24 November 2023

ASUS Vivobook Go 14, Laptop Entry Level yang Berkelas



Sudah pernah nyobain ASUS Vivobook Go 14 kah? Ini loh, laptop entry level terbaru besutan ASUS. Saat pandang pertama, ngeliat body-nya udah naksir berat. Udah kayak laptop premium aja penampilannya.

Kayak apa siiyyy....


ASUS Vivobook Go 14 (E1404F), Laptop Entry Level yang Ga Bikin Sebel


Beruntung sekali mendapat kesempatan untuk hands-on laptop dari ASUS lagi. Pada tanggal 21 November 2023 yang lalu para blogger Semarang diajak untuk langsung nyobain ASUS Vivobook Go 14 (E1404F) yang digadang-gadang menjadi laptop thin and light entry-level terbaik. 


gathering asus vivobook go 14


Suasana Aruss Hotel yang asyik, berpadu dengan kehangatan acara gathering membuat kami semua yang hadir berasa excited gitu untuk nyobain Vivobook Go 14. Hyuuukk... markicob laptop kece yang satu ini.

Saat itu aku kebagian mencoba yang warna Mixed Black, kesannya gahar sekaligus berkelas. Sini siniii... boleh lihat si Vivobook Go 14 ini saat kupegang.



Saat terlihat dari depan, tampak hitamnya bisa seperti bergradasi, tergantung pada sudut cahaya yang menimpa body laptopnya. Kece kaaan... Desain body-nya tidak hanya trendi, namun juga ringkas dan ringan. 

Apa saja keunggulan ASUS Vivobook Go 14 (E1404F) yang bikin aku kesengsem?


■ Tangguh

Biasanya kan laptop yang cantik gitu ringkih body-nya, namun tidak begitu dengan ASUS Vivobook Go 14 ini. Penampilan kece, ketangguhannya pun boleh diuji. Laptop ini telah mengantongi sertifikasi lolos uji ketahanan berstandar militer AS (US Military Grade MIL-STD-810H). 

Sertifikasi ini dikenal karena ketatnya kriteria dan prosedur pengujian yang harus dilalui sebuah perangkat. Vivobook Go 14 (E1404F) sendiri telah berhasil melewati 26 prosedur pengujian ketat yang mencakup variabel seperti tekanan, temperatur, kelembaban, dan resistensi terhadap benturan. 

Hasil dari serangkaian pengujian tersebut menunjukkan bahwa Vivobook Go 14 (E1404F) dirancang untuk bertahan dalam berbagai kondisi, menjadikannya solusi yang andal untuk berbagai keperluan, baik di lingkungan profesional maupun sehari-hari.




Port lengkap

Selain tangguh, laptop tipis dan ringan ini hadir dengan desain yang modern dan dibekali dengan port yang sangat lengkap untuk mempermudah penggunanya terhubung dengan perangkat lain.




ASUS Vivobook Go 14 (E1404F) dilengkapi dengan USB Type-C yang mendukung transfer data cepat, USB Type-A yang kompatibel dengan berbagai perangkat, HDMI untuk kebutuhan presentasi atau hiburan, dan juga 3.5mm combo audio jack untuk kebutuhan audio. 



■ Layar yang Memanjakan Mata

Asus Vivobook Go 14 (E1404F) menawarkan beberapa fitur yang menjadikannya lebih unggul dibandingkan kompetitor di kelasnya, salah satunya adalah layar Full HD dan tingkat kecerahan 250 nits. Pengguna mendapatkan keuntungan dari tampilan visual yang lebih detil dan imersif, sangat membantu baik saat bekerja maupun untuk hiburan. So, pengguna mendapatkan kualitas visual terbaik dalam segala keadaan.

ASUS Vivobook Go 14 (E1404F) dapat dibuka hingga 180° sehingga laptop ini lebih nyaman saat digunakan untuk sharing tampilan layar dengan teman.
Selain itu, layar di Vivobook Go 14 (E1404F) juga dilengkapi dengan fitur low-blue light yang telah disertifikasi oleh TÜV Rheinland. Fitur ini bertujuan untuk meminimalisir radiasi sinar biru yang bisa berdampak negatif pada mata. 

Desain layar laptop ini juga dibuat dengan NanoEdge Bezel, yang memungkinkan bezel layar tampil sangat tipis. NanoEdge Bezel tidak hanya meningkatkan rasio layar terhadap bodi, tetapi juga membuat tampilan secara keseluruhan menjadi lebih modern dan elegan. Gabungan fitur-fitur tersebut, Vivobook Go 14 (E1404F) benar-benar menawarkan pengalaman visual yang superior tanpa mengorbankan kesehatan dan kenyamanan pengguna.

 


■ Dilengkapi Windows 11 Home & Office Pre-Installed

ASUS Vivobook Go 14 hadir dilengkapi dengan Windows 11 Home. Ketika pekerjaan menumpuk, keberadaan Windows 11 ini siap meringankan berbagai tugas. Laptop ASUS dengan Windows 11 yang lebih nyaman di mata, bikin kita bebas mengekspresikan diri dan menerapkan cara kerja terbaik. 

Tak hanya Windows 11 asli, pada ASUS Vivobook Go 14 tersedia juga Office pre-installed, sudah termasuk Office Home & Student 2021. Aplikasi Office versi lengkap (Word, Excel dan PowerPoint) ini paling banyak digunakan, baik oleh para pekerja kantoran maupun pelajar. 

Penggunaan aplikasi Office seumur hidup menjamin kita untuk memiliki akses ke fitur yang kita kenal dan sukai. Dilengkapi dengan 100% aplikasi Office asli, software juga akan terus mendapatkan pembaruan keamanan yang rutin untuk melindungi perangkat, program dan data. 


 
■ Ramping dan Ringan

Vivobook Go 14 (E1404F) bakal jadi laptop andalan untuk pelajar, dirancang untuk memenuhi kebutuhan generasi modern yang lebih memilih perangkat portable dengan fungsi maksimal. Desain laptop yang portabel menjadikannya pilihan yang tepat untuk para profesional, pelajar, atau siapa pun yang memerlukan perangkat berdaya tinggi dalam bentuk yang lebih kompak. 




Salah satu aspek yang menonjol dari laptop ini adalah dimensinya yang ramping dan ringan. Dengan ketebalan bodi hanya 17,9mm dan bobot sekitar 1,3kg, Vivobook Go 14 (E1404F) bisa dengan mudah dimasukkan ke dalam tas dan dibawa ke mana-mana, ideal untuk orang-orang yang sering bepergian.

 

■ Keyboard yang Nyaman

Serasa masih belum cukup aja deh saat menyebutkan berbagai keunggulan dari ASUS Vivobook Go 14. Terkait dengan kenyamanan saat digunakan, laptop ini memiliki fitur keyboard ASUS ErgoSense. 




Keyboard ini dirancang untuk memaksimalkan pengalaman mengetik, mengurangi kelelahan pada jari, dan meningkatkan produktivitas. Dan menariknya, dibanding laptop lain di kelasnya, Vivobook Go 14 (E1404F) ini juga sudah menyediakan backlit keyboard.


 
■ Dilengkapi Webcam Shield

Dari sisi pengamanan, ASUS Vivobook Go 14 (E1404F) menyediakan webcam shield fisik agar tidak ada hacker yang mengintip aktivitas pengguna lewat webcam. Kehadiran privacy shield di webcam ini juga memudahkan pengguna saat sedang online meeting namun tidak ingin mengaktifkan kamera. Cukup menggeser webcam shield-nya, maka aktivitas kita tidak akan terlihat siapapun.



■ Tersedia Fingerprint Sensor

Fitur keamanan lain pada ASUS Vivobook Go 14 (E1404F)  ini adalah adanya fitur fingerprint sensor yang terletak di area touchscreen. Biasanya fitur fingerprint sensor umumnya tersedia pada laptop mid-high untuk keamanan data dan juga kemudahan login ke Windows 11.




■ Prosesor yang Powerful

Vivobook Go 14 (E1404F) ditenagai oleh prosesor AMD Ryzen™ 7000 U-Series terbaru yang menawarkan kecepatan dan efisiensi energi yang sangat baik sehingga hadir sebagai pilihan ideal untuk profesional muda, pelajar, dan content creator yang memerlukan perangkat dengan performa tinggi.




■ Kapasitas Memori Besar

Vivobook Go 14 (E1404F) menawarkan memori LPDDR5 dengan kapasitas hingga 16GB. Memori jenis ini menawarkan kecepatan yang lebih tinggi dibandingkan dengan generasi sebelumnya dan lebih hemat energi.

Hal ini berefek positif pada durasi baterai yang lebih tahan lama. Kapasitas memori yang besar ini juga memungkinkan multitasking yang efisien, sehingga kita dapat menjalankan banyak aplikasi sekaligus tanpa mengalami penurunan kinerja yang signifikan.

Untuk penyimpanan, Vivobook Go 14 (E1404F) dilengkapi dengan NVMe PCIe SSD dengan kapasitas hingga 512GB yang menawarkan kecepatan akses data sangat cepat dibandingkan dengan SSD SATA atau HDD tradisional. Penggunaan NVMe PCIe SSD membuat waktu boot lebih singkat, akses file lebih cepat, dan pengalaman penggunaan yang lebih responsif. 

Kombinasi prosesor generasi terbaru, memori berkapasitas tinggi, dan penyimpanan yang cepat telah membuat Vivobook Go 14 (E1404F) tampil sebagai laptop yang mampu memenuhi kebutuhan komputasi modern, sekaligus menawarkan keandalan dan efisiensi.


-----------

Untuk segala kelebihan yang ditawarkan tadi, kira-kira berapa ya harga ASUS Vivobook Go 14?

Ternyata oooh ternyataaa... laptop ini enggak nyampe 10 juta harganya, gaes. ASUS Vivobook Go 14 dibanderol pada harga 6.299.000. Berbagai fitur unggulan yang mendukung kinerja sehari-hari, laptop entry level ini benar-benar berkelas. 

Gimana, tertarik? Boleh cek spesifikasi detailnya di bawah ini untuk pertimbangan lebih lanjut.




28 komentar:

  1. Asyik ya entry level tapi udah punya fitur high end. Bagus nih buat pelajar

    BalasHapus
  2. Membaca review-nya, ya jelas2 mupeng dakuw. Dari duluuuuu aku pingin punya Asus belum kesampaian mbak. Semoga segera dapet nih apalagi mumpuni banget dan berkelas. Amin...

    BalasHapus
  3. Ini laptop yang saya cari banget mba, semoga ada rejeki biar bisa upgrade laptop. Udah legend banget laptopku mba hehe

    BalasHapus
  4. Wah Asus Vivobook go 14 udah makin canggih fitur-fiturnya yaa.. sekarang makin tipis tapi tetap bagus dan menyesuaikan kebutuhan pemakaian. Jadi penasaran mau lihat bentukan dan fiturnya yang baguss...

    BalasHapus
  5. asyik banget nih mbak, bisa nyobain secara langsung ASUS Vivobook Go 14 (E1404F). Terima kasih juga sudah menuliskan review dan pengalamannya di sini, saya jadi ada rekomendasi laptop nih kalau ditanyain teman2 yang punya anak usia sekolah

    BalasHapus
  6. Laptop ini udah kurekomendasikan ke suamiku mba, rencananya mau belikan si nang buat menunjang tugas-tugas sekolahnya.

    BalasHapus
  7. Waw, selalu hebat nih laptop Asus dalam performance-nya :D Sekarang ada tipe Go 14 yang diperuntukkan bagi pelajar, mahasisa juga ibu2 rumah tangga kayak kita hehehe mantap deh. Spek pasti lengkap untuk entry level ya. Bobotnya ringan jadi gampang dibawa ke mana2. Mau juga aku dong nabung dulu semoga cepat kebeli :)

    BalasHapus
  8. Asli kalau ini sih gak bikin sebel tapi bikin mupeng alias pengeeeen banget memilikinya..hehe.. Terima kasih sharing info dan review nya ya..

    BalasHapus
  9. Laptop idamanku nih, Mbak. Harganya terjangkau dan fiturnya lengkap banget. Jadi pengen beli laptop ASUS Vivobook Go 14 ini deh.

    BalasHapus
  10. Acara Asus di Hotel Aruss

    kok bisa pas ngunu ya mbaaa🫣😂 btw, aku pun super excited dgn info laptop ciamiiikkk ini. ponakanku yg kuliah pasti butuh info iniiii

    BalasHapus
  11. Seruuuu banget yaa acara ASUS Blogger Gathering-nyaaa. Eh ASUS Vivobook Go 14 ini cocok banget buat pelajar kan yaaa. Harganya juga ramah hehehe. Bisa dibuka 180° juga, dan udah dilengkapi dengan Windows 11 Home. Kalau pelajar emang cocok sama Office Home & Student 2021. Paling suka keyboardnya sihh, kayanya empuk hehe.

    BalasHapus
  12. Wah, kemarin saya juga sempat coba, tapi yang warna silver... Yang warna item ini keren juga ya... Spesifikasinya pun jelas bikin mupeng...

    BalasHapus
  13. Asus ini serinya banyak banget ya mak, diliaht dari fiturnya pun oke banget jadi bisa memilih sesuai dengan kebutuhan ya. Kalau aku beli laptop tuh yang ku cek beratnya duluan sih, karena maunya yang enteng-enteng sajalah.

    BalasHapus
  14. Suka banget sama ASUS Vivobook Go 14 yang Cool Silver.
    Tapi kemarin ada pembagian laptop di asrama kakak. Aku ingetnya dikabarin kalo merknya ASUS juga, tapi belum cek tipe.

    Semoga yang cakep kaya Vivobook Go 14 yaah.. mendukung aktivitas pelajar secara maksimal.

    BalasHapus
  15. Mantuullll bener ini mba Uniek
    pastinya pas bgt untuk yg butuh laptop dgn spesifikasi mantab dan harga terjangkau.
    makasii rekomennyaaa

    BalasHapus
  16. Lihat spesifikasinya, kupikir harga di atas 10 juta. Eh ternyata 6 jutaan udah dapat ya. Ringan dan mumpuni banget nih buat kerja. Gak ribet juga kalau di bawa ke mana-mana

    BalasHapus
  17. Makin keren aja nih ASUS dengan menghadirkan laptop terbarunya yg cocok untuk pelajar dan mahasiswa, tapi spek tangguh banget.

    Saya jadi pengen juga nih, Vivobook Go 14 (E1404F), harganya juga gak mahal, masih di bawah 7 juta.

    BalasHapus
  18. Aku juga pakai Vivobook tapi serialnya berbeda
    Keypad-nya memang nyaman beud dipakai
    Saya yang tadinya malas-malasan ngetik jadi enjoy berjam-jam

    BalasHapus
  19. Wah, ini Vivobook edisi terjangkau ya
    Pas buat anakku nih, dia pengen punya laptop sendiri pas naik kelas nanti

    BalasHapus
  20. Wah aku penggemar ASUS juga, udah 4 tahun pake asus vivobook 14 ini dan sepertinya pengen upgrade yang GO 14 keren banget speknya. Makasih atas ulasannya mbak.

    BalasHapus
  21. Beberapa kali ikut lomba asus ngincer laptop belum kena-kena eeheh semoga ada rejeki bisa punya laptop asus. Ngiler banget, kudu nabung nih kalau 6 jutaan udah daapat

    BalasHapus
  22. Keren sekali dengan spek sebagai ini dan harganya wort it cocok sekali untuk pelajar dan mahasiswa..

    BalasHapus
  23. Mantab banget ASUS, harganya juga nggak nyekik banget tapi laptopnya kece abis sih ini. Cocok kalau dibawa bawa mobile ya mbak, jalan sambil kerja gitu hehe

    BalasHapus
  24. Vivobook tuh andalanku banget, jadi pas ketemu laptop ini rasanya happy karena dengan harga terjangkau fiturnya laptop ini kayak laptop mahal mana ringkas dan ringan pulaa

    BalasHapus
  25. Asus itu emang enggak bisa diam ya Mbak, selalu ada aja produk baru.
    Dengan berbagai fitur unggulan, kupikir harganya mencapai 10 jutaan, eh ternyata 6 jutaan aja. Kan pengen ganti laptop jadinya...

    BalasHapus
  26. Sampai sekarang aku masih setia dengan Asus. Apalagi sekarang Asus makin bagus kualitasnya. Tampilannya juga makin keren dan canggih. Harganya juga masih ramah kantong.

    BalasHapus
  27. Waah baru tau ada laptop seperti Vivobook 14 yang dilengkapi webcam shield fisik. Aman dari hacker yang mengintip aktivitas pengguna lewat webcam ya mak.

    BalasHapus
  28. Ini laptop entry level tapi kok speknya udah mumpuni banget yaaa. Dipake belajar, dipake kerja juga okeeeh. Vivobook terbaru ini juga designnya kece banget ya, dengan bezel tipis dan ada webcam shieldnya.

    BalasHapus