25 November 2018

5 Fakta tentang Diri Sendiri a la Uniek Kaswarganti



Paling enak tuh menilai orang lain, gampang.

Tuh, betul nggak, Kawan? Seperti yang ada di dalam peribahasa "Kuman di seberang lautan terlihat, gajah di pelupuk mata tak nampak." 

Iya aja, matanya diambrukin gajah siiihh... πŸ˜€ 

Peribahasa tadi memang lebih cenderung ke penafsiran tentang seseorang yang selalu bisa melihat kesalahan orang lain. Sedangkan ketika diri sendiri melakukan kesalahan, ribuan kalimat yang mencoba mengoreksi diri sepertinya tak didengar. 

Rules number one : diri sendiri tak pernah salah. Rules number two : jika diri sendiri dianggap bersalah, lihat rules number one. *hempaskaaaannn...


Setali tiga uang nih dengan hal di atas, paling sulit rasanya ketika ditanya fakta tentang diri sendiri. Penginnya sih ngaku-ngaku kembarannya Catherine Zeta Jones. Tapi kan bohong yeee...

Seringnya kupikir lebih banyak hal negatif yang ada di dalam diriku. But you know what, apa yang kita katakan pada diri sendiri bakalan terjadi karena kita sendiri percaya hal itu memang pantas terjadi pada diri kita sendiri.

Jadi aku mau mencoba menyebutkan 5 hal yang menjadi penanda diri seorang Uniek Kaswarganti. Semoga benar adanya dan tidak menjadi ketakaburan sesaat.


1. GEMAR NGOBROL & BERKUMPUL


Paling gampang memang menyebutkan fakta diri yang satu ini. Semua orang yang berada di lingkunganku paham betul kalau aku sudah ngomong, sepertinya tak ada yang bisa menghentikan kecuali diriku sendiri plus Adam Levine lewat di depan mata


Reuni Perak barengan teman-teman kuliah

Apalagi kalau diajakin reunian dan gathering, woooo... numero uno deh. Cepet-cepet pengin segera berangkat kalau yang satu ini. Jika tidak terkendala pekerjaan dan urusan keluarga, biasanya aku bakalan ada di antara sosok tubuh teman-temanku. Entah nyempil ataupun menuh-menuhin frame, pokoknya harus selalu ada diriku. 😎



2. HOBI POSTCROSSING


Apa itu postcrossing?

Postcrossing merupakan proyek online tukar-menukar kartu pos di seluruh dunia. Founder proyek ini adalah Paulo Magalhaes yang berkebangsaan Portugis. Postcrossing diawali pada 14 Juli 2005, berawal dari kegemaran Paulo menerima kartu pos dari negara lain.

Skema postcrossing itu diawali dengan permintaan alamat seseorang di sistem yang dibuat oleh Paulo. Setelah seseorang mengirim kartu pos tersebut dan telah diterima oleh nama dengan alamat yang tertera tadi, maka secara random sistem Postcrossing akan memberikan alamat si pengirim tadi ke orang lain.

Jadi bukan si penerima kartu pos yang mengirimkan balasan kartu pos, justru orang lain yang sama sekali belum pernah berhubungan dengan si pengirim. Surprise menyenangkan seperti inilah yang diharapkan oleh Paulo Magalhaes dapat dialami oleh semua penggemar kartu pos.




Aku sendiri baru mulai gabung dengan Postcrossing tahun 2013 dan kartu pos pertamaku terkirim pada tanggal 14 November 2013. Setelah beberapa kali mengirim dan menerima kartu pos dari luar negeri, aku jadi makin ketagihan dan ketagihan terus.

Akhirnya aku gabung juga di beberapa platform tukar menukar kartu pos. Bahkan yang tanpa sistem sekalipun alias direct swap juga kulakukan. Bermodal kepercayaan saja, aku dan beberapa penikmat tukar menukar kartu pos ini saling berkirim satu sama lain.

Sepertinya hobi yang kekunoan sekali ya? Tapi yang namanya bahagia itu memang aneh-aneh saja sumbernya. Bahagiaku saat ini adalah setiap kali ada teman yang pergi ke luar negeri, ada yang selalu ingat untuk mengirimkan kartu pos untukku dari sana langsung. Entah dia sedang tugas dinas, jalan-jalan atau memang tinggal sementara waktu di luar negeri.


Kartu pos dari Spain

Pernah bahagia luar biasa saat menerima kartu pos dengan gambar Bilbao Town Hall. Ternyata beberapa waktu kemudian saat aku membaca novel karya Dan Brown, gedung ini menjadi salah satu setting tempat novel tersebut.

Wacana baru bisa timbul dari mana saja kaaann... termasuk dari sepucuk kartu pos. Tempat-tempat di belahan bumi lain, yang sama sekali belum pernah kudatangi, bisa kulihat dan kupelajari dari ratusan kartu pos yang telah kuterima dari para penggemar postcard swap ini.


3. BIKIN FOTO TERBALIK


Seiring dengan kegemaran yang suka aneh-aneh itu, aku jadi gemar membuat foto terbalik ketika membuat review buku. Teman-teman bisa intip blog bukuku World on Words yang isinya beberapa review buku, film dan iklan.

Coba perhatikan, nemu yang kayak gini gak?









Apa sih alasanku membuat foto cover buku seperti ini?

LUCU AJA. Sesimple itu. πŸ˜‰



4. GEMAR NOVEL THRILLER


Berawal dari kegemaran membaca novel thriller karya S. Mara Gd di masa remaja dulu, maka ketika masuk bangku kuliah, novel bergenre sejenis pun tetap menjadi favoritku. Jika orang lain beranggapan membaca novel itu kudu rileks, beda banget dengan diriku.

Bagi yang belum tau siapa S. Mara Gd., ini ya kubagi foto beberapa buku karya beliau.


Novel karya S. Mara Gd., sumber : bukalapak

Jiwa kepo yang meluap-luap kusalurkan dengan cara menebak ending cerita dari novel thriller (dulu kan belum ada akun lambe-lambean, jadi ya keponya kudu nemu saluran yang tepat). Siapa saja yang kira-kira layak jadi tersangka, apa saja alasan yang dimiliki tiap tokoh di novel thriller untuk melakukan tindak kejahatan, dan yang sejenisnya gitu deh.

Bahkan dulu saking gemarnya menebak siapa penjahatnya dalam novel S. Mara Gd, aku sampai sempat kepikiran pengin kuliah di Kriminologi. Nah, gimana mau beneran kuliah di sana (pada masa itu yang punya Kriminologi baru Universitas Indonesia) padahal menginjakkan kaki di ibu kota saja takutnya setengah mati. Gaya doang digedein. 😊

Setelah masuk bangku kuliah dan Tante S. Mara Gd. sudah tidak ada novel baru lagi, mulailah aku melirik karya-karya penulis luar negeri. John Grisham merupakan favoritku hingga kini. Hampir semua novel karya Grisham sudah bertengger di rak bukuku. Bahkan dulu ketika calon suamiku tau aku gemar novel Grisham, aku dibelikan beberapa novel tersebut. Yeayyy...



5. SUKA DIFOTO


Laaahh...kalau yang satu ini sih siapa yang enggak mengalami sih ya? Kayaknya semua orang suka difoto. Hanya sebagian kecil saja orang yang memang tidak suka difoto atau justru lebih suka memotret daripada dipotret.




Setiap kali berada di tempat baru, atau sedang menemukan spot menarik di suatu tempat, bawaanya pengin buru-buru mengabadikan momen tersebut. Tentu saja yang ada akunya laahh di dalam foto itu. πŸ˜€

Kebangetan deh buuuu hawa narsisnya. Setiap kali eksyen untuk foto gitu sepertinya jadi lupa usia hahahaa....



Beklah, itu tadi 5 fakta tentang diriku. Bisa jadi hal-hal tadi enggak penting, namun semoga dari salah satu kesukaanku tadi ada yang menambah wawasan teman-teman semua.

Boleh aku tau 1 fakta paling valid tentang dirimu, teman? Share dooonkk di kolom komen. Tingkiuuuu....

32 komentar:

  1. Mbak Uniek orangnya rame, hobi ceplas ceplos ��

    BalasHapus
  2. Hmmmm ternyata sampeyan gitu ya mbakkk.... hehehe

    Suka difoto berarti suka narsis dong? he eh ben tetap eksis. Impassss.

    fakta tentang diriku : gendut dan doyan Makan. hahaha

    BalasHapus
  3. Kita tanggal lahirnya sama tapi ternyata faktanya beda jauh yo mbak hihihi.. Sukses terus mbakkuuhh ~

    BalasHapus
  4. Mba Uniek aku tuh dulu 2015 sempet searching buat postcrossing pengen ikutan gabung cuman sampe beranak dua begini hanya wacana wkwkwk baca fakta ttg mba jadi pengen ikutan beneran deh :p

    BalasHapus
  5. seru banget baca postinganmu mba...
    eh, ada ya komunitas postcrossing. aku baru tahu. dulu gemar kumpulin kartu pos. lucu2 kalau dr negara lain. tapi skr dah gatau kemana barangnya. akibat sering gada dirumah jadi gatau lagi tempatnya dimana.

    BalasHapus
  6. Pernah liat temen nunjukin koleksi hasil postcrossingnya, ih seru bangeet.. jadi pingin ikutan juga. Tapi sampe sekarang ya cuma wacana :(

    BalasHapus
  7. Aku ngakak sumvah baca novel thrillernya, judulnya ngehe habis. Btw Mbak Uniek ternyata hobinya sama kayak Mbak Amma, postcrossing.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahahaaa iya judulnya emang aduhai, tapi ceritanya keren lhooo.. Ala ala Agatha Christie.

      Hapus
  8. Ku tertarik dengan postcrossing walau terkesan jadul karena ku pas jaman SMP koleksi kartu pos dari dalam dan luar negeri, karena sedikit yang hobby sama dengan ku, ilang begitu aja deh kartu pos nya

    BalasHapus
  9. Aku baru tahu kalau Mbak Uniek suka foto terbalik gitu. Aku tahu postcrossing itu kayaknya karena lihat Instagramnya Mbak Uniek. Seneng banget aku tuh bisa kenal sama Mbak Uniek melalui ngeblog.

    BalasHapus
  10. Yang no 3 unik banget mba..
    Kita yang sama no 1, 4 dan 5 nih..

    BalasHapus
  11. Kalo aku sih udah tahu kelima fakta tentang dikau. Terutama yang suka ngomong, itu udah jadi trade mark mu, mbak.... hahahhaa

    BalasHapus
  12. Aku jsdi inget dirimu waktu nelepon aku . Bingung dakuh. Kok orang dengan dialek jawa mengaku uni..yg secara auto otakku lengsung mengoneksinya sebagai orang padang. Kenapa orang padang dialeknya jawa banget? Hahahaha

    BalasHapus
  13. Aku baru tau kegiatan post crossing ya setelah melihat dirimu di embakceria itu.

    BalasHapus
  14. Suka difoto iya banget wkkwkw fotonya kudu perfect, pas kemarin sampe ngakak aku gegara mba Uniek foto di atas Helipad.

    BalasHapus
  15. Wah ini fakta yang aku baru tau tentang Mbak Uniek, suka foto terbalik. Kayanya ada yang telewat deh mbak fakta lainnya deh yang itu tuh....

    BalasHapus
  16. Sebaliknya denganku...aku ga PD difoto..haha...
    BTW tos dulu ah, kujuga sukaaaa S.Mara hehe...


    Eh, mo nambahin 1 fakta ttg dirimu yg spesial bagiku : melihatmu selalu mengingatkanku pada sobat lama tersayang ku...kakakmu! ☺️

    BalasHapus
  17. Kapan yo bisa ngobrol sama mbak Uniek? Doain aku ada rejeki ke Semarang ya mbaaakk.
    Btw aku jg penggemar novel S. Mara Gd. Berteman jg ma beliau di FB. Soalnya settingnya Sby. Entah knp msh ngambang itu nasib Ghozali, kyknya Bu Mara skrng lbh suka nulis buku rohani gtu.

    BalasHapus
  18. Kok jadi menggebu-gebu mau juga tuker2an kartu pos 😁😁 tp nanti dhe mau ikut hhihu,

    Jadi mba uni pribadi yg cool dan seru nih kayaknya 😊 jadi kepengen ketemu langsung 😍

    BalasHapus
  19. Eh sama lho aku tertarik kuliah kriminologi saat tahu UI punya jurusannya. Hahaha
    Btw aku Suka swap postcard. kalau postcrossing belum pernah

    BalasHapus
  20. Kebayang kalau ketemu mba Uniek pasti seru dan rame, khan suka ngobrol, kalau saya pasti nyimak obrolannya

    BalasHapus
  21. Baru tahu tentang postcrossing.
    Sama dengan mba Lidya, baru tahu tentang kecintaan mba akan foto terbalik.
    Unik bingit yak ^^

    BalasHapus
  22. Nomor 1 dan 2 itu akunudah tau tapi yang hobi bikin foto terbalik itu sungguh mengezutkan Mbaaa wkwk

    BalasHapus
  23. Yang tukar kartu post itu sekarang masih kak ? Ah kyknya Seru yah hehehe

    BalasHapus
  24. Kita samaan nih yang suka di foto hahaha wajar ya kak kita mengabadikan setiap momen hehe. Btw aku baru tau tentang postcrossing itu pastinya seru banget ya bisa punya kenalan di berbagai penjuru dunia gitu.

    BalasHapus
  25. Mba Uniek pasti orangnya humble banget yaa...
    Hangat dan perhatian.

    Pingin ketemu mba Uniek, buat ngajakin foto bareng.
    Hihii~

    Pasti seru.

    BalasHapus
  26. faktaku, nangisan mbak. ahaha.. aku cengeng orangnya

    BalasHapus
  27. Hahaaha Mba Un ga ngomong kalau Mba itu tegas? Itu kesan pertamaku lho hehehe

    Btw, Ayo kirim postcards lagi, mbak.

    BalasHapus
  28. Astaga suka foto terbalik. Dan aku nganti miring-miring buat liat fotonya. Mau nyoba ah, kayak angle nya jadi fotogenic :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lha ngapa pake miring2 mak, itu kan yang penting cover bukunya enggak terbalik :))

      Hapus
  29. Aku awalnya takut lho sama mb Niek, kan wajahnya antag gitu, takut kalo di....ciyom, wkwkwk
    Kabooorr

    BalasHapus
  30. aku pernah baca buku Blogging Have Fun and Get The Money tulisannya mbak carolina ratri... alhamdulillah bermanfaat

    BalasHapus