02 Maret 2023

Bercak Putih di Kulit Mengganggu Penampilan, Bisa Jadi Ini Penyebabnya

 

Pernahkah kalian menemukan adanya bercak putih di kulit, terutama di wajah? Mungkin kalian mengira itu hanyalah bekas jerawat atau perubahan warna kulit akibat paparan sinar matahari. 

Eits.... jangan salah sangka. Bercak putih yang muncul di kulit bisa jadi merupakan tanda dari adanya infeksi jamur kulit, seperti panu atau tinea versicolor. Meskipun jarang menimbulkan masalah serius, namun infeksi jamur kulit ini dapat mengganggu penampilan dan menurunkan kepercayaan diri. Oleh karena itu, penting untuk mengenali gejalanya dan melakukan pengobatan yang tepat agar kulit kembali sehat dan cantik seperti sebelumnya.

Tidak hanya menyebalkan dan memalukan, panu juga bisa mengubah warna kulit dan mengganggu penampilan. Seperti kisah seorang temanku nih yang harus berjuang melawan panu selama berbulan-bulan. Setelah menjalani pengobatan yang tepat, ia merasa lega karena panunya sudah sembuh. 

Namun, ia kembali dibuat khawatir saat melihat perubahan warna kulit yang terjadi di area yang sebelumnya terkena panu. Ternyata, efek samping seperti perubahan warna kulit bukanlah hal yang langka bagi mereka yang telah sembuh dari panu. Menurut dokter, perubahan warna kulit bisa terjadi karena pigmen kulit yang memerlukan waktu untuk bekerja kembali. Hal ini membuat area yang sebelumnya terkena panu menjadi lebih gelap atau lebih terang dari kulit sekitarnya. 

Tentu saja, tidak semua orang yang sembuh dari panu akan mengalami perubahan warna kulit. Namun, jika teman-teman ingin menghindari efek samping ini, pastikan untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari yang berlebihan dan menghindari tanning. Ingatlah bahwa kulit yang sehat dan terawat dengan baik adalah kunci untuk menghindari berbagai masalah kulit, termasuk panu dan perubahan warna kulit.

Meskipun dapat diobati, panu cenderung untuk kambuh kembali. But, don't worry, dengan pengobatan yang tepat dan konsisten menggunakan krim atau lotion yang mengandung bifonazole, gejala panu dapat hilang dengan cepat dan efektif. 

Selain itu, pengobatan topikal memiliki keuntungan yang lebih baik dibandingkan dengan pengobatan sistemik karena efek sampingnya lebih minimal. Oleh karena itu, jika kalian ingin menghilangkan panu hingga ke akarnya, pastikan untuk memilih pengobatan yang efektif, aman, dan terjangkau, seperti penggunaan salep anti jamur yang mengandung bifonazole.




Salep anti jamur yang mengandung Bifonazole dapat membantu mengatasi infeksi jamur kulit dengan efektif. Bifonazole adalah obat golongan azol yang bekerja dengan cara menghambat pertumbuhan dan perkembangan jamur pada kulit. Dengan penggunaan yang teratur dan sesuai dosis, salep ini dapat membantu menghilangkan gejala infeksi jamur seperti rasa gatal dan warna kemerahan pada kulit. Selain itu, keuntungan dari pengobatan oles/topikal adalah kerjanya yang cepat dan efek sampingnya minimal dibandingkan dengan pengobatan sistemik yang bisa memiliki efek samping yang serius. 

Satu yang perlu diingat nih, penggunaan salep anti jamur juga harus disertai dengan menjaga kebersihan dan kelembaban kulit. Infeksi jamur kulit seringkali muncul pada area yang lembap dan tidak terjaga kebersihannya. Itulah sebabnya orang yang terkena infeksi jamur kulit juga harus rajin membersihkan dan mengeringkan area yang terinfeksi, serta menghindari penggunaan pakaian yang terlalu ketat atau berbahan sintetis yang dapat menyebabkan kulit tidak bernafas. 

Selain itu, hindari juga terkena sinar matahari secara langsung pada area kulit yang terinfeksi. Paparan sinar matahari yang berlebihan dapat memperburuk kondisi kulit yang sudah terinfeksi jamur. Gunakanlah pakaian yang menutupi area kulit yang terinfeksi dan hindari kegiatan di luar ruangan pada jam-jam terik matahari. 

Dengan menjaga kebersihan dan kelembaban kulit serta menggunakan salep anti jamur yang tepat, infeksi jamur kulit seperti panu dapat diatasi dengan efektif dan rasa gatal serta kemerahan pada kulit dapat teratasi. Namun, jika gejala infeksi jamur tidak kunjung membaik atau bahkan semakin parah, segeralah berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan pengobatan yang tepat, supaya penyakit tidak bertambah parah.

62 komentar:

  1. Sering banget tiba-tiba ada bercak putih di kulit, otomatis banyak yang ngira kalau itu panu yang diakibarkan jamur. Tapi, kadang muncul juga di tangan jadi bingung cara ngatasinnya. Panu seringnya di punggung bisa ditutupi, sedangkan di daerah lain bingung mau gimana kalau enggak diatasi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya ya, dulu kalau ada yang bercak putih gitu, mesti disangka panu, kayak saya dulu pernah bercak di pipi pas remaja, eh dikira panu dong hahaha.

      Padahal mah kayaknya gara-gara sengatan matahari ya

      Hapus
  2. Wah iya, kudu waspada banget dengan si panu ini sebab kalau tidak tertangani dengan baik, duh ... panjang efeknya. Sudah begitu kentara banget lagi bercaknya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya nih, aku paling gak pede banget kalau panua apalagi kalau di bagian wajah. Jadi emang munculnya bercak putih ini nggak bisa dianggap sepele

      Hapus
  3. dulu aku sering panuan di sekitar tangan, mungkin karena sering main di luar pas Pramuka hehe. dan iya, obatnya emang salep.

    BalasHapus
  4. Nah ini masuk panu ya mba, soalnya anakku yg cewe tiba2 ada bercak putih gitu duh jadi pengen coba atasin

    BalasHapus
  5. Jadi kudu ballance ya mbak dalam perawatan penyakit kulit ini, dengan diobati dan juga kebersihan kulit yang harus diperhatikan

    BalasHapus
  6. Bercak putih ini sempat muncul di wajah anak saya, mbak. Saya kaget dong, karena penggunaan handuk dan kebersihan anak itu saya jamin. Lantas, saya baca-baca artikel, jadi ternyata imunitas pada anak turut berpengaruh juga. Nah waktu itu, anakku emang bolak-balik sakit. Bercak putihnya kecil dan satu saja. Setelah konsul dengan cici saya, maka beli lah salep kulit, eh nggak sampai seminggu alhamdulilah udah sembuh.

    BalasHapus
  7. Anakku usia 5 tahun sempet muncul bercak bercak putih di muka juga mbak, huhu overthinking banget waktu itu kirain panu. Alhamdulillah rutin aku oles pelembab jadi ilang.

    BalasHapus
  8. Thank you infonya Mba. Jadi PR juga buat lebih memperhatikan kebersihan kulit anak. Yang besar nih kalau mandi suka buru-buru. Maunya cepet aja. Kan jadi kwatir kalau kulitnya ga bersih nanti malah ada gangguan. Apalagi anaknya memang seneng aktivitas di luar macam Pramuka dan main sepakbola.

    BalasHapus
  9. iyaa dan ini aku wanti2 ke keponakan aku yg berajak remaja gitu, hobi panas-panasan kan trus kalo ngga segera ditangani takutnya merembet kemana-mana

    BalasHapus
  10. waktu kecil, jaman SD SMP aku pernah bercak2 begini juga di muka karena memang sering latihan Pramuka. Makin besar, makin memperhatikan kesehatan kulit, alhamdulillah hilang yaa

    BalasHapus
  11. Saya waktu remaja dulu sering banget mengalami Mba, tapi di pipi sih, saya lupa dulu pakai apa ya, akhirnya hilang sendiri.
    Kalau di badan Alhamdulillah engga sih.
    Kalau di wajah keknya karena matahari ya. dulu kan ga kenal skincare banget, pulang sekolah wajah keringatan langsung cuci muka.
    Jadilah kulit nggak karuan hahaa

    BalasHapus
  12. Dulu Kakak saya sempat terkena panu. Agak khawatir juga karena katanya menular. Untunglah kemudian panunya membaik dan kami semua nggak tertular. Dengar-dengar, salah satu penyebabnya karena sering memakai handuk basah. Jadi, sebaiknya handuk dijemur kering setelah mandi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, sama kayak kakak aku nih. Dulu juga pernah panuan, tapi Alhamdulillah gak lama, karena segera dikasih salep anti jamur.

      Jadi ternyata karena handuk basah bisa memicu tumbuhnya panu yaa

      Hapus
  13. Panu memang perlu diwaspadai ya.. apalagi klo yg terkena di area yg tidak tertutup seperti wajah..waah jadi dobel2 galaunya klo begini. Untung sdh ada obat mujarab nya. Trims infonya ya..

    BalasHapus
  14. Masalah kulit itu memang lumayan macam-macam ya, Kak. Jadi harus cermat supaya bisa milih obat yang oaa ya.

    BalasHapus
  15. Aku pernah nih dulu pas kecil di badan mba, rasanya guatel banget. Trus kulit jadi menipis gitu mba. Dulu suka dibilangin jangan langsung cuci muka saat panas dari luar nanti bisa panuan..makasih mba Uniek infonya yaa^^

    BalasHapus
  16. Info ini harus dishare juga nih ke anak bujang yang sebentar lagi remaja. Terutama karena anaknya aktif, senang juga main di luar ruangan. Kalau tetangga sebelah sudah ngasi kode, biasanya pasti deh main bola di lapangan SD sebelah, ga peduli panas hu hu. Harus diingatkan untuk lebih care sama kebersihan kulit dan jangan keseringan main di siang hari.

    BalasHapus
  17. Wahh iyaa yaa, ini anakku juga gitu kalo mandinya mau cepet2 huhu.. harus lebih diperhatikan ini biar ngga merembet dan malah jadi gangguan kulit ya

    BalasHapus
  18. Bercak putih di kulit memang mengganggu penampilan ya.Apalagi buat orang-orang yang aktivitasnya outdoor. Jadi selain pakai obat juga harus jaga kebersihan.

    BalasHapus
  19. Dulu tuh zaman smp, suka ada bercak putih di kulit... Tapi katanya namanya balas bogo karena suka panas-panasan, atau jangan-jangan panu ya, hihihi...

    BalasHapus
  20. Ngomong-ngomong soal panu,, temanku ada yang dipanggil panu. Bukan karna panuan tapi karna dia putih dan diledekin (apa syirik ya. Hehhe) putihnya karna panu. Hehehe. Makasih mba sudah mengingatkan untuk menjaga kebersihan kulit dan juga kelembaban kulit

    BalasHapus
  21. Iya nih kudu jaga kebersihan, soalnya salah satu penyebab penyakit kulit kayak bercak putih ini karena kurang menjaga kebersihan apalagi setelah beraktivitas di bawah sinar matahari. Kalau mengalaminya harus segera diobati ya.

    BalasHapus
  22. Serem juga ya mbak kalau salah pilih obat panu, bukannya sembuh malah menimbulkan masalah serius lainnya.

    Trims info Bifonazole nya, bisa jadi andalan buat mereka yang kena panu.

    BalasHapus
  23. Biasanya panu suka muncul di punggung leher dan bisa tumbuh melebar. Nah kalau di muka dan dia stay lama di kulit banyak yg bilang itu pigmen. Warnanya juga beda dg panu. Pigmen di wajah cenderung putih sekali.

    BalasHapus
  24. Ampun deh si panu ini, nggak cuma ganggu penampilan ya, tapi juga bisa tambah banyak. Makanya untuk anak remajaku juga aku wanti-wanti banget dan kalau sampai ada harus diobati dan dirawat dengan baik supaya gak tambah banyak

    BalasHapus
  25. Saya jarang banget menemukan bercak putih ini di kulit, tapi kalau kena debu atau kena jamur gitu misalnya keringat malah memerah parah. Dan tetep pakai obat anti jamur baru reda, kalau teman saya ada munculnua bercak putih dan langsung obatin kasih anti jamur gitu langsung reda.

    BalasHapus
  26. Jangankan bercak putih karena panu, jerawat atau flek saja sangat mengganggu bagi penampilan wajah apalagi sampai ada panu. Untungnya saat ini sudah ada Salep anti jamur yang mengandung Bifonazole dapat membantu mengatasi infeksi jamur kulit dengan efektif.

    BalasHapus
  27. Iya nih Mbak, waktu kecil sering alami panuan gitu dan emang bikin nggak pede banget. Anak2ku juga sebisa mungkin saya usahakan mereka bisa terhindar dari bercak putih karena jamur ini.. kalau pun terkena ya untungnya sekarang udah ada salep yang ampuh atasi panu ya

    BalasHapus
  28. Ahhh bercak putih ya
    Iya, pernah terjadi sama ponakan pas banget di area wajah, jadi banyak yg tanya2 itu apa,
    Masa iya panu

    Tapi ga lama kemudian bercak putihnya hilang

    BalasHapus
  29. Aku pernah ada bercak putih di kulit wajah, kak Uniek...
    Dikasih tau temen-temen karena abis kepanasan ((Surabaya pwanaaasss banget)), tus langsung disiram air dingin.

    Jadi aku santai gak kasi obat.
    HUhuh.. alhamdulillah memang sembuh sendiri.

    Tapi beneran gak tau itu panu atau ada fenomena kulit kepanasan tus dikasih air dingin jadi bebercak putih gitu ya..??

    BalasHapus
  30. Aku nggak pernah dan semoga nggak akan pernah ngalamin ini Mbaa. Menghadapi jerawat bulanan khas wanita aja udah bikin ngomel2, apalagi bercak putih huhuhu. Pokoknya, kebersihan kulit harus terjaga dan dirawat dengan produk2 yang baik deeh~

    BalasHapus
  31. Adekku waktu di pesantren suka kena panu Mbak. Selain mengganggu pandangan, panu kan juga gatal apalagi kalau terkena keringat. Mungkin karena dia tuh pesantrennya cowok semua, jadi nggak malu gitu. Ibuku yang suka uring-uringan kalau sudah dibelikan obat tapi diabaikan.

    BalasHapus
  32. wah iya ya kadang ada bercak putih di kulit yang bisa mengganggu penampilan kita, solusinya pakai Bifanazole aja,,,

    BalasHapus
  33. Anakku juga sensitif kulitnya pas konsultasi ke dokter kulit kasih nasehat untuk bisa memperhatikan kebersihan saat mandi dan lainnya

    BalasHapus
  34. Anakku juga ada nih bercak putih, kukira panu, tapi sepertinya bukan karena dari Ayah dan Ibu Ayahnya juga punya. Mungkin turunan kelainan kulit apa yak. Cuma tips nya mah aku simpan buat jaga2 juga karena anak kecil juga rentan nih kena panu

    BalasHapus
  35. Aku jd mikir nih mba, kok bisa-bisanya ya jamur numbuh di kulit manusia, di kayu aja gitu misal. Hadeuh mesti bener" jg kebersihan nih biar jamur nggak nempel-nempel

    BalasHapus
  36. Iya, kuncinya adalah telaten dan rajin menjaga kebersihan badan ya dengan rajin mandi dan lainnya biar nggak terjangkit panu soalnya jadi minder deh kalau panuan..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya nih harus rajin "adus" biar enggak ada masalah kulit
      Lalu mandinya juga ga asal mandi karena harus lihat waktu juga biar tubuh tetap sehat luar dalam

      Hapus
  37. Duh, ini nih yang kadang ada di kulit anakku. Bercak putih, tapi kupikir itu karena paparan matahari, ternyata bisa jadi karena jamur ya. Makasi infonya Mbak, perlu punya juga sepertinya krim dengan Bifonazole di rumah.

    BalasHapus
  38. Seperti yang saya alami lho, pasca banjir dan gempa, saya sering kontak air kotor mungkin ya, ini beberapa bagian kulit saya kena pun lho. Segera saya obati sebelum menjalar lebih luas

    BalasHapus
  39. Nah iya putih kering bisa jadi panu ya. Anakku yang kecil sering gatal dan kering di area kulit tertentu sudah coba berbagai cream pelembab tapi belum nemu yang cocok banget. Sepertinya harus konsul dr deh

    BalasHapus
  40. hmm panu ini ga sekedar bercak putih, tapai kalau yang kena kulit yang tampak mata, duh malunya, Bifinazole bisa untuk mengatasi panu ya, terima kasih infonya mbak

    BalasHapus
  41. noted bgt mba Uniek

    semogaaa ini bs jawab keresahan banyak pihak.
    termasuk dakuuu

    BalasHapus
  42. Untuk kulit yang tertutup biasanya sering muncul ini bercak putih. Memang harys diobati dengan salep sih supaya hilang

    BalasHapus
  43. Terang aja ini mah bisa bikin krisis PD banget. Selain ganggu penampilan juga apalagi dibagian tubuh yang ngga tertutupi, seperti wajah hehe. Pokoknya jaga bagian yang ngga boleh lembap. Jangan sampai tumbuh jamur di sana.

    BalasHapus
  44. beberapa bulan belakangan aku kena alergi parah juga nih mbak. Dan gak ketahuan dong, itu akibat apa. sediiih.... kulit terlihat "gapapa" tapi kalau bentol merah ya ampuuuun dunia rasanya jungkir balik!

    Dan aku jadi tahu, kalau orang sakit berbulan bulan itu memang down mental loh. Jadi paham kalau mengobati sakit kulit harus tuntas tas tas taassss

    BalasHapus
  45. Langkah yang baik untuk terus menjaga kebersihan wajah dan kelembabannya agar tidak terkena penyakit kulit berupa bercak putih yang bikin malu.
    Hhuu... Kudu teliti dan diobati menggunakan Bifonazole.

    BalasHapus
  46. Udah lama aku ga liat orang panuan. Terakhir liat temen SMP-ku dulu tapi emang tinggalnya di kampung dan jarang mandi.

    BalasHapus
  47. Bercak putih gini emang ganggu banget! Apalagi kalau ada di area terbuka. Kalau yg aku tau dr sodara tuh, yg dewasa rata2 di punggung or lengan dalem.
    Nah yg anak2 terutama boys, sering bgt ada di muka. Kdg pikir kalo muka lembabnya gimanaaa.. tp ternyata ada yg bukan jamur tp kayak pigmen wajah berubah. Aku lupa waktu itu sodaraku share gmn dr dokter kulit anaknya.

    Tp iyaa di salepin bisa mengurangi bercak panu ya mbak ya?

    BalasHapus
  48. Aku belum pernah ngalamin si, Mba. Tapi adikku pernah ada bercak putih di wajahnya, dan hilangnya memang pakai obat panu.

    BalasHapus
  49. Kalau orang jawa burasen sebutannya bercak putih di wajah bisa di seputar bibir atau pipi....kalau anak bayi biasanya karena kena ASI yg ga segera di bersihkan.
    Dan setelah membaca ini aku baru tau kalau bisa jadi karena bakteri yaa

    BalasHapus
  50. Subhanallah, temanku pernah ada di muka dulu. Tapi sepertinya sekarang sudah sembuh. Iya dia walau laki-laki tetap tidak percaya diri dengan bercak putih di muka. Sekarang alhamdulillah udah sembuh, sepertinya sudah berobat.

    BalasHapus
  51. Apalagi perempuan ya mak, kalau ada yang aneg dikulit tuh langsung insecure. Karena bukan-bukan apa nih, aku sendiri kadang gitu padahal yang muncul itu alergi dingin, biasanya aku suka merah dan gatal kultnya. Tapi efeknya itukan suka melukai kulit.

    BalasHapus
  52. Yg terpenting mesti bnget jaga kebersihan yang utama y mba baik itu badan dan pakaian yg akan dikenakan baru tau juga nih tentang Bifonazole yg dapat membantu mengatasi infeksi jamur kulit dengan efektif. Mau sedia juga nih

    BalasHapus
  53. Selain bercak putih kadang ada juga butiran putih di kulit
    Hmm baca artikel ini saya jadi memeriksa seluruh anggota tubuh siapa tahu ada bercak putih enggak terlihat karena harus segera diobati agar tidak menjadi hal serius ke depannya

    BalasHapus
  54. Anakku pernah dulu ada bercak putih di wajah, kukira panu tapi bukan. Kuolesin cream buat anak, Alhamdulillah hilang dan enggak ada lagi.
    Kalau ngomongin soal panu, ada loh sepupu aku, pernah panuan sudah diobati, eh kok muncul lagi???

    BalasHapus
  55. Anakku pernah dulu ada bercak putih di wajah, kukira panu tapi bukan. Kuolesin cream buat anak, Alhamdulillah hilang dan enggak ada lagi.
    Kalau ngomongin soal panu, ada loh sepupu aku, pernah panuan sudah diobati, eh kok muncul lagi???

    BalasHapus
  56. Kata teman atau saudara yang pernah mengalami panu, gatalnya tuh sungguh mengganggu. Bisa sampai mengganggu tidur dan aktivitas lainnya. Jadi memang segera diobati, ya, sampai ke akarnya. Banyak juga yang sampai harus ke dokter demi menyembuhkannya.

    BalasHapus
  57. ya ampun auto ngaca donk hahahaha..yang mengkhawatirkan kalo dah di wajah auto bingung hahah aku ada soale mbak tapi samar sih, kalo ponakanku ada ini di area kulit deket leher aku juga bingung mau aku rekomendasiin buat di periksain ke dokter

    BalasHapus
  58. Wah, bisa macam-macam ya penyebab bercak putih ini. Kudu jeli dan diwaspadai ya. Takutnya berbahaya. Tapi kalo sekedar panu atau kadas gitu, bisa diobati ya dengan Canesten. Obat andalanku untuk penyakit kulit nih.

    BalasHapus