10 September 2020

Memilih Paket Umroh yang Nyaman untuk Orang Tercinta

 

Setiap kali membaca artikel tentang perjalanan umroh ataupun haji, hati ini serasa tergetar hebat. Selain berdoa dan melakukan ikhtiar tanpa henti, aku jadi teringat saat ibundaku dulu berangkat ke Baitullah menggunakan paket umroh dari Madinah Iman Wisata (MIW).



Teringat pada tanya si bapak pengelola MIW Semarang ini : 

"Mengapa Ibunda dibiarkan berangkat sendiri? Kenapa Mba tidak menyertai Ibunda?"

Ya Allah, serasa ingin menangis kala itu. Duh bapaaakk.. siapa yang tidak ingin ya menemani ibunda tercinta ke tanah suci. Namun qadarullah dana yang ada saat itu baru bisa dipergunakan untuk memberangkatkan beliau seorang.

Ada cerita yang cukup membekas di hati terkait dengan 'perjodohan' ibuku dengan MIW ini. Aku pernah beberapa kali mencari penyedia paket umroh di Semarang, namun berasa belum pas saja. Bahkan sempat ada salah satu biro yang menolak dengan tegas keikutsertaan ibundaku karena beliau sudah berusia di atas 70 tahun dan berangkat sendirian. 

Memang mungkin ada berbagai pertimbangan dari biro tersebut untuk tidak menerima ibuku saat itu. Namun apapun alasannya, tetap saja rasanya sediiiih sekali loh hati ini. Ikhtiar sudah dikumpulkan, kondisi ibu juga fit luar biasa, namun kok belum bisa berangkat ke tanah suci.

Sempat putus asa dan 'ngambek' setelah itu. Namun justru ibu yang tetap bersemangat dan menghiburku. "Tak apa Nduk, nanti juga ketemu biro lain yang menyediakan paket umroh yang pas untuk ibumu ini." Begitulah hibur ibuku waktu itu.

Kok lucu ya, beliau yang belum bisa berangkat umroh malah aku yang kecewa banget. Beliau malah sudah ikhlas. Luar biasa.



Paket Umroh yang Nyaman dan Membahagiakan Hati


Lalu akhirnya aku menjajaki kemungkinan untuk memberangkatkan Ibu melalui Madinah Iman Wisata (MIW). Kebetulan waktu itu Ibu berlangganan salah satu majalah agama yang bekerja sama dengan MIW ini terkait paket umroh yang ditawarkan.

Aku dan Ibu pun mencoba mencari tahu terlebih dahulu, seberapa kredibel MIW ini dalam mengurus calon jamaahnya. Kami pun mendatangi kantor cabang yang ada di Semarang.




Meskipun sempat mendapat pertanyaan seperti kusebut di atas tadi, pihak MIW luar biasa baik menerima Ibu dan bersedia menjaga beliau nanti ketika berada di tanah suci. Kebetulan ibuku ini pendaftar terakhir yang masuk di saat-saat sudah dekat sekali dengan jadwal keberangkatan di bulan Maret 2018. 

Tinggal sedikit waktu untuk mengurus semua dokumen yang diperlukan. Ibu belum pernah punya paspor, terlebih lagi terdapat berbagai kekeliruan dokumen yang sering dialami oleh 'wong sepuh', misal seperti nama yang tidak sama antara di akte kelahiran dan buku nikah. Harus mengurus ke Kantor Catatan Sipil yang menerbitkan buku nikah itu terlebih dahulu.

Alhamdulillah, meskipun harus ini itu yang dikerjakan, semua lancar dan nggak pake lama. Mungkin memang sudah perkenan Allah ya Ibu bisa berangkat umroh saat itu. Bahagia sekali semua dipermudah, termasuk dukungan MIW saat keberangkatan Ibu ke Baitullah. 

Mungkin ada yang bertanya-tanya ya, mengapa aku memilihkan Madinah Iman Wisata untuk memberangkatkan Ibu ke tanah suci?



Alasan Memilih Paket Umroh di Madinah Iman Wisata 



1. Resmi Terpercaya

Salah satu hal yang paling penting untuk diketahui ketika memilih biro umroh/haji tuh ya yang harus ada kantor dan ijin resminya. PT. Madinah Iman Wisata ini telah memiliki izin resmi dari Kementerian Agama RI sebagai penyelenggara haji dan umroh sejak tahun 2000.


2. Tanpa Repot

PT. MIW membantu jamaahnya mulai dari sejak pra keberangkatan hingga kepulangan dari ibadah umroh. Hal ini terbukti, Ibu tampak sehat dan segar sepulang dari umroh di tahun 2018 itu. Semua hal di tanah suci selalu dibantu oleh pihak PT. MIW. 





3. Pasti Berangkat

Melakukan pengecekan terhadap track record penyedia paket umroh juga penting lho. Untuk MIW ini, belum pernah ada ceritanya melakukan wanprestasi terhadap calon jamaahnya. MIW selalu melakukan booking seat penerbangan dan hotel terlebih dahulu sebelum menawarkan program umroh. Hal ini dilakukan agar jamaah terjamin keberangkatannya.


4. Mendapatkan Inspirasi Sejarah 

Selain menjalankan umroh, para jamaah juga akan mendapatkan kisah hikmah dan inspirasi dari tempat-tempat bersejarah yang dikunjungi di tanah suci.


5. Hotel Dekat Masjid

Saat menjalankan umroh di tahun 2018, Ibu mendapatkan hotel yang tidak begitu jauh dari masjid, baik itu di Madinah maupun di Makkah. Dari cerita beliau sepulang umroh, bahkan terlihat beliau amat menikmati perjalanan bolak-balik dari hotel ke masjid. 


6. Fleksibel Pembayarannya

MIW Travel menawarkan 3 pilihan pembayaran terkait dengan paket umroh, yaitu tunai, berangkat dulu cicilan kemudian, atau Tabungan Umroh.






Apakah aman menjalankan umroh di saat pandemi ini?

Ketika nanti umroh telah diijinkan atau dibuka kembali, maka prosedur yang diberlakukan di Masjidil Haram kurang lebih adalah:
  1. Pintu masuk dan keluar akan dipisah, pintu masuk tawaf bagi mereka yang ber ihram di dekat Kabah, masuk dari pintu 89-93 dan keluar dari pintu Ajyad 
  2. Melalui cek suhu, apabila lebih dari yang ditentukan tidak diperkenankan masuk 
  3. Penyediaan tempat cuci tangan, harus bermasker 
  4. Hanya diperkenankan 40% dari daya tampung Mathaf, dengan dibatasi hanya 3 lajur Tawaf, masing masing hanya 300 orang
  5. Untuk hari Jumat, kota Makkah akan ditutup untuk penduduk lokal kecuali dengan tashrih.
  6. Masjidil Haram dibuka 1 jam sebelum subuh dan ditutup setelah shalat Isya
  7. Selanjutnya Peta alokasi shalat, pintu masuk mereka yang berihram, Lansia dan penyandang disabilitas, serta mereka yang hanya tawaf sunnah
  8. Selesai Sai akan diarahkan keluar dari Marwa.

Mari kita semua berdoa semoga saja pandemi ini segera berlalu dan Arab Saudi kembali membuka ijin untuk kedatangan jamaah umroh dari berbagai negara, termasuk Indonesia. Kita semua tentu telah rindu untuk bisa datang ke Baitullah. 

Insya Allah dimudahkan untuk kita semua yaaa...

27 comments:

  1. Madinah Iman Wisata (MIW) travel sudah terpercaya dan berpengalaman ya. Terbukti dengan sudah membawa puluhan ribu jamaah ke tanah suci.
    Memang bila pergi dengan travel terpercaya akan terasa nyaman beribadah. Sungguh rinduuuuu bisa ibadah lagi ke Baitullah

    ReplyDelete
  2. Keluargaku belum ada yang ke tanah suci. Tapi beberapa saudara sudah ke sana. Mungkin kalau sudah ada rejeki dan mampu, bisa tanya-tanya tentang agen haji atau umroh. Kalau MIW Travel di Jepara ada juga, mungkin bisa daftar di sana yaaa

    ReplyDelete
  3. memilih paket umroh, apalagi untuk orang tua, memang harus benar-benar teliti dan melihat bagaimana kinerja travel umroh tersebut. Apa yang ditawarkan pun harus dilihat detail...Alhamdulillah banget kalau ada jaminan aman dan nyaman, sehingga orang tua pun jadi lebih nyaman beribadah...

    Ya Allah, semoga pandemi ini cepat berlalu, jadi perjalanan ibadah pun lancar lagi

    ReplyDelete
  4. Alhamdulillah atas kehendak Allah dengan perantara travel umroh Madinah Iman Wisata Ibunda bisa beribadah umroh dengan tenang dan nyaman ya Mbak uniek. Kalau paket umrohnya punya banyak keunggulan dan travelnya amanah begini jadi percaya untuk diulang lagi. Insya Allah tenang hati beribadah ke Tanah Suci

    ReplyDelete
  5. Memang harus jeli dan sangat berhati hati dalam memilih paket umroh yah mbaaak, udah banyak kejadian. Harus yang bener-bener bisa dipercaya dan amanah kayak Madinah Iman Wisata ini yah mbaak

    ReplyDelete
  6. Banyak orang baru bisa ke tanah suci setelah brusia sepuh ya Mbak.
    Kesediaan biro travel yg bersedia "repot" seperti ini tentu sangat membantu
    salam kagem ibu, Mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Matur nuwun, mba. Iya, terharu banget dengan kebaikan MIW yang bersedia menjaga ibuku selama umroh.

      Delete
  7. Memilih travel umrahnya itu sekarang yang perlu lebih hati-hati lagi ya mbak, mengingat sudah beberapa kali kasus tentang travel umrah.

    ReplyDelete
  8. Masya Allah. Baca paket Urmoh saya jadi pengen segera umroh. Semoga diberikan rezeki lebih untuk segera berumroh.

    Orang tua memang selalu sabar dan yakin, ya. Ditolak karena usia sudah 70 an, tapi tetep yakin dan percaya ada biro lain yang bisa. Dan betul ketemu deh dengan Madinah Iman Wisata.

    Mengecek track record biro tersebut emang sangat penting, ya. Jangan sampai hal-hal yang tidak diinginkan terjadi.

    ReplyDelete
  9. MIW ini recomended ya mbak...
    Semoga pandemi segera berakhir ya, supaya ibadah umroh bisa normal lagi...

    ReplyDelete
  10. Ngomongin soal milih travel dan paket umroh yang nyaman, jadi inget tetangga yang jadi salah satu jemaah yang tertipu travel umroh bermasalah beberapa waktu yang lalu. Kasian banget deh. Awalnya memang tergiur harganya yang murah. Ini jadi catatan banget buat kita semua ya. Milih paket umruh harus memprioritaskan travel yang amanah. Yang bisa dilihat dari track record, testimony, dan juga layanan serta fasilitas yang dijanjikannya. Biar ibadah tenang, kitanya juga nyaman. Semoga deh ya, kita juga nanti dimampukan untuk bisa berumroh selepas pintu umrohnya dibuka kembali untuk negara kita.

    ReplyDelete
  11. MIW ini menjadi pilihan yg tepat dan aman untuk para orang-orang yang mau melakukan ibadah umroh ya mba Uniek, doakan aku bisa memenuhi panggilan-Nya menuju Baitullah ya

    ReplyDelete
  12. Semoga pandemi segera berakhir yah supaya bisa meluruskan niat berangkat umroh, aamiin. MIW ini rekomendasi banyak orang kayaknya, temenku juga rekomendasiin MIW.

    ReplyDelete
  13. Subhanalloh, jadi pengin nyari info detil ke MIW. Kami juga sedang berencana memberangkatkan ibu, dan qadarullah dana juga masih terbatas untuk ibu. Itu sebabnya kami lumayan selektif nyari tour umroh yg bersedia mendampingi lansia. Kayaknya MIW perlu segera saya rekomendasikan pada keluarga.

    ReplyDelete
  14. Pilih travel agen umroh dan haji harus beber bener teliti ya mbk. Jangan sampai asal daftar dan bayar tanpa tau kejelasan travel agennya. Ohya, MIW ini sudah ada di Surabaya blm mbk

    ReplyDelete
  15. Yang paling penting sekarang memang yang paling terpercaya ya, Mbak. Harus cek dulu keaslian ijinnya, biar nggak tipu2 kaya di berita2

    ReplyDelete
  16. Flexible pembayaran menjadi opsi jua ya Mba untuk bisa umroh, banyak macemnya.Intinya tetep memilih travel agen yang terpercaya kek MIW ini.
    Semoga umroh di masa new normal inni tetep mementingkan protokol kesehatan yaaa

    ReplyDelete
  17. iya benar ya mba untuk umroh apalagi untuk orang tercinta sangat penting mengutaakan kenyaanan ya. apalagi buat orang tua jangnan sampai mereka repot di jalan..

    ReplyDelete
  18. Sama mbaa.. Kemarin waktu mama umroh ad yg nanya kenapa gak ikut. Hmm, pengen banget ikut sebenarnya. Baru tau sm MIW ini mba. Ini di banjarmasin ada?

    ReplyDelete
  19. Sekarang untuk memilih travel umroh memang harus hati-hati ya, Mbak. Kita harus pastikan jika travel itu resmi, terpecaya dan aman

    ReplyDelete
  20. tapi ibunya mbak uniek bugar sekali. malah gak keliatan seusia itu loh. semoga mama saya bs sebugar beliau. saya ingin sekali bs umroh bersama mama

    ReplyDelete
  21. Mba Uniek gagahnya kayak ibu ya hehehe masih sehat dan seger banget budannya mba Uniek. Alhamdulillah sekarng ada paket umroh yang amanah gini lega ya mba Uniek, yang udah menerapkan prtokol keesehatan juga wajib diperhatikan demi keslamatan.

    ReplyDelete
  22. Travel umroh yang baik emang selalu memastikan jamaahnya pasti berangkat sebelum mereka melakukan promo ke calon jamaah ya mbak. Soalnya berani nalangin bokingan kamar, pesawat dll dulu. Semoga MIW senantiasa survive dan bisa melayani dengan makin baik ya

    ReplyDelete
  23. Hotel dekat masjid ini katanya tergantung rejeki yaa...
    Semoga rejekinya bisa bersama travel yang amanah sehingga segalanya dimudahkan saat melakukan ibadah ke Baitullah.

    ReplyDelete
  24. Wah tertariknya nih sama paket Umrohnya. Kalau travel Umrohnya pelayanannya bagus ibadah kita jadi lebih nyaman ya mb uniek

    ReplyDelete
  25. Kalau travel Umrohnya melayani dengan baik ibadah kita jadi lebih nyaman ya mbak Uniek

    ReplyDelete