para pemilik usaha baik yang skala besar maupun kecil merasakan hantaman badai finansial di saat pandemi Corona ini.
Read More »

10 September 2020

Ngemil Bijak, Bahagiakan Hati Tanpa Rasa Bersalah


Pernah mendengar atau membaca tentang ngemil bijak?



Coba, siapa yang begitu baca kalimat di atas langsung ngerespon gini : 

"Mana ada ngemil kok bijak, ngemil tuh ya udah bebas ajah."

"Ngemil ya ngemil aja, ngapain mikirin soal bijak segala!"

Lalu emosi. Habis biskuit sekaleng nggak kerasa. 😀
Read More »

Memilih Paket Umroh yang Nyaman untuk Orang Tercinta

 

Setiap kali membaca artikel tentang perjalanan umroh ataupun haji, hati ini serasa tergetar hebat. Selain berdoa dan melakukan ikhtiar tanpa henti, aku jadi teringat saat ibundaku dulu berangkat ke Baitullah menggunakan paket umroh dari Madinah Iman Wisata (MIW).



Teringat pada tanya si bapak pengelola MIW Semarang ini : 

"Mengapa Ibunda dibiarkan berangkat sendiri? Kenapa Mba tidak menyertai Ibunda?"
Read More »

07 September 2020

Cacat Sastra, Fakta Menyedihkan yang Terjadi pada Dunia Literasi Indonesia

 
Terheran-heran aku membaca salah satu buku yang sempat kubeli karena rasa penasaran. Kecenderungan remaja untuk mencari bahan bacaan melalui salah satu aplikasi di smartphone tentu saja mengundang rasa ingin tahu pada diriku. Penasaran dan ingin mencari tahu letak cacat sastra yang kian lama kian menghantui.



Di masa sebelumnya, orang hendak menerbitkan buku itu harus melalui proses yang bertahap. Dimulai dari mengumpulkan ide, menata alur, menuliskannya dan melamar kesana-kemari agar tulisannya itu bisa diterbitkan.
Read More »

05 September 2020

Memilih Pinjaman Online yang Cepat dan Aman


Beberapa waktu yang lalu, aku pernah mendengarkan keluhan seorang teman tentang seringnya mendapat telepon maupun SMS tagihan utang dari penyedia pinjaman online. Dia tak pernah merasa memiliki utang, namun kok rasanya hidup jadi penuh teror baginya.


Kok bisa gitu?
Read More »

03 September 2020

Brand Kacamata SATURDAYS Sebagai Pilihan “Hero Product” untuk Konsumen




Konsumen di era sekarang akan berpikir seribu kali untuk membeli sebuah barang khususnya kacamata yang ada di pasaran. Ada banyak pertimbangan yang harus dipikirkan mulai dari apakah produk tersebut mempunyai masalah mengenai gaji pegawai yang tidak dibayar, siapa pemiliknya dan motivasi yang dipunyai oleh produk tersebut, animal cruelty, bahan produk apakah aman atau berbahaya untuk lingkungan, dan banyak lainnya. 
Read More »

31 August 2020

Rekomendasi Hotel Murah di Bogor

 

Ketika masa pandemi tak juga berhenti, aku malah jadi ingat betapa harapan di dalam diri untuk bisa jalan-jalan lagi tak boleh dipadamkan. Menyemangati diri sendiri merupakan salah satu cara ampuh agar tidak ikut terpuruk saat menghadapi masalah.



Siapa sih yang tidak terkena imbas pandemi Covid-19 ini? Hampir seluruh lapisan masyarakat mengalami makin beratnya tekanan hidup di masa-masa seperti ini. Selama ini aku udah berasa sedih penuh nestapa mikirin betapa Semarang tempat tinggalku tak juga lepas dari status Zona Merah.

Lalu kalau seperti ini apakah kita semua harus berdiam diri dan larut dalam kesedihan?

Read More »

Peresmian Gedung Vokasi Undip oleh Presiden Joko Widodo - Wujud Nyata Kepedulian Sinar Mas


Pernahkah membaca atau mendengarkan obrolan tentang situasi pendidikan saat ini? Ada yang bilang, sekolah tinggi-tinggi kok ya akhirnya jadi buruh aja. Bahkan sampai ke pendapat yang paling jleb sekali, sudah menghabiskan banyak biaya kok selesai kuliah bingung mau kerja apa dan di mana. 




Tentu kita familier ya dengan kondisi dan obrolan seperti ini. Banyak di antara mereka yang kuliah mengalami kebingungan saat jenjang pendidikannya berakhir. Hal ini disebabkan oleh banyak faktor, di antaranya kurangnya kompetensi diri dalam menghadapi tantangan industri saat ini. 
Read More »

29 August 2020

Sama-sama Tangguh, Pilih Ibook atau ExpertBook B9450?


Sudah ngapain aja nih selama pandemi? Semoga tetap bisa aktif dan bebas berkarya ya. Harapannya sih masa-masa sulit pandemi ini tidak membuat kita melempem dan lemes. Harus tetap tangguh dooongg..


Semua orang tanpa terkecuali harus bisa bertahan dalam kondisi serba sulit ini. Tak terkecuali mereka yang berstatus ibook alias ibu a.k.a mama or sebutan lain sejenisnya untuk para bunda yang banyak disebut orang sebagai makhluk paling tangguh di dunia.
Read More »

27 August 2020

Fakta Menarik Tempat Nongkrong Milenial Kekinian Kumulo Creative Compound

Dalam beberapa bulan terakhir, sebuah tempat hangout di kawasan perumahan BSD City menjadi perbincangan di kalangan masyarakat khususnya generasi milenial. Tempat nongkrong kekinian tersebut bernama Kumulo Creative Compound


kumulo creative compound


Tempat nongkrong kekinian yang berlokasi di salah satu mal pada kawasan perumahan BSD City, The Breeze BSD City, merupakan sebuah kompleks kreatif yang berisikan toko-toko berukuran mini (micro shop) dengan banguna artistik dan unik. Tidak hanya daya tarik kompleks kreatif yang instagrammable, popularitas tempat nongkrong tersebut juga dikarenakan ada banyak hal yang terakomodasikan untuk para milenial yang hanya ingin sekadar hangout di akhir pekan. 
Read More »

26 August 2020

Hanya Modal DP 11 Juta Bisa Miliki Rumah Modern Baru di Tangerang


dp 11 juta bisa punya rumah modern baru di tangerang


Selama masa pandemi Covid-19 berlangsung, beragam promo dihadirkan oleh developer-developer properti baru di seluruh Indonesia. Tidak hanya untuk mendongkrak pembelian properti, promo ini ditujukan untuk meringankan keinginan para pencari properti yang sedikit terkendala dari sisi finansial mereka selama masa pandemi. 
Read More »

25 August 2020

Inspirasi Ruangan Kekiniaan Saat Merenovasi Rumah

Merenovasi bagian rumah disebut menjadi cara termudah untuk mengatasi kejenuhan saat tinggal di suatu hunian. Dibanding berpindah rumah atau ke hunian lainnya, proses renovasi tergolong lebih murah secara budget


samanea hill


Tidak hanya sekadar menambah lantai atau menambah kamar, belakangan ini proses renovasi juga menyasar ke pembuatan area-area atau ruangan-ruangan untuk memberikan kesan estetik pada hunian. Biasanya pembuatan ruangan ini lahir dari ide dan kreativitas dari para pemukimnya untuk memunculkan nuansa yang berbeda pada huniannya. 
Read More »

20 August 2020

Aplikasi Bukukas Pilihan Cerdas Dalam Mengatur Akuntansi Bisnis


Buku kas dapat menjadi mitra yang menguntungkan untuk bisnis yang sedang kita jalankan. Bagaimana tidak menguntungkan jika dengan adanya buku kas ini kita dapat lebih mudah mengelola laporan keuangan kapanpun dan dimanapun berada. 

aplikasi bukukas


Kok bisa gitu? Iya dong. Laporan keuangannya bisa berada dalam genggaman kita dimana-mana, yaitu melalui ponsel. 
Read More »